Akhirnya! Ulasan Mengenai Google India Code Jam di Media Massa

[Media Indonesia](http://www.mediaindo.co.id/) akhirnya menjadi media massa yang pertama kali mengulas perihal dua pemrogram Indonesia yang menjuarai [kontes pemrograman](https://priyadi.net/archives/2005/03/29/selamat-kepada-dua-orang-indonesia-yang-memenangkan-kontes-google/) yang diadakan oleh [Google](http://www.google.com). Ulasan ini terdapat pada artikel yang berjudul [‘Programmer’ Indonesia Juara Google India Code Jam 2005′](http://www.mediaindo.co.id/cetak/berita.asp?id=2005040700150423).

> Seperti diulas situs Google.com, Ardian K Poernomo dan Pascal Alfadian berhasil menjadi juara pertama dan kedua dalam perlombaan tersebut. Sedangkan posisi ketiga sampai kelima direbut programmer asal India yaitu Rajsekar Manokaran, Nishant Redkar, dan Sreeram Ramachandran.

Ulasan ini sangatlah terlambat mengingat hasil kontes tersebut sudah diumumkan kurang lebih 10 hari yang lalu. Tetapi, biar terlambat yang penting sudah ada media massa yang meliput hal ini.

Ternyata pihak yang mengaku bertanggung jawab dalam ‘membocorkan’ rahasia para penulis blog ini adalah rekan [Enda Nasution](http://enda.goblogmedia.com). Enda mengaku ‘membocorkan’ rahasia itu [pada saat dirinya menjadi narasumber untuk artikel lain](http://groups-beta.google.com/group/id-gmail/msg/6ecfc3e849766b08) Media Indonesia. Artikel tersebut membahas mengenai [‘Perang’ E-mail Gratis kian Seru](http://www.mediaindo.co.id/cetak/berita.asp?id=2005040700150420). Selain Enda, yang menjadi narasumber lainnya tentu saja adalah sang langganan Group Media, siapa lagi kalau bukan Roy Suryo :P.

28 comments

  1. sayangnya isi artikel itu malah lbh banyak bahas soal apa itu Google Code Jam, bukan soal cerita orang Indonesia yang jadi pesertanya. Kabarnya ada 7 orang Indonesia yang masuk dalam daftar 50 finalis ya?

    However, thanks to Enda! :)

  2. huhu….
    tadi ada temen yang kaget dengan berita itu..
    saya bilang, “itu basi! makanya baca blog…!” :D

    hahaha… walopun norak, tapi info tetep ap tu det.. :D

    hi roy!

  3. “Meski pernah mencoba dan memang memiliki akun Gmail, Roy sendiri mengaku tidak aktif menggunakannya.” Ayo.. ngaku.. siapa yang invite dia ? :-?

  4. “Meski pernah mencoba dan memang memiliki akun Gmail, Roy sendiri mengaku tidak aktif menggunakannya.” Ayo.. ngaku siapa yang invite dia pake gmail… :-?

  5. #2 yang saya tau dari UNPAR ada 2 mahasiswa yang masuk final yaitu Renald (angkatan 97) dan Pascal (angkatan 2003) dan ada 1 mahasiswa lagi dari binus.
    Walaupun ngga selesai di UNPAR, tetep bangga sama UNPAR :)>-

  6. loh, ngomong-ngomong koq bukan detik.com ya yang publish? apa karena berita baik kurang bisa ‘dijual’? :-“

  7. siang tadi Pascal Alfadian datang ke warnet buat ngeprint CV, lamaran kerja, satu lagi lupa (sekilas kebaca ttg Google Code Jam). **nyari kerjaan apa dapat tawaran ya?**

  8. hehehe… rada2 menyedihkan ya… kalo kemenangan di event kayak gini rada2 gak terjamah sama media massa kita. malah kalah sama lomba nyari bakat lain. hiks hiks… gimana mau nongol semangat teknologi? tapi bagaimanapun telatnya ya baguslah udah ada di media indonesia. karena jumlah pembacanya lebih banyak kan?

    ah bagi saya yang paling hebat itu oom roy… (ndablek ah… :d abis kasian gak ada yang belain) \:d/ Hi Roy! â„¢

  9. media lebih senang memberitakan yang bisa di jual, misalnya film porno :”>, pembunuhan :o, perselingkuhan :-?, artis kawin cerai :-“, dan tentu saja tidak lupa menyiarkan kepentingan politik masing masing :)>-, jadi hal hal yang tidak terlalu bisa di cerna “wong cilik” Media jadi malas memberitakan …

    Ingat ya … !!! Harus bisa masuk akal ( mengakali :x ) wong cilik aka Grass root. Jangan lupa .. “wong cilik” gampang diakali :d

  10. :d mungkin karena google code jam itu bagi Indonesia emang tidak seru. Bagaimana dengan Infolinux, Infokomputer, dkk? –sorry masih dikampung.

  11. #8
    Gw terharu banget ngebaca n ngeliat foto2nya.. apalagi si Felix dah ngomong Damn… hahaha..
    Salut banget.. Salut banget buat mereka. Satu lagi.. kamera aja minjem boo.. Luar Biasa… 4 Jempol buat mereka.

  12. mas aku mau tanya tetang intal javascript di wordpress bisa ga c??? iya nih aku bingung masukin kode jam digital dan animation2 yang lainnya bis blm punya dasar html c….. saya harap mas mau memberitahu saya makaci mas…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *