6 March 2006

Ambiguitas Istilah ‘Hacker’

Posted under: at 14:00

Beberapa bulan yang lalu seorang teman yang tidak begitu mengerti teknologi informasi ‘terpesona’ melihat ‘keahlian’ saya. Sebenarnya saya tidak merasa melakukan sesuatu yang hebat, saya cuma membersihkan virus Brontok dari USB flash drive dengan cara yang tidak lazim menurut sudut pandangnya. Waktu itu saya membersihkan virus tersebut dengan menghapus berkas-berkas berukuran tertentu yang memiliki MD5sum tertentu. Saya tidak ambil pusing dengan varian keberapa atau jenis apa dari virus tersebut, yang jelas flash drive teman saya itu dipenuhi berkas-berkas dengan karakteristik tersebut. Intinya, tidak ada yang ‘hebat’ dengan apa yang saya lakukan.

Karena ‘kagum’ dengan cara saya membersihkan virus, teman saya ini kemudian mengatakan “Kamu pasti hacker, pasti kamu juga jagoan membobol jaringan komputer dan sehari-harinya mungkin itu kerjaan kamu” (kira-kira seperti itu), tentunya definisi ‘hacker’ menurut dia berbeda dengan definisi saya. Saya cuma bisa tertawa dan meluruskan bahwa saya ‘orang baik-baik’ dan yang saya lakukan salah satunya justru sebaliknya: melindungi sistem dari ‘hacker’ seperti yang dia bilang.

Saya tidak tahu persis apa yang menyebabkan teman saya mengatakan saya sebagai ‘hacker’ dalam arti negatif.

Dalam cerita pop seringkali tokoh-tokoh protagonis dapat melakukan hal-hal yang merusak atas nama kebaikan. Keanu Reeves pada trilogi The Matrix sudah biasa melakukan ‘pembunuhan masal’. Menurut cerita, pembunuhan masal tersebut bisa dibenarkan karena orang-orang tersebut hanyalah bagian dari ‘sistem’. Nicolas Cage pada Gone in 60 Seconds mencuri mobil karena diancam oleh seseorang. Tetapi di luar film tersebut rasanya sudah lumrah orang berpendapat kalau mencuri mobil dan membunuh adalah pekerjaan yang tidak baik. Tapi mengapa tidak sedikit yang berpendapat bahwa yang dilakukan Sandra Bullock dalam The Net bukanlah sesuatu yang tidak baik jika dilakukan di dunia nyata?

Lebih parah lagi, media ternama seperti Discovery Channel bahkan menyejajarkan para kriminal dengan tokoh-tokoh IT. Mereka merasa perlu menyejajarkan para kriminal seperti Kevin Mitnick dan Vladimir Levin dengan tokoh-tokoh seperti Linus Torvalds dan Richard Stallman! Hal-hal seperti ini yang menyebabkan sebagian pengguna Internet seperti salah memilih panutan.

Mungkin kondisi seperti ini diciptakan akibat ambiguitas istilah ‘Hacker’ sendiri. Para kriminal Internet selalu memaksa untuk menyebut diri mereka ‘hacker’. Sedangkan di sisi lain, istilah ‘hacker’ juga memiliki arti yang positif. Akhirnya, media massa kebingungan dan mencampuradukkan kedua arti tersebut. Sayangnya, arti yang negatif lebih umum digunakan pada media massa ketimbang arti positifnya.

Menggunakan istilah ‘hacker’ atau ‘cracker’ jaman sekarang sering menjadi tidak praktis. Tidak jarang saya perlu menjelaskan apa definisi ‘hacker’ yang saya maksud. Jika tidak, lawan bicara bisa salah mengerti. Karena itu saya kini lebih suka menggunakan istilah dalam Bahasa Indonesia yang tidak ambigu. Saya lebih suka menamai orang-orang yang membobol jaringan orang lain sebagai ‘pembobol’, ‘penjahat Internet’ atau ‘kriminal Internet’. Sedangkan orang-orang seperti Linus Torvalds atau Richard Stallman adalah ‘pemrogram mahir’. Sederhana, lugas, dan pesan tersampaikan tanpa perlu penjelasan lebih lanjut tentang definisi.

Jika lebih banyak orang Indonesia yang menghindari penggunaan istilah ‘hacker’, rasanya tidak akan banyak yang salah memilih panutan.

99 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!