14 November 2005

Kapasitas Teman Instant Messaging

Posted under: at 22:10

Di milis ID-Gmail, Herry mengatakan bahwa daftar teman di Yahoo! Messengernya telah mencapai batas maksimum. Berikut adalah batas maksimum teman untuk beberapa layanan IM:

Saya sendiri sudah mencapai batas 300 teman pada Yahoo! Messenger pada sekitar bulan Juni yang lalu (saya ingat karena waktu itu saya masih di rumah sakit). Sedangkan pada pertengahan bulan September 2005 2004 saya hanya memiliki 102 teman pada Yahoo! Messenger saya. Artinya, dalam satu minggu saya mendapat sekitar 5 teman baru! Kemungkinan besar ini akibat dari aktivitas menulis blog dan ngejunk.

Sebagai perbandingan, teman MSN Messenger saya bertambah dari 3 menjadi 37 (hanya sekitar 7 teman setiap 3 bulan) dan teman ICQ bertambah dari 20 menjadi 39 (hanya sekitar 4 teman setiap 3 bulan). Sepertinya hegemoni Yahoo! Messenger di Indonesia masih belum akan tergoyahkan dalam waktu dekat.

Apa yang saya lakukan setelah Yahoo! Messenger saya penuh? Mungkin sama seperti rekan-rekan lain yang mengalami hal serupa, saya menghapus teman yang jarang online, yang jarang atau hanya sekali berhubungan dan teman yang memiliki dua atau lebih nama di daftar saya. Tetapi belakangan ini hal tersebut makin sulit dilakukan karena makin sedikit kandidat nama yang dapat dihapus. Mungkin suatu saat saya harus membuat akun Yahoo! Messenger kedua, ketiga dan selanjutnya jika diperlukan.

62 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!