31 July 2006

Google AdSense atau Tidak?

Posted under: at 09:58

Pada akhir tahun yang lalu, Google memperkenalkan iklan AdSense yang ditujukan pada situs tertentu. Dengan program ini, pemasang iklan bisa memilih situs mana iklan akan ditampilkan. Selain itu, iklan AdSense kini dilengkapi dengan taut “Advertise on this site” atau dalam Bahasa Indonesia “Pasang iklan di situs ini” yang bisa diklik oleh pemasang iklan yang berminat memasang iklan AdSense pada situs yang bersangkutan.

Pemasang iklan AdSense pada umumnya memasang iklan secara CPC (membayar berdasarkan jumlah klik yang diterima iklan tersebut), sedangkan iklan AdSense situs tertentu ini bersistem CPI (membayar berdasarkan berapa kali iklan tersebut ditampilkan).

Saat ini pemilik situs tidak dapat mengetahui iklan mana saja yang merupakan iklan situs tertentu. Tetapi pemilik situs tetap dapat mengetahui apakah ada pemasukan dari iklan situs tertentu ini. Caranya adalah dengan membuka laporan AdSense, mengubah isian Show data by menjadi Individual Ad Unit, serta menyalakan opsi Show data by targetting type – contextual or site.

Site Specific AdSense Report #1

Iklan AdSense ‘biasa’ akan ditampilkan dengan label Contextual, sedangkan iklan AdSense situs tertentu akan ditampilkan dengan label Site.

Site Specific AdSense Report #2

Pengalaman pada blog saya ini, hampir selalu ada pemasukan dari iklan spesifik situs tertentu ini setiap harinya sejak Google meluncurkan program ini. Tetapi iklan-iklan ini mendapat porsi yang sangat sedikit. Perbandingan tayangan antara iklan ‘biasa’ dengan iklan spesifik blog saya ini mungkin hanya sekitar 1000:1. Sedangkan nilai eCPM iklan spesifik blog saya kurang lebih 10-20 kali lebih tinggi daripada iklan-iklan kontekstual.

Katanya, kalau sebuah situs sudah memiliki tayangan sebanyak minimal 1000 halaman setiap harinya, maka pemasang iklan akan mulai tertarik dan sebaiknya pemilik situs melakukan penjualan iklan sendiri ketimbang menggunakan layanan Google AdSense.

Pertanda untuk beralih dari Google AdSense?

Sebenarnya sudah ada beberapa pihak yang menyatakan tertarik baik untuk memasang iklan atau menawarkan sistem afiliasi. Hanya saja saya belum siap dengan urusan administrasi yang berhubungan dengan pemasangan iklan. Berdasarkan evaluasi singkat, hampir semua perangkat lunak iklan tidak memiliki fitur swalayan bagi pemasang iklan seperti halnya Google AdSense. Satu-satunya perangkat lunak iklan swalayan yang saya temui adalah RevSense yang harganya $150, dan (tentunya) tidak menerima kartu kredit dari Indonesia :). Tapi seandainya perangkat lunak iklan swalayan ini sudah tersedia, maka menjual ruang iklan sendiri bisa jadi adalah alternatif yang jauh menarik daripada Google AdSense.

Apa sudah banyak blog Indonesia lainnya yang memiliki pelanggan iklan AdSense situs tertentu? Dan siapa sih yang tertarik memasang iklan di blog saya ini? :)

Catatan lainnya, banyak yang mengira kalau saya meraup banyak uang dari blog saya ini melalui Google AdSense. Sebenarnya tidak, karena per bulannya blog ini hanya mendapat sekitar $10 saja.

119 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!