6 January 2008

Semantic MediaWiki

Posted under: at 13:26

Seringkali kita punya kebutuhan untuk menyusun basis data. Kebutuhan ini bisa dibilang agak mendesak, tidak terlalu penting, tetapi tetap diperlukan. Tidak ada aplikasi khusus untuk menangani kebutuhan tersebut, atau paling tidak sulit untuk menemukannya. Dan kalaupun kita bisa menemukannya, terkadang tidak cocok atau terlampau rumit untuk kebutuhan kita. Yang sedikit banyak mengerti pemrograman tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk membuat aplikasi khusus, tetapi masalahnya kebutuhan tersebut tidak terlalu penting dan tidak akan sepadan dengan usaha yang kita keluarkan. Di sisi lain, kita tetap perlu membuat basis data tersebut. Yang kita perlukan adalah cara quick-and-dirty untuk melakukannya. Tidak perlu elegan atau sempurna, yang penting data saya bisa tersimpan dan bisa saya akses sewaktu-waktu jika memerlukannya.

Solusi yang umum dari masalah tersebut bervariasi. Mulai dari penyunting teks biasa seperti vi atau Windows Notepad, pengolah kata seperti OpenOffice.org Writer dan Microsoft Word, lembar kerja seperti OpenOffice.org Calc atau Microsoft Excel, dan basis data desktop seperti Kexi, Microsoft Access atau OpenOffice.org Base. Di antara solusi-solusi tersebut, yang paling cocok tentunya yang terakhir karena aplikasi-aplikasi tersebut memang didesain untuk menyimpan data.

Beberapa hari yang lalu saya menemukan solusi lain yang saya pikir sangat cocok untuk beberapa keperluan saya: Semantic Mediawiki. Semantic MediaWiki adalah ekstensi dari MediaWiki yang menambahkan fitur data semantik dalam halaman wiki. Orang-orang yang sudah terbiasa dengan Wikipedia dan MediaWiki tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan Semantic MediaWiki. Yang perlu dipelajari hanyalah sedikit sintaks baru untuk menambahkan metadata pada halaman wiki.

Contoh: Saya memerlukan basis data koleksi buku untuk mencatat harga buku tersebut dan siapa saja yang meminjamnya. Untuk itu setiap buku saya buatkan halaman wikinya, misalnya di halaman ‘Perl Cookbook’ saya isi sebagai berikut:

Buku {{PAGENAME}} adalah buku tentang [[topik::pemrograman]].
sekarang sedang dipinjam [[dipinjam oleh::Anto]].

[[Kategori:Buku]]

Sedangkan di halaman ‘Harry Potter and the Deathly Hallows’ saya isi sebagai berikut:

Buku {{PAGENAME}} adalah buku [[topik::fantasi]]
dan sedang dipinjam [[dipinjam oleh::Ani]].

[[Kategori:Buku]]

Lalu di halaman Anto dan Ani, saya isi sebagai berikut:

{{PAGENAME}} meminjam buku-buku berikut ini:

<ask>
[[dipinjam oleh::{{PAGENAME}}]]
[[Kategori:Buku]]
</ask>

Halaman tersebut akan secara otomatis menampilkan semua buku yang dipinjam oleh orang yang bersangkutan.

Kemudian di halaman Pemrograman dan Fantasi, saya isi sebagai berikut:

Daftar koleksi buku-buku bertopik {{PAGENAME}}:

<ask>
[[topik::{{PAGENAME}}]]
[[Kategori:Buku]]
</ask>

Halaman tersebut akan secara otomatis menampilkan daftar seluruh buku dengan topik yang bersangkutan.

56 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!