22 February 2006

Google yang Cerdik

Posted under: at 23:05

Gmail-talk

Google memang pintar, mereka adalah yang pertama kali meluncurkan mesin pencari dengan algoritma yang memadai, mereka adalah yang pertama kali memopulerkan layanan email berbasis AJAX. Tapi, selain pintar mereka juga cerdik.

Di saat penyedia layanan email gratis lain sedang mengalami masalah besar dalam menangani penyalahgunaan, Google meluncurkan Gmail dengan sistem undangan. Sistem undangan ini sangat efektif mencegah pendaftaran akun baru secara otomatis dalam jumlah banyak yang kerap kali dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu sistem undangan juga berfungsi untuk menaikan gengsi akun Gmail di saat-saat awal peluncurannya, hal ini menyebabkan semua orang di Internet membicarakan Gmail secara terus menerus. Dan yang paling penting, dengan sistem undangan, Google juga dapat mengatur jumlah permintaan terhadap kapasitas yang tersedia.

Pada bulan Agustus, Google meluncurkan layanan GoogleTalk. Tidak seperti Gmail, layanan ini tidak populer. Sebuah layanan komunikasi bernilai lebih tinggi jika jumlah penggunanya semakin banyak. Karena pengguna GoogleTalk relatif sedikit jika dibandingkan layanan serupa dari Yahoo! atau MSN, maka GoogleTalk bernilai lebih rendah di mata pengguna. Hal inilah yang membuat GoogleTalk tidak populer. Tentunya ini adalah masalah ayam dan telur yang perlu dipecahkan oleh Google. Di satu sisi Google ingin lebih banyak orang yang menggunakan layanan ini, tetapi di sisi lain pengguna lebih memilih layanan yang sudah lebih dahulu populer. Dan tidak seperti email, pengguna GoogleTalk tidak dapat bebas berkomunikasi dengan pengguna Yahoo! dan MSN Messenger.

Untuk mengatasi hal ini, Google melakukan dua hal: membuat GmailTalk, dan membuka federasi XMPP.

GmailTalk adalah layanan GoogleTalk di dalam Gmail. Kini dengan login ke Gmail, maka secara otomatis kita juga login ke GoogleTalk. Akibatnya, kini seluruh pengguna Gmail adalah pengguna GoogleTalk yang aktif. Tak hanya itu, jika anda pernah mengirim dan menerima email dari seseorang, maka orang tersebut akan secara otomatis dimasukkan kedalam daftar kontak GoogleTalk.

Dengan membuka keran federasi protokol XMPP, maka pengguna GoogleTalk kini dapat berkomunikasi dengan pengguna lain pada jaringan Jabber. Sebagai contoh, akun XMPP saya priyadi@priyadi.net kini dapat berkomunikasi dengan pengguna GoogleTalk dan juga sebaliknya.

Pengguna GoogleTalk yang cerdik bahkan juga dapat memanfaatkan situasi ini untuk berkomunikasi dengan pengguna Yahoo!, MSN dan jaringan IM lainnya! Secara teknis, mungkin Google memiliki kemampuan untuk secara sepihak menghubungkan jaringan IM GoogleTalk dengan jaringan IM lainnya, tetapi jika Google sendiri yang melakukannya, maka hal tersebut akan membutuhkan proses negosiasi yang cukup rumit. Dengan federasi XMPP, maka pengguna GoogleTalk dapat menggunakan layanan transport yang disediakan oleh pihak ketiga dan berkomunikasi dengan pengguna IM pada jaringan lain.

Mungkin kini GoogleTalk (dan tentunya juga Jabber) sudah bisa dianggap sebagai layanan IM yang bisa disejajarkan dengan layanan yang sudah terlebih dahulu populer seperti MSN Messenger, Yahoo! Messenger dan AOL Instant Messenger.

Oh ya, saya suka sekali dengan emoticon GmailTalk: X-( B-) ??? :( =D =) :( :D <3 :(|) :-D :-) \m/ :-o :-/ :) :-| :P ;^) ;-) ;)

77 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!