23 May 2007

Tukul dan Istilah Laptop

Posted under: at 04:41

Kembali ke laptop…

Itu adalah istilah legendaris yang menjadi merk dagang Tukul dalam acara Empat Mata. Tetapi saya sendiri merasa kurang sreg dengan istilah ‘laptop’. Bukan cuma di acara ini, tetapi juga dalam kesempatan lainnya.

Selain ‘laptop’, ada beberapa istilah lain yang dapat digunakan untuk mendeskripsikan komputer portabel tersebut. Yang paling populer tentunya adalah ‘notebook’ yang dipopulerkan oleh produsen perangkat-perangkat keras tersebut. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia sudah mulai sering digunakan istilah ‘komputer jinjing’, terutama pada tulisan-tulisan formal. Walaupun demikian, istilah ‘laptop’ tetap menjadi istilah yang paling populer digunakan pada percakapan sehari-hari.

Pertama kali saya mengetahui bahwa benda tersebut dinamakan ‘laptop’. Semua produsen menyebutnya ‘laptop’ dan sehari-hari juga kita sebut sebagai ‘laptop’. Istilah ‘laptop’ saya rasa adalah modifikasi dari istilah ‘desktop’. ‘Desktop’ adalah komputer yang diletakkan di atas meja. Sedangkan ‘laptop’ tentunya adalah komputer yang diletakkan di atas pangkuan. Selain kedua istilah tersebut juga ada istilah ‘palmtop’ yang berarti ‘di atas telapak tangan’.

Pada awal tahun 90-an mulai muncul istilah baru, yaitu ‘notebook’. Seingat saya, istilah ‘notebook’ ini digunakan untuk memasarkan komputer portabel yang ukurannya lebih kecil daripada laptop. Lama kelamaan semua produsen memiliki jajaran produk yang dinamai ‘notebook’, mungkin karena pengguna pertama istilah tersebut tidak menjadikannya sebagai merk dagang.

Produsen kemudian berlomba-lomba memosisikan ‘notebook’ sebagai produk yang lebih baik daripada ‘laptop’. Sampai pada saat ini bisa dibilang hampir semua produsen terkemuka tidak lagi menjual ‘laptop’, tetapi menjual ‘notebook’, bahkan untuk produk-produk yang tadinya sekelas dengan ‘laptop’ 10-15 tahun yang lalu. Istilah ‘laptop’ sendiri masih digunakan tetapi nyaris tidak ada produk yang merk resminya adalah ‘laptop’.

Sementara itu dalam percakapan sehari-hari, istilah ‘laptop’ masih dominan. Tapi ada alasan lain kenapa istilah ‘laptop’ menjadi salah: karena menjalankan ‘laptop’ jaman sekarang di atas pangkuan adalah hal yang tidak nyaman dan bahkan cenderung tidak aman.

Menggunakan laptop di atas pangkuan dapat meningkatkan suhu organ reproduksi pria sampai 2.8°C yang dapat mempengaruhi fertilitas pria yang menggunakan laptop. Pada berita lain, seseorang mengalami iritasi alat vital karena menggunakan laptop di atas pangkuan selama satu jam terus menerus.

Selain hal pemasaran, mungkin ini hal lain yang menyebabkan hampir semua produsen ‘laptop’ mengganti istilah tersebut dengan ‘notebook’. Mungkin produsen tidak ingin konsumen menyalahartikan produk yang mereka jual sebagai produk yang aman digunakan di atas pangkuan. Di negara-negara maju, hal seperti ini bisa jadi merupakan resiko hukum yang tentunya ingin mereka hindari.

Apple misalnya dengan jelas menegaskan bahwa produk MacBook Pro tidak untuk digunakan di atas pangkuan. Selain itu, sama sekali tidak ada istilah ‘laptop’ dalam buku panduan MacBook Pro.

Dan karena banyak yang ingin menggunakan ‘laptop’ di atas pangkuan, maka beberapa pihak mencoba memenuhi kebutuhan ini dengan memasarkan produk-produk yang dapat membuat ‘laptop’ aman digunakan di atas pangkuan.

Kembali ke laptop… Tukul memandu acara Empat Mata sepanjang lima jam dalam satu minggu. Walaupun dia menggunakan istilah ‘laptop’, untungnya dia menggunakan ‘laptop’ dengan cara meletakkannya di atas meja. Jika dia menggunakan ‘laptop’-nya di atas pangkuannya, bukan tidak mungkin dia akan menghadapi masalah besar yang berhubungan dengan kesuburannya ;).

117 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!