31 May 2006

B 8679 PB

Posted under: at 11:29

Ada sebuah surat berantai yang tersebar dari milis ke milis mengenai kelakuan ugal-ugalan pengemudi Honda CR-V di jalan tol. Contohnya bisa dilihat di blog Indra Pramana. Kelakuan pengemudi Honda CR-V tersebut sedemikian parahnya sampai merasa perlu untuk membalas dendam dengan keluar dan menendang serta menginjak-injak mobil ‘saingannya’ pada pintu tol keluar Cibubur.

Yang menarik, pengirim email menyertakan nomor polisi dari mobil CR-V tersebut. Nomornya adalah B 8679 PB.

Setelah membacanya, saya cek ke layanan SMS 1717 dari Polda Metro Jaya untuk mengecek kebenaran nomor polisi tersebut dengan perintah: ‘metro B8679PB’. Ternyata mobil dengan pelat nomor tersebut bukanlah CR-V. Berikut jawaban SMS dari layanan tersebut:

NOPOL:B8679PB
JENIS:MICRO/MINIBUS
MEREK:M.KUDA VA IW GLX 1.6
WARNA: UNGU METALIK
TAHUN:2000 SAH YAD: 16-08-2006
SNTK YAD: 16-08-2010

Jadi ada beberapa kemungkinan:

  • Penulis email salah mencatat nomor polisi.
  • Penulis email salah mengidentifikasi mobil. Bentuk dasar CR-V memang tidak jauh berbeda dengan Kuda, dan warnanya pun sama-sama gelap. Tetapi karena penulis email bisa mengidentifikasi tahun dan detail lain dari CR-V tersebut, maka saya tidak yakin kemungkinan ini yang terjadi.
  • CR-V tersebut menggunakan pelat nomor palsu.
  • Penulis email mengarang cerita ini, mungkin untuk membalas dendam terhadap pemilik nomor B 8679 PB.
  • Ada kesalahan di database Polda Metro jaya.

Yang jelas, email ini sedikit berbau fitnah, yang entah disengaja maupun tidak. Walaupun demikian kejadian seperti yang diceritakan bukan tidak mungkin terjadi di Indonesia. Contohnya adalah kasus rombongan pengendara Harley Davidson ugal-ugalan beberapa waktu yang lalu.

Tambahan: ternyata nomor polisi yang mungkin dimaksud si penulis email adalah B 8679 BP, bukan B 8679 PB (informasi dari Eko Juniarto).

75 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!