Selamat Untuk Uni Eropa!

Ini mungkin sudah terlalu BasBang, tetapi saya belum mengucapkan selamat untuk masyarakat Uni Eropa atas keberhasilannya menggagalkan ratifikasi [paten perangkat lunak](http://en.wikipedia.org/wiki/Software_patent).

Walaupun harus menghadapi politik uang dari pihak-pihak yang tidak menghendaki inovasi teknologi informasi di Eropa, parlemen Eropa berhasil mengenyahkan paten perangkat lunak dengan kemenangan mutlak: 648 dari 680 suara! Selamat kepada [Free Software Foundation Europe](http://www.fsfeurope.org) dan [The Foundation for a Free Information Infrastructure](http://www.ffii.org) yang berhasil melakukan lobby untuk mengenyahkan paten perangkat lunak secara konsisten dalam waktu bertahun-tahun.

Sampai kapan industri teknologi informasi Amerika Serikat yang digerogoti paten perangkat lunak mampu bersaing dengan pusat-pusat teknologi informasi lainnya seperti Eropa, India atau China?

* [Press release dari FFII](http://lwn.net/Articles/142917/)
* [Press release dari FSF Europe](http://mail.fsfeurope.org/pipermail/press-release/2005q3/000109.html)
* [Bahasan di Groklaw](http://www.groklaw.net/article.php?story=20050706113609571)

14 comments

  1. #4 Disatukan oleh representasi alphabet yang sama. Paling pusing ngurusin support Eropa karena beda LANG, LOCALE, layout keyboard.

    Ini blog-nya Priyadi paling gak enak buat kasih comment. Teken satu huruf, nongolnya di layar 2-3 detik kemudian. Ada yang tahu kenapa>?

  2. #4: Bukannya sekarang uni eropa justru lagi carut marut setelah gagalnya ratifikasi konstitusi uni eropa setelah ditolak di beberapa negara yang justru diramalkan menjadi pendukung kuat konstitusi tersebut.

    #7: Ada pluginnya kali yah?

    Buat Mas Pri: Mas, ini plugin yang mengidentifikasi sistem operasi pake metode yang gimana sih? Minta data ama browser atau gimana?

  3. #7 #8 pasti no mail :p

    moga indonesia cepetan nyusul,
    sapa tau dengan “penasihat presiden” yang baru dan “pakar” di “partai-nya” malah cepet ndukung gerakan ini ;))

  4. Wah akhirnya, syukurlah. Splashscreen “Save Europe from Software Patents” di web-web free software kini bisa dicopot dengan lega ^_^.

  5. wah gw telat banget nih. ya ampun nih blog keren banget sih bisa real time gini ya…
    copy scriptnya aaaah…
    gak ada copyright kan? right to copy to? :D

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *