Fakta Mengenai Natasha Anya Dipertanyakan

sHa adalah seorang penulis blog yang diberitakan [meninggal dunia pada tanggal 16 Agustus yang lalu](https://priyadi.net/archives/2005/08/18/selamat-tinggal-natasha-anya/). Tetapi pada hari ini Detikcom mempertanyakan keberadaan sHa dalam beberapa artikelnya:

* [Sha, Antara Ada dan Tiada](http://jkt2.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/08/tgl/25/time/11407/idnews/428886/idkanal/10)
* [Posting Blog Sha Tak Lagi Muncul, Tapi Masih Login Friendster](http://jkt2.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/08/tgl/25/time/131251/idnews/428967/idkanal/10)
* [Percayalah, Sha Benar-Benar Ada](http://jkt2.detiknews.com/indexfr.php?url=http://jkt2.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/08/tgl/25/time/185029/idnews/429285/idkanal/10)
* [Sha, Gadis Berjuluk Techie Gal](http://jkt2.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/08/tgl/25/time/152613/idnews/429102/idkanal/10)

Setelah membaca investigasi Detikcom yang pertama, saya pun melakukan sedikit investigasi. Sayangnya tidak ada kesimpulan yang dapat diambil dari fakta-fakta berikut ini:

* Saya tidak dapat menemukan teman sHa yang pernah bertemu muka dengan sHa. Hubungan paling dekat hanyalah pembicaraan melalui telepon. Hampir semua komunikasi dilakukan melalui SMS atau Internet.
* Ada desas desus bahwa ada yang melihat sHa di Solo setelah kejadian minggu kemarin. Tetapi tentunya informasi ini tidak dapat dipercaya begitu saja.
* Ada yang memiliki akses ke akun Friendster dan blog sHa setelah kejadian. Ada yang bilang bahwa ada yang membuat komentar bernada kasar ke blognya sHa. Keesokan harinya komentar tersebut dihapus.
* sHa adalah aktivis [ForumPonsel](http://www.forumponsel.com) dan memiliki username tasha (kalau tidak salah).

Ada beberapa informasi lainnya, tetapi seluruh narasumber meminta saya untuk merahasiakan identitas mereka.

Saya sendiri akan menghentikan investigasi saya karena takut pihak keluarga memang berniat untuk menutupi meninggalnya sHa. Tetapi saya harap semua ini bukan lelucon yang sama sekali tidak lucu.

613 comments

  1. #3 iyah S7!!
    kok gak pernah ada yg mempertanyakan yah photo didapat darimana? atau dari sapa? menurut penyelidikan Om Pri gimana? Elzan yg Upload? Elzan di kirimi dari keluarga? atau gimana yah? [-(

  2. Sejujurnya, saya sendiri meragukan kebenaran akan dirinya. Sekedar informasi, saya adalah wong Solo juga, berumur 24 tahun. Berdasarkan informasi yang ada di SOT, Sha adalah orang Solo yang beribadah di St. Antonius Purbayan, dan menuntut ilmu di SD di belakang gereja tersebut. Sangat kebetulan sekali bahwa saya sendiri adalah jemaat gereja tersebut, dan saya juga menuntut ilmu di salah satu SD di belakang gereja tersebut.

    Berdasarkan umur yang tidak terlalu jauh, saya sangat yakin bahwa (sekalipun saya nggak kenal) paling nggak temen-temen atau adik kelas saya ada yang kenal ama si Sha. Tapi, ketika saya mencoba di friendster bagaimana saya terhubung ke Sha, tidak ada 1 pun dari teman saya yang berhubungan langsung ke Sha. Paling dekat adalah 2 degree, dan merekapun itu bukan orang Solo.

    Berdasarkan apa yang dimuat di detik.com, Sha adalah WNI keturunan. Dan kebetulan sekali sayapun adalah WNI keturunan. Perlu diketahui, Solo adalah kota yang kecil, hampir semua WNI keturunannya kenal satu dengan lainnya. OK, taruhlah Sha tidak banyak bergaul dengan WNI keturunan, tetapi paling tidak keluarganya tetap bakal dikenal oleh beberapa WNI keturunan yang lainnya. Apalagi, Sha juga bersekolah di SD dan SMP yang dihuni banyak WNI keturunan, hapir tidak mungkin tak ada satupun yang mengenalnya, apalagi tidak mendengar kabar kematiannya.

    Seperti dimuat detik.com, ada seorang remaja bernama Lana Indrawan yang berpulang bulan Agustus lalu. Berita duka tersebut langsung menyebar ke seantero kota Solo dalam waktu hitungan detik. Apalagi bagi kita para komunitas internet pasti tak akan luput dari berita itu.

    Tetapi berita kematian Sha? Tak seorangpun yang mengangkat berita itu. Dengar berita itupun juga dari detik.com.

    Well, kemungkinan yang dapat saya terima bahwa Sha adalah sebuah karakter buatan dari seorang wanita (berdasarkan model tulisannya, kalau sampai penulis itu pria… angkat topi deh) yang sudah lelah untuk berpura-pura, dan ingin mematikan karakter ini… :)

    Bolehkan orang berpendapat lain? :)

    Anyway, lepas dari perdebatan Sha existed atau kaga, Sha adalah penulis sejati. Tulisan Sha adalah tulisan yang menggugah hati untuk belajar.

  3. percaya atau tidak percaya terhadap sesuatu harusnya menjadi hak setiap orang. Ngapain juga ada yang sewot ketika ada yang kurang atau tidak percaya… 8-|

  4. Untuk Bung Ray, salam kenal.
    Saya sangat sependapat dengan pendapat abang (kalau boleh saya panggil Abang). Anda real kan, hehehe.
    Sebenarnya itulah yang saya ungkapkan di beberapa komen saya di beberapa blog yang mengangkat tentang kematian natasha (saya pakai ID: unknown). Ternyata, ada juga kok orang yang saya bisa ajak berpikir rasional. Bayangkan saja, orang yang satu kota, satu gereja, sama-sama WNI keturunan, dan mungkin banyak persamaan lagi aja ngga kenal, bagaimana orang yang ga pernah ketemu bisa NGOTOT kalau sHa itu ada??? Heran.

    Saya pikir beda pendapat itu biasa, ga perlu sewot.

  5. Ada beberapa informasi lainnya, tetapi seluruh narasumber meminta saya untuk merahasiakan identitas mereka.

    boleh tau informasi lainnya ini apa? dan menurut Om Pri sendiri sHa ini emang beneran ada atau gak yah?
    btw, Om Jay mana yah? Kok belum ada pendapat yah? gak biasanya diem? :-w

  6. Satu hal yang saya yakin bahwa siapapun yang menulis itu adalah wong Solo, atau paling tidak akrab dengan Solo.
    1. Cara penulis memaparkan seluk beluk, detail gereja dan SD SD dibelakangnya sangat bagus. :-w
    2. Cara dia mengungkapkan Timlo Sastro… Oh man… siapapun tau bahwa Timlo Sastro is the best Timlo in the world. Ini bakal jadi salah satu warung yang bakal daku kunjungi ketika pulang ke pelukan ibu pertiwi. \:d/
    3. Nasi Timbel di adisucipto? Duh, kok ga pernah denger yah? Apa karena sudah terlalu lama meninggalkan tanah air tercinta diriku? Tapi saya percaya ama “sHa” kok kalo nasi timbel di warung itu pasti enak. :”>

    Ciao! :x

  7. O yah, salam kenal juga buat Pangeran Unknown. :d
    Bolehkan daku panggil diri anda pangeran? Salam kenal juga buat setiap makhluk hidup di sini.

  8. #10: saya nggak banyak bicara, karena:
    1. saya nggak kenal Sha, IRL.
    2. saya hanya tahu tulisannya (virtual).
    3. jika Sha really exist, saya tulis kedukaan saya di blog.
    4. jika Sha hanya virtual (an alter ego from an anonymous lurker) maka saya tulis kedukaan atas hilangnya karakter tersebut.

    yang mana yang saya yakini?
    yang saya yakini adalah hanya untuk saya, jika anda tak yakin silakan kontak sang fortune teller oracle. lagipula tidaklah penting apa yang saya yakini harus didengar oleh orang lain.

    jika memang fakta Sha harus jelas, clear, cekas, jéntré dll, silakan dicari faktanya.

    what is real? how do you define real?

  9. abe: gua muat ucapan turut berduka cita yang kemarin gara2 dia itu blogger dan bisa dibilang temannya teman gua, jadi sama sekali gak ada feeling aneh2

    pertama baca berita detik.com gua kesel kenapa mereka gak ngerjain PR mereka ya, memuat berita tanpa sumber yang cukup. trus dengan semangat 45 gua tanya2 sana sini, tapi makin lama makin ngerasa aneh. terlalu banyak inkonsistensi dan pendapat miring di sana sini.

    kalau tanya kesimpulan gua apa, jawabannya gua gak tau :). semua sumber gak mau ceritain semua yang mereka tahu (misalnya kenz ini :D) dan mungkin memang mereka gak tahu semuanya.

  10. saya tidak kenal sHa baik secara maya maupun nyata, namun cerita di bawah mungkin menggambarkan pendapat saya tentang sHa.

    saya sudah hampir satu dasawarsa mengenal dunia maya. jika saya sempat mempelajari sesuatu selama itu, adalah saya akan selalu menganggap seseorang itu maya selama belum bertemu di dunia nyata. dan berdasarkan pengalaman selama ini, banyak tokoh wanita yang benar-benar maya, cuma rekaan dari orang lain.

    contoh paling ekstrim adalah waktu itu ada seorang kenalan (pria) di indonesia yang mengumumkan pertunangan secara virtual dengan seorang wanita malaysia. saya bahkan sempat berinteraksi dengan “wanita” tersebut dalam bentuk memberikan akses ftp untuk transfer file dengan kenalan saya. namun ketika disambangi oleh kenalan saya ke malaysia, DUA KALI, tidak pernah bisa bertemu muka. padahal hampir tiap tengah malam kenalan saya itu melakukan percakapan telepon SLI ke malaysia. akhirnya disimpulkan, wanita malaysia tersebut memang tidak pernah ada, dan kecurigaan terbesar adalah wanita tersebut adalah rekaan dari seorang remaja pria malaysia yang bisa menirukan suara perempuan.

  11. maaf, jika saya terkesan sewot dan memaksakan pendapat saya, saya hanya bilang sHa itu ada. sepertinya malah bertambah besar masalahnya…. dan saya menyudahi sampai disini saja. mmmm…. satu hal… Tidakkah kita berhak untuk tidak dipublikasikan dalam suatu media ketika kita mati demi perasaan orang-orang yang kehilangan kita?

    Percaya atau tidak saya serahkan kepada Anda. Thanks.

  12. Ini nemu di kompasonline:

    REST IN PEACE

    Telah kembali ke Rumah Bapa di Surga pada hari Selasa,
    tgl. 14 Juni 2005, pkl. 15.00 WIB. di RS. PGI-Cikini. Menantu,
    Suami, Papa, Papa Mertua, Kakek dan Saudara kami
    yang tercinta :

    Djoenaidi Iskandar
    (Lim Soei Tjoen)

    (Lahir di Padang tgl 8-12-1934)
    Dalam usia 70 tahun

    Jenazah disemayamkan di Rumah Duka Dharmais, Lantai 1,
    Ruang K – L. Jl. S. Parman Kav. 84-86 Jakarta Barat. Dan akan dikebumikan pada hari Jumat, tgl. 17 Juni 2005. Berangkat dari Rumah Duka pkl. 10.00 WIB. ke Pemakaman TPU Tanah Kusir.

    Kami yang mengasihi :

    Mama Mertua : Nelly Sumarauw (Boki)

    Istri : Lies Sumarauw

    Anak – Menantu:
    Ramli Djunaidi – Sawiyah
    Min Djunaidi – Nurdin Lizuardy
    Nurdjaini Djunaidi – Chandra Gunawan
    Tjandra Iskandar – Tien Juliani

    Cucu-cucu:
    Atika Zahra Ramli
    Evelyn Gunawan
    Lydia Lizuardy
    Natasha Anya Iskandar
    Linda Lizuardy
    Andrian Calvin Iskandar
    Agnes Gunawan
    Albert Neilsen Iskandar

    Beserta segenap famili.

  13. Jadi inget, dulu juga ada juga bloger yg di di pertanyakan eksistensi di dunia nyatanya.
    Lupa “namanya”, klo gak salah Thomas pernah mempertanyakan itu (cmiiw)
    Sekarang sih sudah hilang (?) dari peredaran, so kali ajah orang yang sama :)

  14. Wah, si roy kok belum berkomentar ya? kan dia makin seneng tuh ada fakta yang mendukung pernyataan dia bahwa blog itu ***

    *nambah-nambahin platform mac, hare gene pake suse? :P*

  15. #20 dari melihat doang?
    suster……!!! didat maen liat2an
    *hembus gosip baru* :-”

    *maap pri biar gak tegang suasana dibuat kayak kampung gajah*

  16. #17, Kalo gak mau diketahui identitas asli dari ‘seseorang’ itu, ya sekalian aja dari awal GAK USAH nyebar-nyebar info kematian ‘seseorang’ tersebut dong di blog yang bisa dibaca umum. Kalo mo sewot, sewotlah kepada yg nyebarin info kematian itu pertama kali…

  17. Sha itu hanya rekaan.
    Bagaimana mugkin keluarga yang tidak ingin anaknya dipublikasikan ke media mengirimkan foto kematian anaknya kepada DAN (“orang yang mengaku teman baiknya sha”), tetapi bagaimana keluarga sha bisa mempercayai org yang namanya dan!? kan belum pernah ketemu muka?

    SHA atau siapapun kamu, SELAMAT, anda berhasil membuat komunitas blogger Indonesia geger, sampai2 masuk detik.com! jangan ketawa dulu, ntar anda benar2 meninggal baru tahu!

    Salam,

    PS: Beda boleh kan!

  18. bermain api kesundut,
    bermain air basah,
    cari aja orang yg kirim2 gosip ke detik.com sampe jadi rame begini.
    ada atau tiada ga mau pusing ah …. masih banyak urusan lain yg bikin pusing. :)

  19. weks…. masih tetep mempertanyakan sHa?????
    itu mah nambah2 beban otak…:d
    kembali ke pribadi aja deh… mo anggap ada ato ga..
    btw.. bisa jadi kan itu cuma akal2-an sang empunya id.. doi cuma pengen liat gimana reaksi para “temen2-a” setelah doi ga ada…
    mungkin lho…:)>-

  20. Hi All, saya membaca seluruh user comments yg ada di blog ini dari awal sampai akhir. Saya paling tertarik sama analisa Ray, and saya juga sependapat. Dari foto “Sha” itu pun kalau ada yang punya kelebihan waktu/inisiatif extra untuk investigasi bisa diketahui kok itu foto siapa? Paling tidak bawa aja ke tempat Sha ber’gereja atau ke Sekolah’nya masa sih ngga ada yang kenal, itu baru analisa yang simpel lho.

    BTW, bukankah apabila ada seseorang khususnya WNI Keturunan yang meninggal maka obituary announcement yang biasa dipakai adalah melalui koran (may be not always but mostly is the case).

    Finally, saya pribadi menganalisa dari seluruh user comments dan berpendapat bahwa Sha does not exist and it’s all “engineered”. If it really exist, then I apologize for my analytical judgement and my deepest condolences and sympathy to the ones left behind. But if it does not exist then Hats off to the “Engineer” who “engineered” all this up and made each and every eye paid attention to all this situation. Especially me.

  21. Aduh, pusing juga ya… berita meninggalnya sudah menyebar kemana-mana dan sekarang ada berita bahwa sha masih ada? wew….
    Bisa jadi seperti film simone (al pacino)? Tak mengerti..tak mengerti.. hiiii…

  22. hemm
    awalnya saya agak ragu juga baca dari temen katanya meninggal akrena emboli di otak? emboli sebesar apa yang bisa membuat orang mati? makanya dalam judul saya saya sempat menulis “tolong yang tahu hubngi saya”

    Soalnya emboly otak ini orang tidak akan langsung mati, tapi akan megalamai gangguan dulu apakah lumpuh separo atau bicaranya pelo atau gangguan nafas, nah saat itu orang disekelilingnya pasti akan tahu kalau ada sesuatu yang terjadi pada pederita, sehingga bisa dibawa ke RS, karena gangguan yang saya sebutkan itu sifatnya tidak langsung mematikan sehingga misal dalam jangka waktu 3-4 jam pun masih tidak mengancam jiwa.

    Usul saja, siapa yang tahu persis ttg kematian dia tolong kontak saya, kita diskusikan apa memang logis kematian dia atau memang dia mati yang diada adakan.

    Usul lain, kalau tidak salah dia kan punya web site, lah kenapa tidak tanya saja ke providernya, web itu atas nama siapa?

    masalahnya si bukanya malu karena kita bisa di tipu ( kalau memang dia itu tidak ada) tapi apakah dia itu seorang kesatria atau cecunguk atau liar atau gombal mukio. Nah orang yang kayak gini yang patut untuk dijauhi dalam bergaul.

    begitu.
    d. thohar

  23. memang sebenarnya kurang baik juga mengusik berita yang sudah terjadi, apalagi pihak yang berkepentingan maunya berita ini tidak di expose, tapi karena ini sudah menjadi komsumsi umum, kita ngga bisa menyalahkan juga temans yang lain yang ingin mendapatkan fakta akan kebenarannya, karena bagaimanapun kita lebih mencintai kebenaran dari pada kebohongan, mungkin sebagai starting bagi temans yg penasaran bisa liat dari iklan koran kompas tadi, walaupun udah basi tp gw rasa masih bisa….

  24. Sudahlah… tak perlu diperdebatkan lagi tentang keberadaan si Sha ini (mau real kek, mau integer kek yang pasti tulisannya string, kekekeke…),
    yang pasti bisa kita ambil hikmahnya adalah bahwa kematian itu memang bener-bener ada dan bisa terjadi pada siapapun dan kapanpun.
    BTW, Kalo Sya bener2 ada lho :d

  25. wahhhh :D
    semakin rame aja :)>- numpang mejeng ahhh
    menurut gw secara pribadi…
    sosok Sha adalah fiktif
    :d saya mohon maaf buat kelompok garis keras yang sangat mendukung Sha :d
    adapun seperti kita ketahui…
    saat kita melakukan dial up ke internet
    maka kita akan terconnect jutaan netters yang sedang online
    dan seperti yang telah kita ketahui pada umumnya…
    netters mana sich yang masuk ke dunia maya dengan jati dirinya yang sesungguhnya?
    saya adalah orang yang rasional…
    bukan pemimpi ;) saya lebih mempercayai segala sesuatuyang telah nyata berdiri dihadapanku…
    daripada hanya sebuah blogs berisi tulisan-tulisan indah yang disertai foto-foto artistik
    maupun berupa sms dan foto pembuktian diri yang diposting lewat internet…
    dan untuk bloger yang mempertanyakan soal foto-foto Sha yang sempat diposting
    saya katakan disini…
    bahwa dalam hitungan menit…
    saya bisa mengkreasi/merubah foto seseorang sampai berbalik menjadi 180′ :o:o
    anyway…let`s back to the real world :D guys!!!

    kenapa anda sekalian tidak memberikan dukungan kepada Gus Dur yang sedang melawan sekelompok penjahat yang mengatasnamakan agama buat menggoyang konstitusi?

    :d

  26. Koq persis seperti yang kami alami di komunitas kami ya…

    Beberapa waktu yang lalu, sempat kejadian seorang kenalan di dunia maya mengaku kena kanker otak stadium tinggi dan umurnya tinggal 6 bulan.

    Kontan saja berita itu mengejutkan kami semua dalam komunitas tersebut, sampai beberapa anggota rela bersusah payah mencarikan obat alternatif, bikin janji dengan dokter terkenal, doa puasa, dlsb.
    Terakhir ketahuan bahwa yang bersangkutan BERBOHONG !!!
    Dan setelah kejadian itu, seluruh account di Friendster, Multiply dan Blognya hilang tak berbekas…

    Tujuannya berbuat demikian kami tidak tahu sampai sekarang, apakah ingin mencari perhatian atau sekedar iseng. Aksinya tersebut berhasil mengelabui sekitar 4000 an anggota komunitas kami, well – memang masih kalah dengan ‘Sha’ ini sih – seandainya ‘Sha’ini memang tidak benar-benar exist.

  27. hmmm.. memang sih kayaknya memang gak usah jauh2 debatnya.. :-? karena ya bagaimanapun udah meninggal. Kalau ternyata cuma karakter rekaan, ya jangan terlalu sedih… kalo mau dibangkitkan ya bangkit lagi.. (kalau ada yang iseng bikin keruh, paling nanti ada juga yang bikin blog pura2 jadi sha..).

    Kalau meninggalnya karena suatu tindak pidana.. nah… itu lain soal.. ya nggak.. ya nggak?:-b

  28. Domain Name: NATASHAANYA.COM
    Registrar: GO DADDY SOFTWARE, INC.
    Whois Server: whois.godaddy.com

    Registrant:
    Daniel Cahya
    5840 Cameron Run Terrace
    Apt. 230
    Alexandria, Virginia 22303
    United States

    Registered through: GoDaddy.com
    Domain Name: NATASHAANYA.COM
    Created on: 31-Jan-05
    Expires on: 31-Jan-07
    Last Updated on: 07-Feb-05

    Administrative Contact:
    Cahya, Daniel dcahya@eresources.com
    1425 S. Eads
    Apt. 605
    Arlington, Virginia 22202
    United States
    (202) 216-0124 Fax — (202) 318-0691

    mending tanya beliau aja :)

  29. Ini hasil whois domain natashaanya.com, ada Daniel Cahya disitu sbg registrant-nya. Nama Dan disebut2 sHA diblognya bahwa dia sempat sms dg Dan http://daninblog.blogspot.com/. So ?? Apakah sHA itu benar adanya atau hanya karakter rekaan dari Dan ? Only God knows.

    Registrant:
    Daniel Cahya
    5840 Cameron Run Terrace
    Apt. 230
    Alexandria, Virginia 22303
    United States

    Registered through: GoDaddy.com
    Domain Name: NATASHAANYA.COM
    Created on: 31-Jan-05
    Expires on: 31-Jan-07
    Last Updated on: 07-Feb-05

    Administrative Contact:
    Cahya, Daniel dcahya@eresources.com
    1425 S. Eads
    Apt. 605
    Arlington, Virginia 22202
    United States
    (202) 216-0124 Fax — (202) 318-0691
    Technical Contact:
    Cahya, Daniel dcahya@eresources.com
    1425 S. Eads
    Apt. 605
    Arlington, Virginia 22202
    United States
    (202) 216-0124 Fax — (202) 318-0691

    Domain servers in listed order:
    NS1.NO-IP.COM
    NS2.NO-IP.COM
    NS3.NO-IP.COM
    NS4.NO-IP.COM
    NS5.NO-IP.COM

    The previous information has been obtained either directly from the registrant or a registrar of the domain name other than Network Solutions. Network Solutions, therefore, does not guarantee its accuracy or completeness.

    Show underlying registry data for this record

    Current Registrar: GO DADDY SOFTWARE, INC.
    IP Address: 72.18.131.223 (ARIN & RIPE IP search)
    IP Location: US(UNITED STATES)-COLORADO-LOVELAND
    Record Type: Domain Name
    Server Type: IIS 6
    Lock Status: REGISTRAR-LOCK
    Web Site Status: Active
    DMOZ no listings
    Y! Directory: see listings
    Web Site Title: NatashaAnya.com
    Secure: No
    E-commerce: No
    Traffic Ranking: Not available
    Data as of: 14-Jun-2005

  30. weleh…biasa itu ada orang yang pengen jadi orang lain..punya angan2 pengan jadi seseorang dan akhirnya “membangkitkan” sosok itu .. wuis lah..aku sih yakin SHA itu ngga ada..cuma rekaan aja..
    biasa lah anak cewe. (aku pikir juga umurnya ngga sampe 23..paling anak umur belasan yang mash kuliah dan kurang kesibukan)

  31. “gue cuman bisa ngucapin turut berdukacita untuk Sha [natasha anya] sebagai,paling ga sesama pengunjung internet [karna gue bukan bloger tapi sering liat posting para bloger]”
    *gue harap jika ini berita benar apa adanya,dalam artian si SHA bener2 meninggal sbg sesama pemakai jasa internet,mari kita2 sama nundukin kepala sembari berdoa semoga SHA bisa diterima di sisi TUHAN[sesuai kepercayan sha][-o< *gue juga berharap kalo ini cuman fiktif aja,smoga pelaku fiktif yang lumayan mahir ngrekayasa blog 'SHA' bisa diampuni oleh TUHAN dan dimaafin sama para blogger^:)^ *dan yang pasti asal tau aja ngebahas tentang 'SHA' ini ga bakal ada clear-nya palagi kalo udah jadi gunjingan para netter seantero jagadraya,waduh paling juga luntur ndiri kabar yang lumayan heboh ini:D *berubah >-) itu harapan untuk orang yg BOOKIST bgt alias tukang tipu blog ini,tapi berdoa [-o< untuk SHA yang telah jauh disana,bila kabar ini bener *8-x:-@:-j:)>–

  32. masalahnya kalo ybs keluarganya pernah mengiklankan ucapan duka cita untuk kematian keluarganya (spt post kompas link dari sdr Henry tsb), masa kali ini “kematian” cucunya tercinta tidak diiklankan di media nasional juga?

    ada yang berani klarifikasi ke keluarga iskandar?

    apalagi kepemilikan domain natashaanya.com juga mencurigakan.

    *hmmmengundangkecurigaan.udahkayakdetektifajakitanih.

  33. eits… gue sih ngak tahu de dia ada apa ngak. Kalo ada ya gue turut berduka cita, tapi kalo dia cuman rekaan tolong dunk, stop semua ini. Kematian itu bukanlah semua lelucon, oh ya kalo ngak salah id yahoo nya sha itu kembang_solo bukan?????? kalo iya, kemarin kok dia online ya????? 8-| ck ck ck…. :-? ya bagi yang percaya dia bener2 ada, kenanglah dia sebagai orang yang bener2 ada, kalo yang ngak percaya, ya doain aja moga2 itu orang sadar dia ngak lucu becandanya :d

  34. wokeh….
    kita kembali kerja… kerja,,,,,,
    siapun sHa real or fiktif telah menggugah hati nurani kita…:d:d:d:d:d

  35. Kalo menurut gw sih ini adalah salah satu kelebihan dunia maya. You can be a totally different person and do anything you want..virtually. Kaya kartun geto. Mungkin si sha ini virtually is dead but in reality..who knows. Moso ga ada satupun temannya yg bertemu langsung (physically) kan aneh tu.

  36. Pingback: Friik.
  37. root@itpd-adhi:~# nmap natashaanya.com
    Starting nmap 3.75 ( http://www.insecure.org/nmap/ ) at 2005-08-26 14:07 WIT
    Interesting ports on 72.18.131.223:
    (The 1642 ports scanned but not shown below are in state: closed)
    PORT STATE SERVICE
    21/tcp open ftp
    23/tcp filtered telnet
    53/tcp open domain
    80/tcp open http
    135/tcp filtered msrpc
    136/tcp filtered profile
    137/tcp filtered netbios-ns
    138/tcp filtered netbios-dgm
    139/tcp filtered netbios-ssn
    389/tcp filtered ldap
    443/tcp open https
    445/tcp filtered microsoft-ds
    497/tcp open dantz
    1029/tcp open ms-lsa
    1030/tcp open iad1
    1080/tcp open socks
    1433/tcp filtered ms-sql-s
    1434/tcp filtered ms-sql-m
    1720/tcp filtered H.323/Q.931
    3306/tcp open mysql
    3389/tcp open ms-term-serv

    root@itpd-adhi:~# dig natashaanya.com
    ; > DiG 9.3.0 > natashaanya.com
    ;; global options: printcmd
    ;; Got answer:
    ;; ->>HEADER

  38. Aku kebetulan dekat dgn Sha dan Dan. Tapi jujur aku belum pernah bertemu nyata dgn mereka.

    Aku pernah tanya ke Dan tentang iklan di Kompas yg ada Natasha Anya Iskandar. Dan dengan tegas bilang bukan. Natasha Anya engga pakai nama belakang Iskandar.

    Ternyata aku baru tahu walau Dan adalah teman specialnya Sha, tapi Dan tidak tahu alamatnya rumahnya Sha. Tadinya mamaku yang orang Solo mau kirim bunga ke rumah Sha, Dan bilang buang ke laut aja. Yo wess..

    Hati kecilku bilang Sha benar2 ada.. cuma sudah meninggal atau belumnya, itu yang aku tidak yakin… Semoga Sha masih hidup ya, walau apa tujuannya, tapi aku ingin Sha masih hidup.. Dia gemesin banget sih, comment2nya ke aku lucu-lucu..

    Wherever you are, whatever you do.. I’ll be miss you… Sha.. damai dimanapun kamu berada ya..

  39. Hmmm, saya tegaskan kalo sHa memang ada dan kini telah tiada. Saya mengenalnya sekitar 2 tahun lebih, memang hanya didunia maya karena jarak kami yg terpisah jauh. Kenapa saya berani TEGASKAN kalo sHa itu benar2 ada? pernah dalam suatu waktu hampir tiap hari saya berbicara ditelpon dgnnya, mendengarnya tertawa, menangis, mencurahkan isi hatinya – apakah itu rekaan? batin dan akal sehat saya yang saya yakini lebih sehat dari Gus Dur jelas mengakui bahwa sHa itu bukan rekaan siapa pun. Kenapa Dan sebagai orang yang pertama mengetahui kematian sHa? karena ia adalah orang yang terdekat dengan sHa saat itu dan keluarganya mengetahui saya bersimpati yang dalam untukmu Dan, mau lebih banyak saya ungkapkan disini tapi saya tak ingin menjadi ‘terkenal’ disini, dan perlu diketahui domisili sHa bukan hanya diSolo tapi juga ada di Surabaya. Saya pahami, kematian sHa dipublikasikan hanya untuk memberitahukan kepada kawan2nya saja, bagi yang tidak mengenalnya secara utuh lebih baik lupakan saja. Saya juga turut prihatin untuk keluarga sHa, karena mereka benar-benar kehilangan atas kepergiannya dan tidak ingin diperdebatkan ataupun dipublikasikan, maka pinta saya tolonglah ini dihentikan biarlah ia tenang ditempatnya yang sekarang. Thanks.

  40. Mungkin nggak ya kalau sebenernya ada seseorang yang terobsesi sama seorang teman/tetangganya yang memang bernama Sha. Saking terobsesinya, dia menciptakan tokoh maya Sha lewat HP-nya, blog, friendster, dsb. Pada suatu saat, Sha (yang asli) memang benar-benar meninggal, dan seseorang tersebut juga membuat meninggal karakter maya Sha ciptaannya. /:)

  41. Mari Kita Bangun Negara kita, Perangi Kemiskinan, jauhi Narkoba, dan Jujur dalam bertindak, berkata dan Berpikir… Hindari segala sesuatu yang bersifat SARA, Dahulukan Kepentingan Negara diatas kepentingan Pribadi, tidak mencampuri urusan orang lain, dan di Usia negara kita yang sudah mencapai 60 tahun ini, mari kita membangun bangsa menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera berdasarkan PANCASILA

    Wassalam !

  42. menurut analisa gue, Dan dan sHA adalah sama… tipe picture yang dipasang di friendster mirip, dan info yg ditampilkan cuma seadanya aja… dan yg lebih membingungkan, di blognya Dan, posting kematian sHA muncul jam 09.00 Am lengkap dengan fotonya “jenazahnya”, padahal kabarnya sHA meninggal jam 13.00/01.00 PM dan sHA juga baru posting tulisan Mimpi Buruk jam 11.00 AM…
    any way, cerita ini memang cukup menarik perhatian….

  43. wahhh capek juga nihh kalo kita yang perhatian pada Sosok “sha” disibukkan dengan situasi percaya atau tidak percaya..jangan jangan banyak orang yang takut untuk mengenal dan mengetahui keberadaan sha… yaaa gimana lagi yang di tampilkan bukan sosok dunia maya tetapi juga sosok mistis…. memang selama ini dunia maya tak habis habisnya bercerita banyak baik itu bohong atau benar,,,, wahh jahatnya teknologi sampai kita merasa terjebak olehhh situasi seperti ini…
    mungkin tindakan yang lebih arif adalah ketika kita mengenal dulu dunia maya tuh seperti apa khususnya didalam pemberitaan…. baru kemudian bertindak….
    jujur saja saya tidak mengenal sosok SHA disini… dan saya cuma berkomentar, kalo benar memang sosok SHA ada dan benar meninggal ada kalanya kita mendoakan agar diterima disisi TUHAN . Sekiranya saja ini tokoh rekaan, yaaa biarkanlahhhh….. memang dunia maya seperti ini …. kecuali kalo sosok Sha benar meninggal karena keganjilan(dibunuh,dianiaya)mungkin ada yang lebih bertanggung jawab dalam menginvestigasi….
    ingat strategi media(detik.com) dalam perberitaan , semakin ia menarik perhatian semakin bagus media itu diekspos dibuka secara umum sehingga iklan yang masuk bertambah banyak….
    salam THe Mayaters …..

  44. Yah memang elu orang aja yg SKSD, ngak pernah ketemu muka dan ngak tahu dia tinggal dimana tapi udah ikutan ngucapin TURUT BERDUKA CITA. Eh sekarang pada marah-marah berasa kena tepu….

  45. Maaf, saya sedang dipijat karena kecapean melayani pengunjung dari detikcom. Silakan kembali lagi dalam 3 jam setelah saya segar bugar. :)

    Tertanda, server priyadi.net

    wakakakakaka =))….. mo dipesenin tukang pijet gw gak, sumpah deh, dia jago pijet bgt!, klo gw kena gaprak pas main bola gak sampe 10 menit dia bisa bikin gw sehat lagi ^:)^

    mengenai sHa sejujurnya gw gak yakin dia exist, dalam hal ini sebaiknya kita tanyaken pada detikcom yg membuat ini heboh :), kok ya bisa sekelas detikcom memuat berita yg gak jelas.
    klo dia beneran ada, gw minta maaf dan menyampaikan bela sungkawa yg sedalam-dalamnya

    (%) -peace- (%)

  46. Hmmm kalo gini jadi inget ungkapan John P Barlow yang dimuat di bukunya Howard Rheingold (The Virtual Community) yang bilang bahwa virtual community is NOT real by saying, “you aren’t a real community until you have a funeral”…

    Hmmm interesting… How real is real? How is real? Did anybody attend the funeral? :|

  47. Bingung. Udah pegangan. Masih bingung. Pegangan lagi. Bingung lagi.

    Akhirnya cuma ikut menyatakan “Turut Berduka Cita”.
    Yang namanya meninggal ya meninggal. Saya pikir kita patut berduka. Kalaupun ternyata kabar ini tidak benar, kalaupun memang ada orang yang memerankan tokoh Sha dan akhirnya memutuskan untuk membuatnya meninggal, tetap saja kita harus berduka.

    Semoga bahagia di alam sana, Sha..

  48. Barusan saya chat ama teman. Dia bilang bahwa dia kenal Daniel Cahya (Dan), lulusan STTS Surabaya. “Dan” ini memang dekat dengan Natasha ini. Mungkin naksir? :D Sampai bela-belain bikin domain-domain natashaanya.com, kembangsolo.net, kembangsolo.com. Yang jelas Dan ini juga tidak pernah ketemu muka dengan Natasha.

    Sepertinya kok si Dan ini juga korban seperti kita :) Cuma bedanya, dia berusaha membuktikan bahwa Natasha exist :) Karena dia tidak mau mendapatkan kenyataan sebaliknya :P

  49. Ngga masalah tuh orang ada ato ngga, masih idup or dah mati yang penting ambil hikmahnya aja ….
    Di pesen terakhir dia kita bisa belajar kalo kita semua itu bakalan MAMPUS !!!!!

    Sekian
    PS: Sori bang Priyadi nambah nambahin panas :)>-

  50. Begini, saya agak menyalahkan enda nasution krn disebut sbg bpk blogger, maka enda sasaran tembak untuk menyebarkan segala sesuatu di jagat blog, saya minta lain kali cek and ricek dulu buat enda.

  51. saya sudah tahu siapa aktor dibalik kisah ini. pak/bu aktor, anda tidak perlu takut. karena tidak menyangkut keamanan negara.
    hanya saja mungkin sanksi dari para netter, entah berupa apa.

    B-)

  52. # 77
    saya juga menemui kejanggalan serupa:
    1. semua ini berawal dari blog-nya DAN yang memosting berita wafatnya sHa.
    2. nama registrant dari NATASHAANYA.COM adalah DANIEL CAHYA, kebetulan menggunakan alamat yang sesuai dengan alamat yang digunakan oleh DAN pada profile blog http://daninblog.blogspot.com/ yaitu : Arlington, Virginia, United States. sayang sekali profile dari blog tersebut sekarang sudah berubah.
    3. Terlalu cepat (menjadi terlalu aneh), kalau pihak keluarga sHa berkenan memberikan foto jenasah sHa kepada DAN, beberapa saat setelah sHa meninggal, sedangkan DAN mengaku belum pernah bertemu secara fisik dengan sHa (apalagi keluarganya)

    Kejanggalan tersebut memang tidak menutup kemungkinan bahwa sHa ini adalah tokoh nyata. Jika memang sHa ini exist di dunia nyata, saya ikut bersimpati kepada keluarga dan orang-orang dekat yang ditinggalkannya.
    Namun rasa simpati itu tidak cukup bisa meredam penasaran saya; bahwa sHa adalah tokoh rekaan, dan perekanya adalah DAN. Jika benar ini rekaan, saya ucapkan selamat kepada DAN; anda telah berhasil membuat lelucon paling besar dan mengerikan, menyita perhatian secara luas.

  53. Mm .. mungkin ga sih kalo sebenernya Natasha dan Daniel ini adalah orang yang sama? Sebenernya Daniel ini memiliki kepribadian ganda, pada saat tertentu dia menjadi Daniel dan saat lain menjadi Natasha. Pada akhirnya, alter Daniel-lah yang lebih dominan dan kuat dan mengalahkan Natasha .. end of story .. *terpengaruh novel Sydney Sheldon .. :D

  54. #68, silakan baca komentar saya di #16.

    #69, setelah membaca tulisan anda, saya malah makin yakin kalau “sHa” ini cuma rekaan. silakan baca komentar saya di #16. percakapan telpon bukan jaminan bahwa orang yang bicara dengan anda itu bukan tokoh rekaan. pernah lihat anekdot mengenai sex call? digambarkan “wanita sexy” di ujung telpon sana ternyata ibu-ibu gemuk yang menerima telpon sambil menyeterika pakaian. kalau cuma lewat telpon mah, temen saya aja sampai tertipu mengadakan pertunangan via internet, udah pasang website segala. akan lebih lucu lagi kalau anda tahu apa yang dinamakan dengan “turing test”.

    dan bagi siapapun yang di dunia nyata pernah bertemu dengan “sHa” ini, silakan memberitahukan ke dunia bahwa memang benar “sHa” itu exist. dan biarkan orang bisa mengirimkan tanda bela sungkawa ke rumah “sHa”, jangan sampai cuma disuruh buang ke laut, keluarga “sHa” berhak menerima tanda bela sungkawa tersebut.

  55. control panel —>> Regional option –>
    udah deh ada yang dari netherlands, Malaysia, germany dll nya

    :-w

  56. Iya… tadinya aku coba cari bukti bahwa tulisan “Mimpi Buruk” itu benar-benar asli. Bermodal taut dari situs Om Enda, penyelidikan dimulai… dan hasil sementara (tanggal 20 Agustus) adalah tulisan itu asli. Maka menulis pula lah saya (http://febdian.net/natasha).

    Tanggal 25 turun berita berturut2 di detikcom yang mencurigai eksistensi Tasha. Jadilah saya menulis lagi untuk menyeimbangi tulisan pertama.

    Tapi, dari awal saya memang lebih tertarik dengan isu yang diangkat mas Amal di #direktifnya (Persiapan Menghadapi Musibah). Kayaknya wacana itu sudah pantas didiskusikan serius.

  57. hhmm kok bisa ya, Sosok yang katanya gak pernah ketemu sama teman2 nya, bisa sharing password and user name friendsternya ke orang lain ya ? apa itu mungkin ? wong ketemu2 teman2 blog nya aja ngga pernah…satu lagi ketimpangan tg sosok gadis ini….

    Trus katanya keluarga Sha ingin hidup tenang…lah emangnya Sha ini celebrity gitu…sampe segitu terganggunya ?? Entah siapa foto gadis yang meninggal itu, kasian sekali sampe di published di internet sampe segitunya…

    trus ada disebut wasiat …apa wasiatnya itu user name and password semua accountnya ??

    Kalo emang rekayasa, hebat ya…bisa bikin karakter yang kuat…kalo gw mah, jadi diri sendiri aja udah cape…apalagi jadi orang laen,…phewww….

  58. baru tadi pagi baca2 testimoninya sha, eh, kok sekarang dah menghilang. hebat bener nih sha, dah tiada tapi masih bisa utak-atik friendster…. apa… di akhirat sana ternyata bisa ngonline juga yah… hmmmm….

  59. Allow semuanya, gue temen nya DAN, pernah satu kantor ama dia, jadi jelas dia itu REAL, dan dia juga sobat baik gue, jadi gue percaya dia nggak mungkin sebegitu isengnya nyiptain karakter dunia maya kayak gitu. Trus satu lagi nanggepin postingnya opik tentang meninggalnya SHA, itu mungkin aja, soalnya DAN tinggal and kerja di US yang 12 jam lebih mundur dari kita, kalu dia postingnya tanggal 16 agustus 9 am, berarti disini kira2 udah tanggal 16 agustus jam 9 pm. DAN itu emang orangnya baik dan perhatian sama sapa aja, apalagi sama sobat karibnya. so gue percaya kalu SHA itu ada.

  60. #87
    Asumsi yg bagus. Bagaimana kalo kita gunakan ini saja sebagai kesimpulan. Dengan begitu masalah ini tidak berlarut-larut. Sebenarnya klo seseorang meninggal itu biasa. Tapi klo meninggal setelah ngepos ttg mimpi kematian trus besoknya terjadi trus pemakamannya ga jelas ini yg luar biasa. Makanya jadi sensasional. Wajar dong klo detik menjadikan ini bahan berita.

    Salam

  61. Satu hal yg pasti untuk membedakan apakah Tasha dan Dan. Dan juga untuk mengetahui siapakah Tasha itu? Kalian bisa menelusurinya di oranye.net milik sdr. Bagus (sorry Gus tidak bermaksud mempromosikan web anda). Saya gabung di oranye.net sejak tahun 2002 dan disana awal mula kenal Tasha, jd saya paham benar sepak terjangnya. Sedangkan Tasha sendiri mulai ngeblog sejak januari 2005. Mengenai akun friendsternya memang sengaja untuk dihapus, hal ini diungkap oleh sepupunya yg juga suka chat di oranye.net lebih jauh ingin mengenal Tasha silahkan intip http://oranye.net/club/club.php?c=507 mengangkat wacana Tasha adalah tokoh rekaan bagi kami di oranye.net itu sudah menyakitkan kini ditambah kawan kami yg jg sahabat terdekat Tasha, Dan malah dituduh sebagai perekanya. Sebelum berkomentar sebaiknya kenalilah dulu sejauh mungkin. Thanks.

  62. #98 Seseorang Yang Berkepribadian ganda tidak dapat dilihat dari sikapnya… Seorang psikopat bisa saja di dunia real adalah seorang yang penyayang dan bahkan tidak mampu menyakiti makhluk hidup (!) tapi disaat kepribadian lainnya muncul, dia bisa menjadi seseorang yang lain. Hal ini sudah sering terjadi dan dibuktikan. Anda silahkan bertanya kepada para Ahli Jiwa mengenai hal itu.. The Other Side dari seseorang biasanya sangat berbeda dengan apa yang kita lihat dari kebiasaannya sehari2. sebagaimana kita ketahui, tiap manusia punya dua sisi, sisi baik dan jahat.. Mungkin si DAN ini punya 2 sisi kehidupannya, di saat lain dia menjadi seorang DAN yang sopan dan baik, seperti yang anda kenal namun disisi lain dia bisa menjadi sosok SHA (si Jane Doe)! Yang mana pada akhirnya sosok DAN ‘terpaksa Membunuh’ karakter SHA tadi. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja, mungkin karena terjadi hal2 yang mungguncang dirinya, misalnya trauma masa kecil atau bahkan dari masalah percintaan, misalnya ditolak cintanya oleh seorang wanita dan sebagainya. Silahkan anda membaca dan melihat2 buku2 mengenai Psikologi seseorang.
    Atau bisa saja si DAN ini mendapat suatu ‘kesenangan’ dan ‘hiburan’ dengan menciptakan sosok SHA dan berkenalan atau berhubungan dengan semua orang dengan sosok ini, sampai suatu saat dia merasa BOSAN (seperti anak kecil bosan pada mainannya) dan merasa perlu untuk MEMBUNUH karakter SHA ini. Anda mungkin tidak percaya, bahwa hal semacam ini sangat2 sering dijumpai di kehidupan kita, dengan berbagai macam alasan, misalnya seperti Krisis kepercayaan diri, transsexual dan sebagainya.
    Thx

  63. Ud lah.. ngapain di bhs amat..mslh ky gitu.. klo emg ada biarin dia istirahat yang tenang di alam sana.. klo emg ga ada ya.. jdnya lucu klo lo,lo.. org di kibulin..

  64. Saya sepakat dg Benny, kenapa kalau nggak mau terpublikasi beritanya dipublish di internet ??.

    Ini kan biar terombang ambing antara ada dan tiada ?

    Kalau saya lihat dari hasil investigasi priyadi, detik, dan bahkan kenz, kelihatannya nggak ada petunjuk bahwa pernah ketemu sama orang ini.

    Jadi secara pribadi saya menilai berita ini tingkatannya mursal atau paling banter dzaif lah :)

  65. heran prasaan kalo ada yg meninggal pasti ngabar ngabarin ke temen2 nya dan pasti pihak keluarga akan senang kedatangan temen temen dari org yg meninggal tsb walaupun pihak kluarga tidak mengenal temen2 nya itu dan bahkan mereka akan bangga dengan banyaknya org yg melayat yg membuktiikan bahwah almarhum emang di cintai dan di sukai teman teman nya, alasan keluarga mau tenang sehingga merahasiakan hal tersebut kek nya ga masuk akal, pastilah keluarga yg di tinggal minimal dalam 3 bulan akan selalu di kunjungi oleh tetangga, kluarga yg tinggal jauh atau kerabat keluarga itu. jadi sama aja ga bakal tenang karena masih menerima tamu yg melayat.
    NAtASHA ANYA CUMAN karangan dari seorang wanita atau dari seorang pria yg bisa bersuara wanita (kalo emang bener beberapa orang menerima telpon nya)
    yg meninggal hanya karakter nya bukan orang nya

  66. #100, ada bukti gak bahwa sepupunya sha di oranye.net itu real juga? jgn2 gak ada yg pernah bertemu dengan si sepupunya ini.
    bisa aja seseorang, misalnya si X -kmungkinan ce-, menciptakan tokoh sha, dan tokoh2 lain sekitar sha. lalu dia berhasil ‘menipu’ si Dan,dkk lain.
    si X ini yg menerima telpon, ber-sms-ria dengan teman2 sha, dll
    setelah sha ‘dimatikan’, si X ini kemudian berperan sebagai sepupunya. si X yg ngirim sms berita duka ke teman2 sha, si X yg melarang dan memberi alasan macem2 seputar kematian sha, dll.

    seru ya maen detektif2an gini :P

  67. :(( Refer to message no. 50… Betul!! Gue ngalamin ketemu itu psycho yg “virtually” kena kanker otak, cuman bedanya sampe hari H yg dia tentuin harusnya dia “due” kok nggak mokat juga, ampe hari ini bok. Parahnya.. udah ada korban yg “uuuh” falling in love dan simpati abis sama ini perempuan. Motivnya apa… never know. Tapi yg gue tau.. modusnya kalo dia buka percakapan/baru kenal sama satu komunitas adalah gini: “blog gue di hack orang!”, “fs gue di hack orang”.. dst. Bikin blog baru/ Likely bangeet… So she wanders around, and many more like her.

    poison_eevy

  68. posting kedua nich :D
    terus terang aja…
    gw mulai muak dengan Dan n genk2 nya yang selalu berusaha membuktikan bahwa lelucon mereka bener2 lucu >:)
    bagi kami netters bukanlah mempersoalkan tentang kematian atau real enggaknya sosok seorang ‘Sha’
    tapi dari lelucon Dan n genk2nya….
    yang menjadikan kematian sebagai sebuah lelucon
    sadar oiiiii……..
    jgn jejali netters dengan link2 pribadi yang penuh kebohongan….
    mulai dari domain register yg satu id….
    persamaan char/tulisan2 yang dibuat Dan n “Sha’
    sampai gencarnya si bodoh Dan buat memberikan bukti/menyangkal tuduhan netters
    semuanya semakin jelas dan memuakkan…
    lengkap dech buat yg mau pensiun dari internet…….

    :D :D :D

  69. #107
    Pensiun dari internet? Apa ada hubungannya dengan Elite Team? Canggih juga caranya..niat banget gitu.

  70. Sebenarnya saya hanya pengunjung setia situs ini. Selama ini gak pernah mau komen. Sekarang aja jadi pengen banget komen.
    Skenario #1
    Saya curiga nih jangan-jangan rekayasa ini sudah berjalan dari lama. Mungkin dulu si penulis blog ingin jadi penulis seperti para blogger lain yang sudah menghasilkan buku. Tapi setelah ditunggu sekian lama kok gak ada publisher yang menghubungi dia. Akhirnya dia nyerah dan membunuh karakter yang dia ciptakan.

    Skenario #2 nya sedang saya pikirkan…..huheuheuheuheue

  71. Kalu aku liat sih sebenernya nggak aneh. Dari artikel2 yang aku baca, dari temennya ada yang bilang kalu tasha itu mo dioperasi tanggal 22, artinya dia sudah tau penyakitnya, yang nggak mendadak meninggal setelah nulis puisi ‘mimpi buruk’. Semua orang pasti khawatir kalu mo di operasi dan kebetulan sampe mimpi buruk. Menurut ku itu wajar loh.. Cuman entah siapa yang mempublikasikan ke detik yang bilang setelah nulis mimpi buruk, sha meninggal, kayaknya terlalu di expose deh.. Yang pasti kalu aku kenal SHA, pasti aku akan sedih juga karna kepergiannya koq diexpose besar2an and malah dituduh rekayasa lagi..

  72. wah utk #50, saya jg mengalami kasus yang sama (jadi inget kasus OMA TEPPY yg di publish lewat mail). Ada seorang wanita (pernah ketemuan, dia benar2 exist) sebut saja namanya ANGEL, mengaku bahwa dia single (dan virgin). Lalu dia pacaran dengan seseorang dr komunitas saya yg ada di luar negri. Selama di dunia maya, Angel banyak bercerita (dan ketauan oleh member komunitas bahwa cerita2nya adalah bohong belaka). Terus tau2 Angel mengaku kanker otak stadium 4, teman2 sudah berusaha mencari dokter dan obat, tapi dia gak bisa dihubungi. Dan dia jg gak mau ketemuan, “Malu, lagi sakit jadi jelek”, kata si Angel. HP pun nggak pernah diangkat kalo ditelpon, “Kata dokter, sinyal HP membuat kanker otak tambah parah”,kata si Angel. Dia bilang umurnya tinggal beberapa saat lagi, tapi dia gak mau ketemu dgn teman2nya (dan juga pacarnya yg ketemuan virtual doang, gak pernah ketemu lsg, gak pernah ke rumahnya).
    Oh iya, Angel juga melakukan plagiat, copycat dgn mengcopy isi blog orang lain tanpa izin (ini jg ketauan oleh member komunitas kami). Setelah itu dia segera menutup blog-nya, dan membuat blog baru.
    Di blog-nya yang baru dia bercerita bagaikan orang sehat jasmani dan rohani. Beberapa saat kemudian ketauan oleh beberapa member komunitas kami, segera lah member2 komunitas kami memberi comment(comment saja, bukan mencela.) dan dia pun segera menghapus SEMUA postingannya. Setelah beberapa lama, muncullah postingan baru, bahwa ada yg nge-hack blog-nya yang lama (bukan blog yg skr), memasukkan isi blog orang lain ke blog-nya dia.
    setelah diselidiki….
    Angel masih hidup sehat tanpa kanker otak….dan sudah memiliki keluarga.

  73. sempat terpikir sich :D
    tapi sebelum penisun….
    mau coba2 ciptain char seperti Dan cs ah
    khan enak bisa ngetop :D
    masuk detik.com lagi
    wkwkwkwkwkkw
    b-)b-)b-)

  74. Kayanya SBY harus ngirim SMS lagi nih:
    Stop penyalahgunaan blog dan karakter fiktif
    :d
    Maap ni pak priyadi blog nya tak tongkrongin dari siang
    :)>-

  75. #54
    barusan foto yg diindikasikan sbg foto sha:
    http://www.elzan.com/gambar/tasha01-del.jpg
    masih bisa dilihat, folder gambar/ jg masih bisa di browse.
    eh skarang udah gak ada tuh file nya..
    hahaha..
    foto lain spt:
    http://www.elzan.com/gambar/tasha02-del.jpg%20
    http://www.elzan.com/gambar/tasHa_in_memoriam.jpg
    (ini spt foto di detik, walopun si elzan udah nyopot foto ini dari entry di blog nya)
    masih ada, cuma file yg tertulis di #54 tsb yg ilang..

    knp ya mesti diapus file nya ma si elzan? :-”
    sapakah sang ‘saudaranya’ yg suka meng-sms elzan? :-“

  76. aku percaya kalo sosok Sha itu adalah real.
    dan semoga saja berita kematiannya ini bukanlah suatu kebohongan, karena emang bener ini bukanlah suatu yg lucu.

  77. cari keluarganya, datengin makamnya (kalo emang udah mati, else cari orangnya), bikin foto, kirim screenshot kesini.

    nggak bisa? jangan berasumsi kalo gitu, taruhannya harga diri soalnya;)

    *seeing is believing*

  78. Akyu binguunggg…..tapi penasaran ini bisa ngga ya dibawa ke polisi sebagai berita meresahkan masyarakat, biar jelas gt, kalau emang ada kan jadi menghapus semua berita keraguan..betul tidak? kasian keluarganya, tapi kalo tidak ada juga jadi jelas…pak polis tapi lg sibuk ngga yah?…lieur ahhhh

  79. Welah, baru ditingal tidur 8 jam aja udah sampe 117 comments, comentar saya masuk detik.com lagi. Detik.com ini dibilangi yah ngeyel, orang-orang deketnya sHa udah pada bilang ngga mau di-published, eh… malah forum ini dimasukin di detik.com. Ngga heran kalo si Om Pri kebakaran jenggot.
    Tapi…. jangan-jangan, bala kurawa nya si Dan itu kaga mau berita ini dipublished karena takut menghadapi realita kalau-kalau ketahuan bahwa si sHa itu ternyata cuman rekaan? :)

    #117: Yap, kalau ini boongan, saya setuju sekali bahwa ini bakal tidak lucu bagi anda. Tapi tolong tetap dimaklumi kalau ada yang tertawa, karena dari pertama kita para pemer-tidakpercaya sudah menganggap ini sebagai guyonan. Maapkan daku, tapi saya selalu tertawa tawa ketika menanggapi masalah ini. :)

    Buat pujangga-pujangga di oranye.net, bukannya daku ingin jadi sok pinter, cuman take it easy juga lah. Santai aja lah, wong semuanya ini yah masih mungkin. Mungkin aja anda yang benar nanti akhirnya, dan kita-kita juga pasti bakal ikut bela sungkawa. Tapi mungkin juga kita-kita dari pemer-tidak percaya crews yang bener, dan kita bakal tertawa bersama-sama. :x

    Maap, bukannya mau nge-copy, di comment sebelumnya ada yang bilang bahwa keluarga ingin privacy, tetapi bagaimana ini akan menjadi sebuah privacy ketika foto kematiannya pun langsung dikirimkan ke Dan untuk di pasang di blog nya. Dan yang lebih parah lagi, orang-orang dekatnya si sHa kaya Mr. Kenz dan siapa dan siapa teriak-teriak untuk berhenti membahas masalah ini, karena kasihan ama si sHa, lah kok malah OM DAN yang katanya orang terdekatnya si sHa malah ngirimin email ke detik.com untuk mempertahankan pendapatnya tentang ke-real-an nya si sHa. Apa itu malah ga menarik perhatian tho yah? Pie tho iki, malah bingung dewe aku. :-?

    O yah… ada 2 dari teman Dan yang sudah berkomentar di sini. Satu pendukung dan satunya lagi terrorist. :p
    Tidak ada yang saya dukung, tapi kebetulan saya juga pernah di STTS beberapa semester, dan salah satu temen seangkatan saya sekarang dosen di STTS. Saya sudah mengirim email ke dia untuk mencoba membantu saya mencarikan informasi masalah Daniel Cahya. Kalau ada informasi penting dari dia, pasti akan saya bagikan di sini.

    Saya juga sudah menghubungi teman saya yang di Solo, dan dia akan berusaha sekeras mungkin sampai tetes darah penghabisan untuk melacak dari Kartasura sampai Palur, dan Mojosongo sampai Karanganyar tentang orang ini. :) Yang di Solo ini mungkin aga bisa diharapkan, karena kebetukan dia cewek, dan suka gosip lagi.

    Nah… lah saya sendiri ngapain donk? (Kan jauh lagi) Fisiknya nganggur aja lah, pikirannya aja yang main analisa. :)
    Anyway, berhubung saya berada di tanah perantauan yang sama dengan Senor Daniel Cahya, tadi saya sudah ngecoba menghubungi nomor telepon yang di atas. Hasilnya… The subscriber you have dialed is not available or has travelled outside the covered area. Please try your call again later. Jangan-jangan si Dan lagi mudik ke Indo buat ngebunuh karakter sHa nih? :p

    O yah… Mr. Pangeran Unknown kok tidak terdengar desahannya? :p

  80. mhhh..selamat kepada portal berita online, yang telah membuat berita biasa disejajarkan dengan berita nasional sekarang malah mendemokrasikan kita-kita disitus mas pri ini dan akhirnya setiap orang mempunyai opini masing-masing. “Beda itu biasa, yang luar biasa hanyalah pendapatnya saja” :)> /:)

  81. Masih bang Ray, lagi ketawa juga baca komen2 netter, terutama pendukung ‘pemercaya sHa”. Trus, kayaknya si Kenz juga dah “kabur” ngga tahu lagi harus ngomong apa. Saya tunggu kabar dari detektif Ray&Co.

  82. dengan tidak adanya sanggahan dari keluarga besar Dan n oranye.net nya
    kasus ini dinyatakan tutup :D
    cerita tentang ‘Sha’ telah usai :D :D
    sekarang saatnya mereka sebuah tokoh wanita baru :D
    :D:D:D

  83. Bocoran lagi, kabarnya dalam 3 hari lagi (28 Agustus 2005?) si Dan bakalan mudik ke Indonesia. Ini info dari teman-teman ex STTS yang seangkatan dengan dia (yang kebetulan saja saya kenal). Kemungkinan besar si Dan ini asal Surabaya (STTS?).

    Seharusnya tidak terlalu sulit untuk melacak kebenaran hal ini. Cari di gerejanya, masa sih berita kematian seorang anggota gereja tidak diketahui sesama jemaat dalam gereja itu sendiri? .

    Kalau saya sih yakin si Dan ini cuma KORBAN :) Kasihan sekali …

  84. Halo, saya mau nambahin sedikit, tadi pagi saya baru lihat foto sha di detik.com, mau nanya nih, itu foto pas dia meninggal apa gimana ? How come the t-shirt that she wore look like she wanted to go to MALL ? Bukan baju orang meninggal ? (yg biasanya putih, or cuman ditutupin kain kalo jenazah ?) Also kalau memang picture nya diambil dari tempat jenazah, it doesn’t show that the mortician did his/her job correctly buat make up muka nya :P (biasakan mayat di make up sama mortician).

    Saya juga baru baca kalo si natasha ini dijulukin techie gal, trus natasha juga sumbang cellphone or something… guru TK mana ada duit buat techie techie an :P , apalagi di Solo (yg notabene pasti ada perbedaan gaji dengan jakarta). Saya bukan mau meng kotak kotak an perbedaan city, tapi rasanya sedikit jauh dari kenyataan kalau orang dari Solo bisa sampai techie techie banget, apalagi job nya guru TK.

    Itu Mr Daniel Cahya lebih make sense kalo dia techie, since he lives in USA, also with his job jelas dia lebih fit buat sumbang cellphone. I’ve seen many of my friends yg ngak techie di indo tapi begitu sampai ke luar negeri, everything changed.

  85. setelah mempertimbangkan secara seksama serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya…
    saya dan para bloger lain mengucapkan Selamat atas keberhasilan Dan cs menciptakan sebuah drama komedi yang membuat banyak orang tertawa terbahak-bahak…
    meskipun bagi saya sam sekali tidak lucu
    kok masih ada ya orang2 yang memanfaatkan perasaan cinta kasih kita terhadap sesama manusia sebagai sebuah guyonan murahan?
    anyway, let`s back to d real world
    :)>- n untuk Dan cs saya ucapkan Selamat
    Anda memang layak dapat bintang =d><:-p(*) saya akan terusa menantikan sandiwara anda selanjutnya :D atas nama bangsa Indonesia :D amannnn...amannnnnnnnnnn :D :D

  86. Kayaknya investigasinya harus dilanjutin sampe tuntas nih. Sekilas sih kayaknya buang2 waktu, tapi makin lama sih makin menarik :). Sekedar info, existensi sang Sha ternyata menjadi topik hangat kami yang berada di Timur Tengah sini :). So we wait for the real truth…. X-FILES…. The Truth was Out There.

  87. mang kita di era multimedia, segala sesuatu bisa di muat didalamnya.. bahkan berita dalam “kamar tidur” pun diangkat! tapi maaf, berita tentang sha lain, kenapa? karena ini berita duka. jadi ndak sepantasnya di expose sebesar itu, bahkan expose belok, bukan lagi jadi berita duka! me pikir ini hanya couriocity dari praktek jurnalis yang ke bablasan.

  88. Well, jika memang Elzan pernah telpon2an maka Sha itu bener2 eksist, walaupun entah wajahnya apa seperti yg diperlihatkan di foto itu atau bukan. Right ?

    Trus apa masih ada yg mau mempertanyakan lagi
    “jangan2..Elzan itu fikit juga, rekaan juga”
    Atau masih ada yg berpikiran
    “Jangan2..Elzan itu Dan itu sendiri ?”

    Hehehe…mau sampe kapan temannnnn..:d

  89. Aduh Si nuwun Uul, yang mau di duka kan itu apanya lagi lho? Paling yang berduka tuh kita2 ini karena kena tipu. :)
    Yah kalau situ merasa kita mempermainkan kedukaan seseorang, dan masyarakat pers mengekspos terlalu besar, yah dimaafkan lah kiranya kita kita.

    O yah, tolong donk sekalian dibilangin ama si Om Dan, jangan email ke detik.com kalau emang ngga mau kena ekspos (gini yah tulisannya di bhs indo?).

    Wasalam. :)

  90. Ngopi dulu aja biar seger ~o)

    Antara ada dan tiada itu balik ke pribadi masing2 aja lah..
    klo emang sha tak ada ya cukup tau <:-p klo emang sha ada ya gw ikut berduka cita [-o<

  91. nambahin ah… kok friendsternya gak bisa dibuka yah.. apa arwahnya yg ngapus accountnya?
    trus blog ny yg kembang solo dah gak ad entrynya, apa arwahnya juga yah yg ngedit…:-?

  92. terima kaih atas perhatian anda sekalian :o)
    nantikan cerita yang selanjutnya :D yang pasti jauh lebih seru dan mengharukan

    piece :)>-

    were netter [-x is not fighter

  93. detik.com yak opo tho. berita ngene ae ko isa dibuat methikil. kayak ndak ono berita lio ne ae tho. ndak patheken lha wis pirang ndino spot berita ne kok iki2 ae. wis mas detik.com, nggolek berita sing luwih apik rono.

  94. Bravo…bravo…bravo…..salut buat sutradaranya, penulis naskah, dan aktornya…semuanya dilakukan oleh satu orang….!!!

    Jadi ingin bikin juga nih !!!:-w:d

  95. DPR Sudah dihubungi atas kasus ini, dan sekarang sedang rapat untuk membentuk Tim Pencari Fakta atas kasus ini.
    Anggota2 yang direkomendasikan adalah
    Ketua :
    1) Priyadi Iman Nurcahyo
    Anggota
    2) Enda
    3) Elzan Yahya
    4) Daniel

    Selamat bertugas buat mereka, semoga sukses
    Ditunggu laporannya kepada Presiden 1 Sept 2005 besok !!!!

  96. Hahaha. I’m done… too freaking tired of it. Hehehe. I’ll let u know if I have some info though. :)

  97. Maaf ya…ini ditipu maksudnya begimana? saya kok gak ngeliat sisinya ya.
    Masih banyak yg melakukan kebohongan publik,yg merugikan ratusan juta umat manusia. Kenapa gak itu aja yg dibahas ?

    Jaman internet begini, kebebasan seseorang utk berhak menulis di mana dan kapan saja. Seandainya itu dianggap sebagai karangan, ya..silahkan.

    Toh aku,kamu dan dia tidak harus seia sekata walau rambut sama hitam ,kan ?

    Ambil aja sisi positifnya ( lagi2 walau ini dianggap sebagai cerita karangan ).Kematian itu ibarat pencuri yg datang di malam hari,tiada yg tau. Oleh karena itu,kita harus bersiap2 kapan saja,di mana saja.Hidup itu penuh dengan misteri. Welcome to the real world!!!

    Jangan menghina dan menuduh org sembarangan. Mengungkapkan ide bukan berarti menghina seenak udel.Coba anda2 di posisi spt Dan dan yg lain2nya, bagaimana ?

    Kan gak perlu ngotot,teman2. Believing is not must to see,sometimes. Peace!!!

  98. [-x inilah akibatnya kalo orang nganggap bahwa internet & dunia nyata itu adalah dua dunia yang berbeda. Jadinya kepribadiannya terpecah, nyang satu kepribadian “real” n nyang atunya kepribadian virtual. Makanya dengan bebasnya tepu2 sana sini.

    As far as i’m concern mah, boh dunia virtual atau dunia nyata itu nggak ada bedanya lagi, jadi si gue mah selalu berusaha jadi netter yang jujur :D . Lagian, buat org2 nyang nyari nafkah di seputar internet, masa sih mau ngotorin “rumah” sendiri?

    Tau ah gelap…

    Mungkin ini waktunya jagoan kita beraksi lagi (BTW koq doi blom nongol di tipi ya? –wah, jangan2 sHa ini gak lain gak bukan adalah si beliau yang lg berusaha ngebuktiin hipotesanya bahwa blog itu kerjaan org2 yg kurang kerjaan..) #-o

    Udah ah, eh lupa: Wuoy Roy!(TM)

  99. Sekedar nambahin tuk bahan investigasi, kalo gak salah “almarhum” Natasha itu Guru TK..apa tak ada dia sebutkan dimana dia mengajar? apa hanya dia yang kenal Internet disana?:-?
    Apa teman2 sekerja nya sebegitu misterius nya, gak ada yang mo mempublikasikan berita ini, bahwa temannya telah meninggal.
    Paling tidak, orang tua murid nya pasti ada yang bisa dimintai keterangan (jika memang eksis).:-?
    Tuk sementara comment saya sampe disini dulu..mo jalan2 lagi ah…:-d
    Selamat ber investigasi-ria…:)>-

  100. Apakah Dan = Sha?

    Aku tadi baru mengunjungi blog bahasa Jermanku di Blogsome, ternyata pada tanggal 28 Juli 2005, baik Dan maupun Sha pernah sama2 nulis comment di blog aku. Waktunya hanya berselisih 2 jam.

    Yang satu mengakses dari network Satelindo Indonesia, yang satu lagi mengakses dari network Cox Communications Inc, USA.

    Kalau mau melihat screen capturenya, klik di sini: http://www.meerjungfrau.blogspot.com

  101. itulah yang dinamakan trick proxy :-j
    tanyakan saja pada si anonymous :D
    mau bukti? :D buktinya gw disini bisa tembus ke beberapa server game online di indo :D
    by d way…..
    tina cakep lolz ;))
    knalan pleaseeeeee b-)
    flower to sweatie Tina @};-

  102. #150, dunia nyata n dunia maya yaa beda dong :p yang satu touchable dan yang satu intangible :p

    Welcome to the internet! Enjoy the ride…. ;)

  103. #149
    sorry kalau saya memberi sedikit sanggahan
    seperti yang pernah saya katakan diposting sebelumnya
    bahwa bagi saya pribadi sebagai bloger bukanlah mempermasalahkan tentang sosok ‘Sha’
    tapi ditemukan banyak sekali kejanggalan dan fakta2 yang sama sekali tidak mendukung pernyataan/berita yang menghebohkan ini
    apalagi berita ini telah diliput oleh situs berita sekelas detik.com
    sebagai public tentu saja kami tidak bisa menelan sebuah berita begitu saja
    karena sebuah berita harus dibuktikan kebenarannya
    agar tidak menjadi berita kebohongan yang menyesatkan public
    saya dan beberapa teman bloger yang menuding bahwa pemberitaan/sosok ‘Sha’ ini hanya merupakan rekayasa mempunyai bukti2 kuat yang bisa dipertanggung jawabkan
    sementara para teman2 tercinta dari sosok ‘Sha’ yang terus terang sangat menarik simpati saya
    sama sekali tidak bisa memberikan fakta yang mendukung
    kecuali poto/entah poto siapa dan pengakuan bahwa mereka pernah berhubungan lewat internet/telepon/sms / kalau itu benar
    semakin diteliti, saya semakin yakin kalau sosok ‘Sha’ itu hanyalah tokoh fiktif
    sama seperti keyakinan saya bahwa tokoh Dan mungkin adalah seorang wanita/anak manja yang mempunyai daya seni dan khayal yang tinggi
    terlepas dari semua itu..
    kita tidak bisa mengatakan jika semua ini hanyalah suatu kebohongan, maka itu adalah hak pembuat kebohongan itu
    kenapa?? karena kami para netter/bloger sejati tidak pernah menjadikan kematian sebagai sebuah lelucon
    dan semua itu tentu sangat menyakitkan hati para netter/bloger
    anyway…
    gw pribadi mengagumi sosok seorang ‘Sha’
    terlepas dari kenyataan apakah dia adalah sosok yang nyata atau cuman fiktif

    :)>-

  104. btw :o
    kapan tidurnya gw nich?
    ciaooooooooo

    [-o< TUHAN.... dengarlah doaku... jika benar Sha disisimu pertemukan aku dengannya dalam mimpi agar aku bisa memberikan kesaksian kepada yang lainnya [-o< zzzzzzzzzz ~ mimpi ditendang kuda ~ #-o b-( >:)
    |-)
    zzZzzzzzzzz |-) |-)

  105. #152> network Satelindo Indonesia, yang satu lagi mengakses dari network Cox Communications Inc, USA

    Ole, OOT, tapi paranoid-mode gua jadi ikutan keimbas. Jadi ingat masa2 jaman baheula, identitas diri dari homepage yang culun diceritain semua, ternyata dipalsu orang di irc. Jadilah gua suka menerima email2 tidak jelas dari orang yg ngaku2 nge-chat sama imposter gua…

    Beberapa hari yang lalu, di web gua ada akses WAP dari Satelindo. Kalo akses dari Cox dulu sempat keliatan.

    Cox + Satelindo + Hp = ?

    Sapa sih sedemikian nge-fans-nya sampe bela2-in bayar mahal buat ngakses web pake hp (pake proxy wap-nya Google)? Mahal atuh. Kamu, ya Dan? *paranoid*

    Jangan copy-cat diriku, I am soooo real

  106. Nah itu tadi, rambut boleh sama hitam,pendapat boleh berbeda…Silahkan bagi teman2 yg ingin menginvestigasi secara detail. Setelah membaca info yg diberikan oleh sdri.Tina , itu setidaknya sudah cukup membuktikan bahwa Dan dan sHa adalah org yg berbeda.:)>-

  107. #161
    lihatlah keatas :D
    orang2 seperti inilah yang biasanya dijadikan santapan empuk buat novelis seperti Dan cs
    habis gaptek sich :D
    sok tau lagi :))
    #162

  108. Tapi ya.. ada satu yang janggal, di artikel SHA ditulis kalu dia pernah sekolah di solo and salah satu jemaat gereja di solo, pernah artinyakan belum tentu sampai sekarang, mungkin aja waktu kecil/remajanya dia emang pernah tinggal di solo, dan sekarang mungkin udah lama nggak tinggal disolo lagi… mangkanya keadaannya banyak berubah sekarang… mungkin di jakarta atau di surabaya ? kalu mo lacak kenapa lacak nya di solo aja ? bisa nggak dilacak dari comment #152 ?

  109. #160
    buset dech?
    untuk apa bayar mahal demi sebuah proxy?
    banyak yg gratis lage?
    wkwkwkwkwkwkw
    :))

  110. bisa saja?
    kenapa enggak?
    asal Tina rela web nya di obok2 sesaat
    dan #165 mau support telp2 buat ngecek ke indosat :))
    gito aja kok repot?
    trick basi tuch
    cuman bisa nyantol ke user seperti #161 :))

  111. Tina is real :))
    tapi Dan meragukan :D
    Kenz/Dan/Elzan/Sha dan blablabla
    semuanya mempunyai pribadi dan pernyataan yang setali tiga utang :D
    makanya bisa klop banget ;))
    mungkin sama2 merasa senasib sepenanggungan
    apalagi sama2 telah sampai dipersimpangan jalan
    antara menipu dan tertipu
    :))

  112. Grafik visitornya mas Pri langsung meroket ke awang-awang :).

    Baca komen di atas ampe 1/2 jam deh.

    Dah ah…madi dolo…:p

  113. Jadi inget kasus Amadhea. Diluar semua, isi site Amadhea dulu nggak kacangan, begitu juga dengan tulisan-tulisan Natasha Anya.

    Kalau dia riil, aku mengucapkan bela sungkawa. Mungkin justru nama Natasha Anya itu sendiri yang fake, mungkin orangnya benar-benar ada dan memakai nama Natasha Anya hanya sebagai screen name. Mungkin si pemakai screen name Natasha Anya ini benar-benar meninggal waktu itu (tapi yang meninggal jasad ‘Natasya Anya’ versi asli, siapa tahu kan).

    Siapapun dia, tulisan dan pemilihan cara bertutur di weblognya ‘NGANGKAT’, gaya bahasa pun masih bisa ditelusuri kalo niat tapi terus kenapa? Kalo nggak beneran kenal dan yang (misalkan) kita sukai tulisannya, ya udah jangan ‘mblasak-mblusuk’ ke daerah laen. Kematian itu masalah sensitif, bisi kualat siyah!

    Di dunia maya memangnya kita akan mengenal sesama manusia dengan cara yang bagaimana?

    Kalaupun ini cuma joke kecil para manusia ber-Homunculus lebih (mungkin punya 3 sampe 4 gitu ya, hiy konsumsi otak yang menyeramkan), berarti ada orang pintar diluar sana yang tidak ingin dikenal identitas aslinya, menciptakan karakter sebagai wakil dirinya, lalu suatu hari cape aja, maka terjadilah pembunuhan karakter, selesai, simpel ^_^ tapi mungkin nggak nyangka bakalan jadi ‘sebesar’ ini (169 comment? sayah ngos-ngosan pakde bacanya hihi).

    Berita kematiannya dadakan sih. Dan akhirannya agak-agak kurang halus hoho. Kalau ini cuma main-main dan lelucon doang. Gua bakalan re-write trus gue jadiin film.

    Jangan terlalu serius di dunia maya tapi jangan terlalu nggak serius juga. Kalau dirimu riil, bertingkahlah seperlunya.

    ps: For your information, Elzan itu beneran ada. Hidup, rambut cepak, hitam manis, tinggi, chubby dan rada ndut. Aku udah ketemu orangnya beberapa kali karena dia dulu hidup di Yogya.

  114. Eh, kok mo done gak bisa juga seh. Asik juga seh ini. Hehehe. Menanggapi masalah mungkin masa kecil nya si sHa doank yang di Solo adalah mungkin, sebab itu dituangkan di salah satu tulisannya. Dia bilang kalau dia sekolah di salah satu SD di belakang gereja dan demikian pula SMP nya.

    Tapi setelah dewasanya pindah ke kota lain? Mungkin juga. Tapi waktu kemarin friendsternya masih existed, location dia kalo ga salah solo juga. Dan juga di blog informationnya, dia selalu bilang dia tinggal di Solo.

    Wah, Solo kok jadi terkenal yah… Ning stasiun Balapan, kuto Solo seng dadi kenangan, koe karo aku…. naliko ngeterke sliramu…. :)

    Om NoBody, jalur keras juga nih…… hehehehe

  115. Hmm… naganya gw jadi nggak tertarik baca Blog-Blog kan lagi… takut ketularan Goblog!!!! sorry :-w:-w:-w

  116. Suara di telpon bisa dirubah mau jadi suara laki ataupun perempuan, anak kecil punya suara aja bisa gue tiru, ada alatnya bro lihat di http://www.baranglangka.com. Kalo cuma hubungan lewat telpon aja ngak jadi bukti bahwa orang itu ada. Mungkin aja itu suara di Dan Liar-liar (kayak jim carrey deh.. He….he.he……..
    Bravo

  117. Betul, pembicaraan di Telp emang ga bisa dijadiin bukti.
    Let say, ada org yg kasih no.hp Sha dan bilang kalo dia pernah telpon2an sama Sha di no tsb, itu pun ga ngebuktiin apa2 :)
    In conclusion, ini bakal tetep jadi misteri kecuali ada keluarga nya Sha (kalo emang ada..?!) yg muncul dan bawa bukti.. >> tapi kayanya ga mungkin dechh.. :)>-

  118. Satu teori:

    Daniel Cahya ini cuma KORBAN. Kasarnya, dia bisa jadi sangat dekat dengan Sha (pacaran secara virtual?). Dari teman2 dekat Daniel (anak2 STTS Surabaya) diketahui kalau Daniel ini memang punya “chatpal” namanya Sha ini. Teman2 Daniel juga suka chat ama Sha.

    Saking cintanya si Daniel dengan Sha, maka dia membuatkan nama-nama domain itu.

    Jadi, Daniel dan Sha ini 2 orang yang memang benar-benar berbeda.

    Suatu saat, si Sha sudah bosan ama Daniel? :D Matilah dia.

    Sedangkan si Daniel sampai saat ini masih hidup dalam alam pikiran virtualnya. Makanya dia bersikukuh bahwa Sha itu adalah benar ada.

  119. Busyet….bujug buneng…..gile bener….baca koment tentang “SHA” di blog Mas Pri cape juga ya :), abis waktu kerja gw. Btw saya sendiri memang cukup meragukan bahwa “SHA” itu real adanya. Apalagi dengan pernyataan-pernyataan yang telah dimuat di atas yang mementahkan argumen adanya sosok “SHA”. Ditambah lagi penyataan-pernyataan yang mendukung keberadaan “SHA” dapat dimentahkan oleh para penyanggahnya dengan argumen yg masuk akal juga. Banyaknya kejanggalan-kejanggalan itu yang membuat saya semakin ragu akan sosok “SHA”. Ya begitulah …….. ;)

  120. kalau begitu tersangka-nya bertambah satu orang nich :D
    cuman sayangnya para investigatornya kaga pernah dapet uang lembur
    atau uang damai kali? :))
    seperti yang telah saya bilang…
    bahwa bukan hanya di dunia nyata, didunia maya/komputer juga semuanya berjalan berdasarkan hukum logika
    dalam kasus kebohongan ini terlihat beberapa kesalahan kecil yang dibuat oleh Dan untuk membuktikan argumennya
    salah satunya adalah photo ‘Sha’ yang siap dikremasi
    terdapat berbagai kejanggalan dalam photo itu….
    ada sebuah pertanyaan besar yang melintas di benak gw waktu melihat photo tersebut
    #1/ dari manakah Dan bisa memperoleh photo tersebut dengan begitu cepat?
    sedangkan dia mengaku bahwa dia sama sekali belun pernah ketemu dengan sosok ‘Sha/maupun keluarganya di real world
    bahkan menurut pengakuannya, Dan sama sekali tidak mengetahui alamat ‘Sha’
    hal tersebut membuktikan bahwa selama ini Dan/kalaupun benar :Dmelakukan koneksi dengan ‘Sha’ lewat handphone :D
    lalu bagimana pihak keluarga bisa begitu tanggap dengan memposisikan Dan secara begitu istimewa?
    dalam saat seperti itu?
    #2/ mengherankan sekali jika saya misalnya sedang berdiri di pihak tante/keluarga Dan
    bagaimana mungkin dalam kedukaan yang begitu besar…sebagai pihak keluarga yang begitu kehilangan
    mengijinkan photo sepupu/putri tersayangnya untuk di ekspos sebagai barang bukti di blog milik Dan?
    sedangkan mereka berulang kali menegaskan bahwa kematian tentang ‘Sha’ tidak ingin terekspos
    #3/dan satu lagi pertanyaan saya buat Dan
    bagaimana mungkin anda sebagai seorang yang anda klaim paling dekat dengan ‘Sha’/dan sebaliknya sampai hati meminta photo tersebut dari keluarga ‘Sha’ tercinta yang sedang begitu berduka…
    hanya untuk dipostingkan sebagai bukti bahwa ‘Sha’ itu bener2 ada?
    kalau saya berdiri di pihak anda, sebagai seorang lelaki yang sedang mengalami kehilangan yang begitu besar
    maka saya akan berpikir 1001 kali untuk melakukan hal tersebut…
    mungkin itu adalah kesalahan kecil yang tidak disadari
    tapi semua itu sudah cukup membuktikan semua kebohongan ini
    karena tulisan indah/kedukaan/puisi atau apapun yang anda tulis di blog2 kalian untuk didedikasikan kepada ‘Sha’
    semua adalah BullShiit !!!
    karena semua itu tidak diwujudkan dalam tindakan nyata sebagai seorang sahabat

    =d>=d>b-)

  121. untuk om Ray :D
    mohon dimaafin kalau saya agak berlebihan dalam beragumen #:-s
    tapi semuanya harus diluruskan ;) bukan begitu om?
    agar kita tidak menjadi orang2 bodoh yang merasa kehilangan dan menangisi kepergian ‘Sha’
    sementara jauh di ujung sana…
    di atas tanah sebuah negeri antah berantah…
    seseorang sedang tertawa terpingkal-pingkal menertawakan air mata yang kita berikan sebagai sesama netter =d>

    [-o<

  122. @};-
    bunga itu saya dedikasikan buat saudari Lana Indrawan
    semoga beristirahat dengan damai disisi-Nya

    btw, kok masih login tgl 26 yach? :-O
    kronologisnya gimana sich?
    :-O

  123. Err, soal link yg di detik itu saya mo nanya apa yg ini benar?

    Hasil pelacakan detikcom, bahwa Sha adalah Dan. Banyak hal yang melatarbelakangi kesimpulan ini. Hubungan itu misalnya bisa terlacak dari “kemurah-hatian” Dan alias Danny alias Daniel membuat situs memoriam untuk Sha.

    Hasil pelacakan detik.com ato hasil dari membaca komen2 di blog Priyadi? :d :d :d

  124. :o
    akhirnya srikandi kita bersuara juga :-O
    dengan comment khas cewek yang….biasalah :D
    singkat tapi menusuk hati

    [-o<

  125. Biar diskusinya makin seru.. ini gw kutipin. :d
    Mohon ampun buat bk@tokyo udah copy paste tanpa ijin. Comment ini gw dapat di :
    http://www.blogger.com/comment.g?blogID=13608449&postID=112508947702636865

    [start]

    Anonymous said…
    Sebenernya ada tuh yang pernah ketemu dengan SHa. Iseng aja ngeliat-liat testi di Friensternya SHa (sekarang dah kena apus), ada testi dari temen SMP nya.

    Dan SHa juga memberikan testi untuk temennya ini.
    http://www.friendster.com/testimonials.php?page=2&uid=7351943

    dihapus, 09/29/2004:
    Doniiiiiiiiiiie!!!!
    2 thn kita tidak ketemu… huuuuu makin imut ajaahhh..
    Kemana aja siy???
    Kangeeeeeeeen buangeeeettt tahuuuu!!
    Huehehe Donie ini dulu sering jadi temen begadangku…
    Masih inget banget pas lulus SMU, banyak waktu yg kosong..

    Donie, anaknya sdikit melankolis, pemalu, pinter, emosional tapi kadang manja.. weW =)

    Hmmm cinta monyeeetttt di masa2 SMU.. hihihihi

    Salam,
    bk@tokyo

    [end]

  126. kalo gitu contact aja si Donnie itu :d
    minta dia kasi konfirmasi, supaya kontroversi berhenti.
    tapi masih misteri gini juga ga papa deh, seruuu.. :)>-

  127. Harusnya kita berterima kasih dong sama kru2 detikcom yg secara tidak sengaja menemukan keganjilan ini. Trus ini juga artinya detik memperhatikan blogger makanya ditindak lanjutin. Hidup detikcom! ^:)^

  128. Wah gue ngikutin banget nih cerita Sha ini dari awal sampe skrg, pertama2 seh gue bener2 merinding baca tulisannya terakhirnya Sha, MIMPI BURUK di blognya, yg mengisahkan dia bermimpi buruk ttg dirinya dibungkus pakai kain mayat. 2 jam setelah itu dia ternyata meninggal dunia. Gue liat ini di blognya Dan beserta fotonya.

    Sebenernya ada yg janggal di berita kematian Sha itu :
    1. Sejak baca blog itu, gue berusaha banget mencari-cari penyebab kematian Sha di blog yg terkait dengan Sha, tetapi hasilnya nihil, tidak ada yg menyebutkan scara jelas apa penyebab kematian Sha dan pukul berapa Sha tiada.
    2. Jika Dan dikirimkan foto jenazah Sha oleh salah satu sodara Sha, knapa sodara-nya itu tidak memberi konfirmasi tentang meninggalnya Sha, walaupun itu bersifat pribadi dan keluarga, tetapi seharusnya diberitahukan agar tidak menimbulkan berita miring sperti ini.
    3.Penyelidikan detik.com yg saya kira sudah sangat maksimal, warga solo tidak ada yg mengenal Sha secara nyata.

    Menurut gue seh :
    Sha itu benar2 ada, tetapi nama Natasya Anya itu hanyalah samaran dari tokoh pembuatnya. Jadi saya percaya kalau tokoh Sha itu wanita dan aktif menulis di blognya maupun di forum1 lain tetapi saya tidak percaya kalau Sha sesungguhnya itu sudah tiada. Jadi karakter Sha kini sudah dihilangkan dengan cara meninggal dan penulisnya mungkin saja membuat karakter lain.

  129. KESIMPULAN GUE:
    SI DANIEL ADALAH PEMBUAT KARAKTER NATASHA ANYA
    KARAKTER SI ANYA ITU FIKTIF SEFIKTIF IJASAH PALSU
    ANYWAY, INI AKSI YANG HEBAT!
    SALUT BUAT SI SPANIEL!

  130. hi guys, try this number:

    0062 – 852 – 2910 – 5555

    nomor HP nya Sha, bener nggak tuh ya :-?

    mungkin tokoh sha bener2 ada di real life hanya Sha yang dimaksud di real life itu berbeda dengan Sha yang ada di net world, yang bikin sosok sha mungkin ber imajinasi dari sosok Sha yang ada di real life

  131. anyway, is there a need to install a comment preview plug in which only makes a delay of typing. Pri, this is not neat, I thought you was geek, real geek. I have to open notepad first and paste it here, its slow in FF really

  132. Tolong ya yg itu stay on topic. Lama-lama bosen juga dengan topik ini. Ada karakter fiktif baru kaga? Tolong dimatikan lagi.

  133. @Marcos : haha yang ini udah mulai basi yah?
    iya dong, bikin cerita baru yuuk, biar detik juga ada bahan berita baru

  134. tiga tahun yang lalu saya bertemu dan chatting dengan ET
    yang saya yakini keberadaannya :-”
    saya bahkan sempat sms2 dan saling berkunjung dengan teleport :-”
    cuman sayang…saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih
    karena mahluk yang bersangkutan meminta saya merahasiakan dan tidak mengeksposnya :D
    soalnya takut ilmuwan2 kehilangan pekerjaannya
    :D

  135. #207: SHAAAA godain kita dunkkssss…!!! kakakakaka
    btw, gimana rasanya jadi nge-TOP, enak gaa??
    gue juga pengen nge-TOP, ajarin dunks gimana caranya ;)
    maap bcanda bentar :d

    yg serius skrg :
    ada yg pernah liat fotonya Sha di FS nya ngga?
    bukan yang “tampak belakang” tapi yg “tampak samping san rada buram”
    dr yg tampak samping itu, kalo dibandingin sama foto jenazahnya kok bedaaa banget yah
    it’s like the’re two different person 8-|
    emang sih fotonya yg di FS ngga jelas banget, tapi model mukanya itu ga ada mirip2 nya sama sekali dengan foto jenazah
    so, itu si mba yg dijadiin model di foto jenazah kasian yah.. hehehe

  136. Kalo diliat dr tanggal dia meninggal yg sama dengan tanggal posting blognya yang terakhir “mimpi buruk”, berarti, dia bisa jadi kena heart-attack setelah posting. Dan, itu bukan hal yg aneh. Saya sarankan agar para blogger jangan nge-blog sampai larut malam dengan konsumsi kopi atau dopping lain yang berlebihan. Bahaya. Jaga kesehatan dan tetap blogging.
    Turut berduka cita atas meninggalnya Natasha Anya.

  137. #209, katanya mati gara2 penggumpalan darah di otak… ya ngga mungkin banget dong abis posting itu kena heart attack… kan bukan gara2 itu matinya?![-x

    tapi yah, kalo emang ada orang yang rela bikin karakter rekayasa ini, yang direkayasa bukan cuman sHa-nya aja… tapi juga tantenya yg konon bisa di kontak2… dan gw bener2 ngerasa aneh tau bahwa sHa guru TK di solo dari #131 dgn gaji minim(gw jg orang kampung solo, gw tau lah rata2 org idup disana gimana), bisa telepon interlokal ke mana2… sering sms ke luar negeri dkk… duitnya banyak amat?! ya ngga usah jauh2lah, gw aja yang NGGA PERNAH telpon luar kota lebih dari 1mt, sisanya telpon lokal aja tagiannya 600.000…[-( itu baru buat telpon, blm buat yang laen2… apalagi katanya telponnya pada lama2….

    ah udah ah… btw gw rada2 penasaran dengan postingnya dia yang MIMPI BURUK… ada yg punya archive-nya ngga??? gw mau liat donk…

    (c) dewa^^ujan 2005

  138. Menarik sekali mengikuti perbincangan tentang sHA.
    Yang lebih menarik lagi, makin lama komentar yang muncul makin ngaco dan mau tidak mau bikin tersenyum.

    Barangkali ini membenarkan teori bahwa setiap tragedi selalu menyisakan komedi di bagian akhirnya.

    Di “tempatnya yang baru” sHa ditanyai oleh petugas di sana.

    “What is your name?”
    “Natasha. N.A.T.A.S.H.A”
    “No. Your whole name, please”
    “O.. it is Vagina. V.A.G.I.N.A”

    (Tidak sama sekali bermaksud menertawakan meninggalnya sHa.)

  139. Udah ahh skrg gue ga mau penasaran lagi ama si Sha ini.
    Ada atau tiada, whatever ngga peduli deh ;)
    Kayanya kita-kita makin penasaran, si pencipta karakter Sha ini makin seneng bisa ngibulin banyak orang dan bikin penasaran.
    Kata terakhir buat si Sutradara : WELL DONE!!
    You’ve done an excellent job.
    Ditunggu karakter selanjutnya, trus kalo bisa ntar bikin endingnya lebi tragis dunk.. masak kalah sama sinetron
    Udah ah :)>-

  140. #210
    masih ada kok di natashaanya.com.

    Setelah ngelihat fakta2 yg ada. Gue yakin tuh cewek emang ada. Tapi namanya bukan Natasha Anya, bukan guru TK, dan yang penting …. belum mati.

    Lumayan hiburan lah …

  141. #210

    Semalam aku mimpi buruk banget,Saat terbangun aku takut hal ini akan terjadi,Padahal waktu aku mau tidur,Aku gak mikir apa-apa,Beberapa hari ini aku merasa tenang,Aku gak ada rasa khawatir apa-apa lagi,Aku serahkan semuanya kepada Tuhan…Entah kenapa mimpi buruk itu hadir lagi…Padahal sebelum tidur aku masih sempat chat,Aku ketawa-ketawa waktu baca beberapa teman chat,Sebelumnya aku sempat sms dengan Dan, Kepada Dan aku bilang kalo capek banget,Kakiku linu dan aku chat sambil tiduran…Satu jam setelah chat aku gak tahan,Aku ngantuk… dan aku pamit tidur dengan Dan… zzZz Kira-kira jam lima, mungkin…Aku seperti ada di ruangan rumah sakit,Ada dua pasien yang harus operasi hari itu,Karena aku datang terakhir aku dapat giliran kedua,Dan akupun menungggu pasien pertama,Kira-kira tujuh jam kemudian,Seorang perawat menghampiri aku,Dan mengajak aku untuk masuk ruangan,Perawat itu melayani aku layaknya seorang pasien yang akan operasi,Bajuku dibuka dan rambut kepalaku dicukur habis,Cuma aku agak sedikit aneh,Baju operasi yang harusnya aku pakai,Dalam mimpi itu aku gak liat di tubuhku,Aku hanya liat tubuhku dibungkus kain,Seperti simbok-simbok desa itu,Terus aku diajak ke kamar mayat,Kepada penjaga kamar mayat, perawat itu bilang; “pak, nunut mbungkus” Aku bingung tapi aku nurut saja,Aku lihat beberapa mayat berada di sana,Ada satu yang jelas banget ku ingat,Seorang mayat laki-laki bertubuh kecil yang badannya menghitam,Mungkin korban luka bakar…Perawat menunjukkan satu tempat kosong tempat mayat,Aku disuruh tidur di situ,Saat aku akan naik ke tempat mayat itu,Ada satu mayat yang jatuh, seorang perempuan berkain kafan,Mukanya kelihatan jelas…Aku ketakutan… akupun lari…Anehnya mayat perempuan itu mengejar aku dengan posisi tidur,Aku ketakutan… takut sekali…Aku lari sekencang-kencangnya…Akupun belok ke pintu sebelah kanan,Mayat perempuan itu berusaha untuk membuka pintu yang kutahan…Untung…Saat aku ngolet kepalaku terantuk sandaran ranjang…Mimpi burukku berakhir…

    Taruhlah dia kena penggumpalan darah di otak atau stroke atau heart-attack setelah posting, yang jelas she’s gone, buddy.

    Jangan sampai kematian-kematian para blogger Indonesia berkaitan dengan kegiatan blogging manianya yang berlebihan (a bit jump to conclusion and mental judgment, is it?). Words have spirit. Ironis itu namanya. Jaga kesehatan dan tetap blogging. Dan, jangan blogging terlalu “berat”. Menggugah hati pembaca memang tapi memakan jiwa penulis.

  142. #200, use NoScript extension. it really helps with my slow 800 MHz iBook. but it really doesn’t slow firefox down much on my 2.5 GHz P4.

    #108, firefox-nya jalan di komputer kayak apa kok berat gitu? mungkin gara2 script comment preview?

  143. kalo gw mimpi (baik ataupun buruk) biasanya besok paginya gw udah gak inget, apalagi ampe inget detil2nya. mungkin baru inget samar2 kalo ada kejadian tertentu, deja vu lah, tapi tetep gak semua bisa keinget lagi.

    mungkin cerita mimpi itu juga cuma buatan, fabrikasi. dibuat untuk mendukung agenda “self deletion”, entah atas motif apa. terus terang gw juga sedang mencari cara yg smooth untuk menghapus screen ID yg sekarang ini, format ulang lah, dan kasus ini jadi referensi yg berharga.

    bravo, very smooth indeed, sistematis.

    “Everything that has a beginning has an end.”

  144. #215
    yg jadi permasalahan adalah benar ato tidaknya she’s gone, benarkah dia sosok yg Real di dunia NYATA ? jadi perkataan “yang jelas she’s gone..” ini yg sedang di selidiki :d
    bukan gimana dia gone :)
    karna ada indikasi ini cuman cerita b-) belaka, sHA cuma rekaan dari seseorang. Dan sekarang pencipta sHA udah gak mau nerusin lagi entah karna takut si Dan yg katanya di amrik mo pulang n ngajak ketemuan ato sebab dan lain halnya.
    Saya pribadi merasa ini cuma cerita boongan aja, lumayan menghibur, walaupun ini jelas lelucon yg GAK LUCU ! ehem itu juga kalo beneran ini cerita belaka ! Kalau sHA beneran ada di dunia NYATA dan telah benar2 meninggalkan kita semua dan sesuai dengan cerita di blog yg di hebohkan selama ini, saya turut sedih dan mengucapkan bela sungkawa yg sedalam2nya
    udah ah capek nih, ditunggu deh cerita selanjutnya ;)

    btw ttg penggumpalan darah di otak udah pernah ada yg ngajak debat, eh diskusi tuh, lupa di nomor berapa :d

  145. Gue sendiri penasaran..dan gue sendiri punya blog..menurut gue sebagai salah satu orang yang sering main yang namanya internet..si mahluk yang bernama Natasha Anya tuh ngga ada alias rekayasa :).

    #1 – Semua teman yang mengatakan “Dekat” dengan si Sha ini mengatakan kalau si Sha sangat baik dan mau menyumbang untuk site shoutbox made in Indo, anggota sebuah komunitas.
    Kalau memang dia sangat baik serta sering menyumbang serta aktif di sebuah komunitas masa tidak ada seorang pun yang pernah bertemu dengan dia? terlebih sesama blogger/kumunitas forum di solo, apa si Sha ini bukan tipe suka gathering alias tertutup tapi diinternet dan telpon suka bergaul?

    #2 – Kalaupun si Sha ini katanya sakit masa ngga ada sesama blogger/komunitas ataupun teman yang kenal sama sHa yang tidak mengunjungi sHa ke rumahnya (blogger atau teman-teman di forum yang sama-sama berdomisili di solo) (katanya rumahnya tidak diketahui :) atau sha tidak pernah memberitahukan soal sakitnya :)

    #3 – Masa ngga ada blogger & teman se forum Sha di Solo yang ngga kenal sha selain online? Gue aja kalau kenal orang sama-sama satu kota pasti cepet bisa ketemuan atau ngga minimal tahu tinggal di daerah mana…

    #4 – Gue rasa si Dan ini dikibulin sama seseorang yang mengenalkan diri sebagai Natasha Anya dan begitu mengetahui bahwa dia sudah terlalu lama ngebohongin orang dan sadar bahwa dengan berbohong ngga membawa dirinya kemana-mana ya sudah karakter si Sha ini dimatikan (mungkin si Dan ini mau ngajak si Sha kawin dan si Sha takut kalau foto yang selama ini dikasih liat ke Dan jauh dari apa yang sebenarnya) kasian deh loe Dan :(

    #5 – Kalau emang ada yang main dibelakang semua ini terkutuklah kalian karena kematian hanya Tuhan yang menentukan dan kalian akan dicemooh oleh komunitas internet seIndonesia.

    Terima kasih :)

  146. yahhh3:-o, akhirnya kita mengalami kejenuhan sendiri, setelah tidak menemukan “benang merah” nya dari peristiwa ini, tapi setidaknya kita bisa dapat banyak pelajaran dari peristiwa ini……
    Saya pikir untuk mengakhir “Teka teki” ini maka pihak yang sangat berkepentingan dan berhubungan / (sumber-nya)harus menyelesaikannya sendiri, setelah itu “Game over” case is closed, itupun kalau memang benar2 bukan rekayasa & orang tersebut masih cinta dengan Kebenaran.

  147. Apakah ada konfirmasi bahwa foto SHa yang beredar adalah “bukan” foto Lana Indrawan? Kota yang sama, tanggal kematian yang sama, sebab kematian yang sama. What a coincidence.

  148. tasha bnran ada kok..
    janganlah diperpanjang lagi masalah ini…
    biarkanlah dia pergi dengan tenang…

  149. Hebat….

    Baru kali ini ada posting yang diisi comment banyak bener…

    Saya lebih setuju kalo pembahasan ini tetap diteruskan karena saya jadi pingin tahu hasil akhirnya. :-P

    Kesimpulan sementara, sHa ini bohong pisan…

    Fiktif. Palsu. Hanya Imajinasi.

    Omong-omong, udah lihat belum tanggal fotonya sHa ? jangan-jangan udah dibuat sejak bulan-bulan lalu, wekekeke…

  150. BOSAN!!

    Karakter baru kita, cerita akhirnya,tuh cewe meninggal ditabrak bajaj pas menulis blog di diary nya,terus ama si bung DANIEL dipublishkan di blog nya

    gimana bung DAN, boleh juga nih!

  151. Gue rasa sih Natasha Anya = Lana Indrawan..try to rotate one of her photograph that has the same angle like the photo from Dan site and you’ll see that it’s the same person (foto ke 4 dari kiri, di friendsternya ada 6 foto) :) cheers

  152. #228, yang nyanyi aku adalah anak gembala itu bukan ? klo iya sih saya dah tau, sering liat :p, klo sHa yg ini rasa2nya fiktip deh
    maaf, klo saya salah, tapi buktiin donk klo saya salah b-)

  153. Yah… akhirnya sampe juga ampe bawah…..
    biarlah lah gua pikir jawaban paling realistis sekarang adalah si dan di boongin ama seorang cewek yang mengaku bernama natasya anya. ehehhehe..di dunia maya semua bisa terjadi….gua pernah ngalamin kok ….diboongin :((

  154. Surat Dari Surga

    Dear Mas Pri,

    Saya tidak tahu harus mulai darimana, mas. Saya minta maaf kalau kematian saya menimbulkan perdebatan yang sangat seru di blog mas pri. Seandainya saya tahu akan seperti ini, tentunya saya tidak akan mati dulu.

    salam

    sHa

  155. #126 @ray
    sha real..
    we call each other…
    bukan hanya dia yg menelepon..
    dari kita juga menelepon..
    its real… NATASHA ANYA is REAL..
    i don’t know who is sha??

  156. Akhirnya “teka teki” itu terjawab sudah, ternyata Sha adalah Lana, karena ternyata Lana mengenal Dan, saya tidak tahu siapa yang memanipulasi data, apakah Lana atau Dan, yang pasti Lana telah Tiada……

  157. Ada yg butuh bantuan CSI, itu lho yg biasa nongkrong di AXN….. jangan lupa tongkrongin tiap malam Rabu; CSI Miami favorit gw: minggu ini ngupas habis kematian tragis SHA….. infonya do’i keseruduk SOANG-nya Dan tuh!!! Btw, ShA emang ReaL kok!!! (hehehe Sha eta euy nu Sha mpoan.. basah euy)

  158. ???
    kalaupun almarhum saudari Lana Indrawan mengenal Dan
    itu gak berarti Lana = sHa
    masalahnya dipemberitaan jelas2 menyebut nama sHa…
    lengkap dengan blog kembang-solo-nya yang berisi tulisan romantis dan gambar artistiknya
    juga Dan mengbuat farewell untuk sHa…
    saya sangat meragukan kalau Lana Indrawan adalah sHa..
    untuk sosok real yang benar2 telah berpulang kesisi-Nya
    rasanya tidak etis kalau kita mengaitkan nama almarhum dengan kasus ini

    [-o<

  159. buat #224
    tidakkah anda membaca tetang oma tippy yang menyamar sebagai seorang pemuda bernama miguel/bhima?
    untuk seorang wanita berusia lanjut saja bisa merancang kebohongan yang meyakinkan seperti itu…
    lalu bagaimana dengan ‘someone-someone’ yang lainnya?

    :d

  160. ups…
    salah :”>
    posting saya terakhir ditujukan buat #244
    kalau benar anda pernah berhubungan dgn sHa lewat telepon..
    di hubungi/menghubungi
    tolong ebrikan nomor yang anda gunakan saat menghubungi sHa
    dan kami para bloger disini bisa menelepon mengucapkan bela sungkawa secara langsung kepada orang tua/keluarga almarhumah..
    saya yakin pihak keluarga tidak akan pernah merasa terganggu..
    karena semua itu turut memberikan dukungan moril kepada keluarga besar almarhumah..
    tapi saya mohon maaf…
    kalau anda/Dan atau siapa..n blablabla yang justru merasa tersinggung :P
    tapi semuanya untuk menjernihkan asus yang telah membuat para bloger terbelah2 ini
    so….
    bagaimana?
    =d>

  161. foto almarhumah yang dipublikasi atas nama ‘sHa’?
    :-< kalau itu benar kejamnya manusia yang melakukan perbuatan ini [-o<

  162. @252
    bnr kok..
    natasha anya / tasha is real..
    sha?? i don’t know..
    cause i don’tknwo this girl..
    mau no tlpnnya?
    jangan dunk.. kasihan kan orang tuanya.. da dirunding msalah eh malah di tlpn or disms ama org2 yg tidak bertanggung jawab…
    yang sudah terjadi terjadila..
    jangan diungkit2 kembali…

  163. di teror/di sms orang2 yang gak bertanggung jawab? :o
    ucapan bela sungkawa bukan teror/kelakuan orang2 gak bertanggung jawab #252
    #252 wrote:
    natasha anya/ tasha is real..
    sha?? i don`t know..
    cause i don`tknwo this girl.. :o
    jadi yang kamu maksud dengan natasha anya itu siapa?
    apa bedanya natasha anya dengan ‘sha’ yang kita ungkit dikasus ini?
    buat anda…
    hati-hatilah dalam berkomentar
    jangan memperburuk keadaan
    saya yakin bahwa anda bukanlah siapapun…
    bukanlah orang yang kenal dgn sha/dan atau siapapun..
    berikan bukti2 yang akurat..
    jgn cuman bilang natasha anya/tasha itu ada
    buktinya apa?
    kalau kamu bisa membuktikan
    gw akan menarik analisis gw selama ini
    please :)

    nb. n please jgn menghujat bloger yang mencari fakta sebagai org2 yang tak bertanggung jawab

    sebaiknya kata-kata tersebut anda berikan buat orang yang menyebar berita tanpa didasari sebuah bukti yang kua

    okey? ;))

  164. Menurut saya Natasha Anya adalah tokoh fiktif yang disandarkan pada karakter nyata Lana Indrawan.
    Lalu siapa pelakunya? sangat mungkin adalah Sandro, bekerjasama dengan mendiang Lana Indrawan. Kesimpulan gw ambil dari analisa didodee pada foto lana dan teknik editingnya, juga pengakuan donie.

    Lalu siapa sandro? apakah dia Andre kakak Lana? Bisa saja.

  165. buat apa bukti kalo orangnya sudah tiada?
    biarkanlah yg terjadi terjadilah…
    buat apa diungkit2 lagi…
    terserah pada anda.. ada atau tiada…
    tasha… real…
    walaupun identitasnya tidak jelas…
    banyak kok yg mengenal sosok ini…
    SHA saya tdk tau siapa..
    kalo natasha anya.. banyak yg tau dia.. dan dia real.. bukan rekaan daniel apa gitu loo seperti yg dilansir oleh detik.com
    itu yg mau saya bantah.. real.. bukan rekaan…
    kalo sha… saya sih ga ngerti.. bisa jadi rekaan dari natasha anya.. atau rekaaan dari daniel…

  166. bagi mereka, sHa adalah sosok ReaL !
    mereka bercanda, mereka bertegur sapa, di dunia MAYA…
    tergugah hati akan dunia MAYA, dunia yg penuh hiruk pikuk,…
    kebenaran dan kebohongan tercampur jadi satu,
    ada yg berani dan jantan membuktikan jati diri secara ReaL, diri di dunia NYATA
    ada yg hanya ingin sekedar bercengkrama tanpa ingin membuka dan membuktikan diri
    lalu mencipta dan berangan akan diri yg lain..
    lalu bercengkrama, bercanda, dan bertegur sapa dengan siapa saja di dunia MAYA
    melaui ciptaan angan2 pribadi baru…
    sampai akhirnya berani bersapa secara setengah MAYA dengan suara,
    namun tetap melalui ciptaan, angan2 pribadi baru

    bagi mereka sHa adalah sosok Real !
    yg ditegur dan disapa, di dunia MAYA..
    yg menengur dan menyapa di dunia MAYA..
    yg ditegur dan disapa, melalui suara..
    yg menegur dan menyapa, melalui suara..
    tapi tidak pernah bertatap mata..

    teringat diri akan miguel,bhima, oma teppy…
    yg ditegur dan disapa, di dunia MAYA..
    yg menengur dan menyapa di dunia MAYA..
    yg ditegur dan disapa, melalui suara..
    yg menegur dan menyapa, melalui suara..
    yg akhirnya bertatap mata, dan kecewa
    karna terkena bujuk rayu tipu daya..

    dunia MAYA telah bersuara, bergema..
    duka telah tersebar, bela sungkawa mengalir…
    tapi pada siapa ? sosok di dunia MAYA
    yg ditegur dan disapa, di dunia MAYA..
    yg menengur dan menyapa di dunia MAYA..
    yg ditegur dan disapa, melalui suara..
    yg menegur dan menyapa, melalui suara..
    tapi tidak pernah bertatap mata..

    biarlah bagi mereka sHa adalah sosok Real!
    biarlah mereka tak ingin tertipu karna rasa duka dan simpati
    kebenaran memang pahit.
    tapi kebenaran bukanlah sekedar sosok di dunia MAYA
    yg sekedar ditegur dan disapa, di dunia MAYA..
    yg sekedar menengur dan menyapa di dunia MAYA..
    yg sekedar ditegur dan disapa, melalui suara..
    yg sekedar menegur dan menyapa, melalui suara..
    tapi tidak pernah bertatap mata..
    kebenaran adalah NYATA

  167. Hey guys,

    I really dont think that sHa and Lana are the same person. Wanna know why?

    1. If you read one of sHa’s writing, she said that she attended SMP Kanisius, and Lana was in SMP Bintang Laut.
    2. If you read what sHa wrote in her blogs and compare them with the way Lana wrote something, you will definetely see the differences in those writings. The style, expression that they used are completely different. It seems that sHa’s writing are more mature than Lana’s.

    For Fei, I know that you were trying to tell us that sHa was real and alive at one point. However, this part:
    natasha anya / tasha is real..
    sha?? i don’t know..
    cause i don’tknwo this girl..
    is really telling me that you know nothing about her. Just use our national language if you think you can explain us better with this.

    Check this out as well:

    #126 @ray
    sha real..
    we call each other…
    bukan hanya dia yg menelepon..
    dari kita juga menelepon..
    its real… NATASHA ANYA is REAL..
    i don’t know who is sha??

    You said “we call each other”, it means that YOU and others called sHa, and sHa called YOU and others in return as well. But at the end you said…. “i don’t know who is sha??” Could you please tell me what you really meant.

    And in your last comment #261, clearly you said that you don’t know sHa. What are you trying to approach here, I really don’t understand.

  168. BUAT FEI :
    setidaknya bukti kalo orang tsb “pernah” ada.
    gue rasa semua orang yang telah tiada ingin dikenang dan diingat eksistensi nya, bukannya dipertanyakan.
    Dari pernyataan anda, kok malah membingungkan apakah sHa TIDAK SAMA dengan Natasha Anya atau sebaliknya.
    sekian :)

    btw,gue pernah bilang ga mau penasaran lagi, tapi koq teuteuuuppp penasaran yah :))

  169. BUAT RAY :
    dari umurnya juga beda banget antara sHa & Lana :D
    Di link yang dikasih #253, banyak yang berargumen kalo foto jenazah sHa idem foto Lana di FS
    jadi mungkin, si sHa palsu memanfaatkan foto jenazah Lana sebagai foto dirinya.
    Trus di link itu juga ada komentar dari temen nya sHa yang bernama Donnie (kenal lewat cyber selama 5 tahun..!!)
    Dia bilang “merasa sedih dan benci ditipu”
    iya lah… 5 tahun gitu loohhh..!!!
    so buat Fei yang merasa ngga perlu memperdebatkan masalah ini, saya mau tanya : kalo elu di posisi Donnie gimana?

  170. udah jangan bawa2 Lana, kasian. Toh gak ada bukti sama sekali hubungan Lana dan Sha, cuma kesamaan tgl meninggal aja. tapi itu kan gak membuktikan apapun.

    Sha tetep person imaginer buatan seseorang, entah siapa.
    banyak kok orang “sakit jiwa” di internet yg memerankan/bersandiwara sebagai orang lain.

    mungkin teman2 sha harus berbesar hati menerima kenyataan bahwa telah ditipu selama 5 tahun.
    jangan cuma ngotot bahwa sha itu ada, tapi gak bisa membuktikan.

    baik yg percaya sha itu real ataupun yg tidak percaya, mari sama2 kita cari bukti2nya apakah sha real atau tidak.
    udah berderet2 indikasi kuat yg mengarah kepada kesimpulan bahwa sha itu kemungkinan besar person imaginer/tidak real.
    sekarang tinggal kalian yg merasa kenal dengan sha, silahkan buka ke publik bukti2 bahwa sha benar2 real.
    spt kasus bhima/oma teppy, telpon, sms dan chat tidak membuktikan apapun.
    :d

  171. alo
    perkenalkan, saya petrus, dan pengen ikutan komentar juga (sori nih agak panjang, tp saya rasa worth to read deh)

    saya cuma penasaran nih, dari awal sampe komentar ke 266 kayaknya blm ada titik terangnya,
    gini deh, sebaiknya diselidiki bener2 keberadaan Natasha Anya itu, cari di data sensus penduduk kota Solo dan Surabaya, klo perlu Jogja, Jakarta, Singapore, Aussie, dsb.
    dan kalo bisa, keluarga atau saudara yg pernah bertatap muka dg Natasha Anya ini angkat bicara.

    dan utk fei,
    sorry bukan mau meragukan anda, tapi kita lihat dari sisi objectifnya aja, berita yg real itu perlu bukti nyata.

    jujur aja,
    saya pernah chat dan telp dg Natasha Anya (awal IM3 gprs gratis dan IM3 telp gratis / pulsa minus ngebug)
    saya dulu waktu masih kuliah sempet ikutan trend chat dan browse WAP di oranye.net atau yg dulu dikenal dg nama tagtag.com/bagus
    dan dari sana saya kenal bbrp nama seperti : bagus alias apiq, tasha, telztra, ubotch, enwui, dll
    temen2 yg saya sebutin tadi itu juga pasti pernah ikutan conference call yg waktu itu bener2 ngetrend dan biasanya si tasha ini ada dan ikutan conference call alias ngobrol rame2 ngerumpi di telp .. gratisan gitu loh

    tapi sejak saya mulai agak sibuk, saya udah nggak chat dan main WAP gprs lagi, dan perlahan2 lost contact dg teman2 WAP itu
    dan mungkin fei ini adalah salah satu dari chatters yg kenal dg tasha dari sana juga (chat)

    dulu saya sempet deket juga dg tasha, chat via Yahoo Messenger, id dia kembang_solo, dan saya pernah punya bbrp foto dia, tapi sayangnya seiring berjalan waktu (3-4th gitu), saya udah gak pny lagi foto dia, soalnya HD udah format, ganti baru, dsb.

    dan kesamaan dg teman2 lainnya, semua yg kenal dg tasha, cuma pernah chat, telp, sms.
    kenapa gak ada yg angkat bicara pernah ketemuan dg dia? saya juga ga tau, soalnya saya pribadi gak pernah ketemuan sama dia, baik scr lgsg atau via webcam

    tapi seinget saya, dulu pas kenal tasha, saya dikenalin dg temannya yg bernama janet, dan dg janetpun saya juga gak pernah ketemuan, tapi pernah chat via webcam, idnya janet_170202@yahoo.com
    kalo gak salah inget, dulu janet pernah bilang kalo janet itu temenan sama tasha gara2 ketemuan di singapore, dan janet itu tinggalnya di surabaya
    tapi sayangnya, sama seperti tasha, sayapun udah lama gak contact lagi dg janet,

    dari bbrp chatters oranye.net dan gprs gratisan itu, ada bbrp teman yg sampe saat ini masih ada contact, salah satunya kevin, alias sugiarto80@yahoo.com
    dia pernah ketemuan dg saya, bahkan dia yg kasih kabar soal kematian tasha ini (via YM)

    awalnya saya dapat kabar mengenai kematian Natasha Anya ini sempet shock juga,
    karena jujur aja saya pribadi tadinya bener2 percaya klo Natasha Anya ini real n exist..

    tapi setelah baca detik.com dan komentar2 anda sekalian, saya jadi ikut meragukan eksistensi Natasha Anya ini

    dan utk mendukung penyelidikan keberadaan tasha, saya ada satu referensi…
    yaitu anggota http://www.forumponsel.com dg nick gunggu (moderator), pernah dekat dengan Natasha Anya, dan klo gak salah, saya pernah dapet kabar klo tasha pernah tinggal bareng dgnya di Melb, Aussie. gunggu = Gunawan Wibisono
    (gunawanwibisono@msn.com)

    ah bener2 jadi mumet
    dan satu lagi yg saya inget, tasha pernah bilang dia punya adek kecil yg namanya Aldo, biasa dipanggilnya adek aldo, dan satu lagi, tasha suka nulis dg huruf big L, yg katanya untuk Love
    entah itu berguna atau nggak, tapi semoga bisa dijadiin bahan utk penyelidikan

    saya pribadi berharap Natasha Anya itu benar2 ada dan nggak meninggal
    saya mohon teman2 dari detik.com dan yg berdomisili di Solo dan sekitarnya melakukan penyelidikan intensif mengenai keberadaan tasha

    sekian dulu ya.. dah kepanjangan nih

    Best Regards,
    Petrus J.

  172. heran sayah om kan kalo mahluk techie pasti suka mencoba coba alat baru, kok Sha ga mencoba alat yg bernama webcam yah ??

  173. untuk #268/saudara petrus
    saya punya dua pertanyaan buat anda
    #1/menurut prngakuan anda
    bahwa anda mempunyai beberapa buah photo dari saudari natasha anya sewaktu anda dan dia masih aktif chat di YM
    quest: lalu setelah mencocokkan dengan foto yang dipublikasikan sebagai poto mendiang almarhumah natasha anya
    apakah anda bisa mengenali sosok photo tersebut?
    #2/anda juga bilang bahwa anda mendengar kabar bahwa natasah anya pernah tinggl bersama dengan saudara gunggu sewaktu di melbourne
    quest: dengar dari siapa?

    :|

  174. masih untuk #268
    menurut penyataan anda, bahwa dulu anda dan komunitas anda sering berbincang dengan natasha di conference call
    lalu apakah forum komunitas anda pernah mengadakan gathering/dan lain sebagainya?
    sehingga mungkin ada satu dua orang dari sekian banyaknya anggota forum komunitas anda ada yang pernah melihat natasha anya secara real?
    kalau ada…
    kenapa anda tidak meminta kepada mereka untuk memberikan kesaksian disini?
    agar masalah ini menjadi ‘clear’ dan tidak menimbulkan perdebatan panjang? :)
    tapi saya mohon…
    kesaksian tersebut hanya dari orang2 yang telah benar2 bertemu dengan sosok real natasah anya
    jangan yang cuman berhubungan lewat call/sms/ym atau apalah….
    please
    :)

  175. ###### SHE’S NOT REAL #####

    sodara petrus, saya setuju dengan sodara #270, anda harus membandingkan foto alm. sha dengan foto yang pernah kamu terima dan beberkan disini!

    menurut saya, maksud fei itu dia mengenal yg namanya Natahsha Anya, tapi dia tidak yakin bahwa Natasha Anya itu bener2 “sha”, mgkn fei itu salah satu korban nya DAN (Sha) so si fei itu kaga bisa melupain si natasha, (victim net love) hehehe :)

    y udah lah, sekarang kan uda jelas, DAN itu org dibalik Sha!
    hebat juga tuh anak, punya 2 kepribadian, jangan2 dia tuh pagi jadi Daniel, malam nya jadi Danida (bencong. hahahha

    Merdeka,
    Rupiah akhirnya menyentuh Rp.11000/US
    GILAAAAAAAAAAAAAA, mending urusin rupiah ajah

  176. @petrus
    hope u know who is me… kalo tau jangan disebarkan ya… pengen juga disembunyikan identitasnya..
    perkata petrus bisa dipercaya… dan juga fei alami kok..
    silakan di check kebenarannya… yg ditulis oleh saudara petrus..
    photo yg dimiliki petrus juga fei punya kok….
    juga fei dulu sempat mereka pembicaraan fei dgn tasha kok.. cm ya ga usah deh diungkit kembali…

    @RAY
    Mengenai SHA dan TASHA? btw dalam bahasa indo saja deh… mumet kalo inggris…
    Yang FEI kenal adalah TASHA.. (sejak april 2002 s/d 22 July 2005) terakhir dapat sms dari tasha tgl 22 july… dan karena kesibukan di lain hal.. sehingga fei da tidak kontakan lagi dengan tasha..
    about SHA saya terus terang tidak tau tentang sHa yg menulis di blog.. dll dan menjadi heboh begini…
    Mungkin org yg sama.. cm setau fei.. tasha da lama tidak online lagi.. (dlm percakapan fei dgn tasha beberapa bulan lalu)
    jadi terus terang fei tidak bisa berkomentar..
    Apakah.. SHA rekaan.. ??atau tidak..??
    yg pasti Tasha/Natasha ANYA adalah “NYATA”… dan bener2 ada kok…

    kayaknya sudahilah semua ini…
    biarkanlah ini menjadi suatu misteri…

    Buat yg percaya.. silakan tetap pada pendiriannya..
    u r right.. tasha adalah kenyataan… dan bukan rekaan…

    Buat yang tidak percaya dan menganggap ini Maya… mungkin karena dia tidak pernah berhubungan dengan tasha.. dan tidak tau siapa sebenarnya tasha…

    Buat detik.. buat apa sih heboh2 dgn menulis artikel tentang seseorang yang tidak anda kenal…

    c u all…

    for tasha u r aLways in my minds, in my hearts, in my souL..

    for all
    sudahilah pertentangan pendapat ini… biarkanlah tasha pergi dengan tenang…

    Peacee…..

  177. Halo bung NoBody, foto Natasha Anya yg saya dapat bbrp tahun lalu itu cuma dua, yg pertama foto dari samping dia sedang menunduk megang hp, satu lagi dari depan full body dgn background putih (foto studio), terus terang saya juga ga tau sama persis apa engga, tp ciri2nya sih sesuai: kulit putih, lumayan cantik, rambut hitam. Fotonya uda bbrp tahun lalu gitu lho om, saya mana ingetin tampangnya kayak gmn, yg pasti foto dia yg tampak samping di friendster gak mirip karena hidungnya agak bulat dan rambutnya agak keriting, sedangkan foto yg bbrp tahun lalu saya dapatkan hidungnya mancung dan rambutnya lurus.
    Saya chat dengan gunggu di mIRC #forumponsel bbrp tahun lalu, itu menurut pengakuan gunggu bahwa dia tinggal serumah dgn Natasha Anya di Melbourne, mengenai kebenarannya saya juga tidak dapat memastikannya.

    Pengennya juga begitu; mencari org yg pernah bertatapmuka dgn Natasha Anya, tapi yg saya pernah lakukan hanyalah sms, chat di mIRC, YM, call, conference call, msg via friendster.
    Bagi org yg kenal dengan Gunawan Wibisono, anak dari dosen di Jogjakarta (lupa universitas mana), coba cari kebenaran mengenai hal ini, soalna saya sendiri juga kepengen tau ttg kebenaran yg sesungguhnya.

    Bahkan saya jadi mikir, apakah Janet benar2 temennya Natasha Anya, karena YM-nya dibuat tanggal 17 Feb 02 dgn id janet_170202 dan tidak pernah online lagi sampai sekarang, masa demi chat dgn saya dia baru membuat id YM dan kemudian menghilang entah kemana .. lalu siapa perempuan yg mengaku Janet yg dulu ada di webcam itu, waduh jadi merinding sendiri neh >.

  178. Begini Temans,

    Menurutku Lana adalah tokoh REAL sedang Natasha adalah tokoh UNREAL, saya tidak tahu siapa yang sedang bermain disini, entah itu Dan ato Lana or Sha or anybody, tapi yang pasti saya turut berduka cita yg mendalam untuk Lana serta keluarganya, dan saya tidak bermaksud mengaitkan keduanya, tapi yang jelas si pembuat tokoh sha ini harus sadar untuk tidak mempermainkan orang lain karena tidak ada untungnya gituloh…
    Yang saya yakin 100% adalah tokoh sha ini adalah orang yang mengenal betul seluk beluk keluarga Lana, sehingga dia bisa menduplikasi jati diri Lana ke sha, sama seperti kasus Oma teppy….
    dan saya juga turut berbelasungkawa kepada teman2 sha yang telah kenal sha kurang lebih 5 tahun, karena selama itu juga kalian telah diperdaya, bisa jadi “Dan” juga adalah salah satu korban, anyway for the next time kita harus lebih berhati2 supaya tidak terjadi lagi hal spt ini and “case is closed”.

  179. @fei: ya udah, based on your comment berarti sangat mungkin Natasha Anya/Tasha yg anda kenal ≠ Natasha Anya/sHa yg diributin disini. tapi apa Tasha yg anda kenal itu juga meninggal pada waktu yg sama dgn sHa disini? kalo ya, kebetulan sekali ya? kalo nggak, another jaka sembung case. satu ngeliat apel dan bilang warnanya merah, sedangkan yg lain ngeliat jeruk dikiranyanya apel dan bilang, ‘nggak, warnanya oranye!’. :)

  180. Kalo baca dari beberapa comment di beberapa blogs (Punya Pri dan Jay) ada terlintas dugaan bahwa Lana itu adalah orang yang mengaku sebagai Natasha yang bisa jadi nama Natasha itu adalah REAL hanya saja digunakan Lana.

    Alasan dia menggunakan itu mungkin berawal dari keisengan gadis muda yang baru kenal Internet dan ingin memiliki banyak teman tapi minder karena umurnya (LANA) pada saat itu masih 12 tahun, dia takut orang tidak akan mau menjadi temannya karena menganggap dia masih kecil. Jadi dia mengaku2 berumur 18 tahun (dia tinggiin dikit) dengan harapan akan memiliki banyak teman yang rata2 orang yang aktif online di beberapa forum adalah mereka yang berusia 18 keatas. LANA adalah gadis yang sangat smart karena pelan2 berhasil menciptakan 2 karakter yang bertolak belakang walau masih ada kemiripan tanpa disadari. Maybe she lived her normal life as Lana and created her ‘fake’ life as Natasha to get some friends yang selama kurun waktu 5 tahun ini banyak mengajarkan hal2 techie terhadap dia.

    Kota kecil bukan alasan untuk bikin orang jadi seperti katak dalam tempurung. Waktu saya masih di Malang, sekitar tahun 1997-1998, ‘cracker’ termuda (usia 16) waktu itu yang membobol sebuah Bank di Australia adalah anak SMA di Malang padahal Malang juga kota kecil. Hal ini bisa saja terjadi by the power of the Internet. Teknologi yang berkembang sangat pesat dan membuat orang bisa menjadi sangat cerdas, pintar melewati batas2 usia tapi bisa dibarengi oleh kematangan mental yang tidak seimbang sehingga belum bisa memilah mana yang benar dan salah, mana yang boleh dan dilarang, dll. Bisa jadi karena keenakan setelah menciptakan tokoh NATASHA, siapapun orang itu .. dia semakin larut dan akhirnya tidak lagi melihat ini adalah hal yang sangat berbahaya dan merupakan kebohongan besar dan dia tidak memikirkan resiko di baliknya.

    Kunci di balik semua ini adalah kejujuran dari semua yang terlibat di balik ‘gonjang-ganjing’ Natasha Anya. Tapi kalau toh mereka memilih untuk tutup mulut, itu adalah hak mereka. Saya pun penasaran tapi saya tidak menuntut apa2 karena toh saya tidak merasakan rugi apa2, hanya saja wajar sebagai seorang individual yang memiliki ketertarikan tinggi terhadap dunia Internet, dan Serial misteri/detektif, rasanya seperti menemukan suatu kasus dimana 2 bidang yang menarik minat saya berpadu hehe .. :D

    Maaf, ini hanya pikiran yang terlintas .. tergelitik oleh perkembangan berita, opini dan informasi yang simpang siur ataupun yang logis .. :)

  181. DOLLAR MENEMBUS Rp.11.100, Gimana neh, solusinya apa???? jangan ribut2 sha mulu, ekonomi lagi keok!

  182. Seseorang tidak seharusnya mengambil keuntungan dari kesulitan yang dihadapi orang lain.

  183. gila cepet amet ampe 282 coment..
    dolar mengamuk oey…
    @semua
    coba telusuri dari yg dikatakan oleh bung petrus…
    info yg sangat berarti…
    silakan ditelusuri…
    Janet bnran kok.. fei ada photo janet kok.. :)
    @petrus
    janet bnran dunk… jangan takut..

  184. @fei, coba telusur juga dari detikcom, ray yg orang solo, dan penyelidikan yg teman2 yg lain, baca juga masalah oma teppy
    rasanya dari petrus pun hasilnya sama, klo sHa itu fake !
    silahkan bersikeras dia beneran ada, saya cuma melihat dari bukti bukan dari omongan, klo anda bersikeras mo orang lain setuju kasih bukti bukan omongan, ok

  185. untuk #279
    saya sangat tidak sependapat dengan anda
    seperti yg anda katakan mengenai kemungkinan sHa = Lana Indrawan
    saat semua ini dimulai, Lana baru berumur 11/12thn
    jika anda jeli saat menyusuri berbagai web yang terkait dengan dengan kasus ini
    sangat mustahil seorang gadis kecil seusia Lana waktu itu…bahkan sampai dia berpulangpun
    menuliskan blogs yang bisa begitu menyentuh dan artistik
    lengkap dengan segala poto2nya yang penuh misteri
    menurut saya tulisan2 yang cenderung mengarah ke sastra seperti itu..
    hanya bisa di tulis oleh seseorang yang telah betul2 dewasa dan berwawasan luas….
    bukan memgkotak2kan org menurut tempat kelahirannya
    semua orang tahu bahwa hampir semua presiden indonesia lahir di kampung :)
    tapi kepintaran/wawasan seseorang itu berasal dari hasil menimba inmu dan pengalaman…
    dan untuk semua hal ini..
    rasanya kitaterlalu naif kalau menuduh gadis kecil smu seperti Lana yang merancang semua ini..
    sepeti yang telah saya sebut diposting sebelumnya..
    untuk sebuah sosok real yang telah berpulang kesisi-Nya
    rasanya tidak etis kalau kita menyeret namanya kedalam ‘hiruk-pikuk’ ini

    [-o<[-o<

  186. dan untuk bintang kita # Fei :D
    dengan penyataan anda yang simpang siur dan tidak bisa dijadikan pegangan…
    jika anda adalah seorang pengacara dan saya kebetulan adalah seorang terhukum..
    maka saya berani menjamin bahwa saya tidak akan pernah melimpahkan kasus saya untuk anda tangani..
    karena saya yakin…
    bahwa vonis yang kelak dijatuhkan kepada saya akan bertambah berat paling tidak 5 thn
    :D
    saran saya…
    sebaiknya anda memahami dulu kasus apa yang sedang diperdebatkan disini…
    sebelum anda turut menyumbangkan pikiran anda
    :D
    anyway….

    were netter :)>- is not fighter

  187. Heran ma komentar : Biarkan Tasha pergi dengan tenang.

    Emang misalnya dia benar2 ada dan meninggal, bisa bangun gitu ketika tau ktia ribut2 mempertanyakan keberadaannya?

    LOL

  188. Lana bukan Natasha

    yang nulis di blog natasha belum tentu bernama Natasha Anya

    dan belum tentu yg bernama Natasha Anya sudah meninggal.

  189. enaknya kalau kejadian seperti ini bisa terjadi didunia nyata yaa… :D
    gw akan bilang ke publik kalau gw adalah sepupu dari elvis presley
    lalu saat publik mempertanyakan kebenaran peryataan saya..
    saya cuman bilang gini :
    gw bener2 sepupu elvis presley…
    gw punya sejumlah bukti dan poto..
    tapi tidak perlu gw tunjukkan disini…
    karena apa?ya karena itulah…..
    biarkan dia pergi dengan tenang …

    at least, apa yang bisa dilakukan publik selain gigit jari?
    :D

  190. @nobody
    buat apa masalah ini diperpanjang…
    kalo toh anda tidak mengenal orangnya…
    sesuatu itu disembunyikan pasti ada maksudnya..;)

  191. Sekedar menguatkan info dari Sdr, Petrus, saya juga pernah dengar kalau Natasha Anya pernah tinggal di Aussie..

    Saya dengar mantannya Sha (mas GG) ga mau terlibat.. dia pilih no comment.. Itu haknya dia, kita hargai hak2 manusia..

    Semoga lama2 mas GG tergelitik juga dan kasih masukan yang akan membuat semua misteri ini terkuak..

  192. Ada Yang Aneh.. Seorang Guru TK (Natasha) bisa jalan2 Ke Singapure dan Melbourne ?? :o Jangan-jangan Nanti ada lagi ‘Teman Natasha’ yang mengaku pernah minum kopi dengan Natasha di Tel-Aviv atau di Washington DC :)

  193. bener, gw juga berharap fei bukan lawyer, ato mahasiswa hukum, ato apapun yg berurusan dengan masalah hukum/pembuktian. if he’s trying to convince anybody here, he’s doing a terrible job. :-w

    sudahlah, abaikan saja. buat apa ngebahas fei, “toh kita tidak mengenal orangnya”â„¢. biarkan fei “…pergi dengan tenang”â„¢. toh kalo dia berusaha menyembunyikan sesuatu “…itu pasti ada maksudnya”â„¢. semoga saja dia benar real, meskipun tony “…tidak ada foto fei”â„¢.

    “biarkanlah ini menjadi suatu misteri…”â„¢

    … =))

  194. Eng…*ngacung* nyumbang masukan dikit
    Atas kesaksian sodara Petrus, jadi yakin kalo Saudari Natasha Anya bisa jadi adalah nyata. Dan dulu pernah aktif di beberapa komunitas salah satunya oranye.net
    Mungkin kenal ma DAN disitu juga yak? Walau secara virtual DAN deket en cinta banget sampai mbikinin beberapa domain atas nama Natasha Anya. Padahal Natasha Anya aslinya mungkin jarang onlen, sampai berita duka itu datang… dihari yg sama Natasha bercerita tentang mimpinya by SMS pada DAN.
    Mengenai Gunawan Wibisono, kaya pernah denger yak? Ini yg lulusan Melb ya? Yang bikin penelitian the treatment of wastewater itu bukan?
    Kalo kesimpulan diatas salah, dan ternyata teman serumahnya Gunawan Wibisono adalah DAN… Gimana?
    Eng…matrix bisa dipake buat nginet kan? Bayar pake kartu kredit :P

  195. buat #295/fei
    saya semakin tidak mengerti apakah anda mengerti masalah apa yang diributkan dalam topik ini?

    huffffff……. #:-s
    tapi iya dech…saya angkat tangan dengan anda
    sebagai konsekuaensinya nich saya berikan segelas kopi ~o)
    buat menemani anda mempelajari kasus yang menghebohkan ini mulai dari posting pertama
    :D

  196. buat -> PSyChO :D
    komentar anda sungguh menggelitik
    lumayanlah buat dijadikan hiburan melepas kepenatan :))
    kalau anda adalah seorang pelawak…
    maka saya memastikan bahwa saya akan duduk di bangku terdepan menyaksikan pertunjukan anda
    :D :)>-

  197. saya curiga jangan2 @fei ini tokoh utama selanjutnya yang sedang dipersiapkan oleh DAN cs :D
    yang ceritanya akan dirilis akhir tahun ini…
    menjelang holiday season
    :D

  198. Pendapat gue pribadi Natasha itu “Nyata”.:-?
    Gak tau nyata-2 membuat loe kesel, penasaran, marah, sedih, ketawa atau apa…:-w
    yang jelas dia Nyata dan berhasil membuat semuanya repot nulis tentang dia sampai 300-an lebih disini\:d/\:d/:x\:d/:d:d:d

  199. Sepertinya fei ini tidak tahu dengan PASTI tentang Natasha Anya. Dia cuma kebetulan pernah telp/chat/sms plus dikasih foto :) Ya ngga?

    Tapi realitanya, dia tetap TIDAK BISA membuktikan bahwa Natasha Anya ini telah meninggal.

    Cuma PERASAAN fei saja yang mengatakan demikian.

    Dalam kasus ini (yang keliatannya si fei ini juga tidak mengerti), jelas bahwa tidak cukup kalau hanya berdasarkan perasaan.

    Butuh bukti nyata, apakah benar Natasha Anya (yang ada di blog) ini memang telah meninggal? Apakah benar Natasha Anya ini fotonya seperti itu?

    Gunggu saya tahu adalah moderator dari forumponsel.com. Saya sendiri suka baca posting2 dia, juga posting tasha di sana.

    Sepertinya saat ini cuma Gunggu yang bisa memberikan klarifikasi. Tapi kalau dia memang tidak mau, ya apa boleh buat. Saya sendiri sih KASIHAN dengan Natasha Anya (kalau memang benar dia meninggal) karena kematiannya tidak diiringi dengan ketenangan.

    Kematiannya hanyalah meninggalkan KERAGUAN …
    Kematiannya cuma meninggalkan KECURIGAAN … di benak TEMAN-TEMAN yang pernah MENGENALNYA.

    Kalau dia memang benar-benar mati.

  200. sHa = Gue = NoBody = Ray = Petrus = dst = dst ….
    Semua bisa jadi siapa aja. siapa yang tahu ????

    Mau tahu yang pasti ??! sHa itu benar-benar meninggal karena pembekuan darah di otak dan meninggal tidak lama setelah dia menulis blog tentang mimpi buruk nya, mau tahu kenapa??

    Karena kepalanya terantuk pinggiran ranjang waktu dia ‘ngolet’ dan terbangun pas mimpi buruk itu (ini ditulis sama si sHa sendiri loh), setelah terantuk terjadilah pembekuan darah di otaknya yang dalam selang beberapa waktu semakin menggumpal dan menyebabkan pembengkakan serta penyempitan pembuluh darah di otak sHa, sehingga akhirnya dia ‘KO’.

    Nah itu hasil analisis gue, tentang yang pasti dengan sHA…. :d

    :d:d

  201. mpuuuuuuuun, seahrian gw telusuri nih kasus, ga ada jg titik temunya, dr tgl 26-29 bew bew bew bew bew ….
    1 comment SEGEETOONYA yah

    tp sbg wanitah, yg 99% berpikir make rasa:D *katanyah sih* kok 80% dr semua fakta2 yg dipaparkan ak cenderung percaya sHa itu fiktif.

  202. Dari Awal Gw Udah Bilang…(Comment #102) :-” bahwa si DAN itu punya 2 kepribadian… double identity.. eh.. sekarang dia udah sembuh.. udah mematikan karakter “Natasha” dalam dirinya… harusnya kita senang… DAN Telah Sembuh :D Hidup DAN <:-P <:-P <:-P

  203. pertama baca blog mas Pri ttg Sha saya biasa aja. trus ngerembet masuk detik makin rame. Eh jadi pengen investigasi. Setelah baca 70% komen disini (mo semuanya kebanyakan sih), jadi gatel pengen ikutan nimbrung. Kesimpulan final:
    saya yakin tokoh Sha cuma rekaan seseorang yg cukup cerdik, rajin (rajin menciptakan tokoh sha dan mengupdate sampai meninggalnya a.k.a. ga ada kerjaan), dan cukup kuat dalam financial. Detik pernah membeberkan kasus serupa yg lebih dramatis dgn ‘pelaku’ seorang nenek yang mengincar para penyiar radio wanita.

    Terus terang saya ga kenal Sha. Tapi koq mulai dari blog dia, website dan frenster isi fotonya selalu berkesan dibuat2 (di dramatisir). Lagian kalau memang dia real dan meninggal, yg apus content blognya siapa? yg login di FS dia tgl 24 Agustus 2005 siapa? (sumber: detikcom) yang kenal dan pernah bertemu muka koq informasinya simpang siur? yg mengaku dia real tapi banyakan cuma contact via sms dan internet.

    Akhirnya….
    ga usah dipikirin dia ada apa engga. Toh real atau rekaan tidak ada pihak yg dirugikan. Kalaupun memang real, pastilah pihak keluarga dan teman dekat pasti merasakan kehilangan (tapi bukti tentang ini kurang meyakinkan). Jadi…. biarin aja dia real apa engga (buat yg ga kenal). Dan selamat berduka cita/bersedih deh bagi mereka yg mengenalnya (kenal lewat sms/internet), berdoa aja semoga sha ada, karena kalo dia bener cuma rekaan, maka kalian bersedih untuk sesuatu yg tidak real alias kena tipu :p

    Buat yg mengaku teman dekat sha yg namanya Dan… dia sendiri real ga?
    bisa jadi:
    1. dia yg bikin sosok sha
    2. pasang iklan di kompas
    3. bangun website tuk meyakinkan sha adalah nyata
    4. atau sosok Dan adalah rekaan juga (karakter ciptaan untuk memperkuat kebohongan ini)

    Ah gw mah ga ngerasa dirugiin apapun kebenarannya :)
    anggap aja orang pintar kesepian yg coba cari perhatian

  204. Lha sekarang jadi masuk, yang tadi tulisanku dari kantor kemana ngilangnya ya?
    Begini sodara-sodara, polemik tentang sHa mungkin ngga akan ada habisnya bila kita belum mendapatkan jawaban atas “Siapa sebenarnya sHa?”. Sekarang ini dikarenakan sudah sedemikian banyaknya (ada yg bilang 80%, ada yg bilang 70%) responden yang menyatakan bahwa sHa adalah fiktif maka investigasinya bukan lagi pada pencarian sosok real sHa melainkan sudah bergeser ke siapakah sebenernya yang memerankan sHa, bukan begitu?
    Kenapa kubilang begitu, sebab berdasarkan fakta2 yang ditemukan (bila itu boleh dikatakan fakta) 99% mengarah kepada ketidakyakinan tentang sosok sHa yang real. Nah sekarang bagi mereka yang ngotot bahwa sHa itu ada beneran (nyata), tunjukkan bukti2 yang nyata pula (ah ini udah diposting sama banyak orang ya). Begini saja, saya bukan blogger dan tau blog aja dari detik sejak kisah ini diangkat. Daripada kalian bertengkar dan terpecah menjadi blok pemercaya dan blok pemertidakpercaya, lebih baik mari kita sama-sama membuktikan sampai akhirnya ketahuan siapakah gerangan sHa ini, manusiakah, hantukah, jinkah atau alien?
    Selamat menjadi detektif.

  205. Ada tak ada yg penting kita bekerja…
    Ada tak ada yg penting kita nge-blog…

    (lupa lagu siapa ya… :-/ )

    kembali bekerja…
    kembali ngeblog…

    (kaya’ iklan sepatu bata)

    :)>-

    (semua dikutip tanpa ijin… maaf ya … ):d

  206. haha
    salut deh, ditinggal bbrp jam aja udah sampe no.323, walau ada bbrp orang yg ngepost bisa dikategorikan junk :P

    eniwei, saya nggak kenal Dan / Daniel.
    baru denger namanya aja setelah dapat kabar meninggalnya tasha.

    satu poin disini yg mau saya tekankan, Natasha Anya, ada ataupun nggak ada, dia nggak berbuat sesuatu yg merugikan orang lain, malahan yg ada itu kebalikannya, tasha itu membantu orang lain, dll, teman2nya yg pernah kenal dg-nya pasti tau karakter tasha itu seperti apa.

    ya sudah, bagi rekan2 yg mau menyelidiki, selamat bekerja !

  207. Hahaha, tambah menarik aja nih comments di sini.

    Fei, saya sungguh tak mengerti dengan apa yang engkau bicarakan. Baik pake bahasa Indonesia ataupun Inggris, dua-duanya tetep diriku gak mengerti. Mungkin sebelum mulai membaca comments dari paling atas (seperti yang diusulkan Mr. NoBody), mungkin sebaiknya anda perlu mengambil kelas bahasa dulu. Bahasa apa saja itu ngga masalah, yang penting kita ngerti.

    Atau, anda jangan-jangan si pemeran sHa yang udah jadi agak gak beres, dan akhirnya ganti nama jadi Fei? :)

    Buat orang-orang yang ngebilangin kita-kita untuk sudah diam saja, tak perlu memperpanjang masalah ini, saya ucapkan terimakasih atas masukannya. Kita yang tertarik dengan masalah ini dan ingin terus berbicara masalah ini juga tidak pernah meminta anda sekalian untuk nimbrung dan berkomentar. Seperti kita menghormati hak anda untuk diam, kita juga mohon hak kita dihormati untuk berbicara. Dengan semakin anda berkata bahwa kita seharusnya menghentikan pembicaraan ini, semakin terlihat bahwa anda-anda itu juga sebenarnya tertarik, tetapi tidak berani berkomentar atau tidak punya apa-apa untuk dikomentarkan. :)
    Jadi, daripada anda-anda menghabiskan enerji anda untuk menasihati kita-kita, mendingan tenaganya dipakai untuk memikirkan rupiah deh. :d (Kok saya jadi seperti anda-anda yang suka kasih nasihat…. bodo ah) ^:)^

  208. gw curiga :D
    jgn2 oma teppy nich yang menjadi sutradara dibalik opera sabun ini
    wkwkwkwkwkwkkwkw
    :))

  209. Fei, lu tunjukkin kuburannya sha ke gue, tunjukkin akte kematian, tunjukkin foto sha dari kecil, kenalin ke temen2 sha sejak kecil, tunjukkin rapor sha dari kecil, tunjukin mana keluarga sha dan bukti2 lainnya ke gue (asli, bukan foto, bukan fotocopy). baru gue percaya kalo dia exist dan mati.

  210. OK, sekarang saya tampilkan FAKTA:

    1. Menanggapi salah satu tulisan di atas bahwa sHA bersekolah di SD Marsudirini, saya tidak bisa berkata anda benar atau salah. Tulisan sHa di blognya hanya mengatakan bahwa dibelakang gereja ada 3 SD yaitu Pangudiluhur, Marsudirini, dan Kanisius Keprabon 2 (Saya sendiri adalah lulusan Marsudirini, ST. Klara). sHa sendiri berkata seperti ini:

    Gereja ini adalah gereja Katholik tertua di Solo, Letaknya di Jalan Sugiyopranoto, Di mana gereja ini ada di lingkungan sekolah Katholik juga, Ada TK Marsudirini, SD Marsudiri, SD Pangudiluhur, SD Keprabon, Terus ada lagi SMP Kanisius, SMU Kanisius… Semuanya Yayasan Katholik… Aku dari TK sampai SMP juga sekolah di situ

    sHa tidak secara khusus mengatakan bahwa sHa bersekolah di SD Marsudirini. Yang saya tangkap dari perkataan sHa bahwa dia bersekolah di salah satu SD tersebut, dan SMP Kanisius (Karena sHa hanya menyebutkan 1 nama SMP). Sedangkan Lana, dia SD Marsudirini, dan SMP Bintang Laut (Bukan SMP Kanisius).

    2. Kebetulan salah satu adik angkat saya yang masih di Solo adalah teman sangat baik dari saudari Lana. Jadi, setelah sHa mulai dikait-kaitkan dengan Lana, saya mencoba menghubungi adik angkat saya yang masih sekolah di SMU Regina Pacis (Ursulin) di mana Lana menuntut ilmu sebelum kembali ke pangkuanNya. Pertanyaan yang saya ajukan adalah:
    a. Kenapa Lana dulu meninggal? Apakah disebabkan karena sakit? Kalau sakit, sakitnya apa?
    b. Apakah Lana dikremasi atau dikubur?
    c. Apakah Lana sering bermain main dengan nama? Apakah dia sering menggunakan nama lain seperti Natasha Anya, atau nick name sHa?
    d. Apakah Lana adalah anak Toko Muda di Solo? (Saya menanyakan ini karena saya membaca comment seseorang di blog saudara Jay yang mengatakan bahwa dia kenal dengan Natasha Anya anak toko Muda di Solo)

    Dan jawabannya (dengan beberapa edit, untuk melindungi privacy Lana)
    a. Lana memang sudah sakit untuk beberapa saat. Penyakitnya adalah katub jantung yang bocor. Sudah di operasi di Malaysia sebelumnya, dan dia sebenarnya ada pada masa pemulihan. Tetapi, sehari sebelum Lana meninggal, Lana mengatakan bahwa perutnya sakit. Dibawa ke rumah sakit Solo Baru, tetapi dokter tidak ada yang bisa menangani. (Kepastian kematian sHa tidak pernah jelas, ada yang mengatakan gumpalan dari di otak, ada yang mengtakan jantung)
    b. Lana dikubur. (Menurut pengakuan Dan, Dan menelepon tantenya sHa waktu abu sHa diberkati)
    c. Lana tidak pernah menggunakan nama-nama yang saya tanyakan di atas. Satu-satunya nick name yang dia pernah pakai ketika chatting di irc adalah piac_piak.
    d. Lana BUKAN anak toko Muda. Rumahnya berada di Arifin, di sekitar radio PTPN Solo.

    Jadi untuk saat ini, saya berani menjamin bahwa sHa >

  211. FAKTA lainnya.
    Ada laporan dari salah satu scout saya di Solo. :p

    Teman saya mencoba berhubungan dengan anak anak lulusan SMP Kanisius yang sekrang berumur 23 atau 24. Tak ada satupun yang pernah mendengar nama Natasha Anya. Mungkin laporan ini validitas nya tidak begitu tinggi karena teman saya hanya berhasil bertemu dengan sekitar 10 orang dari kelompok tersebut. Tetapi paling tidak sudah memberi gambaran.

    Satu lagi buat Fei, dari semua yang anda bilang, anda selalu bilang anda sudah melihat fotonya, saya punya YM nya. Mungkin juga anda sebenarnya sudah punya foto saya, tapi bukan dari saya sendiri. Ada orang lain ngakuin foto saya sebagai dirinya. Realistik dikit donk. :d

  212. wahhh ;)) kode alam buat penggila togel tuch
    ada satu lagi bukti2 yang semakin menguatkan keyakinan bahwa kasus ini direkayasa…
    salah seorang dari blogger diatas/entah no berapa telah mencoba menghubungi saudara – gunggu – yang merupakan tokoh kunci untuk membuat kasus ini menjadi ‘clear’ b-)
    tapi jawaban yang diterima adalah : no comment :D
    jawaban yang sungguh membingungkan dari seorang sahabat/mantan ‘sHa’
    dialah yang dulu berteduh didalam satu atap dengan saudara -gunggu- :) sewaktu mereka sama2 berada di Melbourne
    apakah ada yang aneh dengan analisis ini?
    ;))

  213. gw sambung analisis gw…
    kenapa saudara -gunggu- tidak berkenan memberikan komentar :) dan saya rasa sulit mengharapkan tokoh kunci ini memberikan komentar..
    mungkin karenadia dihadapkan kepada sebuah dilema…
    diantara kejujuran atau kebohongan…
    soalnya saya pribadi menduga..
    bahwa seseorang yang merekayasa kebohongan inilah yang dulunya berteduh dibawah satu atap dengan saudara -gunggu- sewaktu mereka menetap di Melbourne :)

  214. dan tokoh sosok yang berdiri dibelakang character ‘sHa’..
    70% adalah Dan :P
    sisanya 30% adalah ‘someone’ yg lain :P

  215. wah udah mulai sepi yg posting comment :-”
    hoooaah…
    denger2 ada kabar bahwa sHa itu blm meninggal yah?

  216. kalo di comment sebelumnya ada yg bilang peluangnya 70% perekayasa tasha adalah Dan, sekarang gue coba tambahin beberapa point biar peluangnya lebih tinggi.
    Dan, anaknya pinter; coba deh googling pakai keyword Daniel Cahya, atau baca2 deh blog-nya Dan sama tasha, wawasannya luas; terbukti menguasai bbrp bahasa, level pergaulannya udah internasional, kenal internet bukan baru kemarin sore. Terlalu naif buat orang kaya Dan bisa tertipu oleh orang yang belum dia kenal benar, sampai dia rela beliin domain segala. Anak yg beneran lugu (bego) gak mungkin bisa nyamar jadi anak pinter (cerdas), pasti akan ketahuan dgn cepat, tapi anak pinter nan cerdas bisa dengan gampang berpura-pura bego nan lugu, sampai saatnya nanti dia sendiri ngaku kalo dia lagi pura-pura.
    Gue sangat yakin, saat ini Dan bukan cuma sedang berpura-pura lugu, tapi dia telah ciptakan tokoh2 lain supaya kenyataan (bahwa dialah pemeran tasha) bisa tertutupi. tokoh rekaan baru ini bertugas menggiring opini lain biar orang-orang gak menyadari kenyataan sebenarnya. opini tersebut antara lain:
    1. Sudahlah, biarkan tashya pergi, keributan kita gak ada gunanya, malah membuat dia gak tenang di alam sana.
    2. Kasihan Dan, dia adalah orang polos yang sangat menyayangi tasha, sampai berkorban begitu banyak, padahal belum pernah ketemu, jangan pojokkan Dan.
    3. Tasha adalah Lana, sama-sama tinggal di solo, sama-sama wafat tanggal 16 agustus 2005.

    Selain itu Dan juga memanfaatkan psikologis orang-orang yang pernah dekat (tertipu) dengan tasha, untuk menunjukkan bahwa tasha itu nyata, bahwa mereka itu gak tertipu oleh Dan. Kita tahu; menyadari kita tertipu itu menyesakkan, tapi mengakui kalau kita telah tertipu sampai sedemikian lama, tidak kalah menyesakkan.

    Terakhir, buat kawan-kawan tasha (Dan); sadarlah, sebaik apapun tasha pada kalian, dia itu hanya salah satu sisi kepribadian dari orang yang mengidap kelainan jiwa. Kebetulan saja, kali ini sisi baiknya yang kalian temui, tapi mungkin sekali saat kelakk kalian lena, sisi jahatnya yang akan menemui kalian, dan bikin susah.
    Bagi orang yg punya kelainan jiwa; tidak ada kepribadian yang asli, tidak bisa kita katakan “dia itu aslinya baik”, sebab sisi baik dan sisi jahatnya sama-sama asli.

  217. senShasi
    aku menduga ada seseorang atau beberapa orang di ujung sana yang tengah berdiam diri mempersiapkan akhir cerita yang senShasional.
    Kalau fei itu cuma kartu lemah. Gak usah digubris.

  218. BUAT RAY :
    udah nanya ke sodara kamu blom, foto jenazah Sha itu = foto jenazah Lana apa engga??
    kalo iya itu foto jenazah Lana (maaf bukan mau ngebawa2 orang yang udah “beneran” meninggal) kok keluarganya ngga ada yang protes yah?? :=?
    kan berita nya jelas banget tuh di detik (including foto)
    lagian sodara nya Lana juga bukan orang gaptek, buktinya ada yg rutin update FS nya Lana, masa ngga tau kalo sodara nya dikait2in sama masalah SHA

    BUAT sodara LANA : klarifikasi dongg..!! :D

  219. To someone : There no point fighting a war you can not win. Your resistance will only drown you even deeper.

  220. BIN kita canggih juga ya, sebentar di kanada, sebentar di UK, ntar dimana lagi nih?

    *show of force? bukan cara intelijen*

  221. buat #344
    mewakili saudara Ray saya ingin memberikan tanggapan mengenai attensi anda tentang foto tersebut:

    1.saya, Ray, dan para tidak pemercaya tentang kebenaran kasus/foto ini telah menyimpulkan bahwa foto tersebut bukanlah foto Lana ataupun ‘sHa’
    perlu anda ketahui, bahwa sangat mudah mendapatkan foto2 seperti itu lewat berjuta2 majalah yang terbit dijagat raya ini.
    mungkin saja ‘master’ DAN :D mencomot foto2 tersebut dari salah satu majalah yang terbit di Hongkong/Korea/Amerika/Australia atau dimanapun? :D
    dan saya semakin curiga…
    jangan2 ‘sHa’ ini hanyalah salah satu diantara berpuluh bahkan mungkin beratus tokoh ciptaan yang sedang/masih diperankan oleh DAN saat ini?
    dan kemungkinan karena DAN telah ‘bosan’ melayani curahan cinta dari para penggemarnya :D lewat peran ‘sHa’ tersebut, lantas dia mengambil inisiatif buat me’mati’kannya?
    siapa tau?
    kalau teman2 gadis di cyber yang sering membuat saya/anda/Ray/dan banyak sodara2 blogger lainnya bersimpati, bahkan terkadang ‘jatuh’ cinta, mungkin adalah salah satu tokoh yang sedang/masih diperankan oleh DAN?
    tapi saya tegaskan disini…
    bahwa gadis saya adalah REAL :D

    2.mengenai klarifikasi dari keluarga almarhum ~*~ LANA ~*~
    saya rasa tidak perlu :)
    karena mereka adalah keluarga yang jelas2 saat ini masih dirundung duka.
    dan mengenai tanggapan anda bahwa sanak keluarga almarhum ~*~ LANA ~* tidak gaptek :)
    itu saya juga setuju.
    tapi saya bisa mengerti kalau mereka tidak memberi tanggapan apapun untuk mengklarifikasi foto tersebut?
    kenapa?
    karena sebagai pihak keluarga yang nyata2 telah kehilangan, tentu tidak ada artinya/menyakitkan sekali terlibat dalam opera sabun yang tidak lucu ini.
    apalagi kakak2/saudara2 dari almarhum ~*~ LANA ~*~ mungkin bukan penggemar dari detik.com, sehingga mereka jarang mengupdate berita dari cybernews.
    dan kalaupun mereka tau dan pernah membaca/mendengar kabar tentang ‘hiruk-pikuk’ ini.
    kita semua harus menghormati hak2 mereka untuk diam, sebagai keluarga yang masih kehilangan, dan saya yakini kesungguhan hatinya yang tidak ingin diekspos/terekspos sama sekali.

  222. dan posting kali ini mewakili para saudara2 blogger disini :))
    untuk saudari ~*~ LANA ~*~ yang telah beristirahat dengan damai..beserta keluarga besarnya…
    mohon maaf kalau kami disini telah menyeret/membawa2 nama dari putri/adik/kakak/sepupu/dst2 anda sekalian kedalam masalah ini ^:)^
    saya pribadi menyampaikan ucapan bela sungkawa yang sedalam2nya buat almarhumah dan keluarga besarnya [-o< meskipun saya tidak mengenalnya secara pribadi... [-o< dan sebagai konsekuensi permintaan maaf para blogger disini... saya harap saudara 'DAN' berkenan menuliskan sebuah puisi untuk mendiang saudari ~*~ LANA ~*~ sebagai permintaan maaf... :d b-)

  223. :((:((:((Ternyata blom selesai toh:((:((:((
    :d:d:dfaktanya kan dah jelas:d:d:d
    :-?:-?:-?saat ini DAN sedang ketawa ketiwi, sedangkan kita berargumentasi terus:-?:-?:-?
    Jujur gue termasuk yang “Tertipu” dengan tulisan tentang kematian Sha kemarin, tapi asyik-asyik aja tuh, gwe anggep sebagai selingan aja dan gue ambil hikmahnya, bahwa gue masih harus banyak Belajar lagi..biar gak Tertipu lagi:d:d:x:x\:d/\:d/:-?:-?:)>-:)>-[-([-(

  224. Nobody said :
    >>2.mengenai klarifikasi dari keluarga almarhum ~*~ LANA ~*~
    >>saya rasa tidak perlu

    Nobody said :
    >>untuk saudari ~*~ LANA ~*~ yang telah beristirahat dengan
    >>damai..beserta keluarga besarnya…
    >>mohon maaf kalau kami disini telah menyeret/membawa2 nama
    >>dari putri/adik/kakak/sepupu/dst2 anda sekalian kedalam
    >>masalah ini saya pribadi menyampaikan ucapan bela sungkawa
    >>yang sedalam2nya buat almarhumah dan keluarga besarnya
    >>meskipun saya tidak mengenalnya secara pribadi…

    Saya jadi curiga bung nobody ini adalah Dan ??
    Gaya bertuturnya agak-agak sama nih soalnya …
    Gimana pendapat rekan-rekan semua ;)

  225. Ada Sutradara Berminat Mengangkat Kasus ini Menjadi Sinetron atau Film ? :d Contact Me… Saya Ingin sekali Berperan Menjadi tokoh DAN ;)

  226. Ayo terus comments !, hidup rakyat jelata, capai 400 !.
    Wis tho lah, pokoke Tasha is virtual buanget.

  227. Nebeng berkomentar yah… keliatannya dari postingan comment2 semuanya pada gak yakin akan keberadaan sHa ini. G pun seperti itu.. ga bisa yakin sepenuhnya sosok sHa ini riil ato ga..
    Tapi g punya beberapa asumsi kemungkinan sosok sHa, setelah g baca 300an comment di atas:

    1. Mungkin sHa adalah sosok riil, yang tidak berani menampakan dirinya kpd teman2 mayanya karena sosok fisiknya tidak seperti foto2 yang ditunjukkan kepada orang2. Hal ini sering terjadi di dalam dunia maya.. dimana sesorang bisa saja mengaku dirinya berpenampilan fisik menarik hanya sebagai daya pikat.. atau karena di dunia nyata orang tersebut susah mendapatkan teman yang bisa menerima dia apa adanya… jadi selama dia ‘hidup’ dia memalsukan fisiknya dengan menghadirkan foto2 rekaan. dan entah karena ia jenuh dalam kepura2an atau karena dia benar2 meninggal.. maka sampailah pada akhir petualangannya di dunia maya.

    2. sHa benar adalah orang yang cantik, baik hati, nyaris sebagai perfect person.. tapi dia tahu bahwa hidupnya tinggal sedikit lagi.. ataupun kondisi fisiknya tidak memungkinkan bertemu dengan orang lain (mungkin fisiknya sudah cacat), ataupun dia takut kedekatan atau kehadirannya di dunia nyata akan lebih melibatkan ikatan emosional teman2nya sehingga ia membatasi hanya sampai hubungan dunia maya.. (saya pernah mengenal orang yang pada masa menjelang kematiannya tidak ingin didampingi orang yang dicintainya).

    3. sHa sungguh2 karakter buatan seseorang.. yang mungkin mengidolakan atau bercita2 mempunya pribadi seperti sHa. dan yang pasti orang yang membuat karakter ini adalah orang yang sangat pintar, sensitif dan dramatis.. sampai2 ketika ia ingin me ‘mati’ kan karakter ini dia memilih tanggal 16 Agustus tepat sehari sebelum perayaan kemerdekaan Indonesia.. karena ia telah jenuh dan berharap semua teman2 dalam dunia mayanya benar2 merdeka dari penipuan yang telah diciptakannya pada tanggal 17 Agustus esok harinya.

    terlepas dari semua asumsi g.. riil ato gaknya sosok sHa ini, g kagum ama dia.. seengganya dia dah dikenal sebagai orang baik pada masa ‘hidup’nya.. PEACE dahh… :d

  228. asiiiiik kasus seru. ayo jadi detective dadakan pecahkan misteri ini!!! yg duluan menemukan jawabannya dapet hadiah dari si pelaku berupa handphone K750i !!!
    buruan!!! nanti keduluan ‘pakar’ telematika :p

  229. ada fakta dari solo yang tak terbantahkan :

    Tawuran di Keraton Kasunanan Surakarta mencapai puncaknya, Senin (29/8). Untuk menyelesaikan perseteruan raja kembar yang berlangsung setahun lebih, PB XIII Tedjowulan menerobos Keraton diiringi pendukungnya.

    Dialog dua Paku Buwono XIII (Hangabehi-Tedjowulan) yang berlangsung Selasa (30/8) dini hari, belum menghasilkan kesepakatan konkret. Namun keduanya sepakat mencari solusi guna mengakhiri konflik.

  230. Kalau dilihat dari kesamaan comment,

    Pendukung sHa = real selalu bilang argument yang sama. Sama-sama nggak jelas & nggak valid.

    Selalu berlindung dibalik alasan klise “Sudahlah, apa untungnya kita membahas hal ini…”

    Kalau di kasih polling dan dipisahkan pendukungnya, akan terlihat bahwa pendukung sHa = real adalah orang yang sama…

  231. ^:)^ Hi kalian semua Saya Danker alias “DAN” Alias Papa Teppy..sudahlah apa yang lalu biarlah berlalu, saya lagi bikin karakter baru dengan nama fei alias toni alias jhon..tunggu blognya akan saya launching..yang bisa nebak blognya apa boleh belajar gratis cara mengganti identitas diri sendiri sampai lupa jati diri.

    Saya sendiri sudah lupa nama asli saya siapa…foto yang bener mana soalnya saya paling anti namanya foto diri dan melihat diri sendiri di kaca (ngga pernah ngaca dari kecil)..orang tua saya sendiri saya lupa namanya yang saya ingat ibu saya namanya oma teppy itu juga kalau bener, rumah saya ya sekita patung pancoran lewat dikit dibelakang santo lukas antara circle K hampir mendekati kantor polisi arah ke kantor siemens.

    Ya kalau yang mau kenalan silahkan aja hubungi saya lewat jalur mas priyadi ini :) Peace man :-j

  232. Kira-kira Hangabehi dan Tedjowulan kenal nggak yaa sama sHa . Kan mereka sama-sama di Solo.Kira-kira Sha bakal ndukung sapa ya kalo masih ‘ada’?
    Ato barangkali Sha ngasih wangsit lewat alam ghaib buat Hangabehi dan Tedjowulan biar ga berantem :-?:-?

  233. Saya ngaku deh…saya yang jadi Natasha Anya, saya punya suara mirip wanita kalau ditelpon….hicks..cacat bawaan dari kecil. Udah deh emang gue ambil itu gambar dari foto orang ngga jelas solanya gue search di google-images.

    Jangan diperpanjang donk gue sadar gue salah and gue minta maaf deh. Soalnya sekarang gue udah punya cewek jadinya gue mau jadi cowok lurus aja (selama ini gue banci)

    Sorry ya fei atas segalanya sampai loe percaya sama gue kalau gue itu cewek..padahal gue itu kelainan :) Maaf semua.

  234. untuk #354 :D
    kalau saya adalah DAN , maka kamu siapa? :D
    ip saya berasal dari Singapore
    sedangkan anda dari indonesia …
    seperti kita ketahui bersama…
    bahwa saat ini DAN sedang berada di Indonesia :D
    klop sekali fakta anda dengan DAN khan?
    :)>-

  235. Wah jadi pada ngelantur nih.
    Bagaimana Mas Pri? Apakah ini akan terus dibiarkan begini jadi makin ngelantur atau mau ditutup atau … teuing ah lieur jadinya teh.
    Kita buat aja kesepakatan bahwa sHa itu nggak ada, atau katakanlah dia itu hantu/jin/siluman/kelongwewe/uka-uka atau sejenis itu deh … bongan jadi ngalilieur sirah teu puguh.
    Rupiah sudah menguat kembali neh, sesi perdagangan pertama tadi dollar ditutup pada level 10.300, entah nanti sore penutupan sesi kedua berapa duit.
    Merdeka!!!

  236. kalau cara bertutur kata saya ‘hampir’ mirip dengan DAN ;)
    saya mohon para blogger memaafkan saya :D
    saya mendalami beberapa bidang keilmuan
    salah satunya adalah sastra inggris…
    saya juga penggemar karya2 klasik seperti ‘Sun Tzu- The Art Of War/Siti Nurbaya/sampai ke Romi-Juli-nya Shakespeare
    tapi jujur saja ..
    dalam hal merangkai kata2 tragis..
    saya akui kalau ilmu saya masih kalah jauh dari DAN cs
    :D

  237. btw….
    @fei mana yach? :D
    apa sudah di’mati’kan juga? diganti dengan @Bukan Dan yang nanti malam akan di’mati’kan juga?
    besok siapa lagi yach?
    =d>

    =))

  238. Sesi kedua perdagangan di BEJ ditutup menguat 10 point sehingga IHSG menjadi 1050.09, rupiah juga menguat ditutup pada level 10.200 per dollar amerika.
    Ini asli bukan karangan DAN!
    Kembali ke sHa, ada sebuah pengalaman menarik terjadi terhadapku beberapa taun lalu yang kisahnya mirip seperti ini. Pada suatu hari di awal tahun 2000 aku kenalan dengan seorang wanita di IRC, sebutlah namanya Putri, sekian lama aku mengenalnya hanya lewat chatting dan telpon (belum pake sms sebab handphone masih mahal saat itu). Dia sering curhat tentang penyakitnya yang katanya dia kena kanker, entah kanker apa waktu itu ngga nanyain lebih detil. Dia ngakunya lulusan atmajaya dan dia ngajar les privat piano. Sampai pada akhirnya suatu ketika dia dikabarkan meninggal oleh seorang temanya yang sebelumnya aku sama sekali tak pernah dikenalkan. Aneh bukan?
    Aku jadi berpikir jangan2 sHa ini adalah ‘perempuan’ yang pernah jadi sahabat virtualku dahulu.
    Tapi entahlah, hanya Allah yang tau.
    Siapapun dia yang jelas sudah bisa membuat kita semua sibuk berdebat tentang exist apa nggaknya.
    Salut deh dapat mempengaruhi begitu banyak orang untuk tersenyum, tertawa, nangis, marah, jengkel, dongkol … bukankah dia aktor yang hebat, sodara2, bukan? Bukaaaaaaannn!!! kata si adun bari ngolomoh jojodog … heuheuehue

  239. Saya Dan adalah agen **== yang ingin mengacaukan komunitas blog Indonesia dengan membuat banyak karakter palsu di internet..

    Sadar ngga sih kalian semua bahwa yang namanya fei, serta yang lain adalah fiktif karakter buatan yang tidak pernah ada hanya IP yang terdeteksi ha..ha >:)

    Kalau mereka asli pasti kan bisa buktiin diri mereka, dengan fotokopi KTP, Kartu Keluarga, Kalau perlu bawa surat keterangan Kepolisian kalau mereka benar hidup dan ada di bumi Indonesia tercinta ini :) Ha..ha kalian semua tertipu :)

    BTW 15 lageh neh :) ayooo #400

  240. Kesimpulan gue, terakhir nih mungkin bisa bikin si (Fei, Dan CS) ngerti apa artinya dunia Virtual Maya Internet.

    Loe bener-bener gaptek cuman main blog aja sama email…jelas-jelas apa yang ada diinternet diluar ilmu pengetahuan yang bisa diakses semua orang ada yang namanya ilusi yang tidak benar dimana ada berita serta data yang tidak selamanya bisa dipercaya.

    Pernah terima email-email yang mengatakan kalau diforward ke 10 orang bisa jadi kaya? atau berita bahwa keanu reaves homo? itu semua dibuat orang-orang yang ingin membuat kehebohan..ngerti ngga?

    Loe pikir kali dengan SMS, Telp, Chatting serta email-emailan loe tau itu orang bener seperti yang loe kira? Payah juga loe, gue 10 tahun lalu pernah kerjain temen gue untuk april mop dengan surat(POS) yang gue kirim kerumahnya plus foto cewek yang mau kenalan ama dia, tau ngga, dia pikir itu bener padahal kalau dia mau tahu alamat yang gue pakai adalah alamat saudara dari temen yang ikut ngerjain, dan telp yang gue kasih adalah temen perempuan gue yang sudah gue kasih tahu cara jawabnya, loe bisa bayangin temen loe telp disebelah loe sementara gue yang ngerjain ada didepan matanya ngeliatin dan pura-pura penasaran sama cewek yang lagi di telpon dia. Loe liat betapa gampang orang ditipu?

    Kasian banget loe temen-temen yang katanya kenal sama si Tasha, Natasha, Sha.

    Pembawa acara radio ternama aja bisa ditipu sama oma Teppy gimana loe yang boleh dibilang masih jauh dari kenyataan didunia Internet..

    Loe pada pikir deh dalam-dalam apa yang loe tau itu sudah bener-bener bisa dipercaya.

    (Kartu kredit orang indonesia aja ngga lagi dipercaya sama negara luar karena kebanyakan orang kita suka nipu pakai kartu orang lain..O.K)

    KESIMPULAN NATASHA ANYA ATAU TASHA ATAU SHA ITU NGGA JELAS ASALNYA…TERMASUK MODERATOR YANG KATANYA PERNAH KENAL DEKAT AJA SAMPAI NGGA MAU NGOMONG SOALNYA PALING DIA KAGET YANG DIFOTO BUKAN CEWEK YANG DIA KENAL :)

  241. Saya sama sekali gak kenal sama sHa, Dan, fei, petrus, dst; jadi saya gak punya kepentingan apa-apa.

    Penelusuran saya mulai dari paman Google™ dengan
    keyword “natashaanya”. Dari sana saya mampir ke bbrp
    forum, diantaranya serayamotor.com. Ada account Natashaanya dan ada nomor ICQ-nya 124668646. Birth
    date 10/jul/1982 (23 tahun). Dia juga punya YM
    natasha_anya.

    Tapi dia pake nick name “mrs int3rsys”. Lho kok, emang
    udah kawin yah?

    Terus penelusuran dilanjutkan ke beberapa thread di
    forumponsel.com. Baru di sini ada gambaran yang cukup
    jelas antara “gunggu”, “Natashaanya” sama
    “gsm_phreack/int3rsys”.

    Di posting ini terlihat bahwa Natashaanya marah besar pada posting “gunggu”, dan mengumumkan dia sudah bertunangan dengan “gsm_phreack/int3rsys” dan akan menikah pada
    bulan februari, dan mereka berdua menyatakan keluar
    dari forumponsel. Posting itu dibikin tgl 23/12/2002,
    jadi mereka akan nikah bulan februari 2003. Trus
    dikuatkan oleh posting selanjutnya dan merupakan
    posting terakhir mereka berdua di sini.

    Dan kalau diteliti memang Natashaanya yang ini suka
    pake huruf “L” besar di tulisan2nya.

    Nah jadi jelas tuh ada hubungan erat antara Natashaanya
    ini dengan “gsm_phreack/int3rsys”. Nah dari forumposel
    juga saya tahu bahwa “gsm_phreack/int3rsys” punya
    domain “int3rsys.com”. Ini hasil whois-nya:

    —————————————–
    **DIHAPUS**
    ————————————————-

    Nah dari fakta2 di atas, saya berkesimpulan bahwa ada
    dua “Natashaanya”. “Natashaanya” forumponsel sama
    “Natashaanya/sHa/kembang_solo”.

    “Gunggu” jelas gak bakalan mau kasih klarifikasi,
    soalnya dia tahu itu “Natashaanya” yg berbeda, tambahan
    lagi dia pernah punya masalah psikologis dgn
    “Natashaanya forumponsel” yg minta tidak diganggu lagi.

    Jadi orang yg diharapkan bisa klarifikasi itu adalah
    orang yg nomor telepun™ nya ada di atas, yang
    kemungkinan besar sekarang sudah jadi suami
    “Natashaanya forumponsel”. (Haiaaa jujur amat nih orang
    yah, alamatnya lengkap sekaleee!!!).

    Nah selama ini yg ngaku2 kenal sama “Natashaanya” itu
    sepertinya mengarah ke “Natashaanya forumponsel”.

  242. beuh…
    blum selesai juga??

    Gini aja deh, supaya kita tau siapa yang bener atau siapa yang salah, gimana kalo yang ngasih komen disini ngada’in gathering??? Host-nya Oom Pri, ya Oom?? ;)

    Atau jangan-jangan, yang ngasih komen sampe segini banyaknya, orang itu2 aja?? :)) :)>-

  243. Koq thread ini belum diberitakan di Detik.com sebagai thread pada blog dengan komentar terbanyak yah… sudah 378 lebih nih..
    Ini kan udah rekor baru dan layak masuk MURI..
    Makan2.. <:-p

  244. aduuuuh duu duu sudahlah, kenapa sihjadi saling menhujat, nggak ada yang perlu diperdebatkan di sini, sudahlah teman-teman…
    Jgan berdebat lagi

    cukup-cukup…………

  245. nambah comment lagi..
    klo moderator forumponsel.com yg bernama gunawan wibisono (alias gunggu) itu saya pernah ketemuan real, waktu gathering forumponsel.com di mal TA, itu udah dulu bgt jaman saya kuliah.

    soal kedekatan gunggu sama sHa itu udah bukan jadi rahasia lagi kok, anggota2 forumponsel lain juga pasti pada tau.

    kemaren juga terjadi keanehan sih, topik OOT yg judulnya “ada apa dengan sHa?” di forumponsel.com hilang tanpa bekas, di delete maybe? dan guess what,.. moderator forum OOT itu salah satunya = gunggu

    ada baiknya orang2 dari forumponsel.com yg kenal / dekat dg sHa ini ikutan bicara.
    hmm, seinget saya, ada satu nama lg yg rasa2nya deket sama sHa ini, int3rsys.
    tp sayangnya saya gak kenal dia, harus tanya ke moderator2 forumponsel

    gila nih loading page ini makin hari makin berat aja
    tapi sayang komentarnya makin nggak berbobot, dasar orang indonesia /:)

    Best Regards,
    Petrus J.

  246. semakin hari semakin banyak Natasha Anya yang bermunculan #:-s
    berdasarkan bukti2 yang dipaparkan oleh #379
    semakin menguatkan DAN yang semula diposisikan sebagai ‘tersangka’ menjadi seorang ‘tertuduh’ =d>
    semakin jelas bahwa ‘mr’ DAN/siapapun dia,telah memanipulasi data dan fakta..
    lalu merekayasa sebuah skenario yang menurut analisa saya adalah untuk tujuan berikut ini:

    1. iseng dan ingin mencari kesenangan [-x
    mungkin tujuannya hanya untuk iseng/mempermainkan teman2 yang memang sesungguhnya mengenal sosok ‘Natasha Anya’/Mrs.SomeOne di BDG :D
    lalu karena sudah lelah berpura-pura, DAN mengambil inisiatif buat me’mati’kan character maya yang sedang dia perankan.
    kemunungkinan besar DAN/gunggu/saudari Natasha Anya memiliki hubungan kontak yang khusus lewat forum komunitas mereka dulu.

    2. DAN sama sekali tidak mengenal sosok Mrs.SomeOne di BDG sebelumnya.
    hanya menciptakan sebuah character maya yang kebetulan memiliki nama sama, untuk menipu sebuah komunitas maya demi sebuah kesenangn atau ketenaran. :)
    hal tersebut dibuktikan dengan segala macam data palsu/blog2/tulisan/bahkan foto2/sampai ‘passed away’ dari tokoh saudari ‘sHa’ yang sedang diperankannya.
    lalu kenapa saya menuding bahwa selain untuk kesenangan, saudara DAN juga bermaksud mencari ketenaran?
    karena dialah sosok kunci yang pertama kali menghubungi/menuliskan berita ini sampai diturunkan oleh detiknews.com
    saya tegaskan sekali lagi, bahwa sosok ‘Natasha Anya’ yang disebutkan dalam fakta2 #379 bukanlah ‘Sha’ yang dibahas dalam topik ini.
    ‘sHa’ disini adalah seorang guru TK yang berdomisili di Solo, yang berpulang setelah menuliskan diary ‘mimpi buruk’nya.
    dan itulah yang sedang dipertanyakan oleh para blogger disini.

    untuk saudara DAN yang saya tau selalu memantau perkembangan disini setiap detik setiap saat :)
    saya menghargai dan menghormati apapun maksud dan tujuan anda dalam kasus ini.
    untuk mempopulerkan web/blog2 yang anda buat….
    untuk kesenangan atau ketenaran….
    atau untuk apalah….
    tapi kalau boleh saya memberikan sedikit masukan.
    cara2 sperti ini sangat tidak terpuji dan jauh dari terhormat.
    sudah banyak korban2 dari skenario2 seperti ini…
    dari teman2 yg sungguh2 kehilangan, sahabat2 maya yang tertipu sekian lama, bahkan sampai menyeret sosok seorang gadis real yang telah benar2 berpulang kesisinya.
    dan saran saya..
    jika anda masih terus ingin bermain2 dengan kasus2 seperti ini, lain kali :) sebelum anda memutuskan untuk melemparkan guyonan anda ke publik…
    sebaiknya anda mempersiapkan bukti2 yang mendukung skenario anda secara lbh kongkret :)
    itu kalau anda dan siapapun yang berdiri dipihak anda kelak juga tidak akan sependapat dengan saya dan yang lainnya.
    bahwa semua ini hanyalah FIKTIF

  247. Gila… masih ada juga yang mau ngebaca comment 1-380. Salut deh. Anyway, hari ini ngga ada laporan apa-apa. My spies lagi pada payah hari ini. Masalah klarifikasi photo, ntar saya coba tanyain ke adik angkat saya. Tapi saya hampir yakin kalau adik angkat saya bakal berkata foto itu bukan Lana.
    Inget…. Lana dikubur, sedangkan sHa dikremasi. (Berdasarkan pengakuan Dan yang menelepon tantenya, dan tantenya bilang bahwa abu sHa sedang diberkati)

  248. Menurut #379, Natashaanya lahir 10 juli 1982, coba perhatikan di foto sHa yang terbujur kaku itu di bawahnya ada Juli 10,1982 – August 16, 2005 .. KLOP YA? Jadi berarti sHa ( Natasha Anya dengan Natashaanya adalah sama orang itu juga. Jadi ada kaitannya nih antara GG dengan DAN. Bisa saja terjadi selama ini GG lah yang membuat karakter sHa, lihat tulisan2nya kayak orang sakit hati dan selalu memposisikan diri sebagai orang teraniaya. Jadi GG atau DAN ?? Ada yang pernah bertemu kedua-duanya? ataukah GG = DAN ?

  249. Natasha anya yang di forumponsel jelas2 berbeda dengan natasha blooger ciptaan DAN, wong fotonya beda banget! matanya dunk dipake!

    Ngomong2 Rupiah menguat kembali, Ayo dukung RUPIAH, pake dollar beli rupiahhh! :)

    hidupp rupiah,

    NB:
    pesan kepada DAN-> semoga anda tidak meninggal setelah membaca komen para blogger :)

    NoBody = DAN? mungkin kali yeeee

  250. ya :D
    saya adalah DAN , mau bukti KTP/poto dll?
    dan saya saat ini sedang merancang sebuah skenario yang jauh lbh seru :)>-
    bagi penggemar2/pendukung2 setia saya disini saya ucapkan terima kasih atas dukungan anda sekalian :D
    dan untuk membalas kebaikan anda2 sekalian..
    saya akan membuat skenario yang jauh lbh bagus lagi
    agar anda2 semua semakin tertipu
    =d>

  251. bagi @Gue/dollar :D
    saya berikan saran..
    kalau anda tidak punya bahan analisa apapun yang bisa membantu menguak kasus ini :D
    sebaiknya anda diam saja…
    daripada memenuhi blog ini dengan komentar2 anda yang sebenarnya sangat lucu :)
    tapi saya sama sekali tidak tertawa…
    mungkin DAN bisa mengambil idecharacter lawak anda sebagai tokoh ciptaannya yang berikutnya
    :D

  252. Buat dollar : analisis yang kubuat bukan dari pic, sebab kalo pic bisa diambil dari mana saja, tapi menurut #379 bahwa Natashaanya yang di FP itu lahir 10 Juli 1982, ini sangat sesuai dengan tulisan yang ada di foto sHa. Tadi kucoba telusuri dari FP tentang perseteruan GG dengan NA (Natashaanya), keliatannya semula GG begitu yakin dan menganggap bahwa NA adalah pacarnya, dia bilang bagaimana mereka sampai teleconference dsb dsb. Dari sana mulai keliatan bahwa GG merasa tertipu dan sakit hati, yang pada ujungnya bisa saja rasa sakit hati ini menjelma menjadi dendam, dan kemudian dia mengaktualisasikan dendamnya itu dengan membuat karakter sHa yang berbeda dengan yang aslinya dengan mendompleng data dari yang asli.
    Jadi dengan demikian sekarang … semakin njelimet jadinya, apakah … apakah … siapakah … siapakah … ? GG, DAN, sHa, NA, … lanjutkan deh ama yang laen dulu, analisisku belum final … selamat jadi detektif.

  253. mao lanjut apalage? ;)
    sementara sang biang ‘kerok’ telah berhasil menggiring opini publik ke ‘sHa’2 yang lain :D
    yang saya yakin akan segera bemunculan di posting2 berikutnya..
    sampai semua wanita di Indonesia yang bernama Natasha Anya terlibat… :))
    saya sendiri dan mungkin beberapa org blogger yang masih konsisten tetap mempertanyakan fakta2 tentang keberadaan Natasha Anya di topik ini…
    yang disebut berasal dari Solo serta berprofesi sebagai seorang guru TK…
    serta biodata2 lainnya yang bla..bla..bla..blaa…

    mungkin sekarang investigasi telah lebih mendalam , yaitu tentang siapa yang berdiri dibelakang character palsu ‘sHa’ dan apa motif/tujuannya
    saya setuju dengan yang dikatakan oleh saudara Petrus J. di postingan #386 yg bunyinya begini:

    tapi sayang komentarnya makin gak berbobot, dasar orang indonesia /:)
    :d

  254. Maafkan saya bila komen saya selalu menyerang Dan, saya akui sebenarnya saya sangat mencintai Natasha Anya yang belakangan saya ketahui telah memilih Dan sebagai kekasihnya. Sekali lagi maafkan saya T.T saya menyesal , ini dikarenakan saya patah hati dan sakit hati pada mereka berdua. I Love U sHa.

  255. kayaknya tambah seru deh….

    Menurut gw sih selama belom ada bukti konkret kalo si sHa yg punya blog itu meninggal gw teteup gak percaya.
    Kalo ada yg percaya ..dipermonggo, sah-sah aja kok, yang gak percaya it’s ok….setiap orang kan bebas menentukan pendapat dan keyakinan masing-2.

    ok deh dilanjut….:)>-

    Hidup 400 ^:)^^:)^

  256. Dulu aku bukan penggemar diskusi seperti ini, boro-boro mau ngasih komentar, baca pun males. tapi fenomena sHa membuatku jadi ‘keranjingan’ banget. Pagi2 bangun tidur kubuka internet yang pertama kubuka adalah priyadi.net tentang sHa ini, tiba di kantor pun begitu dan saat pulang ke pondokan lagi2 kubuka dan refresh halaman ini stiap saat. Hebat bener ya yang membuat sHa ini menjadi hidup, mampu mempengaruhi kebiasaan orang sehari-hari (contohnya diriku ini). Entah aku harus mengacungkan jempol buat dalang/sutradara sHa ini ataukah harus mengacungkan ‘peureup’ (naon euy basaha indona peureup?). I am pun nobodih seperti halnya NoBody, mungkin comment2nya tak bermutu, maklumlah tukang bodor. Maaf buat pemilik blog ini bahwasanya diriku sudah menuh2in halaman ini dengan comment yang tak bermutu. Peace lah!

  257. Nih Forum d dilihat make Firefox kok meuni lelet sulelettttttt >:) deZZigh pletaXs, GuBRaXssssssss. jd IlFil make firefox, ngetik hrs perhuruf

  258. Alhamdulillah nyampe juga 400, sekarang kejar 500. Terussss postingggggg……., belum lagi analisa ray yang mau ngebuktiin fhoto lana, nanti argumennya dilawan fei cs.

    Tapi saya nantikan hasil temuan dari korong_lezat. Sedap……..

    Sorry buat gus dwi, saya pilih Tedjowulan untuk jadi PB XIII, daripada Hangabehi. Mengingat PB XII tidak punya permaisuri, jadi anak tertuanya tidak otomatis jadi raja. Raja untuk kekinian sebaiknya orang yang punya kompetensi, dan itu ada pada diri Tedjowulan.

    Dengar-dengar Hangabehi orang pemalas, sampai saat ini ia tidak punya kerjaan tetap.

  259. Terang saja saya sudah mengenal sha semenjak im3 diluncurkan, namun saya kehilangan kontak dengan beliau 1,5 tahun terakhir, karena saya dapat tugas yg tidak bisa terkoneksi ke dunia maya.

    Jadi SHA itu benar ada dan nyata !

    Sebelum DAN yang dikenal dekat dengan anya ( saya diberitahu anya mengenai DAN), Saya adalah orang yang dekat dengan anya kira-kira 2 tahun yang lalu, boleh ditanyakan ke teman2 di oranye.net yang aktif sekitar tahun lalu.

    Untuk diketahui anya suka mensharing passwordnya ke orang yang dekat dengannya di dunia maya, seperti saya yang memegang passwordnya di oranye.net dan ragnarok game online.

    Jadi tidak heran jika ada orang yang bisa login di friendsternya setelah “kematiannya”.

    JAdi berita duka ini semula membuat saya sangat terpukul, namun setelah ditelaah dengan hati, kesimpulan saya:

    Natasha Anya itu REAL dan belum meninggal, dia pernah menceritakan akan meninggalkan dunia maya ini, mungkin inilah caranya yg sangat tepat…

    Terakhir, saya mendapat kabar dia akan berkeluarga, dan dia sangat ragu akan meninggalkan dunia maya atau nyata.

    Jika saya berumur 23 tahun dan cewek, dan akan berkeluarga, saya juga akan melakukan yang demikian untuk melanjutkan ke tahap berkeluarga.

    Percaya ngak percaya ???

  260. #405
    cuma Sha merestui tidak ya..? he he he….
    mendingan kalo usul saya sebagai eks. warga Solo, diadakan pemilu aja… atau adu tanding siapa yang sakti itulah yang menang… setuju ga kawan-kawan….
    Sha sudah kasih wangsit belum ya??? ke salah satu kandidat raja Solo

  261. Dik Doank mengamuk :D
    sabar teman..bukan anda yang saya maksud, saya mohon maaf kalau anda ‘merasa’ bahwa kata2 saya menyinggung perasaan anda..piece man
    maksud saya ditujukan buat teman2 yang selalu menyinggung dollar/perseteruan raja2 di solo sebagai guyonan..
    mari kita konsen kepada masalah ini, yaitu memperdebatkan eksistensi ‘sHa’,yang secara lambat tapi pasti sudah mulai menunjukkan titik terangnya :p
    kasihan blog mas Pri yang semakin hari semakin berat :D
    dan buat DAN, saya terus menantikan aksi2nya lewat tokoh2 ciptaannya yang dijejali di forum ini
    dan siapapun di forum ini yang tidak bisa menerima atau tidak menyukai pendapat/opini saya, silahkan saja :D
    mau menghujat atau mencoba mengalihkan perhatian publik kearah saya.
    this is cyber :D NoBody is not real like everybody here :))
    isnt`it?

  262. posting dari #402
    jelas sekali kalau Natasha Anya telah bangkit dari kubur >:)
    dan sebentar lagi dramaini akan segera menjadi drama misteri penampakan…wakakakakakaka :))
    mungkin memamng harusmengikuti jejak @Ray buat pensiun dari kebohongan yang semakin hari semakin memuakkan ini…..
    cuiihhhhhh….
    lanjutkan investigasinya para Jagoan muda :D

    :)>-

  263. @Jay to comment #410 :D qeqeqeqeqeqeqeq
    I mean teh, ituh tadih, nulisnyah bener2 hrs nunak nunuk, alias opo yah indonesiane, hrs pencet sehurup, tunggu muncul dl bbrp detik, br mencet hurup laennya kituuuuh. Ngartos teuuu. Mother Yes Don’t Be Like That(baca : mbok ya jangan gitu -red) lah qeqeqeqeq :D

  264. @NoBody, am nothing *too*, tp kok dr sekian bnyk kubaca, koment2 NoBody ada yg ndak konsisten yah, alias mencla mencle, yg bener yg mana, ini menilik dari comment #409, apa ada yg mengkloning juga id NoBody?, atau … ? banyak kemungkinan, dan kemungkinan itu tidak terbatas, dezigh dah b-( (~~)

  265. Maafkan saya sekali lagi! kalo ada yg tak berkenan. Saya cuma penasaran saja tapi saya tak mau mati penasaran krn ini. janganlah menghujat saya, yg saya lakukan krn hanya terbawa esmosi maklum saya baru aja lulus SMU. Peace for All!

  266. kalo Sha real berarti bisa di mintain nomor togel ga ya…?
    Oya INFO TERBARU DARI SOLO:
    Kasus pendobrakan pintu Keraton akan dilaporkan ke polisi

    Peristiwa pendobrakan salah satu pintu Keraton Kasunanan Surakarta oleh pendukung Paku Buwono (PB) XIII Tedjowulan akan dibawa ke jalur hukum.

    Menurut Kepala Lembaga Bantuan Hukum Keraton (versi PB XIII Hangabehi), KP Edy Wirabhumi, Kamis (1/9) ini pihaknya akan melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.
    ”Kami mengumpulkan saksi-saksi, bukti dan korban, serta memilah-milah mana yang akan masuk pasal untuk dilaporkan ke kepolisian,” ujarnya

  267. wah telat banget gw bacanya nih…
    gw ngga mo ikut debat. Cuma kalau memang benar bahwa tokoh “Sha” itu adalah hanya sebuah rekayasa, salut deh bisa bertahan bertahun2 (dari IM3 pertama keluar katanya). Gw aja kao bikin karakter rekaan untuk ngerjain temen aja maksimal paling 2-3 bulan, cape sendiri hahaha… salut deh salut…

    Kalaupun tokoh “Sha” ini adalah real, hmmm mungkin ngga yah? ya kalau itu mungkin, semoga tenang di alam sana.

    Buat keluarga Lana, saya turut mengucapkan turut berduka cita, semoga tetap tabah menghadapi hidup ini yang penuh dengan cobaan.

    Buat Mas Pri:
    Kok ga ada komentar dari mas Pri lagi?

  268. Salam kenal dari BnC.. member forumponsel.. member2 di forum2 yg berhubungan dgn hp dgn nick name Bestncheap..
    Mengenai adek angkat BnC Natasha Anya/Tasha yg di Forum Ponsel.
    BnC jadi ikut tertarik deh dengan masalah ini..
    Karena BnC juga kenal yg namanya natasha anya..
    Sempat SHOCK sih.. saat mendengar adek angkat BnC (dulunya sih BnC cinta banget deh ama anak yg satu ini.. cm yg karena tidak memungkinkan ya.. bnc dan Natasha Anya cm menjadi Koko dan Dede)
    Natasha Anya bnr2 ada kok.. (walaupun di sini BnC tidak bisa membuktikan secara nyata)dan menurut pengakuan dari Tantenya Natasha Anya (BnC sempat call ke Nomer Natasha Anya) dan mendengarkan Suara Tantenya Natasha Anya (Suaranya Mirip Banget dengan Suara Natasha Anya) kanget sih.. dan ga percaya… ditambah lagi… Salah Satu Anggota Forum Ponsel (Kireina) banyak fp memanggil dgn sebutan Mamie FP… yg mendapatkan berita dari Gunggu (Gunawan Wibisono) n Gunggu Menyatakan itu HOAX (berita Boongan / Palsu)
    Jadi sementara menurut BnC..
    Natasha Anya Kemungkinan Belom Meninggal.. dan Mungkin saja dia ingin Meninggalkan Dunia Maya sehingga dia meminta seseorang utk melakukan ini..
    Mengenai Natasha Anya.. BNC pernah kok kirimkan baju utk dia.. dan juga utk cici Janet.
    Waktu itu BnC masih kuliah di jkt.. dan baru mengenal dunia maya… n berkenalanlah dengan Natasha Anya dan Cici Janet.
    BnC sempat mencari baju utk Natasha Anya.. dan Bluouse Utk Ci Janet..
    Jadi Natasha Anya dan Janet ada kok..
    Cm yg jadi masalah Karakter sHa ini yg masih tidak diketahui dibuat oleh siapa.. (menurut BnC lo ya..)

    Btw kok bnc jadi pusing sendiri ya… Kayaknya ga nyambung…
    hihi… ga tau deh omongan bnc ini nyambung gak..
    BNC minta maaf jika pernyataan bnc diatas tidak pada tempatnya..

    Mau sedikit Komentar tentang komentar user lain..
    DickDOang
    Tadi kucoba telusuri dari FP tentang perseteruan GG dengan NA (Natashaanya), keliatannya semula GG begitu yakin dan menganggap bahwa NA adalah pacarnya, dia bilang bagaimana mereka sampai teleconference dsb dsb. Dari sana mulai keliatan bahwa GG merasa tertipu dan sakit hati, yang pada ujungnya bisa saja rasa sakit hati ini menjelma menjadi dendam, dan kemudian dia mengaktualisasikan dendamnya itu dengan membuat karakter sHa yang berbeda dengan yang aslinya dengan mendompleng data dari yang asli.

    gg bukan orangnya begitu kok.. dan anda salah terka masalah yg di forum ponsel.. krn BnC juga salah satu yg sempat BENTROK ama gunggu masalah natasha anya ini.. dan BnC yakin bukan GG pelakunya… Buktinya saat ditanya salah satu use FP (kireina) GG menjawab HOAK…


    nambah comment lagi..
    klo moderator forumponsel.com yg bernama gunawan wibisono (alias gunggu) itu saya pernah ketemuan real, waktu gathering forumponsel.com di mal TA, itu udah dulu bgt jaman saya kuliah.

    Ingat ama BnC ga.. BnC juga ikut loo.. :)


    soal kedekatan gunggu sama sHa itu udah bukan jadi rahasia lagi kok, anggota2 forumponsel lain juga pasti pada tau.

    ==> tau.. tapi tidak sepenuhnya benar kok.. karena misteri Terakhir Tetap ada di tangan Natasha Anya

    kemaren juga terjadi keanehan sih, topik OOT yg judulnya “ada apa dengan sHa?” di forumponsel.com hilang tanpa bekas, di delete maybe? dan guess what,.. moderator forum OOT itu salah satunya = gunggu

    ==> Setuju.. dan kalo tidak salah yg terakhir Melakukan Posting adalah BnC… Setelah itu.. Thread Itu Menghilang…

    ada baiknya orang2 dari forumponsel.com yg kenal / dekat dg sHa ini ikutan bicara.
    hmm, seinget saya, ada satu nama lg yg rasa2nya deket sama sHa ini, int3rsys.
    tp sayangnya saya gak kenal dia, harus tanya ke moderator2 forumponsel

    ini BnC datang Ikut Membantu…


    gila nih loading page ini makin hari makin berat aja
    tapi sayang komentarnya makin nggak berbobot, dasar orang indonesia

    Setuju.. makin ngawur saja ngomongnya..
    Kalo Begini Kapan Indonesia Bisa MAJU?? :)

    BR

    BnC
    ==> Promosi ya.. join http://www.forumponsel.com n buka Thread PROMOSI dan Peluang..
    Hrg2 di sana Murah Euys…… Apalagi yg jualnya Nick Best N Cheap.. hihi…
    Maaf jadi ikutan OOT…

  269. oh ya kelupaan.. buat yg butuh Photo Natasha Anya dan Cicinya JANET, BNC masih menyimpan kok..
    So Natasha Anya Real kok..dan CiCI Janet Juga Real.. yg jadi masalah…
    dan Terus terang saja BnC tidak tau apa yg diperdebatkan..
    Cm mau mengklarifikasi kalo NATASHA ANYA bener2 ada kok..

    BR

    BNC
    ==> Ingat.. join http://www.forumponsel.com ya…
    sampai jumpa disana bersama BnC :)

  270. wah ngga nyangka bisa ketemu Bung BnC disini hahaha…
    tapi kayaknya Bung BnC udah lupa nih ama saya…
    saya udah jarang posting di fp sih hehehe :D
    sukses selalu Bung BnC.

    Sorry mas Pri, numpang OOT :)

  271. wow
    BnC aka bestncheap, the legend, salut salut
    hehehehe, saya masih inget kok bro, dulu waktu gathering fp di mal TA itu kan kamu duduknya di samping si gunggu itu, klo gak salah sambil jualan charger atau apa gitu kan?
    yup, soal misteri Natasha Anya ini udah hampir terungkap nih.
    Mungkin ada detectif atau orang yg berjiwa detectif seperti Sherlock Holmes yang bisa mengambil kesimpulan yang logis?
    btw, ada detiknews terbaru lagi soal ‘sHa’ ini ngga?

    Best Regards,
    Petrus J.

  272. Kalau postingan ini bener dan bukan rekayasa, mestinya orang ini pernah berinteraksi langsung dengan Natasha. URL aslinya di sini.

    Nat, aku gak tahu harus bilang apa di sini, begitu banyak kenangan tentang km. Mungkin gak akan ada yg bisa mewakili dng kata2. Air mata yg selalu mengalir mengenang segala kebaikanmu. Ingat saat aku dlm kegalauan? Aku hanya memikirkan bagaimana agar janin yg dlm perutku musnah. Km tdk melarangku untk menggugurkan atau menyetujui. Km malah bilang dng senyum, “apapun keputusanmu bawa janin tak berdosa itu dlm doa, biar janin yg menuntun langkah selanjutnya” Seketika aku menangis saat itu, km memelukku dan ikut menangis. Aku bertekad membesarkan. Lucu kan elsa? Dia selalu manggil km dng tante acha. Dan km selalu bilang jng panggil tante, panggil aunty ya. Katamu “ajari anak bhs inggris dr dini” Nat, keinginanmu utk tinggal di tempat yg damai tercapai. Dulu saat km hidup, km selalu bilang “kpn aku hidup dlm dunia yg damai” Nat, lihat aku skrg sudah tdk gaptek lg. Aku tahu HP & PC, itu semua krn aku selalu km ejek “hari gini nda kenal HP & PC?” Km mendorongku terus, hingga aku nekad beli xda. Dan km menuntunku tanpa bosan. Tp apa yg bisa aku lakukan buatmu? Setiap aku lihat km sedih dan menawarkan diri jd tempat sampah, selalu km jwb km baik2 saja.
    Nat, atau aku hrs bikin blog jg skrg? Biar orang2 yg gak tahu km, gak tahu sifat km, gak tahu kemauan km, mereka jd tahu. Km selalu mengeluh “knp mereka tdk pernah mengerti aku yo in, isane ngelek-elek thok. Coba mereka tahu apa sing dah aku lakukan buat mereka. Tp yo wislah, ntik kan waktu yg bicara” Nat, skrg saatnya karyamu kelihatan. Semua sedih kehilanganmu. Terutama anak2 kehilanganmu..
    Tidur yg nyenyak ya Nat, jng bangun lagi spt sebelum2nya. Biar jika nanti km bener2 bangun km segar dan km bisa ngerawat anak2 yg ada dlm impianmu. 5 anak ya Nat?
    ina | 08.19.05 – 12:42 pm | #

    Perhatikan kalimat ini: “Tidur yg nyenyak ya Nat, jng bangun lagi spt sebelum2nya.” Ini udah suatu indikasi yg kuat NA pernah melakukan hal serupa (menghilang, mati, meninggalkan internet, dsb) sebelumnya. Cuma kayaknya dia gak tahan untuk balik lagi. Mungkin NA ini punya “too-much-internet syndrome” kali yah, dan ingin mengakhiri. Upaya pertama gagal, dan sekarang dia mencoba yg lebih ekstrim. Perkiraan saya, NA ini akan bangkit lagi tahun 2007, dilihat dari yg sudah2. Kita lihat aja, sekarang pun dia udah mulai curi-curi pandang, hehe Hai Nat!™ ;)

    Buat saya kasus ini udah selesai dan gak menarik lagi. Sampai jumpa di kasus-kasus lainnya!

  273. Menambahi apa yg dikutip #431 disitu ada postingan dr saudari Ina. Yg saya tahu saudari Ina ini adl sahabat Nat di Solo dan sering menginap dirumahnya Nat. Bagi yg ada di Solo coba aja konfirmasi dgn Ina, saya dulu pernah kirim paket buat Nat akan tetapi dia tdk mau ditujukan ke alamatnya sendiri tapi kealamat Ina seingat saya di Jalan Supomo nomornya saya lupa kalo tdk salah No. 10. Mungkin ini bisa jd masukan :)

  274. Guys, Fyi, nih adiknya Dan or teman2nya Dan yg tau real pa engk or sapalah gitu yg tetep ngotot Sha Real, dah mulai ngajak kita ikutan ngayal bareng Dan. Cucian dehhh tetep ngotot Sha ada, walau bukti kagak ada… tapi orang disuruh Percaya n yakin.
    Duhh kamu ngarang aja terussssss…..

  275. Setelah baca blognya Dan n ngikutin perkembangan disini. Menurut saya kayaknya ada yg lagi mau buat skenario baru..
    1. Dan or saudara/adiknya/teman mau membelokan fakta bahwa Sha = Lana.(meski jd memaksakan n jd sangat terkesan dibuat2 bgt)

    2. Entah dari komunitas mana yg mengenal Sha sblmnya, bersama2 DAN lagi buat alibi baru dengan cerita2 baru or posting2 macam2 seolah2 ada kaitannya dengan bukti baru bahwa Sha is Real. Meskipun justru org terdekatnya spt keluarga Sha sampe hare gini ngk ada angkat bicara. Tapi justru Dan lah yg sangat berperan banyak dalam kehidupan Sha smp kematian Sha. Hebat! Sedekat apakah Dan sm Sha sampe keluarga niat banget ngasih foto org meninggal ke dia? Padahal ketemu juga blom…

    Anyway selamat buat DAN or aktor2 or sutradara2 dibelakangnya yg lagi nyiapin Skenario baru buat cerita Sha. Tapi mudah2an kita masih bisa membedakan mana kebenaran nyata mana yg hanya dibuat2:)>-

  276. Dan kamu buat cerita berbelit2 gitu sihhh.. kayak Oma Tepy aja ngomongnya berubah2. Ihhhhh seremmmm…[-(

  277. aloo i am back again..
    @Ray
    butuh photo tasha.. silakan contact bnc aja ya.. main2 ke forumponsel..nanti kamu dpt melihat seluruh profile bnc dan bisa dikontak dimana…
    Cuman.. janji jangan disebarkan… Apa kamu bisa menepati itu?
    Kalo bisa.. its okay..

    @kutipan dari 431
    NA pernah kok meninggalkan dunia maya..(pernah diceritakan ke bnc) dan kembali lagi aktif tahun 2002 (kalo bnc ga salah lo ya..) cm trs trg bnc ga tau pasti kepastian tentang yg ini…
    tapi apapun yg terjadi.. terjadilah…

    @Petrus
    hihi.. maklum dulu kuliahan mesti cari duit..

    @belutz
    ingat kok.. cm da rada samar2.. :)

    Salam

    BR

    BnC
    ==> Jangan lupa join http://www.forumponsel.com utk mengenal lebih dekat dengan BnC ya… :) hihi

  278. Saya sama sekali tdk menyuruh #432 utk percaya krn anda percaya or kaga, i dun care :p cuma saya hanya mencoba memberikan info2 yg saya tahu. Bukan cm bullshit aja disini.

  279. oh ya..mengenai kirim paket2an..
    bnc juga pernah kirim barang ke NA kok..
    cm mesti check lagi deh buku pengiriman bnc…
    di tahun 2005 ini ada kok temen NA yg pesan barang ke BnC.. cm bnc mesti bnr2 cross check lagi loo.. kira2 ada yg minat mengechecknya?

    BR

    BNC

  280. ramein lagi donk, katanya mo sampe 500 >:)
    skenario mulai membosankan nih :-w
    pak ‘sutradara’, kasih selingan yg seru donk!!!
    :)>-

  281. Mas Priyadi masih ingat saya? Gara-gara Anda dan Enda, saya jadi suka jalan-jalan liat blog dan ketularan bikin Blog. :d Kebetulan mampir kesini dan sangat menikmati investigasi yang heboh ini! 400 lebih komen saya baca sebelum sampai sini, gila deh, hebat banget! Saya ngga inget berapa lama mungkin lebih dari 3 jam.

    Banyak komen yang okey punya seperti dari NoBody, Ray, Koronx_Lezat, Petrus, BnC. Tapi pendapat saya kayaknya tetap konservatif, sama dengan No#121 pembuktian yang paling paten adalah di dunia nyata, seeing is believing. Semua nama-nama disini bagi saya unreal sebelon ketemu muka. Mudah-mudahan misteri sHa bisa segera terungkap!

    Buat Nobody salam kenal, kalo ke Bandung kasih kabar ya, I want to see the real you! :)

    Buat #263 ‘puisi teknologinya’ nyamber dah!

    Buat TRie, you’re so funny!

    Salam,
    Adji Wigjoteruna

  282. Tidur yg nyenyak ya Nat, jng bangun lagi spt sebelum2nya. Biar jika nanti km bener2 bangun km segar dan km bisa ngerawat anak2 yg ada dlm impianmu. 5 anak ya Nat?
    ina | 08.19.05 – 12:42 pm | #

    Sudah jelas..case closed :)
    Si Natsha Anya terakhir di forumponsel bilang mau nikah dan akhirnya menghilang dari forumponsel…dan lucunya koq si daninblog.blogspot.com jatuh cinta sama seseorang yang sudah menikah ha..ha sama seperti cerita si GG di forum ponsel :)

    Kesimpulan si Natsha Anya ini banyak fans orang-orang yang jatuh cinta sama si Natasha karena kebaikannya..setelah makin jauh dan makin ribet dengan orang-orang yang jatuh cinta serta ngebet sama si Natasha jadinya ya mau ngga mau dia menghilang lagi dari dunia maya demi membersihkan segala keruetan dengan orang orang yang terlanjur jatuh cinta mati sama Natasha….(mungkin permintaan suami tercinta dan anak-anak yang ada 5 itu ha..ha)

    Thank’s to BnC serta Ina yang ngasih petunjuk memberitahukan bahwa si natsha anya ada tapi bikin cerita ngibul..kasian deh loe Dan :) udah punya suami tuh si Natasha :)

  283. #442 komen saya ngena banget yah ama lu? hahahaha makanya jgn cm spam doang disini bullshit, jgn cm mo ngritik tp gak tahan dikritik balik, biasalah org indo btw lu sendiri aje jg kaga jelas.. dah ahh bakalan rugi kalo macem lu org hrs gw ladenin..

  284. @danker
    setau BnC natasha anya single kok.. blm bersuami..
    CMIIW
    itu cm sedikit permainan dari natasha anya kok.. krn terus trg banyak yg suka dengan dia karena kebaikan dia.. dan dia mengungkapkan sudah bersuami atau lain2nya karena tidak mau diganngu oleh org2 lain..
    cm yg gara2 itu ceritanya malah jadi lain..
    gitu lo yg setau bnc lo ya..
    Natasha Anya bnr2 ada.. di dunia nyata.. cm mengenai kematiannya terus trg bnc tidak tau pasti…
    tapi apapun yg terjadi… hargailah mereka..
    disini bnc cm mau meluruskan kalo sbnrnya natasha anya itu ada kok… yg lain dari itu bnc ga tau…
    cm yg jadi masalah karakter sHa ini.. (BnC) bnr tidak tau dan tau setelah berita meninggalnya natasha anya..

    LOGIKA nya
    ==> keluarga harusnya tidak akan mau memberikan photo anaknya ke org lain.. dimana anaknya sudah meninggal..

    CMIIW

    BR

    BnC
    ==> ingat… selain masuk ke web priyadi.net jangan lupa ya join bersama bnc di http://www.forumponsel.com hrg murah setiap hari…

    Peace…

  285. Aneh, tgl 1 September 2005 pukul 19.03 HP saya berdering, saya liat di layar HP gw : 08122655555 calling…. Kontan aja serrrr… darah mengalir panas diseluruh tubuh… itu kan nomernya almarhum tasha… :
    -Halo, dengan siapa ini ?
    -Halo juga, ini dengan tasha ya ?
    -Bukan, ini tantenya tasha, si tashanya uda meninggal..
    -Lho, kok begini ?
    -Iya, tashanya meninggal karena ada bagian dari jantungnya yang bocor.
    -O, begitu ya ?
    -Iya, soalnya banyak yg telp ke nomor ini, jadinya tante ngejelasin. Trus kenal Tasha dari mana ?
    -Pertamanya sih kenal dari internet, chatting..
    -Betul, si tasha memang banyak kawan dari internet, tapi tau ngak itu cuma nicknya aja, nama aslinya adalah Lana Indrawan, yang uda meninggal sekarang.
    -O, begitu ya, saya baru tau aja, kalau begitu turut berduka cita utk keluarganya…
    -Kalau boleh tau nama situ siapa ya ?
    -Tasha kenal gw dengan nik wie…
    -Apa ?
    -W I E
    -Baik, itu aja informasinya, ada lagi yang mau ditanyakan ?
    -O, itu aja bu, terima kasih…

    Itu sedikit dari pembicaraan saya di telp dengan yang mengaku tantenya, sebelumnya beberapa hari yg lalu sy pernah menghubungi nomornya tapi ngak pernah diangkat.

    Yang membingungkan:
    – mengapa tantenya mau bersusah payah menghubungi saya utk menjelaskan, padahal banyak yang nelpon kesana ?
    – dari nada bicaranya sangat kental logat jawa seperti tasha, sangat mirip !!!
    – Terus menekankan bahwa tasha = lana
    – Tidak ada nada yang menunjukkan bahwa mereka sedang berkabung, seperti kita ketahui utk org keturunan Tionghoa berkabung 40 hari lamanya..

    Kesimpulan :
    – Tasha masih hidup dan mau menghilang dari dunia maya, dan akan muncul kembali dengan sosok yang baru.

    PS : Terima kasih telah menunjukkan kamu masih eksis….. Farewell my LOVELY NATASHA… See u soon….
    as before you told me, never say good bye…. see u….

  286. @wie
    sama dgn yg bnc alami..
    logat tasha di suara yg mengaku tantenya tasha…
    bnc sih ga berani pastiin..
    tapi kalo memang mereka bersikeras begitu ya biarkanlah..
    cm yg agak aneh.. kok tasha meninggal karena katup jantungnya??
    Makin bingung deh…

    BR

    BnC

  287. wow, nobody tenang dulu donk,jgan marah2 loe, ini kan publik,org boleh komen apa aja, gue menghargai komen loe dan gue juga tidak melarang komen loe, kenapa loe sirik bgt?

    gue cuman mo ingetin rakyat indonesia bahwa rupiah itu sudah sangat melemah,so selagi kita mo pecahin kasus ini,ga ada salahnya kan tahu kondisi rupiah kita yg tercinta

    peace not piece tho`

  288. @Bnc :
    kalo Lana emang meninggal karena katup jantung yg bocor. kalo Tasha?? who knows?? :d

    Berarti kesimpulannya gimana nih?
    Tasha memang ADA tapi dia emang mau meninggalkan dunia cyber karena itu dia mengarang cerita kalo dia mati.
    begitu kah?

  289. Setelah membaca perkembangan terakhir, kesimpulan saya :

    Natasha Anya/Tasha/Sha masih hidup! Tapi dia sudah tidak mau menggunakan nama (karakter) itu.

    Dia bekerja sama dengan DAN ! Untuk mematikan karakter itu.

    Gitu saja kok.

    Yang jelas, Natasha Anya/Tasha/Sha ADALAH PENIPU !

    Kasihan deh untuk Gunggu dan yg lain2 yang “katanya” pernah jatuh cinta ama penipu ini.

  290. Si Dan itu punya “Split Personality” ato……
    Benar-benar riel(nyata) lalu meninggal?
    Hanya mau menghilangkan diri dari dunia maya ya???:-w

    Jika memang “Split Personality”, berarti si Dan wajib diberikan hukuman secara adil di dunia nyata. Karena kebohongannya dengan mengenalkan 2 sosok yang berbeda (Sha dan Dan) telah membuat resah publik secara mentalitas. Kejahatan secara mental lebih buruk dari pada secara fisik. Contohnya di Irak baru2 ini saat insiden jembatan tigris . Hampir 1000 orang meninggal. Cara mempengaruhi mental buruk ini sangat-sangat jahat. Masyarakat maya telah nyaman dengan sosok Sha yang baik, tetapi dibunuh dengan kejam oleh Anda. Kepedihan akan sangat terasa Dan. Anda mungkin tidak tahu perasaan kami. Kami disini sangat sedih bila Anda meng-fiktifkan tokoh Sha. Anda sangat kejam. Ribuan orang maya akan menyumpahi Anda Dan. Sumpahan ini akan membawa Anda menuju keburukan. Percuma Anda pintar secara IT dan Manajemen, tetapi moral Anda sangat buruk. Betapa sedihnya orang yang membesarkan Anda dan mendidik Anda bila tahu bila Anda benar-benar melakukan semua ini. Semua yang sayang Anda juga akan turut sedih. Anda harus diseret ke pengadilan karena telah melakukan tindakan kriminal. Tidakan Anda membunuh mental masyarakat yang menyebabkan beban mental dan kerusuhan di kalangan masyarakat maya, menyebarkan berita bohong.

    Bisa saja Sha adalah riel dan meninggal persis seperti yang kita tahu sekarang. Kebaikan Sha, kecerdasannya, pengalamannya, kecantikannya (seperti terlihat di foto), dan segalanya, pasti membuat semua blogger menjadi sagat sayang kepadanya. Wajar bila sekarang para blogger yang suka akan Sha sampai saat ini sangat “concern” kepada masalah ini. Karena bila benar Sha telah meninggal, saya yakin semua blogger akan memberikan ucapan belasungkawa kepada keluarganya. Baik itu lewat blog, sms, fax, surat, atau bahkan pergi ke tempat pemakamannya. Sebagai penghormatan atas segala kenangan. Inilah yang namanya kita hidup bersosial. Tidak hanya sekedar tahu di dunia maya saja ataupun hanya mengandalkan kenal sekian tahun. Pihak keluargapun pasti tidak akan keberatan dengan ucapan dari kita semua. Bahkan pihak keluarga akan sangat senang karena mengetahui si Sha adalah seorang anak/saudara yang benar-benar sangat peduli dengan kehidupan disekitarnya dan telah memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat (contohnya di Sha sebagai guru TK). Kami semua mengucapkan bela sungkawa kepada Sha.

    Bila benar Sha telah meninggal maka pihak keluarga sangat dibutuhkan untuk meluruskan masalah ini. Karena ini masalah kematian, yang sesungguhnya tidak etis bila diperbincangkan di publik. Tolong hadir di tengah-tengah kita semua untuk memberikan semua kebenarannya. Masalah ini sudah terbengkalai selama 3 minggu, tapi mengapa belum ada respon dari pihak keluarga. Kemudian untuk Dan, bila ada niat dan usaha yang baik dari Anda, perbincangkan masalah ini sama keluarga Sha. Tolong bilang kepada mereka bahwa masalah Sha harus diluruskan dimata masyarakat. Ceritakan kepada mereka betapa sangat disenangnya Sha dikalangan masyarakat maya, begitu pula kontribusi yang Sha berikan kepada meraka. Saya yakin pasti pihak keluarga sangat setuju. Karena pihak keluarga juga tidak mau masalah ketimpang siuran ini terus berlanjut. Demikian juga teman-teman yang kenal akan Sha, tolong forum ini untuk meluruskan masalah Sha. Jangan hanya diam dan “no comment”. Karena masalah ini sangat penting bagi publik. Karena Sha sudah menjadi milik publik. Baiklah kami semua mengerti jikalau Anda tidak ingin masalah Sha diperpanjang karena alasan privasi antara Anda dan Sha, tapi jika sikap ini Anda pegang terus, maka publik akan tertampar dan akan tertekan secara mental, sampai kapanpun. Tolong biarkan publik tahu kebenarannya. Mungkin ini adalah kesulitan Anda. Tapi bila Anda melepaskan satu kesulitan Anda ini, maka yang akan datang ke Anda adalah beribu-ribu kebaikan. Anda harus yakin itu. Dimana di kalangan maya tidak terjadi beban moral lagi. Anda senang. Pihak keluarga senang. Semuanya akan senang. Bila Anda tidak mau juga, maka daftar masalah akan semakin panjang lagi dan juga secara tidak langsung Anda akan dinilai buruk di publik.

    Sangat disayangkan, mengapa orang-orang yang mengenalnya lewat dunia maya tidak pernah bertemu alias kopi darat. Karena ini sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Inilah tanda-tanda dari keegoisan antara sesama manusia, yang hanya ingin terkenal tetapi tidak siap untuk bergabung di masyarakat. Bila Sha-nya sendiri yang tidak mau, bolehlah kiranya semua teman2 yang kenal Sha kasi tahu ke kita semua apa alasannya mengapa dia tidak mau bertemu sama Anda. Sangat tidak etis bila setelah sekian lama berteman tetapi belum pernah ketemuan. Pertemanan yang bagaimana bila dilihat kondisi seperti ini. Seharusnya kita semua sebagai teman bisa saling membantu di dunia riel bila ada kesulitan. Tetapi apakah yang terjadi sekarang disaat Sha sakit? Semuanya bermuara kepada saling bertemu. Tolong jangan jadikan fasilitas dunia ini (internet) hanya sebagai sesutu tempat “YANG SUDAH CUKUP”. Jadikan dunia ini tempat untuk kita bersilaturahmi, tempat dimana kita saling bertemu satu sama lain dan menjalin hubungan sosial layaknya manusia normal.

    Bila Sha ingin menghilang secara maya, maka tidakan Anda Sha sangat disayangkan banyak pihak. Banyak orang yang sudah sayang dengan Anda Sha…Banyak orang yang sudah sayang dengan Anda di dunia maya ini. Mengapa Anda melakukan begini kepada kami? Kami disini merasa kehilangan. Kami semua sangat sedih. Bila Anda ada masalah pribadi, mengapa Sha tidak ceritakan kepada kami semuanya. Kami akan berusaha membantu disini bila kami mampu. Ataupun jika Sha enggan cerita, tolong jangan telantarkan kami seperti ini. Sha tidak harus pergi dari dunia maya ini Sha. Sha tidak harus pergi. Sha sudah bayak memberikan kami pelajaran yang sangat banyak sekali tentang hidup ini, tentang teknologi, pengalaman kesana-kemari. Sha sudah baik sama kami. Kami masih ingin tetap sama Sha. Kami masih ingin berbagi. Sha…tolong lihat apa-apa yang sudah Sha lakukan selama ini pada kami. Kami sangat bangga sama Sha dengan semua yang Sha lakukan. Bila Sha begini kami sangat-sangat sedih. Kami menganggap Sha guru, adik, kakak, teman, dan semuanya. Tolong jangan tinggalkan kami. Bila memang sulit untuk kembali ke dunia maya, kami mohon….kami mohon agar kami semua diberikan nomor handphone, nomor rumah, dan alamat rumah, karena kami semua sangat ingin bertemu dan mengunjungi Sha. Tolong Sha berikan di forum ini dan semuanya. Jangan tinggalkan kami Sha. Jangan tinggalkan kami seperti ini. Kami tunggu jawaban dari Sha, tolong kasi kami kabar.

    Bila tidak ada titik temu juga, saya berharap agar berbagai pihak menginvestigasi masalah ini. Sampai semua kebenaran terungkapkan. Walaupun kebenaran itu sangat menyakitkan. Maka kami akan mencoba untuk menerima dan mengikhlaskan apapun kenyataannya. Teman-teman harus terus menyelidiki. Detik.com juga harus memperlebar investigasi. Pokoknya semua pihak.

    bRuSly.

  291. #447. Wie, kamu tinggal di Amerika? Apa di Amerika kalau ditelepon dari Indonesia bisa keluar nomornya ya?

    Saya tinggal di Jerman, kalau ditelepon dari Indonesia yang keluar adalah ‘unknown’. Dan kalau yang telepon pakai nomor HP Indonesia tapi kebetulan dia berada di Jerman, yang keluar selalu dimulai dengan +62… bukan 08… seperti yang kamu terima.

  292. Apakah Natasha Anya = Lana Indrawan?

    Menurut yang diberitakan detik.com , Lana masuk Thiong Ting tanggal 16 Agustus pagi. Di situ disebutkan juga kalau Natasha Anya masih posting mimpi buruknya di blognya sekitar jam 11.00, dan dikabarkan meninggal sekitar jam 13.00.

    Jadi apa mungkin Natasha Anya = Lana Indrawan??

  293. Buat Tina :
    Iya betul, kalo kita tinggal di LN dan terima telpon dr Indo emang nomornya ngga keluar, walo kita udah save no tsb.
    kalo sms sih keluar no nya.

    Soal Sha = Lana, kayanya TIDAK.
    kalo menurut gue, mungkin Sha ini kenal (at least, dia tau Lana) pas dia denger Lana meninggal, mungkin dia jadi terinspirasi untuk ikutan “meninggal”
    mungkin karena dia emang udah lama pengen cabut dr dunia cyber. alasan lain mungkin karena dia ngga PD mau ketemuan sama Dan (spt yg pernah di bilang salah satu komentar di atas)

    buat bRuSly:
    kayanya detik.com udah menghentikan investigasi deh.. buktinya ngga ada kabar berita lagi.

    menurut gue kisah ini ngga akan terungkap yah, habis semua pihak terkait memilih “no comment”
    ya sudah lah, kebenaran yang “sebenar2nya” seperti apa, kita kira2 aja sendiri.. :d

  294. natashaanya atau [NA] di irc, pernah main ke rumah kok ama temennya berinisial AR kebetulan aku tinggal di kota dekat kota tempat tinggalnya, nah aku kenal si AR duluan terus baru kenal [NA] di irc habis ngobrol lama kelamaan deket n suatu hari pas ada peluncuran produk perusahaan ortunya [NA] di kotaku AR main ke rumah mau ambil titipan bawa seorang cewek imut putih rambut panjang dengan hidung diatas ukuran rata-rata :d serta pipi yang chubby yang setelah ngobrol2 baru tahu ternyata ini cewek yang nicknya [NA] di irc, pertamanya sebelum ngeh anaknya diem banget setelah sadar kita saling kenal langsung cerewetnya minta ampun. Cuman sekali itu aja sih ketemu terus karena pekerjaan aku jadi ga pernah kontak lagi. Kalo pada bingung [NA] itu nyata atau tidak, dia nyata kok secara fisik juga ada tapi tentang berita kematiannya aku sudah diminta tolong untuk kasih “no comment” oleh AR apapun yang terjadi,

    Salam,
    Tud

  295. Saya sebagai orang tua dari sHa.
    Di sini saya hanya menjelaskan bahwa sHa / Lana sudah meninggal.
    Untuk yg ingin mengetahui silahkan hub.
    HP : +628122655555
    atau no kantor : +62271-647672 pada jam kerja,
    atau no Fax : +62271-653202
    Yg ingin melihat photo-photo dia semasa hidup atau saat dia meninggal bisa juga.
    Nanti akan saya beri alamatnya per-telp.

    Maaf mungkin ini sangat terlambat, tapi ini di karenakan kami sedang berduka.

    Terimakasih.
    :)

  296. @Tud, kalau boleh tante tahu anda siapa ya?
    Waktu ketemu sHa launching product apa? Di Kota mana? Cosmetic atau Sepatu?

    Trimakasih :)

  297. Asikk asikk asikkkk lg pada bikin telenovela bareng nihh..:d/

    Ayo ayo teruskan.. yang nulis cerita skrg udah team nihh ngk cuma Dan aja. Kami perkenalkan penulis skenario baru : Dewa + Tantenya Sha + Tud, dan tak lupa Dan sebagai pengarah cerita.. dan saya sendiri sebagai sutradaranya.

    Semoga cerita2 kami ini dapat menghibur Anda semua.:d\

  298. Fakta baru Sha ternyata tinggal di hongkong bareng sama Tud dan DAN. Ternyata mereka sekeluarga nihh..
    Ayo ada yg mau nambahin lagi? mungkin # 445, bisa kasih masukan lagi?:-?

  299. Ibu Indrie udah mengaku sebagai ortunya Sha dan memberikan nomor yg dihubungi, sekarang tugasnya DETIKCOM nih untuk nyamperinnya minta klarifikasi yg real gitu lowh. Supaya cepet tuntas tas tas taaaaasss. Gut lak!

  300. Hmmm kayanya gue dah tau sandiwara ini.
    1. gue pernah ditelp sama yg namanya sHa ini. suaranya medok bgt logat jawa abiez.
    2. Suka ganti2 no HP.
    3. Katanya pake Celica di solo. (jarang ketemu tuh celica)
    4. Kalo ngomong isinya petuah2 cinta mulu dan nasehat. (bagus juga sih)
    5. Katanya distributor sepatu tapi lupa merknya. (surabaya)
    6. menurut info dari sHa sendiri dia sering sakit di kepala. mungkin karena kanker otak itu, tapi knp tantenya bilang jantung bocor? Aneh kan?
    7. Blog yang muncul tgl 18 agustus. pdhl tasha meninggal tgl 16 agustus.
    8. apa mungkin di rumah sakit dgn sakit kanker otak bisa diperbolehkan maen HP??

    So??? Pilihan ada pada kalian semua. selamat berusaha mencari kebenaran.
    Anda layak dapat bintang.

  301. :d sHa is known as an illusion name, in the net. Most probably also Natasya Anya. Now, people think that she was die. Who did publish firstly that sHa was die? This is the most important thing. Because, I have just read from detik.com that nobody found her name in the crematorium, in the church and so on.
    It is not impossible that everything just only illusion. Illusion about sHa, Natasha Anya, and also her died. May be, now sHa is laughingto see any responses of her died and everything.
    If this is what happened, I ask sHa to finish her game. It is not funny. Stop lying to everyone.

    Allah know the truth
    Do not make a dead as a joke.
    You will get the consequences.

    :d

  302. @Indrie:
    Kematian Lana tidak ada yang meragukannya. Kami juga turut berduka cita. Kami tahu dari testi teman-temannya di Friendster, Lana anak yang baik.

    Kalau boleh tahu, dari mana ibu yakin kalau Lana adalah sHa yang sedang kita bicarakan, mengingat banyak sekali ketidak-cocokan fakta antara Lana dan sHa. Salah satunya, sHa ini mengaku lahir tanggal 10 Juli 1982, sedangkan Lana lahir 8 November 1987.

    Ini adalah fakta-fakta tentang sHa yang sedang kita bicarakan:

    – Lahir 10 Juli 1982.
    – Kenal internet dan berhubungan dengan banyak orang setidaknya sejak tahun 2000.
    – Aktif menulis dan berdiskusi di furomponsel.com dari Juli 2002 – Juli 2003.
    – Menyatakan telah bertunangan dan akan menikah pada Februari 2003.
    – Awal tahun 2005 membuat beberapa blog di antaranya NatashaAnya.com, kembangsolo.blogspot.com, duniahijauku.blogspot.com.
    – Foto ketika meninggal ada di sini. Menurut pengakuan orang terdekatnya, sHa dikremasi dan abunya dilarung ke laut.

    Apakah Lana cocok dengan deskripsi-deskripsi di atas? Kenal internet usia 13, aktif menulis tentang HP & gadget, tunangan usia 14, (mungkin) nikah usia 15?

  303. #464 setau saya, klep jantung bocor bisa juga bikin sakit kepala. yg punya ASD pasti sering ngalamin migren, biasa lah krn darah fresh kecampur ama darah ‘bekas’ gara2 klep bocor (bisa turun mesin gak ya?):-? CMIIW.
    —–

    wanita muda yg jadi guru TK, tapi juga cukup bermodal untuk jadi sangat techie dan doyan nelpon pake HP ke luar negeri lama2, meninggal karena sakit parah (entah otak entah jantung, pokonya parah lah) namun sebelum meninggal masih bisa merilis update ttg penyakitnya + premonition akan meninggal, yg kemudian ternyata kebetulan jadi rilis terakhir karena ‘beneran’ meninggal. mati muda, trus jasadnya dikremasi dan abunya ditebar di laut…

    fairytale banget ga sih storynya? muda, cantik, baik, cerdas, kaya, nikah muda, mati muda, berbalut rahasia. hampir terlalu stereotipikal, karakter yg diharapkan semua orang yg naif (juga yg dijual di sinetron2). smells like scam.

    “you’ve been…livin in a dream world, neo” -morpheus-

  304. huehehhehehhehe, tambah seru….lanjutkan-lanjutkan, selamat berjuang memecahkan teka-teki berhadiah, coba kalau berhadiah….hehehe

  305. ntar abis ini kita bisa saran ma mas priyadi di buatin aja club detektif, kyknya yg disini berbakat semua..

  306. ini dah selesai yah kasusnya…kok gak ada komentar baru yang masuk,apa emang indri itu bener2 tante dari anya? apa udah ada yang telpon ke dia ? ada yang sudah dapat kepastiaannya ? saya sendiri sama sekali gak kenal dengan yang namanya natasha anya … tapi dari kemaren saya mengikuti …. pengen banget mengetahui mana yang bener dan mana yang salah … biar jadi pelajaran saja buat kita semua … saya sendiri selama 5 tahun mengenal internet juga dah sering ketipu ..gitu aja om om dan tante tante .. bukan mau mengusik, cuma rasa penasaran ini lom terobati kalo lom jelas … btw salut buat yang bersusah payah menyelidiki kebenaran di balik semua ini … thanks

  307. surely Allah SWT knows best.. what u have done.. n in the end of the day, u’ll be questioned of this matter..

  308. Buat Indrie

    Tolong diceritakan aja yang sebenarnya. Karena kedok Anda sudah terbongkar.

    Mungkin Anda akan menyangkal dan mempertahankan kebohongan yang Anda karang ini. Tapi ingat, Anda sangat berdosa terhadap saudari Lana yang memang sudah meninggal. Hormatilah dia, jangan gunakan kepergiannya untuk mengarang cerita tentang kematian tokoh Natasha ini.

    Misalkan bukan saya yang bercerita, “orang yang bersangkutan” sebentar lagi juga akan buka mulut mengungkapkan kebohongan Anda.

    Buat rekan-rekan yang penasaran, berikut adalah fakta-fakta yang sebenarnya:

    (1) Lana memang ada dan benar meninggal
    (2) Lana bukanlah Natasha
    (3) Natasha ini benar ada
    (4) Natasha ada hubungan dengan Lana
    (5) Tante Indrie ini juga benar ada
    (6) Tante Indrie ini bukan orang tua Lana/Natasha

    Natasha, kamu boleh saja menipu seseorang selama bertahun-tahun. Tapi bukan dengan ini caranya kamu menghindari dia. Ingat hukum karma! Tidak terbayangkah betapa tidak hormatnya kamu terhadap Lana?

    Saya tunggu keberanian dan kejujuran Anda untuk berterus-terang mengungkapkan kebohongan Anda selama ini.

    Jangan main-main dengan kematian seseorang …

  309. Aduh kayaknya sudah habis stamina para blogger, jarang yang posting, sementara permasalahan makin blibet [-(

  310. Mungkin harus ada novelis juga yang merangkum cerita ini dari awal sampe komennya hampir 500 gini .. Aku sih nunggu summary aja sama kesimpulannya gimana .. :-w :d

  311. Semakin membingungkan! Semakin banyak posting sepertinya bukan mendekati ke arah kebenaran atau terkuaknya misteri ini malah setiap hari tambah ruwet dengan berbagai macam pengakuan yang terkadang ‘ngasal’ atau kurang hati-hati dalam pembuatan ‘skenario’ seperti #447 yang dengan mudahnya dipatahkan oleh Tina #455. Dan entah apa pula yang ada di benak Indrie #459 saat mengumumkan nomor2 teleponnya, saya sendiri tak mencoba menghubungi nomor2 tersebut sebab ngga tau mau ngomong apa, benarkah semua itu demi mengklarifikasi pernyataan yang simpang siur ini ataukah malah memperunyam?
    Entahlah … Jadi hingga detik ini, sampai terjadi kecelakaan Mandala di Medan, belum juga kisah sHa ini terpecahkan atau bahkan hanya sekedar membuat kesimpulan pun rasanya sulit (bagi saya pribadi).
    Mas Pri gimana? Mohon pencerahannya dunk!

  312. Setau BnC ortu Natasha Anya ==> Sylvia Laurentia W
    cm bnc bingung Indrie ini mengaku ortunya tasha..
    BnC ga tau samakah orang ini?
    Mengapa BnC ngomong Sylvia laurentia w ini ortu Tasha?
    Krn bnc pernah membayar tagihan utk natasha anya.. dan nama yg tercantum adalah sylvia laurentia w.
    Cm agak bingung kok disini ditulis nama indrie..
    Jadi ga ngerti deh.. bisa saja payment halo mereka gunakan nama yg lain..
    Pusing agh…
    cm seru sih mengikuti perkembangan yg ada…

    ditambah lagi di blognya dani muncul P Widya Karana.. yg NOTA BENE pernyataannya bertolak belakang dengan yg diungkapkan oleh Indrie…/ibu natasha anya

    BR

    BnC
    ==> sekali lagi…jangan lupa join http://www.forumponsel.com
    harga murah setiap hari..
    dari pada pusing2 mikirin ini… browse saja ke forum ponsel.com.. hrg2 di sana murah2 loo..

    hihi

    :”>

  313. Udah BnC, bobo aja dahhh. Cuci kaki cuci tangan. Belajar lagi sanahh,ntar dimarahin Mamah maen sama Sha mulu/;)

  314. Indrie = Natasha
    haha,dasar loe, ingat di dunia ini ada karma, hormati yg uda meninggal

    Semoga Karma kamu datang secepatnya, ga taon depan,mgkin taon depannya lagi,ato depannya lagi, gud luck buat loe, hati2 waktu nyebrang jalan,jgn sampe digilas!

  315. @481

    Tante Indrie ini BUKAN ortu Natasha.
    Tante Indrie ini BUKAN Natasha.

    Indrie? Masih belum mau mengungkapkan yang sebenarnya?

    Ray, kamu masih baca blog ini ngga?

  316. Turut berduka cita untuk para korban pesawat Mandala yang jatuh di Padang Bulan…

    May Allah SWT bless their Spirit… Amien…

  317. “obyektif” kayaknya yakin banget dengan pernyataannya … ada alasan yang kuat buat itu ?
    ato anda juga tau yang sebenarnya ?

    piss

  318. Boleh saya ikut berkomentar di sini? tentu saja boleh khan, ini adalah forum terbuka. Saya sudah melihat perkembangan sejak berita ini dimuat. dan melihat beberapa comment-coment yang di berikan oleh beberapa teman-teman blog saya pada halaman blog pribadi mereka. ada berbagai macam tanggapan. Ada yang begitu meyakini ttg keberadaan SHA, ada juga yang tadinya yakin jadi ragu, ada yang sama sekali tidak pernah mempercayai ttg keberadaan SHA di dunia Real.

    Pada dasarnya semua orang berhak untuk berpendapat. Di sini juga, semua orang berhak untuk melakukan inverstigasi. Tapi sejauh yang saya lihat di sini, arah investigasi semakin tidak jelas, semuanya berantakan dan tidak ada yang semakin mendekati fakta. yang ada hanyalah kebingungan

    Dan jadi tidak mengarah kepada mencari fakta, tapi eyel-eyelan mengenai pendapat masing-masing (saya melihat dari sebagian pendapat dari beratus-ratus pendapat).

    Sejauh ini, saya melihat para blogger pun sudah mulai jenuh. Kenapa tidak di hentikan saja ?. Semakin banyak komentar, akan semakin membingungkan kita semua, dan fakta pun akan semakin menjauh (itu sudah terjadi yang ada hanya kebingungan)

    Jadi intinya, biarlah dunia maya tetap menjadi MAYA

  319. Wow… Kasusnya jadi Makin Gampang Ditebak…
    hehehehe… bravo buat yang membuat cerita ini…

    dulu juga ada kejadian waktu saya masih aktif di MIRC-Undernet #Indonesia… ada yang mengisukan meninggal, bahkan posting menjadi Topic Channel, ternyata oranya masih hidup… setelah dilakukan pelacakan seperti ini, akhirnya ketahuan juga biangnya… hehehe.. :)
    happy hunting :) :) :)

  320. ampun dah..gw bolos kuliah gara2 bacanya doang..
    teman2, gini lho, kita kenal ada dunia maya dan dunia real, dunia maya ntu dunianya mba maya dan dunia real ntu dunianya mas real, nah ketika mas real dan mba maya ketemu maka hadirlah dunia mayareal..*gubraks*

    serius neh..sebenarnya permainan karakter bisa dilakukan dimana aja dan oleh siapa aja, di dunia real jg bisa..sekarang pertanyaannya adalah untuk apa? jgn cari tau orangnya, krn subyeknya relatif..klo menurut gw, gw ga yakin sha ntu ada tp gw percaya nick nataha anya itu ada, kali aja yg punya nick itu di teror oleh seseorang trs krn takut atau rese dia mematikan karakternya..trs jg jgn dihubungin deh ma lana, kasian kan keluargnya.orang dah bnr2 meninggal gt kok..

    *turut berduka atas tragedi mandala di medan*

  321. Hey obyektif, I’m here. :)
    Abis absen 3 hari, kunjungan rutin setiap weekend. :)

    Sorry, ngga ada info baru. Tapi dari hasil membaca semua tulisan di sini, kliatan sekali bahwa nama natasha anya ternyata tidak cuman ada 1 di bumi Indonesia.

    1 yang pasti, siapapun dirimu wahai pengaku ibunya Natasha Anya, janganlah dirimu membawa-bawa nama Lana di forum ini. Biarlah Lana boleh menikmati istirahatnya, karena tubuhnya, jiwanya dan rohnya NYATA adanya.

    Buat siapapun anda Wey atau wewe gombel. Kasian banget sih anda :), better luck next time kalo mo bikin guyonan yang gak segar. Loe bawa mentari loe ke negeri Paman Sam ye? Makanya loe dapet telepon nyasar, kalo loe di US pake T-Mobile atau Verizon lah. Jangan pake sprint, servicenya jelek banget!

  322. @487 Ada.

    @490 Untuk saat ini biar si Indrie sendiri berbesar hati memberikan penjelasan. Atau orang yang bersangkutan tersebut (kalau dia mau [tidak malu]).

    Buat Ray, bisa kirim email ke obyektif2005 at yahoo dot com ?

    Ada yang ingin saya bicarakan :D

  323. @455

    oh, gw bukan di amrik, gw di kota medan, sumut.
    Gw menggunakan flexi, jadi yang muncul 08122655555.

    BTW, indri memang tasha….

  324. Gilee.. tembus juga 500 Komentar…
    Sukses buat Priyadi ya..
    Anda layak dapat Bintang!!

    @bejo (solo kan)
    bisaaa aja…
    kenal ga kamu ama yg nick tasha?
    kan kamu di solo juga kan?

    BR

    BNC

  325. hahaha, ya dari indo pake proxy amrik lahhhh….
    ini gw normalin aja, biar kagak membingungkan…
    @aurelia.. kenapa ? :x

  326. #502

    Anda bilang kalau Indrie SAMA DENGAN Tasha

    #484

    Anda bilang kalau Indrie BUKAN Natasha

    Bagaimana kami bisa percaya kalau TAK ADA BUKTI? Kalau anda mengeluarkan statement beserta BUKTI, baru kami akan percaya..

    Diantara anda berdua, siapa ya yang duluan berani keluarkan BUKTI?

    Reputasi anda berdua dipertaruhkan disini..

    Kami para BLOGGER menunggu jawaban anda berdua…

    Jangan hanya pernyataan ‘ngambang’ atau ‘gertak’ doang..

  327. diliat dari nik dick, seharusnya co, gw juga co.
    jadinya kan jeruk minum jeruk.
    nambah lagi ntar diberitain lu meninggal, kan heboh…
    “dua orang homo setelah menjalin cinta, satunya tewas”:d

  328. Yah gue kira cewek, kalo Indri cewek bukan yah? Gue jomblo neh!
    Jadi bahasan Natashanya udahan nih? Mas Pri, gimana kalo ngebahas penyebab jatuhnya Boeing 737-200 yang Mandala punya itu? Dinanti nih,

  329. Jangan udahan dulu dong. Pokoknya sebelum gue yakin 100% siapa sebetulnya di balik sHa ini gua gak rela kalau thread ini distop. Kalau perlu sampai commentnya 10000.

    Hidup Priyadi!

  330. maybe tokoh yang bernama natasha anya alias sHa emang bener ada. si sHa menciptakan karakter, cerita dirinya, dan picnya (bukan hal yang mustahil klo ada yang sering memajang/mengirim bukan fotonya sendiri ) yang berbeda dengan her real world. hingga suatu hari dia kenal dengan si Dan. yang lama- kelamaan dengan diri “sHa” waktu di cyber world mampu membuat Dan tergila-gila padanya sampe registerin domain segala :d Jadi jgn sepenuhnya menyalahkan si Dan.

    :)>-

  331. Si Dan bukan cuma ngasih domain-domain aja. Lihat ini, kayaknya berlebihan deh buat orang yang belum ketemu langsung. URL asli di sini.

    aku blm mengenal Dan memang tp aku sdh sering dengar namamu disebut Nat.
    Rasanya gak rela dia hrs pergi dulu, masih banyak yg membutuhkannya. Tp mungkin Tuhan punya rencana indah buat dia.
    Si Nat buatku spt malaikat, dia telah menyelamatkan 2 nyawa, aku & buah hatiku. Aku gak tahu lg bila aku tak memiliki temen spt dia.
    Dia itu pendiam, kadang konyol, lucu, baik hati, susah berkata “tidak”.
    Di akhir hidupnya Nat kelihatan happy & dewasa.
    Kekonyolan terakhir dia waktu tengah malam tlp dan bicara spt orang dpt undian. iiiiiiiin, aku dibelikan mobil sama Dan! Dlm hati aku tertawa, dulu saat mobilnya baru komentar dia “wong aku cuma iseng ngomong sama papi kok ya beneran dibeliin, eman duite mbok ya buat lainne wae”
    Kesederhanaan hidupnya selalu aku contoh. Dan, percayalah dia pasti bahagia disana. Oh ya ingat crita dia ttg kado ultah dr Dan. Di sms dia bilang lg ngumpulin lagu buat mp3 player yg Dan kasih. 5 giga in! 5 giga! aku gak ngerti apa giga itu. Sampai terakhir dia menghembuskan napas, kesanku dia mengalihkan rasa sakitnya dng banyak aktifitas & bertingkah seolah sehat di dpn orang.
    Dia gak mau orang lain tahu apa yg dirasakan.
    Tp skrg dia sdh hidup bahagia ya Dan.
    Selamat jalan malaikatku yg konyol.
    Semoga kedamaian yg km mimpikan segera terwujud di dunia
    Amin.
    ina | 08.19.05 – 4:40 am | #

    Gila nggak tuh. Dibeliin mobil. Saya lihat gak ada motif si ina ini bohong tentang si NA dibeliin segala macem ama si Dan. Tapi sangat terbuka kemungkinannya ina sekongkol sama NA tentang kematiannya. Motifnya, NA gak sanggup terus menerus membohongi orang sebaik Dan.

    Dan, you’re too good, but too freaky.

  332. kenapa mau retire dari net aja susah2 nyiapin skenario meninggal segala?

    kenapa ada orang medan yg sengaja pake IP address amerika? (sampai akhirnya ke-gap dan mulai pake IP indo)

    kenapa orang yg sama awalnya ngaku “1,5 tahun terakhir dapat tugas yg tidak bisa terkoneksi ke dunia maya”(#407) tapi tiba2 sekarang muncul di sini dan memberikan banyak update?

    kenapa ada orang yg mengatasnamakan para blogger (#509) tapi gak punya blog/URL yg valid?

    kenapa BnC ampe lupa ngiklan forumponsel di #504?? :d

  333. #519
    inilah saatnya kembali…

    @penyanyi, sha, jgn terlalu cepet keluarnya, nik tuh nanti disalah tafsir lagi, cepetan, berondok gih….:)

  334. ehem, seru juga, sampe sore loh gue bacanya fyuh.. ternyata setengah bulan pembahasannya ga abis2 yak..hihi…

    yah, soal sHa itu bisa jadi orangnya ada

    andaikan benar bahwa dia bisa ngerjain org sampe segitu2nya, hebat euy.. gue jg pernah ‘isengin’ org tp ga segitu2nya..

    gue tetep berharap sHa itu ada

  335. #509
    Terbukti kalau orang-orang ini memang hanya main gertak. Dia pikir cuma dengan gertak begitu si sutradara (Indri?) bakalan buka mulut . . . lupa dia kalau sang sutradara sudah berhasil menipu banyak orang selama beberapa tahun. Mana bisa kena gertak melempem begitu.

    #518
    Dan di USA (katanya), sHa di Solo (katanya) . . . Dibeliin mobil di USA? Terus dikirim pake apa ya ke Solo?

    #522
    Menurut pengamatan gue, sHa (sang sutradara) itu betulan ada dan masih hidup, sebentar lagi bakal muncul dengan nick barunya. Yakin deh, gak bakalan tahan dia berlama-lama menghilang. Saat ini ada kesan dia mencoba dengan berbagai cara menggiring opini bahwa sHa = Lana, supaya orang percaya kalau sHa sudah tiada dan dia bisa bebas muncul lagi dengan nick baru tanpa ada yang curiga dan gak ada yang ngungkit-ngungkit tentang penipuannya lagi. Siapa tahu nanti ada yang mau beliin mobil lagi atau bahkan helikopter atau pesawat terbang pribadi.

  336. #523
    Dikirim mentahnya kali.

    Gue juga mau jadi pacar lu, Dan! Kalau perlu gue operasi kelamin deh! =))

  337. Mohon pencerahan para detektif mengenai keaslian foto ini,

    camera : Nytech ND-4020 (www.nytech.de)
    date picture taken : 9/9/2004 7:38 PM

    http://www.forumponsel.com/visitorsimages/7401.jpg

    Jika foto itu ASLI,
    1.Apakah Natasha Anya tinggal di Jerman ? setidaknya pernah tinggal di Jerman?

    2.Negara mana yang jam setengah delapan malam masih terang benderang? Jermankah?

    Regards,

  338. Woiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii !!

    Gilaaa !! Sapa tu mencomooott BLOG gw tanpa Ijin !! :))
    Emang sih gw cmn pengamat disini, tp pemikirannya jd merambat ke dunia maya lainnya, so ku tulis ajah di blogku, tp ak msh heran klo sampe ada yg mencomot isi blog ku dan dipaste disiiniiii. :).- aaaaaaahh (~~) walau b-( jugaahh

    DeZigh….

    Mari teruskan investigasi, meruncingkan naluri qeqeqeqeq:-?

  339. Itu kayaknya foto yang di rekayasa
    mengingat sekarang ini adalah masa masa digital
    so ga pasti itu foto asli

  340. waduh dah sampe barapa neh jumlahnya, 500 lebih
    dan belum juga ada titik terang siapa sebenarnya natasha anya….
    ayo dong lanjutin, penasaran neh

  341. #525.

    Sekedar Informasi:

    Nytech itu memang Merk Perusahaan Jerman, yang hanya dibuat untuk dan dipasarkan oleh Jaringan Toserba LIDL yang tersebar di beberapa negara Eropa seperti Jerman, Inggris dan Belanda. Itu yang saya tahu.

    Apakah sHa pernah tinggal di Jerman? Ya mungkin saja.

    Di Jerman awal September seperti saat ini memang masih terang benderang.

    Tentang keaslian foto, saya tidak tahu pasti, lebih baik tanya Oom Roy Suryo saja, dia kan ahli dalam hal pembuktian keaslian foto… he..he…

    :d

  342. Saya mencoba merangkum dari tulisan-tulisan sebelumnya dan mencoba untuk menyimpulkan:

    1. Tidak adanya bukti nyata yang dapat dipertanggung jawabkan bahwa ‘sHa’ or ‘tasha’ or ‘natasha anya’ or what ever you say itu secara dunia nyata benar adanya. Kalau ada, mungkin dapat dijelaskan dimana rumahnya dan siapa keluarganya. Keluarga mana yang ingin kematian anggota keluarganya dipertanyakan di dunia maya ini ? Harusnya pihak keluarga memberikan penjelasan, apalagi sampai detik.com meliputnya dan menjadi heboh pula.

    2. Kalau pihak keluarga dapat mengakses blognya dan login di friendsternya melalui XDA O2 yang mempunyai fasilitas penyimpanan cache password , maka pihak keluarga juga mengetahui kehebohan ini di dunia maya. Dan sekali lagi menjadi keharusan pihak keluarga untuk meluruskan supaya tidak menjadi polemik dan mempermainkan/meragukan kematian anggota keluarganya.

    ==> Hingga saat ini tidak ada kepedulian keluarganya akan kematian ‘sHa’ yang dipertanyakan kematiannya oleh teman-teman di dunia internet / sesama blogger.

    Ada bukti-bukti yang mengarah bahwa ‘sHa’ hanya sebuah karakter yang diciptakan oleh seseorang. Bisa jadi Dan atau orang lain yang menjadi mempunyai nick di internet sebagai ‘sHa’.

    1. Yang pernah berhubungan dengan ‘sHa’ tidak dapat membuktikan bertemu secara fisik dengan ‘sHa’. Semua hanya kenal melalui dunia maya. Kalau ada buktinya tolong jelaskan dimana ‘sHa’ ini tinggal dan siapa keluarganya. Kita tidak akan menganggu keluarga ataupun kematiannya, tapi hanya ingin melakukan pembuktian kalau kematian ini memang benar-benar kematian seorang manusia ciptaan Yang Maha Kuasa yang seharuanya bukan menjadi polemik seperti ini. Dan kita yang membaca juga tidak ingin ditipu oleh hoax seperti ini !

    2. “Kematian” ‘sHa’ dinyatakan pada tanggal 16 Agustus 2005 oleh Daniel Cahya lihat di:
    http://memoriam.org/memorials/a51caa8722/
    http://daninblog.blogspot.com/2005/08/farewell-my-beloved-tasha.html
    Tapi setelah tanggal 16 Agustus 2005 ada kejadian
    seseorang login ke blognya dan login ke friendsternya dan melakukan pengeditan !
    Apakah login dan passwordnya dititipkan ke seseorang ? Apakah dalam kejadian duka cita tsb keluarganya sempat-sempatnya melakukan penghapusan melalui XDA O2-nya mengenai informasi ‘sHa’ ? bukannya berkabung dan memberikan penjelasan kpd rekan-rekannya di internet ?
    lihat :
    Posting Blog Sha Tak Lagi Muncul, Tapi Masih Login Friendster
    di forum ponsel tercatat : Last Seen 20/08/2005 08:44
    http://www.forumponsel.com/forum/showprofile.php?Cat=&User=7401

    3. Karakter ciptaan Daniel Cahya ?

    Tercatat domain NATASHAANYA.COM
    atas nama:
    Cahya, Daniel dcahya@eresources.com
    1425 S. Eads
    Apt. 605
    Arlington, Virginia 22202
    United States
    (202) 216-0124 Fax — (202) 318-0691

    Yang meninformasikan kematian ‘sHa’ adalah Daniel Cahya
    pada tgl 16 Agustus 2005 Jam 9:00 AM
    http://daninblog.blogspot.com/2005/08/farewell-my-beloved-tasha.html

    Yang memunculkan foto kematian yang agak ‘aneh’ itu juga Daniel Cahya !
    Aneh ? Karena koq sempat-sempatnya mengambil foto orang yang meninggal dengan menggunakan pakaian kaos seadanya itu ?
    Tercatat di memoriam.org :
    memorial last modified on Tuesday August 16 11:14:46 EDT 2005 by Daniel Cahya
    http://memoriam.org/memorials/a51caa8722/

    Dan hingga saat ini tidak ada penyangkalan/pernyataan dari Daniel Cahya !

    BRAVO DANIEL CAHYA !

    KESIMPULAN:

    ‘sHa’ hanya sebuah karakter saja di dunia maya ini.

    Dan saya mengharapkan janganlah kematian seseorang dipermainkan sehingga menjadi polemik seperti ini. Kesan Kematian seseorang Mahluk ciptaan Yang Maha Kuasa. Kalau itu kematian sebuah karakter di dunia maya, yah sah-sah saja.

    Kesimpulan ini akan gugur hingga ada bukti nyata secara fisik: Alamat dan keluarganya. Undanglah priyadi ke rumah keluarga ‘sHa’, karena priyadi dapat mewakili bloger-bloger indonesia :d:d

    — The End —

  343. #no 536. :(

    Rame juga yah koment tentang Natasha Anya ini.
    BTW salam kenal buat Bung Ray yg ada di US. kebetulan saya juga memakai nama Ray (meski realnya bukan) tapi saya bener bener ada dan tingal di Jogja.

    Salam buat Mas Pri, maaf saya ikut numpang koment sedikit.

    Kematian atau mematikan diri bagi seseorang itu adalah sebuah jalan. hanya bedanya yang satu adalah ketentuan dan satunya adalah sebuah pilihan. kalopun dia memilih, semoga dia sadar dengan pilihannya, kalopun dia dipilih untuk meninggal, semoga dia tentram dialam sana. saya tidak tahu persis apakah dia ada atau tidak. tapi dari pengamatan saya pribadi, keberadaan dia di dunia maya ini cukup membuat orang senang dan bahagia baik dengan canda tawanya maupun kata kata yg tercurah lewat sms, komentar maupun suara dia lewat telepon.

    Kalopun sekarang dia memilih untuk mati, tentunya banyak yg berduka karena kehilangan seorang temen, sahabat yang ceria, dan banyak pula yg kecewa karena merasa di tipu. dan jika kematian itu memang bener datang kepadanya, banyak pula yang akan berduka.

    Mungkin baginya memilih jalan untuk “mati” adalah sebuah pelarian atau pergantian jati diri. sekali lagi itu hak dia. Hargailah hak dia, dan tentunya ini tidak akan merugikan bagi rekan rekan sekalian yg tidak kenal dia.

    Bagi rekan rekan yang tidak mengenal dan tidak tahu dia sebelumnya (seperti saya), saya yakin anda tidak akan merasa di tipu atau dibohongi. aneh kalo sampai anda merasa ditipu atau dibohongi.

    Bagi rekan rekan yang merasa kenal dengannya, Tolong ikhlaskan “kematiannya” meski rekan rekan tidak tahu persis tentang “kematiannya” kalopun rekan rekan yang mengenalnya merasa tertipu cobalah ingat kebaikan kebaikan dia, bantuan saran maupun tulisan dia. anggap saja semuanya impas, jadi tidak ada permasalahan yang perlu di kemukakan atau dipermasalahkan.

    Kalopun suatu saat dia muncul lagi dengan nama dan karakter yang berbeda, semoga dia lebih baik dari yang pernah ada dan lebih berguna daripada sebelumnya.

    sekali lagi, biarlah dia menjalani apa yang telah ditetapkan atau apa yang telah menjadi pilihan dia. hargailah itu. relakan, ikhlaskan dan doakan semoga dia bahagia dengan semua yang telah terjadi, baik hidup maupun matinya.

    Kenanglah kebaikannya, maka dia akan hidup selamanya di dalam hati kita, carilah keburukan dia, maka kita yang akan kecewa.
    Dengan menghargai orang lain kita akan lebih dihargai oleh orang lain. Dengan mencaci dan mencari kesalahan orang lain, disitulah keburukan kita.

    Selamat jalan Natasha Anya, dimanapun keberadaanmu, semoga engkau bahagia. amin

  344. Do you think it’s my real name? R u kidding me? hehehe. Well, at least I’ve been using my real IP add. :)

    @obyektif… You’re the man!

    @tante indrie… I know everything now… :)

  345. Met kenal juga Ray *serasa manggil nama sendiri* :d Gak tahu nih ISP nya demen banget pake proxy hongkong ya beginilah jadinya, berasa tinggal di hongkong kalo liat IP nya. Bener bener gila neh koment tembuhs 540 :)>-

  346. #538,
    so why don’t u just tell us the whole story???
    IMHO, kayanya kalau udah interact sama NA or people around her/him jadi terempati sehingga ikutan nyimpen cerita buat sendiri…. :-?
    just my opinion……
    Enakan sih setuju sama Ray Jogja aja dech…

  347. @bejo
    tumben jadi sering main2 ke sini…
    hihi..
    mosok kamu warga solo ga tau dimana orgnya??:d
    Semua tersembunyi…
    sungguh suatu misteri….

    BR

    BNC
    ==> ingat… selagi loading blog ini buka http://www.forumponsel.com
    makin keren aja tuh hrg2 di sana..
    murah euys…..

  348. Apakah dengan tulisan Ray #536 ini berarti kontroversi ini sudah berakhir dan semua pihak sudah puas?
    Tapi aku jadi ngga punya bacaan lagi nih, sebab aku mulai sangat rajin masuk ke sini sejak adanya masalah ini.

  349. Dari tulisan-tulisan sebelumnya sepertinya si roy USA (#538) ini sehaluan (lihat #499) dengan si obyektif (#484) bahwa si indrie bukan tasha sementara si wie (#502) bilang si indrie adalah tasha. Satu hal yang sama semua berusaha mengkaitkan kesamaan atau ketidaksamaan tasha dengan si indrie. Jadi tampaknya kuncinya memang si indrie ini.

    Bagaimana kalau kalian-kalian yang tinggal di solo atau dekat dengan Solo menelpon nomer yang diberikan si indrie di #459. Roy Yogya (#544) mestinya gak terlalu mahal telpon ke Solo dari Yogya kan? Kalau sudah dapet informasinya jangan lupa share di sini ya. Jangan ikut-ikutan seperti si obyektif, si ray USA, si wie dan jago cuap-cuap lainnya.

  350. om pri selamat yaa…..kayaknya um pri bakal dapat penghargaan dari MURI hue hue he he he he heeee……..panjang kalee’ comment-nyaa……

  351. Seharusnya kehidupan dunia maya dan dunia real adalah paralel, bukan ambivalen, paradoks, atau missmatch (ngak nyambung). Oleh karena itu pendapat roy hongkong sangat keliru. Mengapa banyak blogger ketipu atas kematian sha, itu karena kehidupan maya seharusnya identik dengan kehidupan nyata.

    Dengan demikian mari kita bangun kehidupan maya yang lebih real…, dan kita menggugat kematian sha adalah kebobohongan publik !. Kita tuntut kejujuran.

  352. Ayu dong yg udah tahu bagi-bagi kita nih. Mr. obyektif ama Mr. Ray USA jangan simpan sendiri dung. Kami haus kebenaran, dan cinta damai, peace, ah!

  353. Auriella #550
    Mungkin bukan saya yang dituju dalam komentar anda no #550 karena saya Ray bukan “Roy” dan di Jogja, kalo kebetulan disitu tertulis di hongkong ya maaf saja ISP nya pake proxy hongkong.

    Saya sangat setuju dengan pendapat anda bahwa kehidupan di Dunia nyata harus match dengan kehidupan di dunia Maya, dan saya harapkan kita semua bisa begitu, tapi masing masing dari kita adalah sebuah individu, tidak bisa mengira orang lain akan berbuat apa. sekali lagi itu hak mereka meski kita tahu itu bohong dan tidak baik. Lantas sampai kapan gugatan ini dan kepada siapa gugatan itu akan di layangkan?

    Post saya di atas #536 lebih ke arah ajakan untuk mencari solusi lebih baik bagi kita para blogger, bukan kependapat pribadi. Dari pada kita berdebat terus tanpa solusi akhir lebih baik kita bangun bersama kehidupan maya ini menjadi lebih baik lebih harmonis tanpa adanya kebohongan. Sampai kapan anda akan berdebat terus tanpa solusi dan bukti? lebih baik tegakkan kebenaran dan cintailah kedamaian dengan cara lain yg lebih baik.

    Seperti halnya di negara kita, sampai kapan kita akan berdebat atau mencari kesalahan salah satu oknum penguasa yg sudah terbukti bersalah tapi tetap tidak bisa di hukum? bukankah lebih baik dimulai dari kita bangun diri sendiri dan lingkungan sekitar kita untuk kehidupan yang lebih baik? Kalo terus terusan ingin mencari kesalahan orang lain bisa bisa nanti kita menjadi lebih anarkis, lebih bersalah daripada orang yang kita tuduh karena kekecewaan kita karena tidak kunjung ada solusi seperti. semoga tidak.

    Saya pikir, saya pribadi tidak kenal dengan Sha, dan saya tidak merasa dibohongi secara langsung. tapi saya tetap peduli akan hal itu, bukan peduli akan kesalahannya tapi lebih peduli akan masa depan dan keharmonisan kehidupan kita para blogger.

    Jangan sampai lupa bahwa kita juga dapat melakukan hal yang lebih baik dan berguna daripada mencari cari kejelekan orang lain. Memaafkan lebih baik daripada mencari cari kesalahan orang lain. Bukan maksut menggurui, tapi saya hanya mengingatkan siapa tahu rekan rekan lupa dengan hal itu.

    Sekali lagi maaf, ini pendapat yang saya tawarakan untuk membikin kehidupan ini lebih baik. Kalopun tidak sesuai mohon dimaafkan mari kita cari solusi yg lebih baik.

  354. why oh why…
    oh why..

    Kenapa semua orang yg kenal tidak mau menunjukkan buktinya?
    Karena mereka baru sadar kalo sHa itu tidak nyata.
    Malu dong ketahuan kalo dikerjain bertahun-tahun…
    :d

    :)>-

    Dan, how are you today?

    Piss man!

  355. to #445 / grets
    aku tidak tau apa yang terjadi dan ada apa denganmu coyyy :D
    kata-kata kau tidak jelas arah tujuannya
    siapa yg mengkritik dan siapa yang di kritik? :D
    dengan tidak tidak tau topik, siapa saya dan dimana aku berada,,,
    itu dah cukup membuktikan bahwa kau hanya ‘Tong kosong nyaring bunyinya’ :D
    dasar otak tempe :D kalau aku spam kau siapa?
    kalau tak tau aturan nge-blog ,,,
    jemur cucian aja gih !!! :D

    maaf buat para blogger disini, kalau kata2ku agak kasar :D
    buat seorang uneducated yg otaknya si ‘angin surga’
    gw gak tau mau pake bahasa apa
    wakakakakaka

    :D

    piece

  356. buat RAY (USA)
    udah tau kebenarannya? kok ngga diungkap disini sih? :(
    kan kita2 yang ngiuktin berita ini dari awal juga pengen tau :(
    is it too personal and maybe will offend someone/many people?

  357. huuhuhuhuhuhu… udah 561 commentnya(sama ini 562)… misteri tetaplah misteri?! well2… yang udah tau kebenarannya, cepet diungkapkan… para BLOGGER disini udah pada gatel pengen tau the whole truth… yang udah panjang2 ngga jelas… udah mulai ngalor ngidoel nihhh… apa ada yg mau menguak tabir misteri ini?!?!?! dinantikan secepatnya…

    tapi yah, kalo dipikir2, kita2 ini org yg kelewat penasaran sampe rela2in waktu buat belajar/bekerja buat mencari tau…. semua ini… puas juga kalo udah tau sebenernya kayak gimana. makanya!!!! cepetan dong, yang udah tau semuanya, berbaik hatilah bagi2 dengan kita2 yg masih bingung ini…. ok?!?!?! udah ah:-j, back to work, kerjaan numpuk… ntar si boss :-@ lhoo!!!paling enak kerja ditemani dengan ~o)… hehehe… hv a nice day eperybody….

    (c)dewa^^ujan 2005

  358. …saya memilih pil biru. Saya ingin kembali ke dunia yang saya kenal, dimana setiap permasalahan selalu ada jawabannya, dimana setiap teka-teki selalu ada solusinya, dimana setiap misteri ada konklusinya. Saya ingin ketika saya bangun pagi, saya bisa menggosok gigi dengan tenang tanpa perlu kuatir bahwa saya tidak mengetahui kenyataan yang benar, toh dengan kenyataan yang ada sekarang saya dapat hidup seakan-akan saya sudah mengetahui yang benar. Saya tidak mau jika saya harus keluar dulu dari Matrix ini untuk melihat Matrix itu sendiri, saya tidak tahu apa yang akan saya hadapi, namu saya tahu saya tidak dapat menghadapi kenyataan yang bertolak belakang dengan kenyataan yang saya percayai sekarang dan saya tahu bahwa kebenaran tidak pernah datang dengan cuma-cuma, oleh karena itu saya lebih baik tinggal di dalam Matrix.

    Saya percaya dengan kenyataan yang saya percayai sekarang, dan saya sama sekali tidak percaya kepadamu, Morpheus.

  359. Ya ampun panjangnya ini peserta comment :D
    Btw, gue dulu waktu SMP pernah ngerjain temen pas April Mop, belagak mati. Skenarionya gue persiapin 3 bulan sebelomnya. Pura-pura curhat sakitlah, segala macem. Terus temen kakak gue juga dulu pernah ada yang nepu cowok yang dia taksir, dengan cara menciptakan sebuah karakter cewek yang lagi dying gitu. Berhubungan lewat telpon sampe si cowok betul-betul pengen ketemu dia.
    Yah, walopun motivasi boongnya beda-beda, tapi yang kayak ginian mah udah sering banget terjadi. Rada-rada basi malah :D

  360. di koran solopos tanggal 16 tentang berita duka Lana Indrawan poto yg dipasang mirip poto di web telztra
    ditulis juga di koran..
    nama seluruh kluarga
    dan salah 1 adik nya bernama
    Tasha Indrawan

  361. Kesimpulan yang udah pasti sih: “NATASHA ANYA HANYA TOKOH REKAAN, DAN ORANG YANG MENCIPTAKANNYA BELUM MATI!”

    Cuma siapa dibalik tokoh ini, apa motifnya, itu belum terungkap sampai sekarang.

    Jangan-jangan Sylvia Ethe (Oma Teppy) juga: pandai bahasa jerman, comot foto sana-sini, deep relation dengan korban-korbannya, mahir internet? Hehe makin kacau aja. Nggak usah dianggap serius deh.

    Satu pelajaran yang harus kita ambil dari kasus ini: “BECANDA DENGAN PURA-PURA MATI, KAGAK ADA LUCUNYA SAMA SEKALI!”

  362. #574
    Bang Charly…. hehehe kan udah aku sms kebenaran tentang tasha! ayoo bang kapan makan malam lagi? dah lama gak chit-chat (*heuaiheuiaheuiuae) im here! eh tinggal sehari ding :P

  363. 8-| weks… akhirnya nyampe juga di ujung….
    ck…ck…ck….
    slamet om prie…
    salam buat om budi & dhanie… dan widhie… ;)

  364. Kupu-Kupu Malam…
    ups salah.. Kupu-Kupu SHa=))
    by peterpan:d

    ada yg benci diriSHa;)
    ada yg butuh diriSHa:d
    ada yg berlutut mencintaiSHa:x
    ada pula yg kejam menyiksa diriSHa:((

    ini hidup wanita SHa kupu-kupu malamo=>
    bekerja bertaruh seluruh jiwa raga…$-)
    bibir senyum kata halus merayu memanja:):-j>:d< kepada setiap mereka yg datang...;)) dosakah yg SHa kerjakan:o sucikah mereka yg datang..:d kadang dia tersenyum dalam tangis:-j kadang dia menangis di dalam senyuman...:)) =(( oh apa yg terjadi, terjadilah |-) yg SHa tahu Tuhan penyayang umat-Nya...@};- oh apa yg terjadi, terjadilah|-) yg SHa tahu hanyalah menyambung nyawa..^:)^ =))

  365. sori agak telat, tapi ada beberapa info untuk meluruskan kesimpang siuran :
    – nama asli natasha anya alias tasha adalah silvia laurentia.
    – bukan wni keturunan tapi wni suku jawa, masih keturunan nigrat
    cerita singkat dia pernah kecewa dgn seseorang pria blaster , yang akhirnya ya begini deh, jadi suka buat sensasi!!! orangnya sebenarnya masih hidup!!!

  366. bisa dong…. mau bukti? tapi buat apa kalau orang yg punya karakter tsb sudah tdk mau pakai ?
    Yang jelas siapa saja yg dekat (dlm dunia nyata), tempat tinggal, ortunya kerja apa, dsb…
    yang jelas orang yg bersangkutan tiap hari Online di beberapa wapsite dan website sdh beberapa kali bilang kalau dia mau ‘pensiun’ dari internet.

  367. :-w

    ato tanya didats the kupluk aja …

    kan di kembangsolo.blogspot tasha ngelink “the kupluk”

    kali aja the kupluk perjan ketemu.. :D

  368. Dpt info dari org terdekat.Tantenya yg berperan sbg sHa.Ada teman yg blg,pernah telp sama sHa.Trus,wkt berita si sHa diblg ninggal,si tantenya yg telp dia.Dia kaget bener,karena suaranya sama!! Tapi si tante ngaku,kalo di rmh itu ada 4 org yg sama suaranya.Antara lain,sHa,si tante,sepupunya sHa (apakah ini yg dimaksud si Janet itu?) dan mamanya sHa.Masih menurut sumber,kalo si tantenya ini yg ngajak si Gunggu bekerja sama utk nulis nama dia di blognya.Jadi seolah2 ini direkayasa.Pintar benar si tante ya..Salut deh. Menggunakan foto si Lana sbg jati diri dia.Si Lana itu sendiri ponakannya,yg notabene sudah dianggap sbg anaknya.Dan satu lagi,kalo nama Tasha itu diambil dari nama anak si tante ini yg plg kecil.Dia punya 3 anak.Dua anak co,yg namanya salah satu si Sandro (yg skrg aktifkan FS nya Lana),satu lagi anak co ( yg ikut kelas sulap ) dan Tasha sendiri.Lana itu ponakannya. Jadi, siapa2 yg masih menyimpan alamat dan no telp tantenya si Lana ini,mohon dilacak sampe tuntas.Kelewatan benar ini org.Dan itu korbannya si tante,yg sudah meraup mobil Honda.Kalo tidak dihentikan,akan ada korban yg lain lagi.

    Ayo,teman2 yg tinggal di Solo,yg masih berminat mencari tau,silahkan dilacak.

    Btw,ini menurut sumber,mrk blm yakin 100 %,tapi paling tidak 80% mengarah ke si tante yg merupakan otak di balik ini semua.

  369. I knew it! Sylvia Laurentia masih sodaraan kali sama Sylvia Ethe (Oma Teppy)? Wah kasian juga tuh yang udah kena dikerjain sampe amblas mobil. Pantesan pada ngotot banget sHa = Lana! Terang aja, buat nutupin jejak.

    Ini harusnya dilaporin pulisi. Dan? Wah gue jadi kasian sama dia.

  370. :(( komen kok 500an luwih… jadi portal juga neh blog. om salut de sama tulisan2 sampeyan. aku kapan ya bisa kayak sampeyan. :)>-

    #592 kalo saya gak hang mas, tapi jadi super lemot!

  371. Aku sependapat bahwa pemeran tokoh sHa adalah orang yang saat ini mengaku sebagai Tantenya NA. Tapi kenapa orang dekatnya takut sekali mengungkapkan kejadian yang sebenarnya ini di internet??? Bahkan Om Pri sendiri (priyadi.net) yang awalnya melakukan investigasi tiba-tiba menghentikan investigasinya dan langsung diam gara-gara telah memperoleh informasi dari narasumber. Narasumberpun juga minta dirahasiakan namanya. Apakah keluarga sHa/Tantenya adalah orang berpengaruh di Solo sehingga semua takut? Atau takut karena ancaman? “Dan” sendiri yang merasa dibohongi kenapa justru menutupi kebohongan ini?
    Nah tunggu cerita kelanjutannya di site ini!
    Ayo Om Pri segera kasih jawabnya!

  372. Asalamualaikum… tak terasa, setahun telah berlalu. Maafkan daku kalau daku tak pernah mempublikasikan apa yang aku pernah tahu. Mungkin anda-anda sekalian akan mengatakan bahwa daku tak ada bedanya dengan orang-orang munafik dan egois yang senang mempermainkan anda-anda sekalian. Tapi pada waktu itu, daku benar2 melakukan research yang luar biasa untuk hal ini. Tak tahu mengapa, mungkin ga ada kerjaan yang lebih penting dr pd ngurusin hal ini pada waktu itu. Tetapi, daku juga mencapai titik dimana daku menempatkan diriku di sepatu keluarga Lana Indriawan yang berkesusahan. Daku akan sangat bersedih dengan adanya kontroversi ini di mana keadaan sedang berduka cita.

    Hari ini, setelah setahun kepergian Lana, mungkin sudah saatnya kalian bisa mengetahui apa yang daku ketahui. Tidak lah banyak, tetapi cukup untuk mengobati perasaan ingin tahu kita.

    Kontroversi pertama adalah keluarnya informasi bahwa Natasha Anya telah pergi yang dilengkapi dengan foto seorang gadis yang ditutup dengan kain batik. Setelah daku melakukan cross-check dengan salah satu temen daku di Solo, yang kebetulan juga adalah teman satu sekolah Lana, foto tersebut jelas-jelas adalah Lana Indrawan yang meninggal mungkin sehari atau dua hari sebelum Natasha Anya mengeluarkan tulisannya yang kontroversi tersebut. Selain itu, juga sempat daku tanyakan apakah ada salah satu saudara perempuan dari Lana yang bernama Natasha… dan dia mengatakan… ‘YA MEMANG ADA’.

    Dari sana daku menarik kesimpulan bahwa Sha adalah saudara dari Lana. Tidak tahu apa alasan dia untuk menarik diri dari keberadaanya di dunia maya, tetapi jelas sekali bahwa Sha mengambil momen kepergian Lana untuk mengakhiri keberadaannya di dunia maya juga. Masalah Dan, teman baik Sha yang pertama kali mem-posted foto Lana, daku benar-benar tidak tahu apakah dia termasuk dalam komplotan yang ingin menghapus identitas Sha dari dunia maya ataukah dia adalah korban. Menurut DUGAAN daku priyadi… maksud daku PRIBADI, Dan hanyalah seorang korban. Mungkin alasan mengapa Sha menarik diri dari Dan bisa dijadikan kontroversi selanjutnya… :)… Kalau mas Priyadi tidak keberatan blog-nya jadi korban lagi…. :)

    Masalah tante Indri, daku tidak yakin apakah itu benar-benar tante dari Lana dan Sha. Suara wanita yang mengaku tante Indri itu bisa siapa saja dari tante Indri yang sebenarnya, mama dari Lana dan Sha, salah satu teman Sha atau bahkan pembantu Sha. Siapa saja bisa berperan sebagai tante Indri. Hanya satu daku yang yakin bahwa tante Indri adalah salah satu orang yang turut serta dalam usaha pencabutan identitas Sha dr dunia maya.

    Sebagai ringkasan, Sha adalah benar adanya. Dia adalah saudara dari saudari Lana Indrawan yang telah berpulang setahun yang lalu. Sha menggunakan kepergian Lana sebagai sarana untuk mencabut eksistensinya dari dunia maya dan Dan. Sedangkan Sha sendiri… mungkin masih berkeliaran di dunia maya untuk membuat berita heboh lainnya.

    Sekali lagi, ini adalah kesimpulan pribadi yang daku ambil berdasarkan fakta2 yang daku kumpulkan. Tidak ada tuduhan atau usaha untuk menjatuhkan orang lain. Kalau kesimpulan daku benar, biarlah kita semua belajar sekali lagi bahwa ini adalah dunia MAYA, dimana anonymity sangat dijunjung tinggi, baik dengan benar maupun tidak benar.

    Kalau apa yang daku katakan ini salah, daku ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada siapa saja yang mungkin terkena imbas dengan tulisan ini, dan tentu saja, daku akan menerima dengan lapang dada klarifikasi yang akan diberikan untuk kesalahan daku.

    Untuk Lana, maafkan daku kalau apa yang aku tulis ini ada yang tidak benar… tetapi yang pasti, semoga engkau tetap tenang disisi-Nya.

    Ray

  373. SHA = NATHASA Skin care = SHARIMIN =SHARINAH=SHAMPIT = SHAK-SHAK E, Dibuat FILM BAGUS TUH
    Kalau ada yang tuntut Royal ti tuh dia thasya..lah kok jadi artis cilik ya

    :o tapi.. kita buat team investigasi.. aja.. ntar kalo ketemu orangnya..kita bakar hidup2:d

  374. Pingback: Gretong
  375. Tapi benerkan ‘Be dirimu mau merried hahaha…
    :d Iseng komentar lagi pada postingan dengan jumlah komentar terbanyak.. Ternyata ngetiknya lambat puooolll, hurufnya keluar satu2 hahaha…

  376. HUmm berita dari 2 tahun lalu masih ada yang comment yah ..?? :P

    btw .. ada nggak ada orangnya .. emang ngefek tah ..??
    mending urusin diri sendiri, kalo emang orangnya real yah silahkan berbelas sungkawa, kalo nggak real yah biarin aja .. gitu aja kok repot .. :P

    capek deh .. :D

  377. set dah…….sepanjang ini cuma ngeributin yg namanya ‘Sha’. baca komen2nya aja ampe jereng matanya…numpang lewat ah

  378. cuma mau lihat perkembangannya kisah meninggalnya blogger. sha. kena sweeping lagi disini. :)
    wow buanyak ya commentnya sampe panjang banget kebawah

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *