11 October 2005

Pencarian Blog Pada Yahoo! dan Google

Posted under: at 22:37

Menyusul Google yang telah terlebih dahulu meluncurkan layanan Google Blog Search, kini Yahoo! juga meluncurkan layanan serupa. Layanan baru dari dua buah mesin pencari terkemuka di Internet ini melengkapi mesin-mesin pencari spesifik blog lainnya yang sudah terlebih dahulu eksis seperti Technorati, Bloglines dan beberapa layanan lainnya.

Layanan pencarian blog dari Google dapat diakses pada alamat blogsearch.google.com. Pada saat ini, layanan tersebut masih berstatus beta dan belum dipublikasikan di halaman depan Google. Sedangkan layanan pencarian blog dari Yahoo! menjadi satu dengan layanan pencarian berita pada news.search.yahoo.com. Hasil pencarian dari situs berita mainstream diletakkan pada kolom besar sebelah kiri dan hasil pencarian dari blog diletakkan pada kolom kecil di sebelah kanan. Anda bisa mengikuti taut ‘More Blog Results’ untuk menampilkan lebih banyak hasil pencarian dari dunia blog.

Dalam hal ini saya lebih menyukai pendekatan yang dilakukan Google, yaitu memisahkan pencarian generik, blog dan berita. Sedangkan cara Yahoo! mungkin lebih cocok bagi para pencari berita yang sekarang dapat mencari berita dan opini pada satu tempat.

Yahoo! Blog Search

Melihat kualitas pencarian, saya masih lebih menyukai mesin pencari spesifik blog Technorati. Menurut penilaian subjektif, hasil pencarian pada Google dan Yahoo! Blog Search tidak selengkap hasil pencarian Technorati. Hasil dari Technorati juga lebih kini dibandingkan Google dan Yahoo. Menurut pengamatan saya, hasil pencarian Technorati adalah yang paling terkini, diikuti oleh Google dan Yahoo!.

Yang aneh pada Yahoo! Blog Search adalah bahwa tulisan dari detikcom dikelompokkan ke dalam pencarian blog dan bukan ke dalam pencarian berita.

Technorati mengurutkan hasil pencarian berdasarkan waktu. Sedangkan Yahoo! dan Google mengurutkan hasil pencarian berdasarkan relevansi secara default, namun bisa diganti menjadi berdasarkan waktu. Menurut saya hasil pencarian pada blog lebih berguna jika diurutkan berdasarkan waktu seperti yang dilakukan oleh Technorati. Hasil pencarian Google dan Yahoo! Blog Search mungkin akan lebih berguna jika diurutkan berdasarkan waktu secara default.

Google Blog Search

Google mendukung penggunaan operator pencarian seperti halnya “link:http://priyadi.net” untuk mencari blog yang membuat taut ke blog saya. Technorati mendukung pencarian seperti itu secara implisit jika kita menggunakan keyword berupa URL. Sedangkan Yahoo! mendukung operator pencarian seperti itu, namun hasil pencarian pada situs berita mainstream sama sekali tidak relevan.

Untuk sindikasi hasil pencarian, Google menyediakan kedua format populer, Atom dan RSS; dan Yahoo! menyediakan format RSS saja. Technorati menyediakan sindikasi dalam format RSS, tetapi sebelumnya anda harus membuat watchlist terlebih dahulu, tidak jelas apakah ada batas jumlah watchlist yang dapat kita buat dalam satu akun.

Technorati menyediakan developer API yang sangat ekstensif dan dipublikasikan secara baik. Sedangkan tidak jelas apakah Yahoo! dan Google menyediakan hal yang serupa.

Sedangkan dalam hal kecepatan, Google jauh meninggalkan Yahoo! dan Technorati. Technorati menjadi jauh lebih lambat setelah mereka melakukan perubahan pada sistem mereka pertengahan tahun ini.

Untuk sementara saya masih memilih Technorati sebagai mesin pencari blog terbaik untuk saat ini. Walaupun demikian, status Yahoo! dan Google Blog Search masihlah beta. Keduanya masih memiliki banyak potensi untuk mengembangkan layanannya menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

22 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!