3 June 2006

Ramalan-Ramalan Picisan

Posted under: at 09:42

Orang kita memang suka meramal-ramal. Dulu Mama Loren meramal bahwa pada 2005, Krakatau atau Merapi akan meletus dan menyebabkan tsunami di Jawa Tengah. Tanpa menunggu 2005 selesai pun, yang lulus mata pelajaran geografi pasti tahu kalau Krakatau tidak akan menyebabkan tsunami di Jawa Tengah, dan letusan Merapi tidak akan menyebabkan tsunami karena letaknya yang tidak di laut.

Sekarang giliran Permadi, katanya Jakarta akan dihantam bencana besar yang katanya akan lebih besar daripada bencana di Aceh atau Yogyakarta. Tak ketinggalan, Permadi bahkan juga sempat-sempatnya menyisipkan pesan bermuatan politik:

Seluruh maksiat, menurut Permadi, ada di Jakarta. Dia mencontohkan, penyelewengan yang dilakukan pejabat, korupsi seperti BLBI. “Belum lagi monorel yang merusak lingkungan, busway yang nggak ada aturan. Memangnya alam ini akan diam saja,” protes dia

Entah apa hubungan antara monorel, busway dengan bencana alam. Yang jelas pernyataan ini tetap menghebohkan media massa.

Guruh Soekarnoputra pun tidak mau ketinggalan mengait-ngaitkan bencana dengan hal-hal lain. Katanya, bencana Aceh dan Yogyakarta terjadi karena Bangsa Indonesia kurang menghayati Pancasila.

Dampak belum dihayatinya Pancasila, yaitu kebobrokan moral, berdampak pada manusia, alam, dan lingkungan. Alam murka akibat perilaku manusia tak ramah lingkungan. Bencana alam kecil sampai besar terus terjadi, dari Aceh hingga Yogyakarta. Sebagian orang religius menganggap ini adalah pertanda azab. Orang spiritual menyebut ini karma karena ada sebab-akibat.

Apa hubungan Pancasila dan Gempa? Mungkin karena keduanya berakhir dengan huruf ‘A’ atau ‘gempa’ terdiri dari lima huruf, sesuai dengan Pancasila? Entahlah.

Daripada orang-orang ini bicara tentang bencana yang tidak jelas tujuannya, mungkin lebih baik mereka meramal atau mengait-ngaitkan sebab akibat pada acara Piala Dunia 2006. Tidak akan ada yang heran atau tersinggung jika mereka bilang Belanda akan menang melawan Argentina karena korupsi yang terjadi di Argentina, atau Indonesia tidak masuk Piala Dunia karena tidak cukup menghayati Pancasila.

114 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!