25 August 2006

Pluto Resmi Bukan Planet

Posted under: at 10:17

Pluto bukan planet

Sewaktu kecil kita diajari bahwa tata surya terdiri dari sembilan planet: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Sekarang saat yang tepat untuk merevisi apa yang kita pelajari dulu. Ternyata sekarang Pluto resmi bukan planet. Hasilnya, tata surya hanya memiliki delapan planet saja.

Sejak 16 Agustus sampai 24 Agustus kemarin, Uni Persatuan Astronomi Internasional bertemu untuk membahas definisi planet. Setelah melalui perdebatan yang sengit, akhirnya mereka merumuskan definisi planet sebagai berikut:

Planet adalah benda luar angkasa yang:

  1. Mengorbit matahari
  2. Memiliki massa yang cukup untuk bergravitasi sendiri sehingga memiliki bentuk yang relatif bulat.
  3. Tidak membagi orbitnya dengan benda-benda lain yang berukuran relatif sama besarnya selain satelitnya sendiri.

Pluto tidak memenuhi syarat yang terakhir karena orbitnya berpotongan dengan orbit Neptunus. Kadang-kadang Pluto lebih jauh dari Matahari dibandingkan Neptunus, dan kadang-kadang Neptunus yang lebih jauh pada orbitnya terletak benda-benda Trans Neptunus.

Benda angkasa yang memenuhi syarat pertama dan kedua, tetapi tidak memenuhi syarat ketiga dinamai planet kerdil (dwaft planet). Selain Pluto, planet kerdil lainnya adalah Ceres dan 2003 UB313.

110 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!