$4000/Bulan dari Google AdSense

Cosa Aranda melaporkan bahwa ia mendapatkan [lebih dari $4000/bulan dari Google AdSense](http://www.funponsel.com/pro/google-adsense/adsense-earning-report-november/) pada bulan November kemarin. Penghasilan tersebut ia dapatkan dari iklan AdSense yang dipasang pada blog-blog di jaringan [Funponsel.com](http://blog.funponsel.com) miliknya. Blog-blog tersebut memiliki tema yang bervariasi, tetapi yang paling populer adalah yang bertemakan teknologi dan juga koleksi lirik musik.

Selain dari AdSense, Cosa juga mendapatkan [lebih dari $80](http://www.adsense-id.com/index.php?topic=255.msg2163#msg2163) pada bulan yang sama dari jaringan iklan [Blogads](http://www.blogads.com).

Untuk menangani jaringan blognya, Cosa mempekerjakan [dua orang pegawai](http://www.funponsel.com/pro/funponsel-network/im-hiring/). Sedangkan untuk mencapai targetnya, dia mematok pembuatan tulisan di blognya sebanyak antara [3 sampai dengan 12 buah tulisan per hari](http://www.funponsel.com/pro/funponsel-network/reducing-number-of-daily-posts-on-mosts/) untuk setiap blognya.

Desain blog pada jaringan Funponsel mengingatkan saya pada [Engadget](http://www.engadget.com) dan blog-blog lain pada jaringan [Weblogs Inc.](http://www.weblogsinc.com/) milik [Jason Calacanis](http://www.calacanis.com/) yang beberapa waktu yang lalu telah [dibeli oleh grup Time Warner](http://www.timewarner.com/corp/newsroom/pr/0,20812,1114578,00.html). Mungkin Cosa memang meniru model bisnis dari Weblogs Inc.?

Seperti halnya Weblogs Inc., pendapatan utama dari jaringan Funponsel sepertinya berasal dari penempatan iklan Google [AdSense](http://adsense.google.com). Walaupun demikian, saya juga melihat ada beberapa iklan yang tidak berasal dari Google AdSense.

Bagaimana Cosa mencapai ini semua? Saya rasa resepnya kira-kira seperti ini:

1. Persistensi dalam menulis artikel sebanyak 1-2 lusin setiap harinya.
2. Tulisan dibuat dalam Bahasa Inggris. Menurut pengamatan saya, blog yang berbahasa Inggris memiliki CTR 20-30 kali lebih tinggi daripada blog berbahasa Indonesia.
3. Desain yang dioptimasi untuk penempatan AdSense dan iklan lainnya.
4. Optimasi Mesin Pencari (SEO).

Yang aktif mencari pendapatan dari Google AdSense di Indonesia tentunya bukan hanya Cosa. Para profesional Google AdSense ini berkumpul di forum [Adsense-ID](http://www.adsense-id.com). Dalam sebuah *posting*nya, Cosa mengatakan bahwa ada anggota forum [yang memiliki pendapatan per bulan sampai 5 digit](http://www.adsense-id.com/index.php?topic=255.msg2173#msg2173).

Sukses Cosa bukannya tanpa kontroversi. [Blog Funponsel](http://funponsel.com/blog/) yang pernah menjadi anggota pengumpul blog [Planet Terasi](http://planet.terasi.net) [bukanlah blog yang populer](https://priyadi.net/archives/2005/09/07/google-adsense-dan-blog-berbahasa-indonesia/#comment-34585) di kalangan pembaca Planet Terasi. Penyebabnya kemungkinan besar adalah lusinan artikel dari Funponsel kerap kali memenuhi Planet Terasi. Mungkin ini yang menyebabkan [Ronny Haryanto](http://ronny.haryan.to) menghilangkan blog Cosa dari daftar blog yang diindeks oleh Planet Terasi. Karena itu Cosa meminta Ronny untuk menghapus Funponsel dari blog yang diindeks Planet Terasi.

Jika jaringan Funponsel mendapat lebih dari $4000/bulan, tentunya ada banyak pengunjung yang mengklik iklan AdSense. Dari mana saja pengunjung ini? Menurut pengamatan saya, kemungkinan besar berasal dari mesin pencari seperti [Google](http://www.google.com). Blog [My Other Side of Stories](http://www.funponsel.com/blog/) yang merupakan [blog paling populer](http://www.funponsel.com/pro/funponsel-network/feed-subscriber-november/) di jaringan milik Cosa hanya memiliki tujuh orang pelanggan di [Bloglines.com](http://bloglines.com), menandakan blog ini hanya memiliki sedikit pelanggan tetap.

Sebagai perbandingan, di Bloglines blog saya memiliki 113 pelanggan, sedangkan blog [Enda Nasution](http://enda.goblogmedia.com) memiliki 121 pelanggan. Dari blog saya ini, saat ini saya hanya mendapatkan kurang dari $10/bulan, sedangkan Enda pernah mengatakan pendapatannya melalui AdSense adalah sekitar $10-12/bulan (kalau tidak salah, dan mungkin sekarang sudah lebih banyak). Hal ini menandakan bahwa blog yang memiliki banyak pembaca rutin belum tentu memiliki pengunjung yang lebih banyak.

Sayangnya, dari hasil membolak-balik forum AdSense-ID, saya belum dapat menemukan contoh situs lain yang layak selain situs-situs Cosa ini. Kebanyakan situs-situs yang saya temukan hanyalah situs-situs ‘klasik’ untuk ‘memancing’ pengunjung dari mesin pencari. Anda memiliki contoh yang lain?

Dunia gemerlap memang selalu dekat dengan dunia hitam, begitu pula di Internet. Tak jarang para ‘profesional’ AdSense melakukan hal-hal yang tidak terpuji, misalnya membuat [scraper sites](https://priyadi.net/archives/2005/09/19/etika-distribusi-linux-dan-scraper-sites/), melakukan [*spamming*](https://priyadi.net/archives/2005/10/25/spamware-blog-dari-indonesia/) dan sebagainya. Faktor etika inilah yang terlalu sering diabaikan dalam mendapatkan penghasilan di Internet. Untuk saat ini saya masih belum melihat adanya korelasi antara kualitas blog dan jumlah penghasilan, terutama di Indonesia. Jaringan blog milik Cosa mungkin sedikit banyak bisa dibilang merupakan pengecualian.

Siapa yang ingin mengikuti jejak Cosa? :)

117 comments

  1. Gw gak anti dgn Adsense atau sejenisnya tetapi gw cenderung gak respek dgn mereka yg sengaja menggunakan tool blog semata-mata untuk mengejar pendapatan dari Adsense dan sejenisnya, mereka yg sengaja menggunakan bahasa Inggris semata-mata untuk mengejar pendapatan dari Adsense dan sejenisnya, mereka yang sengaja berblog semata-mata untuk mengejar pendapatan dari Adsense dan sejenisnya. Gw rasa itu gak beda jauh dgn pekerjaan spammer.

  2. kalo chikita mall sudah pernah mencoba belum, Mas Priyadi. Kalo blogads kan harus ada yang invite, ada enggak orang yang punya. kan bisa bisa undang2xan kayak email gajah

  3. $ 4000 ? :) . Aku setuju dengan # 11 dan etika di internet. Ada semacam “ketidak enakan hati” bila mengirim pengunjung Indonesia ke jaringan iklan.
    Pertama : Kemungkinan pengunjung dari Indonesia untuk membeli lebih kecil (note: pendapat saya, tanpa data pendukung).
    Kedua : Bila pengunjung dari Indonesia membeli dan ternya ta adalah c@rd**, berarti saya juga bersalah (di hati)
    Ketiga : Aku tidak bisa menulis dalam bhs Inggris, jadi tidak bisa mengirim pengunjung luar negeri ke jaringan pengiklan.

    YAh tapi kalo aku dengki…itu tanda tak mampu :d

  4. #11, gue sih bukan anti dengan cara si Cosa menghasilkan duit dari adsense. toh itu adalah blog bebas, dan nggak ada yang maksa buat baca blog dia, dan dia masih bekerja dalam lingkup yang tidak melanggar aturan dari google adsense. tapi gue sendiri udah malas baca blog dia, karena terlalu sering isinya terlalu shallow (cetek), alias tidak melakukan riset secukupnya apakah yang dia tulis itu sudah benar atau tidak (klaim RC Tank yang bisa menembak belum ada di Indonesia, tidak bisa membedakan jenis MP3 player buatan mobiblu, tripod lightweight yang dikatakan harus dipunyai oleh para fotografer serius, etc), belum lagi ditambah grammatical maupun typo error, akhirnya ya jadi males baca blog-nya.

  5. saya rasa semua itu tergantung dari niat,kalo niatnya memang cuma mau cari duit,kalo 1 bulan-3bulan nggak ngasilin apa2 paling2 kapok nulisnya,dan terus ganti haluan.tapi kalo niatnya memang bener2 mau nulis,biarpun blognya nggak ngasilin apa2 ya tetep aja betah nulisnya(salut buat mas Pri nih!).So yang manapun niatnya Cosa,saya tetap acungkan jempol. Good job!!.Adsense program yang kreatif yang memicu kita untuk lebih kreatif berdasarkan asas saling membutuhkan.nggak seperti MLM yang ngerugiin banyak orang;)

  6. :-? hm…….
    Bang Napi ini ternyata ulet juga dalam meniti usaha. Hebat….. sip….. But you must remember, jangan lupakan napi-napi yang laen. WASPADALAH…WASPADALAH….:-w

  7. Waduh pengen banget dapet segitu, gwe baru dapet $30 hiks lama amat, kadang sehari cuman $1 doang. Aku pengen ikutin jejak cosa, cuman tetep pengen ber-etika juga. Pengen pake bahasa Inggris juga.

  8. pingin juga…

    tapi nulis banyak2 in english jadi problem nih… :)
    seminggu 1 aja kadang hampir luput.
    apalagi bulan depan sdh gak matrix unlimited lagi… :-?

  9. Mas Pri, dulu memang Cosa menjadi anggota Planet Terasi. Sekarang sudah tidak lagi. Ini bukan karena Ronny Haryanto yang menghapusnya, tetapi memang Cosa sendiri yang meminta agar situsnya tidak menjadi bagian dari Planet Terasi lagi. Mengenai alasannya, silakan hubungi langsung Cosa.

    Untuk Cosa: ayo, terus maju. Buktikan bahwa menjadi kaya di internet bisa tanpa MLM-nya Anne Ahira.

  10. udah gue bilang cara kaya di Internet lebih banyak dan bisa tanpa harus ANNE “MENIPUH” AHIRA [awas kena pasal penghinaan terhadap internet marketer hihihi]

  11. Ada yang bisa ngajarin gak?????????
    atau yang jual ebooknya…..
    kepengen nhi belajar adsense… kasih inputannya donk. :((:((:((:((:((

  12. Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap dek Priyadi, aku boleh katakan bahwa terkadang anda sering melontarkan tulisan yang sifatnya salah kaprah dan seperti katak dalam tempurung, kelihatan sekali bahwa ruang lingkup pikir anda hanya seputar internet dan tidak memandang aspek lain dari sendi2 kehidupan bangsa ini.

    Sekali lg selamat kepada semua pejuang devisa di negara ini dengan cara halal dan terpuji, cosa membuktikannya dengan hasil karyanya yang telah berhasil membuat para inet-minded indo (pakar?) terusik dan hanya bisa melemparkan tulisan yang sifatnya menohok dan mendiskreditkan orang2 seperti Cosa

  13. coba lihat http://www.milliondollarhomepage.com/
    pemiliknya mempunyai ide berlian mnhasilkan uang melalui internet, lain dari yang lain… Alex menjual satu juta pixel persegi di satu halaman homepagenya untuk dijual seharga U$1 perpixel perseginya. ruang pixel itu dijual untuk menampilkan logo perusahaan dengan link ke situs perusahaan itu…(paling tidak butuh 100 pixel untuk bisa terlihat jelas logonya) dari sejak diluncurkan bulan agustus 2005… saat ini sudah terjual habis 999000 pixel persegi!! tinggal tersisa 1000 pixel yang dia lelang di e-bay!! dan harga 1000 pixel terakhir ini bisa jadi the next milliondollar!! coba bayangkan!! satu juta dolar alias sepuluh miliar rupiah…dalam empat bulan!!! dari internet… tanpa jual produk, mlm, reseller, affiliate, adsense,,,, sayank idenya keduluan Alex, anak inggris,,, ayo kapan anak netter indonesia punya ide berlian…?

  14. Gw sih..memang sedang cari $$ di google adsense..enak juga sih..pas kita sdg tidur ..duit masuk ke earning baru joint 11 hari sdh dapet $30 (ada ebook gratis)

    Saran saya untuk adsense lebih pas jika kita create web sendiri dari pada pake blog..karena memang kita profit oriented

  15. barangkali perlu di tambahkan bahwa untuk menaikkan rating ada 3 hal yg menrik yaitu 1.Kriminal, 2.Klenik, 3. Pornografi
    heheheh

  16. Bung cosa ternyata maling saudara saudara.

    Meskipun menghasilkan ribuan $$ per bulan ternyata dia dengan sangat pelit sebisa mungkin menghindari tagihan pemakaian bandwidth yang sudah seharusnya dia bayar. coba tengok situsnya dan anda akan melihat semua image tersumber dari http://loop.phpwebhosting.com/~none/images/uploads/nama.file.disini
    cara licik ini ternyata sangat ampuh menanggulangi masalah charge $$ untuk pemakaian bandwidth (ya..dulu mr cosa ini pernah ditutup situsnya oleh phpwebhosting) dengan alasan CPU resources dan bandwidth yang konsumtif)

    Dengan cara link images ke http://loop.phpwebhosting.com/~none/images/uploads/nama.file.disini, otomatis akan mengelabuhi server phpwebhosting yang justru akan merecord pemakaian bandwidth tsb untuk account http://loop.phpwebhosting.com/ instead of merecordnya di account cosa tersendiri.

    Ini sudah terlihat jelas illegal dan termasuk illegal activities dan tampaknya google support adsense untuk website yang illegal??? Wallahualam..

  17. Pingback: budiwijaya.or.id
  18. saya dapat artikel google adsense dengan nama : adsense.pdf tp saya lupa passwordnya, mohon beritahu passwordny..
    thanks

  19. Cosa, nama yang mulai populer.
    Salut ….
    Tetap semangat.
    Anda tidak sendiri, sekarang mulai banyak internet marketer Indonesia yang punya penghasilan dari Adsense.
    Bahkan salah satu dedengkot IM yg cukup fenomenal, Anne Ahira, suka atau tidak suka, katanya penghasilan dari Adsense saja lebih dari $10.000 / bulan.

  20. halo rekan adsense semuanya.. ada berita menarik nih.. seorang teman saya bisa membantu masalah anda yang kesulitan mencairkan cek GA , hanya butuh 1 hari cek anda langsung cair.. nggak perlu punya rekening di bank, tinggal serahkan cek foto kopi ktp, tanda tangan , jrenggggggggggggg keluar duit.. barusan kemarin ada yang transaksi 500 dollar,
    bagi yang berminat.. silahkan , cuma ada sedikit potongan.. maklum kita pake jasa..
    saya yakin pasti nggak mahal… yang berminat silahkan hubunggi 0361 7882017 dengan ketut.. atau sms di 08179424237..
    info lebih lanjut
    semoga bisa membantu para adsense:)>-

  21. Daripada sibuk ngomel dan bergunjing, lebih baik sibukkan diri menciptakan karya yang bermanfaat. Jika dalam anggapan anda sesuatu itu tidak baik, ya anda jangan lakukan…

    Berkarya yuuuukkkk..
    Stop mengunjing…
    Apalagi yang mengunjing belum tentu lebih baik dari yang digunjung.
    :d

  22. whuaa….
    $4000 yak!

    tapi masuk akal juga siy,
    kalo dilihat layout adsense jaringan cosa, sangat eye-cathing (left corner principal, human habits, kalo baca kan dari kiri ke kanan tuh, maka yg pasti kebaca/terlihat dahulu adalah sebelah kiri atas website), selain itu teknik pewarnaan dan tampilan google adsense link juga sangat rapi (disamarkan dengan sangat baik) jadi pengunjung ga merasa klik link iklan, tapi dikira sebagai link dari website yg bersangkutan.

    tp itu smua, ga akan berhasil tanpa konten yg terupdate dengan baik.

    om google love to index updated site. artinya bakal banyak link website cosa yg disimpen di list google.

    brarti… tambah lagi dong jumlah digit adsensenya ;)

    whuaaaa!!
    Nice Work Cosa! :d

  23. pada ngomong apa kiye ya, inyong don’t andersten babar blas (:(:(, sapa sing arep ngajarin inyong! patang ewu dolar mbok??? akeh tenan!!!!$-)

  24. bener juga tuh…susah banget si adsense muncul. :-w
    Media Partner-nya si adsense kalo blognya pake bahasa indonesia susah amat keluarnya, tapi kalo blognya pake bahasa inggris….weeeerrr….diobral tuh iklan.
    intinya sih memang masih sedikit advertiser indonesia yang mo nampang di google…belum pada tertarik kali ya. [-(

  25. Saya baru sadar kalo ternyata banyak juga orang indo yang join adsense. Saya sudah join sejak awal tahun 2005, hingga saat ini, pendapatan saya perbulan dari adsense sekitar $40 – $50 (saya tidak bisa memberi angka pastinya karena itu akan melanggar google TOS). Cuma yang pasti, semua butuh waktu.

  26. Google Adsense kan cuma urusan kita bantu si Gogel nyebarin iklan, macam abg nyebarin brosur kredit motor atau pengobatan alternatif di setiap perempatan lampu merah. Kita kritis apa bingung yah? :d

    By the way dengan 4000 dolar Cosa bisa tenang nyiapin blog lainnya. Bisa ngga kita bikin blog yang ok, update, tapi juga Googel adsense banget gitu loooh.

    See you all : www.*********.com

  27. wah hebat tuh mas cosa, kalau gak salah sekarang yang lagi mimpin adsense adsense-id ya???????

    wah bisa ditiru tuh…… dan selamat deh pokoknya buat yang sudah berhasil memperoleh penghasilan dari google adsense

  28. haha.. lah mas priyadinya sendiri koq pasang google adsense juga.. \:d/ kalo gak sesukses mas costanya udah mas, gak usah mencak mencak.. haha

  29. ….tempoh ini ik bole dapet 30 dollar searie boeng :P, bikin ik poenja idoep lebi idoep itoe…..blon sebanja funponsel itoe boeng, aken tapi loemajanla…sekitar 900 USD/boelan….lebi bessar dari ik poenja oepa sebagih boeroeh nista…..

  30. :)>-Hebat Oey……….tapi bener, aq lum tau pa itu legal pa ga? Tapi yang jelas Information Is Power tu aq percaya, Bravo Mas Priyadi.jangan lupa beramal ke korban Bencana alam yach………..

  31. Masih lugu neh soal adsense …. om priyadi… aku ada blog di http://adsense.blog.m3-access.com sama beasiswa.blog.m3-access.com tolong di review yach … biar kayak om Cosa …..:) sekalian minta ijin kopi artikel di web nya om priyadi ….. siapa tahu bisa ikutan sukses kayak om pri dan om cosa:) ..thanks … viva for adsense indonesia :)

  32. Alhamdlah gue udah bisa pake adsense di web sites gue
    baru 4 hari udah 26$
    lumayan …

    untuk menyedot traffic tdk perlu pake sex to?
    ada banyak bung !
    be creative . . .
    hari gini internet = sex ??? kuno mannn

  33. Salut deh buat Boss gue yg satu ini, Emang dia no.1 utk urusan ini.Tapi jgn lupa Boss kapan nih ane di traktir.. Kok diem2 aje ??? Selamat deh Boss sdh sukses…Mudah2an gue & teman2 lain nyusul sukses kayak ente yee..

    Regards

  34. Mas Priyadi yang terhormat, saya mau tanya buku apa saja yang telah anda pelajari untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense?, dan software apa saja yang anda gunakan?. terimakasih.

  35. Hallo mas priyadi. Mas Saya gafaruddin di surabaya. Mas tolong jelaskan secara detail apa yang harus saya lakukan selanjutnya jika say sudah melakukan proses registrasi google adsense. Tolong ya mas.

    Terima kasih.

    Salam kenal

    La Ode Muhammad Gafaruddin.

  36. Tentang keberhasilan Om Cosa pun Anne Ahira, memang kalau kita meniru dia kenapa ya? Gue gak habih pikir dengan kata2 sok pintar yang bilang Anne ‘Menipuh’ Ahira; nanti juga muncul Cosa ‘Menipuh’ Aranda. Mendingan kita ngaca & meniru saja deh. Sejarah Indonesia ini sudah dipenuhi dengan cemooh-mencemooh. Muncul lagi yang demikian. Saya salut dengan Bung Pri yang harusnya netral. Ocre.

  37. #86: sebenernya sih anne ahira memang benar pernah ‘menipuh’. silakan search di blog ini. cuma ya sekarang saya gak begitu tau lagi ‘sepak terjangnya’

  38. Mas…aku baru nih di adsense bantu aku dong ajarin gmana caranya ngasilin uang dari adsense..please……bagi2 ilmunya:((

  39. mas dalam beberapa waktu kedepan, saya berencana membuka acc di google adsense tapi saya cek format pendaftarannya, alamat yang tersedia tidak da negara indonesia.sedangkan yang saya tau paymennya dibayar melalui pengiriman cek ke alamat yang kita daftarkan.jika saya berdomisili di indonesia tapi ingin membuka acc di google adsense, bagaimana mengatasinya?terima kasih

  40. Saya bisa smpi ke sini dari cosaaranda.com. kalao saya bandingkan dengan blog2 lainnya Saya kurang simpatik dengan gaya menulis anda yang mencerminkan gaya penulisan koboy Texas. Sangat kurang sopan, dan artikel2 anda terlalu pedas. Kasihan kenapa BAPAK anda TIDAK PERNAH MENGAJARKAN SOPAN SANTUN KEPADA ANDA. Menyedihkan

  41. Om… cosa bukan 4000/month itu dulu..dia sekarang dah lebih dari 4 ato 5 digit…
    Cosa pantas diacungi jempol karena mendapatkannya hasil bermain Fair..alias tidak melanggar TOS dan gw banyak belajar dari beliau…:)>-
    Dan yg gue lebih salutkan dia bisa berbagi tentang pengetahuannya secara gratis….di cosaaranda.com
    semoga sukses terus bung cosa..

  42. aku udah 4 bulan baru dapet 1 dolar…..:((:((:((:(( gimana to biar dapet banyak….eh aku harus join dimana biar tahu banyak ttg adsense..maturnuwun mas pri

  43. Salut dg Cosa. Di dunia maya ini memang kreatifitas yang menjadi kunci.
    salut jg dg mas pri
    meski dg penghasilan adsense nggak ada apa2nya dari cosa, tapi khan bukan itu tujuan utama mas pri ngeblog kan. saya jg gak ngeliat mas pri ini ngiri, mencak2, atawa gak sopan. keep spirit mas
    kalo soal cosa saya gak tahu, tapi kalo soal MLM saya pernah punya pengalaman pahit

  44. Kalau mau konsultasi adsense jangan disini, saya pikir Mas Priyadi tidak terlalu mendalami adsense , menulis buat hobi saja.

    Buat yang mau belajar adsense bisa buka http://www.cosaaranda.com atau join di forum http://www.adsense-id.com

    Om Cosa tuh orangnya seneng bisa ngajari,gratis lagi (ngga kayak Anne Ahira).
    Yang sinis/ngejelekin Om Cosa berarti belum tahu Om Cosa , cuma sirik saja

  45. menurutku, earning adsense is absolutely creative, halal, patut diacungin jempol :d/
    jgn liat dari sisi negativenya, nun jaoh di negri lain, banyak publisher2 around the world yg mbahas how to earn adsense at most! liat saja di http://www.googlecommunity.com/

    dengan berpartisipasi di adsense, qt orang indonesia, bangga, cos secara semangat, level kepinteran, hampir bisa diSAMAKAN sama orang bule2. bangga donk…. :d apalagi adsense means bring dollar to our country (devisa Bo!)

    unlike adsense, how bule will think of other businesses done by indonesian people, such as TKW (exporting women?), classic story of never last-corruption by yg terhormat para pejabat, etc? I think u all agree these doings are worse than bull shit!!!

    so on cosa’s case!, let’s take his positive spirit, without goverment fund help, HE can make it! n im sure other few indonesians will earn even more than cosa story in future! G’Luck :)>-

  46. halah.. penipuan.. ga mungkin dia ngasili 4000$/mo dari webnya.. bullshit! wtf lo cuma mau promosi affiliate lo doang kan? tuh indoglobal.com
    pake ngarang2 cerita segala. I have check it out dude. here is the numbers.
    Total Clicks/Day: 0.02 – 0.14 Avg. Ad Position: 18.0
    Avg. Cost/Click: $0.05 – $1.83 Avg. Ad Competitors: 21.0
    Avg. Clicks/Day: 0.02 – 0.14 Avg. Ad Percentile: 14.29 % +0.14 (0.00 %)

    angka ga bisa boong. Klo lo mo dapet duit dari adsense ato affiliate. Ga usa pake ngarang cerita dong. Buat yg bener. Artikel yg bermutu. Oke! G hargai usaha lo. Cuman masi kurang dari memuaskan.

  47. -saya barusan ikutan kursus blog dan google adsense. niat semula emang khusus buat blog, tapi ujung-ujungnya,kursus ditekankan pada adsense.

    sampai kapan adsense mampu bertahan?

  48. Yang penting tidak merugikan orang laen, iya toh!??
    Google Adsense tidak merugikan elo2 yang mengklik ads. Kalo elo kaya, gue seneng (bagi2 donk ato ajakin makan).
    Adsense punya pengaruh lho. Kita diajar untuk membuat situs yg bagus, dari sisi seo maupun pagerank. Semakin banyak situs dari Indo menunjukkan kita mempunyai SDM yang berkualitas untuk menjadi webmaster dan berbobot dibanding negara berkembang lainnya.
    Karena adsense juga, gw register http://www.perkara.com bulan lalu. Tapi nulis bahasa Inggrisnya yg sulit jadi gw pengen jual aja :D
    Adsense gw cabut dari situs perkara dan pindahin ke situs yg laen.
    Belajar Adsense sangat bagus, jangan kecewa dolo, tambah terus artikelnya, dan usahakan pake/beli situs pribadi bukan dari blogspot atau sejenisnya.
    Gw awam di Adsense tapi yang pasti Adsense memberikan pengaruh yang besar bagi “ilmu disain situs”

  49. Aku setuju dg temen2 yg bilang cosa emang baek, coz bnyk bgt valuable information yg bisa didapet di cosaaranda.com, mending daripada kita mendiskreditkan seseorang (walau dg cara implisit sekalipun) lebih baek kita belajar dari mereka2 yg terbukti udah sukses n gak pelit ilmu, ambil yg baek n buang yg buruk. Ikut berbahagia dg kesuksesan orang chan bagus, pa lagi sukses adsensya cosa nggak ngelanggar TOS.

    NB: Mas Pri, setauku TOS di adsense ngelarang kita pasang adsnse di situs dg Primary Content bhs Indo (kec adsense4 search). Ngelanggar TOS tuh mas! Thx!

  50. Blog/Situs yang ada adsense-nya suck?

    Kalau saya sih, mendingan baca blog berkwalitas dengan non-obstrutive ads dibandingkan mengunjungi “me-me” blog/situs, blog diary, yang isinya cuma pengalaman pribadi sehari-hari, who care, who do you think you are…..? hehe….

    Kalau yang bisa kasi “jawaban” atas masalah yang kita hadapi kebetulan blog/situs yang ada adsense-nya, why not?, dengan senang hati saya click adsense-nya, hitung2 say thank you sudah solving my problem.

    Tapi kalo garbage content + obstrutive ads, apalagi isinya hypes (yang dibesar2kan) soal big income through internet doang, no thanks la.

    Solve other’s problem, we will give credit you deserve for with big smile! that is my 2 cents!

    Cheers :-)

  51. Seru banget diskusinya.

    Apa pun bentuknya, bisnis internet semakin booming di Indonesia. Perlu bersiap-siap dari sekarang.

    Trims, banyak info bermanfaat dari blog ini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *