3 January 2005

Kurangi Perasaan Negatif Terhadap Sesama

Posted under: at 21:13

Dalam kasus bencana alam gempa dan tsunami, saya melihat banyaknya perasaan tidak puas terhadap pihak-pihak lain dalam menyikapi bencana tersebut. Sebagai contoh, stasiun televisi dituding memanfaatkan situasi untuk meningkatkan rating, selebritis dituding memanfaatkan situasi untuk meningkatkan pamor, dan beberapa kasus lain.

Dalam kesempatan ini saya menghimbau rekan-rekan untuk mengurangi perasaan negatif tersebut dan sebisa mungkin mengutamakan pengiriman bantuan yang dapat dilakukan baik secara pribadi maupun secara organisasional. Biarkanlah Allah yang maha kuasa menilai niat di balik perbuatan kita semua, karena kita sebagai manusia tidak akan pernah dapat mengetahui niat dan pemikiran manusia yang lain.

Kita juga harus mengerti bahwa setiap orang memiliki naluri yang berbeda-beda dalam menyikapi bencana tersebut. Seorang dokter kemungkinan besar akan membantu dalam hal medis. Seorang wartawan kemungkinan besar akan berusaha untuk menyebarkan informasi ke masyarakat. Seorang pelaku IT kemungkinan besar akan membantu dalam memperbaiki infrastruktur komunikasi. Seorang ahli geologi kemungkinan besar akan melakukan analisis terjadinya gempa. Seorang penyair kemungkinan besar akan membuat syair yang berhubungan dengan bencana ini. Seorang musisi kemungkinan besar akan membuat lagu yang berhubungan dengan bencana ini. Seorang blogger? Kemungkinan besar akan membuat sebuah baris tentang kejadian ini di blog-nya :). Perbedaan itu adalah hal yang wajar, karena setiap manusia adalah individu yang berbeda-beda.

Rekan-rekan sesama blogger mungkin berpendapat bahwa tulisan saya mengenai bencana di blog saya ini adalah hal yang wajar. Tetapi mungkin rekan-rekan yang bukan termasuk di antara para blogger ada yang berpendapat bahwa tulisan saya ini dilakukan hanya untuk menjaring hit atau popularitas :). Pemikiran yang sama juga sebaiknya kita terapkan kepada perlakuan orang lain. Misalnya seorang musisi mungkin berpendapat jika ada musisi lain membuat lagu tentang bencana ini adalah hal yang wajar, tetapi bisa saja orang lain berpendapat “Ah, paling itu cuma untuk numpang populer saja.”

Moral: Janganlah cepat antipati terhadap sikap dari orang lain, karena mungkin orang lain dapat saja antipati terhadap yang kita lakukan. Serahkanlah penilaian terhadap niat dan tujuan kepada Allah yang maha kuasa, karena yang dapat menilai niat hanyalah Allah semata. Utamakan pemberian bantuan terhadap yang menjadi korban bencana!

8 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!