15 June 2006

AC Pembunuh Virus Flu Burung

Posted under: at 12:33

Akhir-akhir ini di televisi cukup sering ditayangkan iklan sebuah produk AC dari LG Electronics yang diklaim bisa membunuh virus flu burung. Selain LG, Sharp juga memiliki produk serupa.

Bagi LG, semuanya dimulai dari Kimchi. Kimchi adalah makanan tradisional Korea. Orang Korea sangat fanatik pada makanan ini, mereka makan 30 kg Kimchi setiap tahunnya dan bilang ‘kimchiiiii’ dan bukan ‘cheeeeeese’ ketika berpose di depan kamera. Mereka sepakat bahwa Kimchi adalah syarat untuk bisa hidup sehat dan awet muda. Mereka juga percaya bahwa Kimchi memiliki khasiat yang menyebabkan virus SARS tidak merebak di Korea. Orang Korea menganggap Kimchi sebagai kebanggaan nasional, sampai-sampai pemerintah Korea Selatan memberikan dana khusus untuk keperluan riset terhadap makanan ini.

Health Magazine pernah menobatkan Kimchi sebagai salah satu makanan tersehat di dunia di samping yogurt, minyak zaitun, lentil dan kacang kedelai. Tetapi, di sisi lain ada juga penelitian yang mengatakan bahwa banyak makan Kimchi bisa menyebabkan kanker perut. Penelitian yang terakhir ini sangat tidak populer di Korea.

Apa hubungannya dengan flu burung? Para peneliti di Universitas Nasional Seoul membuat percobaan dengan memberi Kimchi ke 13 ayam yang terinfeksi flu burung, dan hasilnya 11 dari 13 ayam tersebut tetap hidup satu minggu kemudian. Percobaan ini belum pernah dibuktikan secara ilmiah apakah memang Kimchi yang menyebabkan hal tersebut, apa zat pada Kimchi yang menyebabkan hal tersebut atau apakah efeknya akan sama pada manusia. Walaupun demikian, media massa cepat menyebarkan kabar tersebut. Akibatnya, penjualan Kimchi dan makanan-makanan sejenisnya di seluruh dunia meningkat sangat tajam.

Akhirnya LG membuat AC yang dilengkapi dengan filter yang terbuat dari enzim yang ada pada Kimchi. Banyak yang berpendapat bahwa LG terlalu cepat memasarkan produk ini sebelum ditemukan adanya bukti ilmiah. Bahkan dalam press release-nya LG pun mengakui bahwa masih sedikit bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Hal ini tidak menghentikan LG untuk memasarkan produk tersebut dan seperti yang kita lihat melakukan promosi besar-besaran.

Berbeda dengan LG, Sharp mempublikasikan hasil penelitian yang sangat meyakinkan yang dilakukan oleh pihak yang berkompeten. Walaupun demikian, masih ada yang tidak puas terhadap penelitian yang dilakukan oleh lembaga independen yang bekerja sama dengan Sharp tersebut. Saya juga tidak dapat menemukan adanya penelitian independen terhadap klaim ini. Tetapi tentunya yang dilakukan Sharp masih jauh lebih baik daripada LG.

Jadi, membunuh virus flu burung atau tidak? Sepertinya hanya satu hal yang sudah bisa dipastikan: produsen-produsen AC ini akan mendapatkan keuntungan banyak dari kepanikan masyarakat akan bahaya penularan virus flu burung.

68 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!