Buku Rangkaian Elektronik “Tulus Kit”

Gara-gara mengikuti grup Hits 80s & 90s di Facebook, akhirnya saya terkenang dengan salah satu hobi saya jaman dulu, yaitu merangkai rangkaian elektronik. Yang paling populer adalah rangkaian dari “Tulus Kit”.

Tergantung dari tingkat keahlian, ketebalan dompet, dan waktu yang dimiliki, hobi ini bisa dijalankan dari tahap desain rangkaian, atau membeli kit langsung jadi yang sudah termasuk rangkaian serta semua komponen yang diperlukan, yang diperlukan hanya tahap akhir, yaitu pemasangan komponen.

Biasanya yang saya lakukan adalah membeli PCB yang sudah jadi, sedangkan komponen saya beli terpisah di pusat elektronika Cikapundung. Biasanya ini lebih murah daripada membeli kit langsung jadi di toko buku. Dan tentunya tidak perlu mengambil risiko tangan melepuh untuk mencetak mendiri PCB dengan larutan ferriklorida. Dulu saya masih kecil, jadi jika harus mencetak PCB masih harus didampingi orang tua.

Rangkaian yang seingat saya pernah saya rangkai adalah radio, detektor metal, lampu disko, organ, interkom, bel pintu, dadu elektronik, video game, alat cerdas cermat.

Karena kenangan ini, saya lakukan pencarian di Internet untuk mencari buku-buku Tulus Kit, dan bisa menemukannya di Jogja Homebrew. Ada 4 buku hasil scan di sana.

Karena hasil scan masih berbentuk gambar, setiap halaman merupakan gambar yang terpisah-pisah, dan ukurannya juga terlalu besar dibandingkan yang diperlukan, maka saya buatkan PDFnya yang dapat diunduh dari taut di bawah ini:

Berkas-berkas di atas adalah hasil scan dari Jogja Homebrew, saya cuma melakukan crop, optimasi, mengurutkan halaman, serta konversi ke PDF.

Namun masih ada beberapa halaman yang hilang. Ada yang masih memiliki buku ini?

Published
Categorized as Fun

5 comments

  1. iseng nyari buku rangkaian tulus kit, malah masuk ke blog om pri. tapi emang mantap, buku-buku tulus kit sangat bermanfaat buat para penghobi elektronika termasuk saya. sekarang yang jaman robotik mereka buat juga nggak ya?

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *