23 June 2006

Inggris yang Membingungkan

Posted under: at 04:22

British Isles

Ini sebagian sudah dibahas oleh mbak Rani pada artikelnya Great Britain, United Kingdom, and England, tapi karena masih ada beberapa hal yang menggantung maka saya coba bahas lagi. Kepulauan Inggris terdiri dari beberapa kesatuan politik yang masing-masing saling berhubungan membentuk kesatuan politik lainnya:

England dan Wales membentuk satu kesatuan politik yang bernama England and Wales karena keduanya memiliki sistem hukum yang sama.

Great Britain adalah sebuah pulau yang terdiri dari kesatuan-kesatuan politik England, Wales, dan Scotland. Secara politik, pulau-pulau kecil di sekitarnya juga termasuk dalam Great Britain.

Pulau Irlandia adalah pulau besar lainnya selain Great Britain. Pulau ini terbagi menjadi dua kesatuan politik: Republic of Ireland dan Northern Ireland.

United Kingdom adalah sebuah negara yang terdiri dari negara-negara dalam pulau Great Britain: England, Wales, dan Scotland; dan ditambah dengan Northern Ireland. Nama lengkapnya adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Dari seluruh kesatuan politik ini, yang diakui sebagai negara tersendiri adalah United Kingdom dan Republic of Ireland.

Selain itu ada Isle of Man dan Channel Islands. Keduanya bukanlah bagian dari United Kingdom, tetapi merupakan otonomi dari Monarki Inggris.

Di luar Kepulauan Inggris, United Kingdom memiliki 14 teritori di berbagai belahan dunia:

United Kingdom mengakui Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara. Selain United Kingdom, ada 15 negara lain yang mengakui Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara:

Status Politik

Yang menjadi anggota Uni Eropa dan PBB adalah United Kingdom dan Republic of Ireland. Sehingga di antara seluruh Kepulauan Inggris, yang bukan bagian dari Uni Eropa dan PBB adalah Isle of Man dan Channel Islands.

Tony Blair adalah Perdana Menteri dari United Kingdom.

London adalah ibukota dari United Kingdom dan juga England.

Setiap kesatuan politik dalam United Kingdom memiliki bendera masing-masing. Bendera United Kingdom adalah perpaduan dari bendera England, Northern Ireland dan Scotland. Bendera Wales tidak terwakili dalam bendera United Kingdom ini. Bendera United Kingdom adalah bagian dari bendera negara Australia, New Zealand, Tuvalu, Fiji dan beberapa bendera wilayah lainnya.

God Save The Queen adalah lagu kebangsaan dari United Kingdom, tetapi setiap kesatuan politik dari United Kingdom memiliki beberapa lagu kebangsaan masing-masing, resmi maupun tidak resmi.

Prince of Wales adalah gelar dari penerus tahta Monarki United Kingdom secara keseluruhan, bukan hanya Wales. Gelar ini sekarang dipegang oleh Pangeran Charles.

Partisipasi Dalam Turnamen Olahraga

Dalam sepakbola, England, Wales, Northern Ireland, Republic of Ireland dan Scotland memiliki tim sepakbola sendiri-sendiri yang berlaga di ajang Internasional. Tidak ada tim sepakbola United Kingdom atau Great Britain. Satu-satunya yang lolos ke Piala Dunia 2006 saat ini adalah tim sepakbola England. Tim ini menggunakan bendera England, tetapi menggunakan lagu kebangsaan “God Save The Queen” yang merupakan lagu kebangsaan United Kingdom. Seandainya tim sepakbola England dan Northern Ireland bertemu di turnamen Internasional, keduanya mungkin akan menggunakan lagu kebangsaan yang sama.

David Beckham, Darren Fletcher dan Ryan Giggs ketiganya memegang paspor United Kingdom. Tetapi dalam turnamen Piala Eropa misalnya, mereka membela tim yang berbeda.

Liga Inggris (English Football League) adalah liga sepakbola England. Wales memiliki liga sepakbola sendiri, tetapi tiga klub sepakbola di Wales, Cardiff City, Wrexham dan Swansea City bertanding di English Football League. Sebaliknya, satu klub di England, Berwick Rangers bermain di liga Scotland. Sedangkan satu klub di Northern Ireland, Derry City bermain di liga sepakbola Republic of Ireland. Klub-klub ini tidak akan dapat mengikuti kompetisi di Eropa walaupun seandainya mereka berprestasi di liganya masing-masing.

Dalam Rugby Union, tim Ireland mewakili Republic of Ireland dan Northern Ireland. Sedangkan England, Scotland dan Wales memiliki tim masing-masing. Sedangkan dalam Rugby League hanya ada satu tim nasional Great Britain yang mewakili seluruh United Kingdom.

Dalam kriket, tim kriket England mewakili England dan Wales. Tim kriket Ireland mewakili Republic of Ireland dan Northern Ireland. Sedangkan Scotland memiliki tim sendiri.

Dalam Olimpiade, yang berpartisipasi adalah Great Britain (mewakili seluruh United Kingdom) dan Republic of Ireland. Karena tidak ada tim sepakbola Great Britain atau United Kingdom, maka mereka tidak mengirimkan tim sepakbola ke ajang Olimpiade.

Dalam Bahasa Indonesia

Untuk menghindari kebingungan, di atas saya menggunakan istilah dalam Bahasa Inggris. Lalu bagaimana Bahasa Indonesianya? Berikut adalah jawaban menurut Wikipedia:

  • Great Britain: Pulau Britania Raya
  • United Kingdom: Britania Raya
  • England: Inggris
  • Northern Ireland: Irlandia Utara
  • Scotland: Skotlandia
  • Wales: Wales
  • Republic of Ireland: Republik Irlandia

Yang kurang pas barangkali adalah penggunaan istilah ‘Britania Raya’ untuk United Kingdom. ‘Britania’ adalah terjemahan dari Britain, sedangkan Northern Ireland bukan bagian dari Britain. Tapi saya tidak dapat menemukan istilah lain yang lebih tepat.

Selain itu, arti istilah ‘Inggris’ dalam bahasa sehari-hari bisa bermacam-macam tergantung konteksnya. ‘Inggris’ pada kalimat “Tony Blair adalah Perdana Menteri Inggris” tentunya berbeda dengan ‘Inggris’ pada “Wayne Rooney adalah pemain Inggris yang cengeng!” Walaupun mungkin kebanyakan orang tidak dapat menyadari perbedaannya.

104 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!