7 November 2006

Laporkan Maxgain ke Polisi!

Posted under: at 04:46

Sejak pertama kali membuat tulisan tentang penipuan lowongan pekerjaan oleh Maxgain dan juga tulisan lanjutannya, nyaris setiap hari tulisan tersebut menerima komentar dari korban maupun calon korban. Hal yang sama ternyata juga dialami blog-blog lain yang membahas hal yang sama, misalnya tulisan Maxgain rebuttal oleh Eko Juniarto.

Sementara itu, para pengelola milis terutama milis-milis lowongan pekerjaan harus kerja keras untuk menangani email-email palsu dari Maxgain yang jumlahnya tidak sedikit dan sulit dibedakan dari email-email lainnya. Sedangkan divisi sumber daya manusia dari perusahaan-perusahaan yang namanya dibajak bisa jadi kerepotan menangani pencatutan nama yang dilakukan Maxgain ini.

Dan bukan cuma Maxgain, akhir-akhir ini muncul beberapa nama baru. Dan yang paling sering terdengar adalah Graha Finesa. Artinya, makin banyak orang-orang yang menganggap penipuan ini sebagai hal yang wajar.

Kemarin, Eko Juniarto membuat blog Maxgain Scams yang bertujuan untuk mendokumentasikan email-email penipuan yang dikirim oleh Maxgain dan yang semacamnya.

Yang membuat saya heran adalah Maxgain saat ini masih melakukan penipuannya, padahal hal ini telah berlangsung selama berbulan-bulan dan bahkan mungkin lebih dari satu dua tahun. Apa tidak ada yang melaporkannya ke polisi? Apa polisi tidak mengetahuinya? Apa mungkin perangkat hukum belum cukup untuk menertibkan Maxgain?

Kasus Maxgain ini katanya sempat dibahas di DPR. Walaupun demikian saya belum melihat hasilnya. Dan seandainya ada solusi dari DPR rasanya tidak akan terealisasi dengan cepat.

Ide saya untuk menghentikan masalah ini adalah dengan melapor ke polisi. Jika sebagian besar korban –baik dari pencari kerja, pengelola milis, maupun pengelola layanan lowongan pekerjaan– melaporkan kasus ini ke polisi rasanya mereka pasti akan bertindak. Kantor Maxgain ada di belakang Polda Metro Jaya, jalan kaki juga sampai.

Caranya? Tidak perlu repot-repot. Cukup kirim satu SMS ke 1717 yang berisi pengaduan anda (Rp 1000/SMS).

220 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!