5 June 2006

Dompet Amal Yang Tidak Simpatik

Posted under: at 08:30

Menurut saya wajar (dan sangat mulia) jika ada aktivis yang mencoba menggalang dana untuk membantu rekan-rekan yang tertimpa musibah di Yogyakarta. Tetapi yang disayangkan ada pula aksi serupa yang sama sekali tidak simpatik :(.

Ketika melaju ke arah Jakarta di Jalan Margonda, setelah Mal Depok, ada sekelompok orang dengan seragam loreng oranye hitam mencoba untuk mengumpulkan dana untuk korban bencana Yogyakarta. Aksi ini menimbulkan kemacetan yang cukup panjang, dan setelah dekat dengan lokasi mereka, saya bisa mendengar salah satu dari mereka ‘berceramah’ kira-kira seperti ini:

“Ayo sumbangkan uang untuk korban gempa Yogya. Bohong kalau punya mobil gak bisa nyumbang 1000-2000 rupiah. Masa punya mobil gak nyumbang sama sekali!? Ingat dong penderitaan korban gempa di Yogya.

Orang-orang ini mungkin tidak tahu kalau bukan cuma mereka yang menggalang dana untuk korban gempa. Pada jaman modern ini orang bisa menyumbang lewat transfer bank dan kalau cuma 1000-2000 rupiah bahkan bisa melalui SMS. Dan semoga saja yang dilakukan oleh orang-orang ini bukan aksi cari duit yang mengatasnamakan dompet amal. Satu hal yang pasti, saya tidak akan menyumbang melalui mereka.

53 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!