16 June 2006

Fakir Bandwidthâ„¢

Posted under: at 00:35

Sejak sekitar satu setengah bulan yang lalu, saya turun kasta menjadi fakir bandwidth. Pertama, koneksi ADSL Indonet di kantor menjadi tidak seperti sediakalaâ„¢. Pada jam kerja, kecepatan download hanya berada di sekitar 3-4 KB/s dan itu jika sedang beruntung. Kedua, masa promosi TelkomFlexi Netter sudah berakhir, dan sekarang saya menggunakan paket Maxsurf 200 dari Fren.

Daripada bolak balik meratapi nasib, lebih baik manfaatkan sebaik mungkin koneksi Internet yang ada. Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan koneksi Internet dengan batasan transfer data seperti Fren, TelkomFlexi atau Speedy.

  1. Matikan hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu esensial seperti gambar dan Java applet. A picture is worth a thousand words katanya, tapi dalam hal ini a picture is worth thousands of bytes. Gunakan plugin Flashblock untuk mematikan Flash. Gunakan plugin Inline blocked image view untuk memuat gambar jika benar-benar diperlukan. Gunakan plugin Adblock untuk mematikan iklan.

  2. Matikan update yang bekerja secara otomatis seperti Windows update, anti virus, dan sebagainya. Hanya lakukan update pada koneksi Internet yang tidak membatasi transfer data. Untuk keamanan jangan lupa tetap melakukan update secara berkala.

  3. Hindari menggunakan pembaca RSS versi desktop karena akan melakukan download feed secara berkala tanpa disadari. Gunakan pembaca RSS versi web seperti Bloglines yang hanya akan membutuhkan transfer data ketika anda menggunakannya. Jangan lupa hapus ‘Live Bookmark’ default dari Firefox, yaitu ‘Latest Headlines’.

  4. Simpanlah seluruh data yang ditransfer dengan menggunakan tcpdump atau Ethereal. Data ini berguna untuk menganalisis apa saja yang menghabiskan transfer data atau sebagai bukti jika anda merasa ada kesalahan pada penagihan.

  5. Pastikan tidak ada virus, worm atau spyware pada komputer. Ketiganya bisa jadi akan menghabiskan transfer data tanpa disadari.

  6. Jangan membiarkan sebuah halaman web terbuka dalam waktu yang lama jika tidak dibutuhkan. Bisa jadi ada elemen dalam halaman tersebut yang membutuhkan transfer data secara berkala tanpa disadari, misalnya AJAX atau meta refresh.

  7. Jangan menggunakan perangkat lunak yang menampilkan iklan (adware), carilah alternatif yang tidak menampilkan iklan, jika ada. Sebagai contoh, gunakan Gaim untuk menggantikan Yahoo! Messenger.

  8. Hindari kegiatan yang jelas-jelas menghabiskan banyak transfer data seperti download program, video conference dan sebagainya.

  9. Matikan koneksi jika tidak sedang menggunakannya. Bisa jadi masih ada aplikasi yang melakukan transfer data secara background yang belum kita netralisir.

  10. Berdoalah supaya sistem penagihan ISP berfungsi dengan baik. Atau jika tidak berfungsi dengan baik, maka hal tersebut menguntungkan anda, bukan ISP ;).

102 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!