29 April 2005

Masalah di SMA 3 Bandung (2)

Posted under: at 11:22

Sehari setelah pemuatan artikel yang mengkritisi guru-guru SMA 3 Bandung, harian Pikiran Rakyat memuat bantahan dari pihak SMA 3 Bandung.

Keluarga besar SMAN 3 Bandung menyampaikan keberatan dan bantahan atas pengakuan orang tua siswa berinisial “DG” yang menyatakan bahwa putrinya, “IM” yang duduk di kelas III SMAN 3 mengalami tekanan dari pihak sekolah. Tekanan itu sebagai akibat “IM” tidak dapat membayar dana sumbangan pendidikan (DSP) dan SPP (“PR”, 27/4).

Pernyataan keberatan itu disampaikan pihak SMAN 3 Bandung itu kepada “PR” di Kantor Redaksi HU Pikiran Rakyat Bandung, Kamis (28/4). Rombongan SMAN 3 Bandung yang kemarin berkunjung ke Redaksi “PR” antara lain Ardian Nurtanio (Sekretaris Dewan Sekolah), Rachmat Fakih (Wakil Ketua Dewan Sekolah), M. Joko Sugiharto (Bendahara Dewan Sekolah), Drs. Nurdin (Pembantu Sekolah Bidang Humas), Sri Suratmie, S.Pd. (wali kelas IM), Drs. Samsudin (BP/BK), Dra. Ani Yusiniwati (Perwakilan Guru IM), dan dua perwakilan siswa teman sekelas IM, Ghia Fitriadi dan Tria.

Kepada “PR”, Ardian menyatakan bahwa semua hal yang disampaikan “DG” perihal perlakukan sekolah terhadap anaknya berkenaan dengan DSP dan SPP, tidak benar. Menurutnya ada tiga hal yang harus diluruskan berkenaan dengan hal ini. Pertama, tuduhan yang disampaikan “DG” bahwa guru-guru SMAN 3 Bandung melakukan sindiran dan kesinisan apalagi kekerasan psikologis secara sistematik terhadap anak DG (IM) sejak September 2004 sampai April 2005, sama sekali tidak benar.

Terus terang saya masih belum mendapat kejelasan dari artikel ini mengenai kejadian yang sebenarnya terjadi. Tetapi menurut saya, apapun yang dilakukan oleh kedua belah pihak, tidak perlu membuat siswi IM sendiri menjadi pihak yang paling dirugikan. Surat IM kepada ayahnya masih harus ditelusuri sebabnya mengapa siswi itu bisa menulis seperti itu.

30 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!