24 April 2007

Teknik SEO dan Ngadutrafik 2007

Posted under: at 00:10

Menurut saya yang namanya SEO adalah hal-hal yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah situs web supaya tidak menyulitkan pekerjaan mesin pencari untuk mengindeks situs web tersebut. Beberapa contoh SEO adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan URL yang permanen. Sebuah konten harus dapat diakses melalui URL yang sama baik pada saat konten tersebut pertama dipublikasikan, maupun 5, 10 atau bahkan 100 tahun yang akan datang.
  • Menggunakan URL yang ramah pengguna. URL seperti http://example.com/?id=49 tidak ramah pengguna. Sebaliknya URL seperti yang saya gunakan di blog ini ramah pengguna. Karena mesin pencari mengemulasikan pengguna, maka URL yang ramah pengguna juga ramah mesin pencari. Sebuah mesin pencari dapat mengetahui apa konten dari URL tersebut dari URL-nya.
  • Memastikan semua konten saling bertaut dan dapat diikuti secara ‘organik’, misalnya tidak menggunakan Flash, image map sisi server, pop up, Javascript dan sebagainya.
  • Memastikan konten dapat dilihat dengan baik dengan menggunakan perambah berbasis teks, misalnya dengan menggunakan tag alt yang deskriptif pada setiap gambar. Tidak seperti manusia, komputer tidak dapat dengan mudah mengartikan sebuah gambar.
  • Memperhatikan semantik dalam melakukan penulisan. Misalnya dengan menggunakan tag h1 untuk keperluan menuliskan judul, menggunakan strong atau em untuk kata-kata yang ingin kita tekankan, menggunakan abbr dan acronym untuk singkatan atau akronim dan sebagainya.
  • Mendaftarkan situs web ke mesin-mesin pencari. Jalan sekarang hal ini hampir tidak perlu dilakukan secara manual. Pengelola situs web dapat menggunakan protokol Sitemaps untuk melakukannya.

Mungkin ada hal-hal yang saya lewatkan, tetapi intinya SEO yang baik adalah yang memudahkan mesin pencari untuk menemukan dan mengartikan konten yang kita buat. Lebih daripada itu sudah termasuk blackhat SEO. Jika seorang melakukan sesuatu hal dengan niat dengan sengaja supaya situs webnya berada pada peringkat tertinggi, maka itu sudah termasuk dalam ranah blackhat SEO.

Beberapa hal yang dapat dipastikan termasuk dalam blackhat misalnya adalah spam komentar blog, spam textarea, membuat link farm, halaman pintu masuk, link exchange non-organik dan sebagainya.

Beberapa hari yang lalu dimulai kontes yang dinamakan ngadutrafik 2007. Tujuan kontes ini tentunya adalah mendapatkan peringkat pertama di beberapa mesin pencari. Sayangnya seperti halnya kontes-kontes serupa lainnya, ada beberapa kelemahan yang terlihat:

  • Rentang waktu yang terlalu pendek. 2-3 bulan terlalu pendek untuk melihat efek jangka panjang dari sebuah usaha SEO. Idealnya menurut saya minimal 6 bulan, atau bahkan satu tahun.
  • Hanya memperhatikan ‘pemenang’ pada hari akhir, dan tidak mempertimbangkan fluktuasi. Hasil mesin pencari (SERP) sangatlah fluktuatif, sebuah situs bisa saja menjadi nomor satu saat ini, tapi keesokan harinya bukan tidak mungkin terlempar dari halaman pertama.
  • Tidak mendiskualifikasi peserta yang menggunakan teknik blackhat SEO. Mesin pencari mengalami kesulitan untuk membedakan SEO hitam dan putih. Dan ditambah dengan rentang waktu yang terlalu singkat, bisa jadi peserta yang menggunakan teknik hitam yang keluar menjadi pemenang.
  • Kata kunci yang tidak memiliki arti. ‘Globalwarming awareness’ mungkin masih bisa diterima karena masih mungkin membuat tulisan yang bermanfaat dengan topik tersebut. Di sisi lain tidak mungkin membuat tulisan tentang ‘ngadutrafik’ kecuali jika berhubungan dengan kontes tersebut.

Karena hal-hal tersebut, maka bisa dipastikan ada sebagian peserta yang akan melakukan teknik SEO hitam yang merugikan. Kebetulan saya memperhatikan beberapa daerah ‘tujuan wisata’ umum SEO hitam. Digg sudah dipenuhi beberapa spam ngadutrafik. Pada saat tulisan ini dibuat bahkan ada spam ngadutrafik di Wikipedia yang belum sempat dihapus administrator.

Kolom komentar blog ini juga tidak jarang menjadi tujuan para kontestan yang bertopi hitam ini. Sejak beberapa hari yang lalu, secara bertubi-tubi blog saya ini menerima spam ngadutrafik. Tentunya hal tersebut langsung saya laporkan sebagai spam ke Akismet.

Oh ya, perlu diingatkan bahwa kolom komentar saya dilengkapi dengan pelindung nofollow. Dalam Bahasa Indonesia, artinya URL pada kolom komentar tidak akan diperhitungkan dalam menentukan peringkat mesin pencari. Bagi anda yang melalukan spam komentar sejak minggu lalu, anda boleh berhenti sekarang :). Tapi nofollow atau tidak, semua komentar dari situs peserta ‘ngadutrafik 2007′ akan saya hapus.

64 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!