15 December 2005

Tanggapan Terhadap Pernyataan Roy Suryo di Hotel Aryaduta

Posted under: at 18:03

Kemarin memang bukan hari ini. Jika dua hari yang lalu saya dituduh turut serta menyebarkan foto-foto hasil modifikasi oleh Herman Saksono, maka kemarin tuduhan sudah berubah. Kali ini yang dituduhkan adalah menuduh SBY melakukan tindak kejahatan. Berikut adalah kutipan artikel Koran Tempo yang berjudul Blogger Disangka Menghina Presiden.

Roy juga mengungkapkan, blogger lainnya, Priyadi, hari itu diundang khusus oleh tim dari Departemen Komunikasi dan Informatika dan Unit Kejahatan di Internet Kepolisian Jakarta. Priyadi menulis soal pesan singkat (SMS) massal dari Yudhoyono yang, menurut dia, adalah spam. “Kalau di luar negeri spamming itu adalah tindak kejahatan,” katanya.

Pertama, yang mengundang saya adalah Judith MS Lubis, bukan Depkominfo atau Unit Kejahatan Internet Polda Metro Jaya. Kemudian, wakil kepolisian yang datang hanyalah satu orang, tidak mengatasnamakan unit apapun dan bahkan menolak untuk publikasikan. Kedua, pertemuan kemarin sama sekali tidak membahas perihal pesan singkat masal dari SBY. Silakan baca tulisan saya sebelumnya tentang diskusi tersebut.

Dari wartawan yang lain, saya mengetahui bahwa informasi tersebut disampaikan Roy Suryo setelah bertugas sebagai moderator pada sebuah acara di Hotel Aryaduta, kurang lebih bersamaan dengan pelaksanaan diskusi yang saya hadiri.

Mengenai pesan singkat masal yang dituduhkan Roy Suryo, kemungkinan besar merujuk kepada dua buah tulisan saya:

Di dalam kedua tulisan tersebut saya mengkritik pemerintah yang menggunakan media pesan singkat (SMS) sebagai alat untuk menyampaikan pesan secara masal. Untuk penjelasan yang lebih mendetail silakan baca kedua tulisan saya tersebut. Saya yakin tidak ada yang salah dengan kedua tulisan tersebut. Rasanya sebuah hal yang wajar bagi saya atau siapapun untuk mengkritisi pemerintah.

Dari wartawan, saya juga mengetahui bahwa Roy Suryo juga menuduh saya sebagai pemilik situs Roy Suryo Watch. Hal ini tidak benar. Pemilik situs Roy Suryo Watch adalah seseorang anonim yang memiliki alamat email di rswatch(a)gmail.com.

Demikian klarifikasi dari saya, semoga dapat menjadi pembelajaran untuk pihak-pihak yang terkait untuk tidak dengan terlalu mudah percaya dengan pernyataan-pernyataan dari Roy Suryo di masa yang akan datang.

86 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!