7 December 2006

Penganiayaan Berjamaah

Posted under: at 01:03

Kisah seperti ini lama-lama menjadi klise. Ada sepasang manusia yang berhubungan intim. Lalu entah kenapa video mereka yang sedang berhubungan intim beredar di masyarakat. Kali ini pelakunya adalah YZ dan ME yang keduanya berprofesi sebagai politisi. Dan seperti biasa, berita ini begitu menghebohkan. Rasanya tidak ada media massa yang tidak membahas isu ini.

YZ yang merupakan anggota dewan kemudian mengundurkan diri dari jabatan di partainya. Statusnya di DPR pun kini dipertanyakan dan dapat dipastikan kursinya di DPR akan ditinggalkannya. Tapi tidak hanya itu, beberapa pihak sedang mempertimbangkan untuk mengkasuskan hal ini dengan berbagai alasan.

Kalau saya lihat, YZ dan ME –terlepas dari apa kesalahan mereka– adalah orang-orang yang teraniaya. Tersebarnya video intim mereka ke masyarakat sebangsa dan setanah air rasanya sudah cukup sebagai hukuman yang sangat berat bagi mereka, dan bahkan mungkin lebih berat daripada yang seharusnya. Menghukum seseorang lebih daripada yang seharusnya adalah perbuatan aniaya.

Apa ada hukuman yang lebih berat daripada itu? Kemanapun mereka pergi di Indonesia, pasti akan ada orang yang mengenali mereka, dan tak hanya itu, mereka dikenali dengan citra yang sangat negatif. Ini tak jauh berbeda dengan penjara seumur hidup. Jika diperbolehkan untuk memilih, bisa jadi mereka akan memilih untuk dipenjara daripada video intim mereka tersebar di masyarakat. Walaupun tentunya ini mengasumsikan keduanya masih memiliki nilai susila.

Jika mereka adalah pihak yang teraniaya, tentunya ada pihak menganiaya. Siapakah mereka? Tak lain dan tak bukan adalah kita semua, termasuk saya dengan membuat tulisan ini.

164 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!