22 June 2005

“Star Wars: Revelations”

Posted under: at 11:54

Star Wars: Revelations

Akhirnya saya bisa juga menonton Star Wars: Revelations yang saya download pada awal-awal saya sakit. Revelations adalah sebuah film independen buatan para pencinta Star Wars. Film ini dibuat tanpa biaya sepeser pun, seluruh pemeran dan kru film lainnya sama sekali tidak mendapat bayaran. Lucasfilm memang memperkenankan pembuatan film-film Star Wars independen seperti ini asalkan tidak bersifat komersil.

Film ini bercerita pada masa antara Episode III dan Episode IV. Pada saat itu Galactic Empire sedang giat-giatnya membersihkan pada Jedi di seantero ruang angkasa. Para Jedi yang tersisa mencoba berkumpul dan bekerjasama dengan beberapa pihak lain untuk membentuk organisasi yang nantinya akan bernama Rebel Alliance.

Di antara para Jedi tersebut, ternyata ada juga yang memilih untuk bergabung kepada Galactic Empire di bawah Emperor Palpatine dan Darth Vader. Para Jedi ini bernama The Emperor’s Hand. Revelations bercerita mengenai perseteruan antara kedua kelompok Jedi tersebut.

Kualitas film singkat ini sangat baik terutama efek-efek khususnya. Kualitas akting jauh di bawah film Star Wars aslinya, walaupun demikian kualitas efek-efek khusus bisa menutupi kelemahan akting para pemeran-pemerannya. Efek khusus terbaik menurut saya adalah ‘fly by’ menuju Quarran III, “Welcome to the Empire’s testing ground.” Sayangnya duel lightsaber jauh daripada yang saya harapkan. Duel lightsaber terlihat aneh dan berlokasi di tempat yang sangat gelap. Terkesan pembuat efek khusus ingin menutupi kelemahan efek-efek duel lightsaber. Kelemahan lainnya adalah akhir cerita yang ‘menggantung’. Film-film Star Wars memang berkesinambungan, tetapi film Star Wars aslinya dapat berhasil mengakhiri sebuah episode tanpa kesan ‘menggantung’.

Walaupun banyak kekurangan-kekurangannya, film ini adalah film independen terbaik yang pernah saya tonton. Jauh lebih baik daripada film-film independen Star Wars lainnya (yang pernah saya tonton) dan puluhan film-film independen hasil euforia The Matrix beberapa tahun yang lalu.

Film ini bisa didownload di situs web Panic Struck Productions. Terdapat bermacam-macam format download, saya sendiri menonton versi Quicktime Large. Jika anda mendownload versi yang tidak memiliki fasilitas subtitle, subtitle berbahasa Inggris bisa didownload di subtitles.images.o2.cz.

18 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!