21 April 2005

Hercolubus, Shmercolubus…

Posted under: at 00:30

Sudah lama sekali saya tidak mengomentari isi dari spam yang masuk ke email saya. Tapi yang ini terlalu menarik untuk dilewatkan. Spam ini mempromosikan sebuah buku yang menceritakan tentang sebuah planet yang akan mengancam keberadaan Bumi.

Mari kita memperbincangkan tentang Hercolubus, planet merah, yang mana saat ini sedang mendekati Bumi. Ilmuwan, menurut beberapa versi, bahkan telah menimbangnya dan mengukur garis tengahnya, seolah-olah adalah suatu mainan anak, tetapi nyatanya tidak seperti itu. Hercolubus, atau planet merah, adalah lima atau enam kali lebih besar dari Jupiter. Ini merupakan raksasa sangat besar dan tidak ada yang dapat mengalihkannya

Huh, lagi-lagi pseudoscience. Jika saya menemukan hal-hal seperti ini, situs pertama yang akan saya kunjungi adalah Phil Plait’s Bad Astronomy. Phil Plait adalah seorang pekerja di NASA dengan pekerjaan sampingan menyanggah teori-teori para pseudoscientist, mulai dari astrologi sampai dengan klaim pendaratan di Bulan adalah bohong.

Saya sedikit kecewa karena pembahasan tentang hal ini tidak ada di situsnya. Saya hanya menemukan topik yang berhubungan dengan ini pada sebuah thread pada forum diskusi Bad Astronomy. Walaupun demikian, teori ini kurang lebih mirip dengan Planet X yang dibahas oleh Phil Plait.

Setelah mencari di Google, saya tidak menemukan kredibilitas dalam bentuk apapun yang dapat mendukung teori ini. Kadang-kadang saya suka berpikir, mengapa ada orang yang mau bersusah payah menerjemahkan hal-hal seperti ini ke dalam Bahasa Indonesia :(.

16 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!