17 May 2005

Surat Pernyataan Ampun

Posted under: at 12:18

Pernyataan Permohonan Ampun

Ada yang menarik dari sebuah iklan di Bisnis Indonesia terbitan 12 Mei 2005. Iklan ini tampak seperti sebuah iklan pernyataan yang biasa. Tetapi jika diperhatikan lebih lanjut, akan tampak bahwa iklan pernyataan ini penuh dengan sarkasme.

Tanpa bermaksud untuk percaya kepada berita yang disebarkan oleh seorang yang anonim baru-baru ini, saya bisa memahami mengapa saksi-saksi lebih menyukai untuk berlaku secara anonim.

Isi surat terbuka tersebut dapat dilihat dengan mengikuti tautan pada gambar di sebelah. Sedangkan salinannya saya kutipkan sebagai berikut:

Surat Terbuka

Pernyataan Ampun Kepada

PT. Bhakti Investama Tbk.

Saya, ABDUL MALIK JAN, anggota masyarakat biasa yang tinggal di Jakarta.

Nama saya disebut-sebut dalam SOMASI TERBUKA oleh PT Bhakti Investama Tbk., dimuat di harian Bisnis Indonesia tanggal 9 Mei 2005, dimana isinya saya akan dituntut baik Perdata maupun Pidana karena melakukan FITNAH dan PENCEMARAN NAMA BAIK,

SAYA MOHON AMPUN KEPADA PT. BHAKTI INVESTAMA TBK.

  • Saya benar-benar tidak menyadari bila ternyata jika anggota masyarakat yang mempunyai data-data dugaan korupsi dan menyerahkannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (“KPK”), Kepolisian dan Kejaksaan, serta meminta perlindungan karena ada ancaman, ternyata bisa dinyatakan melakukan perbuatan FITNAH dan PENCEMARAN NAMA BAIK.
  • Oleh sebab itu SAYA MOHON AMPUN KEPADA PT. BHAKTI INVESTAMA TBK., yang merasa terusik, dirugikan, dan disudutkan dengan adanya pemberitaan media massa yang mengait-ngaitkan PT. Bhakti Investama Tbk. dalam kasus pengancaman dan dugaan korupsi tersebut.

KEJADIAN TANGGAL 4 MEI 2005

  • Memang benar pada tanggal 4 Mei 2005 saya datang ke KPK memohon perlindungan, karena merasa ada ancaman sekaligus menanyakan kelanjutan penyelidikan dugaan korupsi yang telah diinformasikan secara resmi beserta penyerahan bukti-bukti dokumen pendukung sejak Juli 2004, kemudian KPK secara resmi (tertulis) meminta saya memberikan bukti-bukti tambahan atas dugaan perkara korupsi jual beli NCD Unibank antara PT. Cigtra Marga Nusaphala Persada dengan Drosophila Enterprises PTE Ltd. Yang diperantarai PT. Bhakti Investama Tbk.
  • Data-data dugaan korupsi yang sama juga telah diinformasikan dan diserahkan ke Mabees Polri (Direktorat III Tipidkor & White Collar Crime Bareskrim Polri), serta Kejaksaan Agung Up. Jampidsus, namun kelihatannya hingga saat ini belum ada kelanjutan penyelidikannya, sehingga saya merasa perlu bertanya kelanjutannya kepada KPK sebagai koordinator pemberantasan korupsi di Indonesia.
  • Sungguh, saya pada waktu itu hanya sekedar meminta perlindungan KPK dan menanyakan kelanjutan pemeriksaan dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam perkara tersebut, dan tidak ada maksud apapun selain hal tersebut di atas.
  • Memang banyak media masa yang memang sehari-hari bertugas meliput kegiatan di KPK, yang kemudian memberitakan kejadian tersebut.

DEMI KELUARGA SAYA

DALAM MEMBERANTAS DUGAAN KORUPSI, UPAYA YANG TULUS TIDAKLAH SELALU MULUS. SELAMAT DAN BERJAYALAH PARA KORUPTOR

  • Saat ini saya harus menerima konsekuensi, antara lain tuntutan perdata dan pidana serta berurusan dengan pihak berwajib. Tidak dapat dibayangkan akibat lanjutan Perkara ini? Berapa banyak waktu yang diperlukan? Berapa banyak beban moril maupun materiil yang harus dicurahkan? Apabila itu terjadi, maka sudah terbayang kelelahan dan kesulitan akan dialami dalam kehidupan keluarga saya.
  • Saya sadar akan keterbatasan dan ketidakmampuan untuk melanjutkan lagi upaya tulus membongkar dugaan korupsi ini, dan karenanya saya putuskan harta saya yang tersisa untuk digunakan memasang iklan PERNYATAAN AMPUN, daripada harus menanggung tambahan biaya, tenaga dan pikiran yang tidak ada batasannya bila menghadapi tuntutan pidana dan perdata PT. Bhakti Investama Tbk.
  • Saya berharap PERNYATAAN AMPUN telah memenuhi SOMASI TERBUKA, dan membebaskan saya dan keluarga saya dari tuntutan perdata dan pidana PT. Bhakti Investama Tbk.

PENGHENTIAN DAN PENCABUTAN PERNYATAAN DAN PENGADUAN

  • Selain PERMOHONAN AMPUN, saya juga BERJANJI akan menghentikan mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang mengait-ngaitkan/melibatkan PT. Bhakti Investama Tbk.
  • Kepada Yang Terhormat: KPK, Kejaksaan Agung, Kepolisian, dengan ini saya mohon untuk tidak mempergunakan infomrasi yang pernah saya sampaikan tentang Dugaan Tindak Pidana Korupsi Transaksi Fiktif NCD Unibank yang diperantarai PT. Bhakti Investama Tbk.

PELAJARAN BERHARGA

  • Merupakan pelajaran yang sangat berharga dalam perjalanan hidup saya yang membuat kapok dan tidak lagi bermain api lagi untuk sesekali memberikan informasi tentang dugaan korupsi kepada instansi berwenang seperti KPK, Kepolisian dan Kejaksaan.
  • Maksud hati mendukung upaya Pemerintah memberantas korupsi, malah harus menanggung beban sendiri tuntutan perdata dan pidana karena dinyatakan melakukan perbuatan fitnah dan pencemaran nama baik.
  • Saya juga berpesan kepada masyarakat agar sedapat mungkin menghindari jalan yang saya lakukan daripada bernasib sama dengan saya. Jika ada keinginan memperjuangkan perbaikan di negeri ini maka harus siap dengan konsekuensi seperti apa yang saya hadapi sekarang. Jika tidak siap, janganlah mencoba untuk berfikir apalagi untuk memperjuangkan pemberantasan dugaan korupsi.

Demikian PERNYATAAN AMPUN ini dibuat, dan sekali lagi saya mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya kepada PT. Bhakti Investama Tbk. dan pihak-pihak lainnya serta masyarakat luas atas segala perbuatan yang telah saya lakukan ini.

Mohon dengan sangat kepada PT. Bhakti Investama Tbk. untuk mengampuni dan tidak menjalankan tuntutan perdata dan pidana kepada saya.

Hormat saya,

ABDUL MALIK JAN (masyarakat awam)

Informasi dari Enda Nasution.

69 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!