23 January 2005

Pindah Rumah!

Posted under: at 14:34

Rumah!

Malam kemarin adalah malam pertama saya & istri tinggal di rumah baru. Sebenarnya sudah lama rumah ini berdiri. Pembangunan sudah 95% selesai sejak sekitar November 2003. Tetapi masih terlalu banyak masalah sehingga baru ditempati sekarang.

Untuk mendapatkan rumah ini kami telah menempuh perjuangan yang cukup berat. Sebenarnya pemesanan rumah kami lakukan pada November 2003. Kami memilih rumah tipe 70/150 di sektor Anggrek 3 Kota Kembang Depok Raya. Tetapi sampai April 2004, pihak pengembang tak kunjung mengerjakan rumah kami. Bahkan kavling kami masih berupa tanah kosong yang belum diapa-apakan.

Selanjutnya, pihak pengembang menawarkan kami beberapa opsi untuk menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya mereka menawarkan sebuah rumah setengah jadi bertipe 118/150 pada sektor Anggrek 2. Kami memutuskan untuk memilih opsi tersebut. Selanjutnya kami selesaikan rumah tersebut sendiri tanpa melalui pihak pengembang.

Pembangunan rumah selesai pada Oktober 2004, tetapi masih belum ada fasilitas listrik dan air. Kami memutuskan untuk menghentikan pembangunan rumah karena istri saya akan pergi ke luar negeri. Sedangkan selama istri saya pergi, instalasi listrik yang dijanjikan pihak pengembang tidak juga dibuat :(.

Sedangkan untuk air, kami membuat sebuah sumur bor dengan kedalaman 40 meter. Menurut pengalaman tetangga, kedalaman tersebut seharusnya sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan air bersih, tetapi sayangnya hingga saat ini air yang kami dapatkan mengandung terlalu banyak besi sehingga masih belum layak untuk digunakan. Saat ini kami sedang mencoba menguras air secara terus menerus, hasilnya memang ada perbaikan kualitas air, tetapi masih belum seperti yang kami harapkan.

Untuk listrik, pada akhir Desember 2004 kami dan tetangga memutuskan untuk menarik instalasi listrik secara swadaya tanpa bantuan pihak pengembang. Alternatif ini kami rasa lebih baik daripada mengharapkan instalasi listrik dari pengembang yang tidak dapat diharapkan realiasinya :(.

Koneksi Internet untuk sementara masih harus menggunakan koneksi GPRS karena tidak ada alternatif lain. Sedangkan untuk telepon, sementara masih harus menggunakan telepon selular.

Minggu kemarin kami memasang teralis dan gorden. Mudah-mudahan, malam ini rumah sudah dapat disebut layak huni dengan pengecualian masalah air. Solusi sementara, setiap hari kami akan membawa air bersih dari kantor.

Untuk dihuni memang sudah memadai, tetapi perjuangan masih belum berakhir! Pihak pengembang masih belum memenuhi permintaan kami tentang penyelesaian surat-surat kepemilikan rumah. Akan kami selesaikan bagaimanapun caranya, melalui jalur damai, jalur hukum, atau bahkan jalur preman :).

Tambahan: bagi para konsumen Kota Kembang Depok Raya yang ingin mencari informasi, silakan lihat situs web Konsumen KKDR.

62 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!