29 September 2004

Indonesia Menjadi Anggota Tetap Dewan Keamanan PBB?

Posted under: at 03:42

Mengikui jejak Brazil, Jerman, India dan Jepang, Indonesia melalui menteri luar negeri Hasan Wirajuda mengajukan diri untuk menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Argumen yang disampaikan oleh Wirajuda adalah bahwa Indonesia adalah negara berkembang dengan tingkat demokratisasi yang tinggi. Selain itu menurutnya, kelompok Islam moderat harus memiliki suara dalam Dewan Keamanan, Indonesia dapat menjadi suara tersebut.

Bagaimana jika Indonesia terpilih menjadi anggota tetap Dewan Keamanan? Apakah akan dapat memperbaiki kondisi politik di Timur Tengah? Apalagi sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim, Indonesia akan dianggap sebagai wakil dari sebagian besar negara-negara di Timur Tengah. Walaupun terobosan ini merupakan sebuah kemajuan, masih jauh bagi PBB untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah politik yang terjadi saat ini. Negara-negara ‘lima besar’ masih memiliki hak veto dan hak veto ini terlalu sering digunakan oleh negara-negara tersebut untuk memajukan agendanya masing-masing, yang terkadang bertentangan dengan kemauan dari anggota PBB secara keseluruhan. Supaya PBB dapat menjalankan fungsinya, demokrasi dalam tubuh PBB harus ditegakkan. Artinya hak veto harus ditiadakan. Sayangnya negara-negara pembela demokrasi pemegang hak veto sepertinya tidak ingin demokrasi terjadi dalam tubuh PBB. Masih akan memakan proses yang sangat lama bagi PBB untuk dapat menjadi sebuah demokrasi. Karena itu, keanggotaan tetap Dewan Keamanan PBB hanya akan menjadi simbol status bagi negara-negara anggotanya. Walaupun saya sebagai orang Indonesia tentunya sangat ingin Indonesia menjadi anggota tetap Dewan Keamanan.

Apakah Indonesia layak untuk menjadi anggota Dewan Keamanan PBB? Indonesia adalah negara dengan luas daerah terbesar ke-16, jumlah penduduk terbanyak ke-4, serta GDP terbesar ke-15). Sebagian besar penduduk Indonesia adalah Muslim yang tidak memiliki representasi di Dewan Keamanan PBB sebagai anggota tetap. Menurut saya Indonesia termasuk salah satu negara besar dan pantas menjadi anggota Dewan Keamanan PBB.

7 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!