25 May 2006

Bandung Lautan Sampah

Posted under: at 11:16

Sekitar satu setengah bulan yang lalu mengunjungi Kota Bandung, sampah memang sudah terlihat menggunung pada tempat-tempat yang saya perhatikan: Pasar Cikudapateuh dan depan Kebun Binatang. Walaupun demikian hal tersebut masih bisa ditolerir karena menurut pikiran saya sampah-sampah tersebut masih bisa dikosongkan hanya dengan 2-3 kali angkutan truk sampah.

Tetapi ketika mengunjungi Bandung beberapa hari yang lalu, saya menyaksikan hal-hal yang belum pernah saya saksikan sebelumnya:

  • Tumpukan sampah di depan Pasar Sederhana dan Kebun Binatang mencapai ketinggian sekitar 4-5 meter dan menutupi setengah badan jalan sehingga mobil tidak bisa lewat jika ada mobil lain dari arah yang berlawanan.
  • Di depan Pasar Simpang Dago, sampah menjadi ‘hiasan’ pembatas jalan.
  • Ketika saya datang, sampah memenuhi badan jalan Cihampelas dan sekitar Pasar Suci. Pemda sepertinya memrioritaskan kedua tempat ini karena keesokan harinya sampah sudah nyaris tidak terlihat. Walaupun demikian ketika saya pulang, sampah sudah kembali terlihat menumpuk.

Pasar Sederhana:

Sampah Pasar Sederhana

Depan Kebun Binatang:

Tumpukan sampah di depan Kebun Binatang

Saya tidak tahu apakah masalah sampah ini sudah berhasil diatasi, tetapi mudah-mudahan dapat cepat diatasi untuk memenuhi motto Kota Bandung Bermartabat: Bersih, Makmur, Taat, Bersahabat. Sangat ironis setelah bersusah payah melewati timbunan sampah di Jalan Cihampelas, pengendara disuguhkan papan pengumuman motto Kota Bandung ini.

Bandung Bermartabat

93 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!