23 July 2006

Kartu Debit Itu

Posted under: at 23:31

Kartu Mandiri

Pada suatu hari, istri saya hendak pergi berbelanja. Saya sendiri waktu itu tidak ikut, dan karena sedang membutuhkan uang tunai, maka saya titipkan kartu ATM supaya istri saya saja yang mengambil uang tunai. “Supaya tidak perlu keluar rumah lagi,” pikir saya.

Setelah sampai ke pusat perbelanjaan, istri saya segera berbelanja. Ketika melakukan pembayaran, seperti biasa istri saya melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit yang merangkap sebagai kartu ATM. Tetapi tanpa disadari, istri saya memberikan kartu milik saya yang saya titipkan tadi, dan bukan kartu debit miliknya sendiri.

Petugas kasir menerima kartu tersebut dan memasukkannya ke mesin pembaca kartu. Setelah mesin tersebut mencetak bukti pembayaran, dia menyerahkannya ke istri saya untuk ditandatangani (kartu debit ini memiliki otorisasi dengan tanda tangan, bukan PIN). Istri saya yang belum merasakan bahwa ada sesuatu yang salah kemudian menandatangani bukti pembayaran seperti biasanya dan menyerahkannya kembali. Petugas kasir kemudian menyerahkan satu lembar tanda bukti ke istri saya disertai ucapan “Terima kasih Bu Priyadi.”

Sambil membawa barang-barang belanjaan, istri saya baru berpikir, “Hmmm, darimana dia tahu kalau saya Bu Priyadi?” Akhirnya disadari kalau kartu yang digunakan untuk melakukan pembayaran adalah kartu yang salah.

Nah, ini jelas sangat salah sekali. Petugas kasir harusnya menolak jika tanda tangan yang dibubuhkan berbeda dengan yang ada di kartu. Kemudian, sama sekali tidak ada upaya dari istri saya untuk mengelabui petugas. Petugas sudah jelas-jelas menyadari kalau kartu tersebut tidak digunakan oleh pemiliknya yang sah, ditandai dengan ucapan “Terima kasih Bu Priyadi.” Kasus ini masih ringan karena yang ‘menyalahgunakan’ kartu saya adalah istri saya sendiri. Tapi bagaimana ceritanya seandainya kartu saya benar-benar dicuri?

105 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!