18 February 2005

Pesan Cinta Blogger Indonesia: Behind the Scenes

Posted under: at 20:32

“Pesan Cinta Blogger Indonesia” adalah sebuah sejarah baru di dunia blog Indonesia. Menurut sang Bapak Blog Indonesia™ Enda Nasution, ini adalah pertama kalinya ada sebuah gerakan terkoordinasi untuk menggalang komunitas blog yang berjumlah cukup banyak.

Namun bagaimana kegiatan ini dimulai? Silakan baca evaluasi saya berikut ini.

6 Januari 2005: Komentar Roy Suryo Tentang Blog

Pada harian Media Indonesia, Roy Suryo membuat sebuah pernyataan yang kontroversial:

“…Tetapi, pengamat multimedia Roy Suryo menyarankan pengakses internet untuk lebih percaya kepada situs-situs resmi daripada weblog. Alasannya, nilai pertanggungjawaban dari pembuat blog masih terbatas dan sumber penulisannya tidak bisa ditentukan. “Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi,” ungkap dosen UGM ini kepada Media kemarin…”

Tidak lama sesudah itu dimuat, komunitas blog menjawab:

10-13 Januari 2005: ‘Rapat’

Beberapa hari setelah insiden tersebut, kami sering menyelenggarakan ‘rapat’ online. Rapat dilakukan melalui media Yahoo! Messenger. ‘Rapat’ ini dilakukan untuk mencari cara untuk menyanggah pernyataan tersebut. ‘Gerakan’ ini sempat menelurkan sebuah draft press release yang dibuat oleh Enda. Sayangnya press release tersebut tidak sempat disirkulasikan, walaupun demikian sebagian besar isi press release tersebut tidak sia-sia dan kini bersarang di Rangkuman.RoySuryoWatch.org.

13-23 Januari 2005: Pembentukan Rangkuman.RoySuryoWatch.org

Saya sendiri berinisiatif untuk membuat sebuah Wiki untuk mengumpulkan seluruh pernyataan dan sanggahan dari sebanyak mungkin pernyataan Roy Suryo. Pertama-tama saya menghubungi pemilik RSW untuk memesan sebuah subdomain. Sebelumnya saya namakan wiki.roysuryowatch.org, namun belakangan kami ganti menjadi rangkuman.roysuryowatch.org. Wiki ini tidak langsung dipublikasikan, tetapi kami mencoba menyusunnya dahulu sehingga isinya tidak terlalu kosong.

Dalam kesempatan ini saya juga ingin klarifikasi: Saya bukanlah pemilik Roy Suryo Watch. Pemilik sebenarnya anonim, saya juga tidak tahu siapa. Yang saya tahu hanyalah alamat emailnya, dan itu bisa dilihat di whois domainnya. :)

31 Januari 2005: Surat Pembaca Roy Suryo di Berbagai Media

Melihat respon dari blog yang bertubi-tubi, Roy Suryo kembali membuat pernyataan. Tidak tanggung-tanggung, dalam catatan saya paling tidak pernyataan ini dimuat di Majalah Tempo, Harian Bisnis Indonesia, Tabloid Bintang, Majalah SWA, Harian Suara Pembaruan, Harian Pikiran Rakyat dan Majalah Marketing.

Sekarang di Internet lagi populer Friendster dan Blog, sampai-sampai ada anggapan bahwa setiap orang harus memilikinya. Tanpa bermaksud menghalangi rekan-rekan yang masih saja mau percaya kepada tren sesaat tersebut, saya hanya ingin tidak ada lagi yang menjadi korban penipuan. Karena itu, saya tidak pernah bergabung dalam Friendster. Banyak sekali identitas di sana yang ternyata palsu (terutama para public-figure) dan hanya dipakai untuk menarik orang lain bergabung dalam Friendster-nya.

Sekali lagi saya hanya bisa berharap agar tidak semakin banyak masyarakat yang tertipu oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab dan telah melakukan character-assassination terhadap pribadi-pribadi tertentu. Jadi, kalau sampai sekarang memang masih saja ada yang percaya kepada hal-hal yang lagi ngetren tersebut, terserah saja, itu adalah hak pribadi seseorang.

Selengkapnya dapat dilihat di Rangkuman.RoySuryoWatch.org.

Komunitas blog pun menjawab:

1 Februari 2005: Ide Tentang Valentine

Ide mengenai acara Pesan Cinta Blogger Indonesia dicetuskan pertama kali oleh pemilik RSW. Mailing list untuk menunjang kegiatan ini pun dibuat pada hari ini. Pada hari ini juga ada pembagian tugas yaitu pembuatan press release, pembuatan banner dan teaser, pembuatan isi posting serta pembuatan undangan.

2-10 Februari: Persiapan

  • 3 Februari: Slogan dan draft press release dijadikan versi final
  • 4 Februari: Teaser selesai dibuat oleh Benny
  • 8 Februari: Teaser mengalami perubahan
  • 8 Februari: Undangan acara diresmikan
  • 8 Februari: saya sendiri menyiapkan vrs.priyadi.net untuk menampung banner
  • 10 Februari: Banner vrs.png selesai dibuat oleh Benny
  • 10 Februari: Enda mempersiapkan for-roy-suryo-with-love.blogspot.com untuk keperluan undangan dan evaluasi

Setelah final, undangan disebar dari mulut ke mulut (atau lebih tepat lagi dari email ke email) tanpa melalui jalur publik.

3 Februari 2005: Launching Rangkuman.RoySuryoWatch.org

Saya dan kawan-kawan memutuskan untuk memperkenalkan Rangkuman.RoySuryoWatch.org yang sudah mulai berisi. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan situs ini ke masyarakat luas.

14 Februari 2005: Hari H

  • Tepat pukul 00.00, RSW mengganti layoutnya dengan nuansa Valentine, lengkap dengan press release yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Undangan sudah mulai disebar ke milis-milis
  • Hari pertama ini sudah tercatat ada tidak kurang dari 120 blog yang mengikuti acara ini

15-17 Februari 2005: H+1, H+2, H+3

Ternyata masih ada beberapa penulis blog yang baru mengikuti kegiatan ini setelah hari H, jumlahnya tak kurang dari 10 blog sampai pada hari H+3.

16 Februari 2005: Tanggapan dari Roy Suryo

Roy Suryo menanggapi gerakan ini di mailing list Technomedia.

Well, well, well …

Meski secara pribadi saya juga tidak merayakan Valentine, tetapi makna “kasih sayang” tersebut hendaknya memang perlu dimaknai oleh setiap insan manusia …

Terimakasih untuk mereka yang menamakan dirinya ‘komunitas (go)blog Indonesia’ yang telah dengan sangat susah payah mencurahkan segala isi pikiran dan segenap tenaganya untuk menciptakan sebuah kerjaan yang mereka sebut “karya besar” dan bahkan harus memerlukan waktu berhari-hari untuk mempersiapkannya tersebut … :-)

Salam hangat (dan penuh kasih sayang juga) dari Jogja

Perlu diketahui memang penulisan beliau adalah (go)blog, bukan saya yang menambahkan (g0) tersebut :). Hi Roy!™

16 Februari 2005: Liputan Suara Surabaya

Benny Chandra, Roy Suryo dan Onno W Purbo diwawancarai oleh harian Radio Suara Surabaya. Hasilnya adalah artikel Budaya Baca Jadi Kendala Tumbuhnya Blog Indonesia.

Kritik sejumlah pengamat mengenai blog dan komunitasnya di Indonesia menurut BENNY justru semakin memperteguh soliditas para blogger Indonesia yang selama ini belum terangkai dalam jaringan yang padu.

“Terus terang saja, kritik pedas ROY SURYO kepada kami menjadi berkah untuk komunitas. Kami jadi semakin padu dan terorganisir dalam jaringan blogger Indonesia,” terang BENNY.

Sekarang ini kata BENNY ada sekitar 150 blogger di Indonesia yang sudah terjalin dalam gerakan Pesan Cinta 14 Februari 2005 untuk ROY SURYO.

Lain-lain

Sampai saat ini tak kurang sudah ada 143 blog yang tercatat mengikuti acara ini. Daftar seluruh blog yang diketahui mengikuti kegiatan ini dapat dilihat di blogroll For Roy Suryo With Love. Menurut perkiraan kami jumlah keseluruhan blog yang mengikuti acara ini adalah sekitar 150 blog.

Jumlah ini tentunya sudah jauh melebihi ‘estimasi’ Roy Suryo tentang jumlah blog yang menurutnya tidak sampai 100 buah :). Tentunya blog-blog lain yang tidak mengetahui acara ini masih belum terhitung.

Saya juga membuat statistik akses pengakses banner.

Terima kasih bagi rekan-rekan yang sudah bersusah payah demi terselenggaranya kegiatan ini. Terima kasih bagi rekan-rekan penulis blog yang sudah meluangkan waktunya untuk mendukung kegiatan ini, beberapa di antaranya bahkan berimprovisasi dengan baik sekali :). Terima kasih bagi rekan-rekan yang tidak merayakan Valentine tetapi tetap mendukung kegiatan ini dengan caranya masing-masing.

Dan tentu saja terima kasih sebesar-besarnya untuk Roy Suryo, karena tanpa beliau komunitas blog belum tentu dapat bersatu padu seperti ini :).

ps. Jika ada informasi di atas yang tidak akurat atau tidak lengkap, mohon beri komentar. Terima kasih :)

27 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!