8 October 2005

Paket GPRS Matrix Bebas Internet Akan Ditiadakan

Posted under: at 13:00

Layanan Internet yang saya pakai sehari-hari –GPRS Matrix dari Indosat– akan mengalami perubahan. Dan seperti biasa, perubahan bukanlah ke arah yang lebih baik ;). Paket layanan GPRS flat rate sebesar Rp 200 ribu/bulan bisa dipastikan akan dihapus. Kapan paket ini akan dihapuskan masih merupakan misteri, tetapi yang jelas awal bulan ini Indosat sudah tidak lagi menerima aplikasi layanan GPRS flat rate tersebut.

Seperti biasa juga, informasi mengenai hal ini sangatlah simpang siur. Kerabat dari Om Macnoto sudah dikirimi surat dari Indosat yang berisi pemberitahuan bahwa layanan ini masih dapat digunakan sampai bulan Desember. Berita yang lain mengatakan bahwa layanan ini masih dapat dipakai sampai waktu yang belum ditentukan. Ada juga versi yang mengatakan bahwa tarif baru GPRS Matrix akan berlaku mulai bulan November, digantikan dengan tiga buah paket:

  • retail: Rp 15/KB
  • Rp 200 ribu/bulan untuk 25 MB dengan kelebihan Rp 15/KB
  • Rp 800 ribu/bulan untuk 250 MB dengan kelebihan Rp 15/KB

Masih ada beberapa versi lain, misalnya: mulai 1 Oktober, layanan GPRS unlimited dialihkan menjadi layanan retail Rp 10/KB. Yang jelas saya pribadi belum menerima pemberitahuan dari Indosat mengenai hal ini.

Yang sudah saya lihat adalah iklan-iklan di jalanan yang memberitahukan bahwa mulai 1 Oktober, Matrix bebas roaming. Saya tidak tahu apakah ini merupakan teknik marketing untuk mencegah terjadinya eksodus besar-besaran dari Matrix. Tetapi yang jelas jika hanya bebas roaming, operator lain pun sudah lama memilikinya. Saya melihat tidak ada yang istimewa dari Matrix jika layanan GPRS flat rate ditiadakan, bahkan setelah faktor bebas roaming ikut diperhitungkan. Satu-satunya kelebihan Matrix bagi saya adalah bahwa teman-teman saya sudah terlanjur mengenal nomor saya ini :(.

Kasus yang sama juga pernah terjadi tepat satu tahun yang lalu. Waktu itu, Indosat menghentikan layanan flat rate Rp 25 ribu/bulan, digantikan dengan tiga buah paket, salah satunya adalah layanan flat rate Rp 200 ribu/bulan ini. Sama seperti saat ini, waktu itu juga terjadi simpang siur informasi. Tetapi tidak seperti saat ini, mereka meniadakan paket Rp 25 ribu/bulan dengan dalih bahwa paket tersebut adalah paket promosi. Sedangkan saat ini tentunya dalih semacam itu tidak dapat dipergunakan lagi.

Saya melihat bahwa beberapa operator telepon selular di Indonesia terlihat berusaha untuk menarik pelanggan sebisa mungkin dengan menawarkan paket-paket khusus. Jika nantinya target pelanggan sudah tercapai, maka mereka bisa dengan mudah meniadakan paket-paket tersebut, biasanya dengan dalih ‘paket promosi’. Tetapi karena Indonesia tidak mengenal sistem portabilitas nomor, maka sebagian besar pelanggan ‘terpaksa’ mempertahankan nomor tersebut walaupun sebenarnya tidak menguntungkan daripada pindah ke operator lain.

Saya sendiri mungkin akan memilih untuk mempertahankan nomor ini untuk beberapa bulan ke depan untuk melihat apakah mereka akan menawarkan paket Internet yang lain. Dan tentunya sambil sedikit demi sedikit melakukan migrasi ke nomor lain :).

Taut terkait:

81 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!