17 January 2007

Virus Organik Menyerang Windows Vista?

Posted under: at 10:55

Empat hari yang lalu detikinet menulis berita yang berjudul Berbahaya! Virus Organis (sic) Serang Windows Vista. Menurut berita tersebut, ‘virus’ tersebut ternyata adalah amoeba penyebab penyakit entamoeba histolytica pada manusia.

Menurut Sickel dan beberapa orang lain yang telah mempelajari virus ini, “Vista Dysentery.Net-Worm” beraksi sebagaimana halnya Entamoeba histolytica yang menyebabkan penyakit disentri pada manusia. “Sepertinya virus ini mengalami kesalahan karakter. Virus ini lebih seperti infeksi bakteri pada komputer,” ujar Sickle.

Menurut penelitian Early Warning Antivirus Center di Bolton, Wyoming, “Vista Dysentery.Net-Worm” disebabkan oleh semacam amuba yang dapat menularkan dirinya ke fiber optik dan kabel jaringan dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.

Virus ini diyakini telah mengalami pembangunan genetis yang membawa mekanisme sensor luar biasa dalam DNA-nya, yang mampu menunjukkan dengan tepat lokasi target komputer yang memakai Windows Vista melalui resonansi magnetis dari tumpukan (stack) hard drive.

Subset dari amuba “Vista Dysentery.Net-Worm” ini masih ada dalam komputer host dan dengan cepat akan ‘memakan’ hard drive, flash dan memori USB, RAM dan komponen sensitif internal lainnya.

“Menurut kami, suhu dingin akan memperlambat kecepatan replikasi virus ini tapi itu hanya sementara. Jika komputer Anda terinfeksi, satu-satunya harapan adalah mengamankan backup data Anda, karena apapun yang ada dalam komputer akan menjadi sesuatu yang pekat dan lengket hanya dalam beberapa jam saja,” ujar Sickle

Ditinjau dari sudut pandang biologi, berita ini jelas salah, karena secara teknis amoeba bukanlah virus, melainkan protozoa.

Selain di detikinet, berita tersebut juga tersebar ke tempat lain yang melakukan sindikasi berita detikinet seperti misalnya Indosat M2. Detikinet sendiri pada artikel tersebut mengutarakan bahwa berita tersebut berasal dari situs Avant News, lebih spesifik lagi artikel bertanggal 29 Maret 2007 yang berjudul Organic Windows Vista Virus Can Target Computers Even When Powered Down.

Yang jelas, berita ini tidak dapat dikonfirmasikan pada situs-situs produsen anti virus terkemuka seperti McAfee, Symantec dan sebagainya.

Tetapi siapakah AvantNews ini? Detikinet mungkin tidak menyadari tulisan kecil ini di situs AvantNews:

All material published on Avant News, with the possible exception of information provided by external sites, is fictitious, satirical, and intended for entertainment purposes only. While many of the individuals and entities appearing in articles on Avant News are real, all events, quotations and anything else having to do with those individuals and entities are entirely fictitious. As far as we know.

Berita bahwa protozoa hidup menginfeksi sistem komputer mungkin sangat menghebohkan, tetapi saat ini kita tidak perlu takut organisme biologis menginfeksi sistem komputer kita, bahkan mungkin tidak juga pada tanggal 29 Maret nanti.

Informasi dari Bambang Widiatmoko.

94 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!