1 October 2004

Sanggahan Untuk Anne Ahira Ada Di Majalah Tempo

Posted under: at 23:01

Saya mendapat informasi ini dari posting BiG di GoogleGroups. Akhirnya ada juga media yang masih dapat berpikir jernih, mau melakukan investigasi dan tidak mudah langsung percaya. Media tersebut adalah Majalah Tempo:

NAMA Anne Ahira menjadi kontroversi belakangan ini. Bagi anggota timnya, ia sosok sukses yang patut ditiru. Tapi banyak juga yang menganggapnya tak lebih dari perayu ulung. Seorang bekas downline-nya, Safrido Ado, tergiur oleh penghasilan ribuan dolar yang diiming-imingkan Hira lewat Internet. Dia dan banyak anggota lainnya akhirnya keluar karena ternyata meraup ribuan dolar itu tak semudah promosi perempuan Bandung ini. Setiap bulan mereka harus keluar duit sekitar Rp 1,5 juta untuk keanggotaan, promosi, dan fasilitas mesin penjawab.

Tidak seperti media lainnya yang begitu saja mudah percaya, Majalah Tempo terlebih dahulu melakukan investigasi dengan menghadirkan pemerhati bisnis di Internet, John Tumiwa:

Bisnis MLM seperti yang dijalankan Hira, katanya, gampang dipasarkan di negara yang sedang krisis. Apalagi melalui Internet. Jangkauan pasarnya tak terbatas dan bisa masuk ke semua golongan. Jadi, kata John, tak terlalu tepat Hira menyebut dirinya Internet marketer, apalagi dalam skala dunia. Memberi pelatihan, fasilitas penjawab otomatis, dan ruang promosi kepada timnya adalah hal biasa yang juga dilakukan pendiri bisnis MLM dunia maya lainnya. “Ini bukan sesuatu yang pionir,” kata John.

Artikel tersebut melakukan titik berat pada sisi non teknisnya. Sekarang media mana yang mau menggali masalah ini dari segi teknisnya? Selain dari sisi non teknis yang banyak dibahas pada artikel tersebut, tentunya masih banyak masalah yang ditimbulkan oleh fenomena ini pada sisi teknisnya, misalnya masalah spam yang makin hari makin memburuk.

46 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

Sorry, comments are closed at this time.