9 October 2004

Zona Waktu Indonesia Pada tzcode

Posted under: at 00:19

Melihat posting Nugi yang menggunakan JAVT sebagai notasi zone waktu, saya jadi teringat komunikasi saya dengan salah satu maintainer tzcode. Waktu itu saya baru melakukan upgrade sistem operasi, kalau tidak salah dari RedHat 6.x ke RedHat 7.0. Saya melihat adanya kejanggalan, untuk zona waktu WIB, notasi JAVT (Java Time) berubah menjadi WIT. Saya menyangka perubahan ini adalah kesalahan, karena WIT adalah Waktu Indonesia Timur, sedangkan Waktu Indonesia Barat adalah WIB.

Setelah menghubungi maintainer tzcode, saya diberitahu kalau WIT pada tzcode adalah singkatan dari Western Indonesia Time. Kebijaksanaan tzcode adalah bahwa notasi zona waktu harus merupakan singkatan dari bahasa Inggris. Hal yang sama juga terjadi pada negara lain, Jepang misalnya menggunakan notasi JST (Japan Standard Time) dan Argentina menggunakan ART (Argentina Time) dan ARST (Argentina Summer Time). Jadi sekarang kita-kita penghuni Indonesia (terutama pemakai sistem operasi UNIX pemula) harus agak kebingungan menghadapi notasi WIT yang dapat diartikan sebagai Waktu Indonesia Timur atau Western Indonesia Time.

Kebijaksanaan lainnya adalah bahwa setiap zona waktu dalam sebuah negara diwakili oleh satu kota terbesar dalam zona waktu tersebut. Misalnya WIB diwakili oleh Jakarta, WITA diwakili oleh Ujung Pandang (sekarang Makassar) dan WIT diwakili oleh Jayapura. Oleh karena itu usaha saya untuk memasukkan kota kelahiran saya Bandung dalam daftar tzcode mengalami kegagalan :).

Walhasil satu-satunya kontribusi saya dalam komunikasi tersebut hanyalah pengubahan nama Ujung Pandang yang diubah nama resminya menjadi Makassar :).

Berikut adalah daftar notasi zona waktu Indonesia terbaru dalam tzcode:

  • Asia/Jakarta: offset +0700, notasi WIT
  • Asia/Pontianak: offset +0700, notasi WIT
  • Asia/Makassar: offset +0800, notasi CIT
  • Asia/Jayapura: offset +0900, notasi EIT

Pontianak ada dalam daftar karena Pontianak pernah menjadi bagian dari Waktu Indonesia Tengah dan pada masa itu merupakan kota terbesar dalam zona waktu tersebut.

5 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!