20 August 2005

Komentar Spam Berbahasa Indonesia

Posted under: at 16:13

Mendapat komentar spam di blog sepertinya sudah menjadi biasa bagi pemilik blog. Walaupun kini jumlahnya sudah jauh berkurang daripada puncaknya beberapa bulan yang lalu, pemilik blog masih menerima komentar spam hampir setiap harinya. Karena masalah spam ini, sebagian penulis blog mengimplementasikan berbagai macam teknik anti-spam pada blognya masing-masing.

Yang tidak biasa adalah komentar spam dalam Bahasa Indonesia, apalagi yang dikirim dalam volume banyak. Kemarin saya menerima rombongan komentar spam berbahasa Indonesia yang isinya kira-kira sebagai berikut:

Silahkan berbagi pengalaman, informasi, IPTEK dll di silahkan klik disini(agiptek). Anda dapat memasukkan berita tanpa harus login/daftar sebagai user namun lebih baik jika anda mendaftar dahulu. Jika anda tidak login maka tulisan anda di atas namakan “anonymous”

Spam tersebut saya terima sebanyak kurang lebih 20 buah dan berasal dari alamat IP 61.5.17.147 atau ppp-jt2-c.telkom.net.id. Komentar-komentar spam tersebut mempromosikan sebuah situs dengan alamat agiptek.com. Mengingat selang waktu antara pengiriman yang bervariasi, saya pikir (untungnya) spam ini dikirim secara manual dan tidak menggunakan alat bantu otomatis.

Setelah saya hapus spam-spam tersebut, saya kembali menerima rombongan spam berikutnya. Kali ini isinya tidak sama persis, tetapi disesuaikan dengan posting yang bersangkutan. Mungkin pengirim spam menyadari bahwa komentar-komentar spamnya telah saya hapus. Sebagai contoh, tulisan Hujan Meteor Perseids dikirimi spam yang berisi:

Tunggu aja masanya hujan asteroid, makanya bertobatlah sejak sekarang !!!

Dan tulisan Hoax Mengenai Suara-Suara Dari Dalam Tanah mendapat spam yang berisi:

Disitus ini tidak ada hoax nya dan anda bisa berbagi cerita, pengalaman, informasi dll silahkan kunjungi agiptek

Tulisan Antispam.or.id, Telkom dan Forwarding ironisnya juga dikirimi spam yang berisi:

Brantas SPAM dari tanah air dan bagi yang membutuhkan program system pendataan online silahkan kunjungi situs ini

Saat ini saya telah memblacklist keyword “agiptek” untuk memastikan bahwa saya tidak perlu lagi berurusan dengan komentar-komentar spam dari sumber yang sama di masa yang akan datang.

Apa ada blog lain yang menerima spam seperti ini? Ataukah hanya blog saya yang dikerjai?

27 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!