24 August 2005

GoogleTalk Dirilis

Posted under: at 15:32

Google Talk

Sudah berbulan-bulan rasanya spekulasi mengenai layanan instant messaging dari Google, tetapi akhirnya Google merilis juga layanan yang dinamakan Google Talk. GoogleTalk adalah layanan instant messaging berbasiskan Jabber.

Tidak seperti layanan instant messaging lainnya yang tidak terstandardisasi, layanan instant messaging dari Google ini mengikuti standard dari IETF, yaitu Extensible Messaging and Presence Protocol yang dibahas pada RFC 3920, RFC 3921, RFC 3922 dan RFC 3923. Selain XMPP, Google juga berencana untuk mengadopsi protokol Session Initiation Protocol.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna dapat menggunakan program client dari Google atau menggunakan client Jabber lainnya. Google sendiri menyediakan panduan penggunaan untuk beberapa program client populer seperti Adium, Gaim, iChat, Psi dan Trillian Pro. Walaupun demikian program-program client lain dapat saja mengakses layanan ini. Untuk login, gunakan username dan password Gmail anda dan server talk.google.com.

Walau GoogleTalk dapat digunakan dengan menggunakan program client selain program resmi dari Google, hanya program resmi Google yang memiliki fasilitas voice chat. Fasilitas ini sepertinya fasilitas spesifik dari Google karena tidak pernah saya temukan pada program-program client Jabber lainnya.

Halaman developer dari GoogleTalk sepertinya menjanjikan bahwa GoogleTalk tidak akan seperti layanan-layanan serupa dari perusahaan lain yang sangat tertutup. Lebih spesifik lagi, Google menjanjikan hal-hal berikut:

  • Client choice, pengguna berhak untuk menggunakan aplikasi pilihannya untuk menggunakan layanan GoogleTalk.
  • Service choice, pengguna berhak untuk memilih server apapun untuk menggunakan layanan ini. Ini mungkin bisa diartikan untuk berkomunikasi dengan pengguna GoogleTalk, seseorang tidak perlu menjadi pengguna GoogleTalk. Hal ini adalah hal yang lumrah di dunia email, tetapi tidak di dunia instan messaging
  • Platform choice, pengguna berhak untuk memilih sistem operasi dan peralatan apapun untuk melakukan koneksi ke GoogleTalk.

Saat ini saya sudah memiliki account XMPP pada alamat ‘priyadi@priyadi.net’. Jika anda pengguna GoogleTalk, seharusnya anda dapat berkomunikasi dengan saya dengan menghubungi alamat tersebut walaupun saya tidak menggunakan account GoogleTalk. Saya sendiri masih kesulitan dalam menggunakan GoogleTalk, mungkin karena koneksi GPRS Matrix yang entah kenapa selalu kesulitan menangani koneksi SSL, atau mungkin karena seluruh manusia di muka bumi dan saudaranya sedang mencoba layanan GoogleTalk.

Bravo untuk Google! Semoga GoogleTalk dapat menjadi awal mula interoperabilitas di dunia instant messaging.

29 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!