19 July 2006

Gempa Jawa dan Sumatera

Posted under: at 01:21

convergent plate boundary

Setelah gempa Samudera Hindia, gempa Laut Banda, gempa Sumatera dan gempa Yogyakarta, kini ada gempa di selatan Pulau Jawa.

Bencana-bencana tersebut diakibatkan oleh hal yang sama persis, yaitu pergerakan lempeng Indo-Australia ke arah lempeng Eurasia. Lempeng Indo-Australia ini bergerak ke bawah lempeng Eurasia. Sedangkan Pulau Jawa dan Sumatera berada di pinggiran lempeng Eurasia. Semua bencana gempa bumi ini terjadi secara berentetan karena gempa yang pertama melepaskan energi yang memberi beban ke titik-titik lainnya di pertemuan kedua lempeng.

Gerakan lempeng bumi

Bisa jadi aktivitas ini juga menyebabkan meletusnya Gunung Merapi. Bergeraknya lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia memberi tekanan yang besar kepada magma yang berada di bawah pinggiran lempeng Eurasia.

Artinya, tinggal di Pulau Jawa atau Pulau Sumatera memiliki konsekuensi bahwa kita akan selalu akrab dengan bencana. Penduduk di bagian selatan memiliki resiko terbesar karena mereka langsung berhadapan dengan pertemuan kedua lempeng. Walaupun demikian penduduk di utara tentunya masih memiliki resiko terkena gempa ataupun letusan gunung berapi.

Bencana alam ini adalah peristiwa alam yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Tidak perlu membuat kepanikan yang tidak perlu dengan menghubung-hubungkan bencana ini dengan hal-hal supranatural, membuat hoax dengan tujuan membuat kepanikan dengan sengaja atau hal-hal aneh lainnya.

Turut berduka cita bagi ratusan korban gempa bumi ini.

74 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!