Dijual: Tujuh Pulau di Kepulauan Karimunjawa

Dapat informasi ini dari seorang teman. [Tujuh pulau di kepulauan Karimunjawa dijual](http://varealestate.co.uk/indonesia/index.html) dan sepertinya penjualan ditargetkan kepada investor asing. Yang jadi pertanyaan adalah mengapa lima pulau yang termasuk daerah konservasi termasuk yang dijual? Dan sepertinya peraturan mengenai konservasi seperti yang tertera pada situs web tersebut [sangatlah minim](http://varealestate.co.uk/indonesia/development_planning.html).

Ada yang berminat untuk membeli sebelum seluruh pulau-pulau tersebut diserbu investor asing? :)

44 comments

  1. sepertinya pemerintahan kita kehabisan modal buat membangun negara ini…
    ternyata kejadian juga, soalnya gue ama temen2x pernah ngobrol2x, suatu hari indonesia pasti akan jual pulau2x nya. mungkin ada dampak positive nya juga dengan terjual nya pulau ke investor asing, Indonesia menjadi open country , dan bisa menolong crisis ekonomi. dan yg pasti juga banyak segi negatif nya.. dan kalian pasti tau apa ajah segi negatifnya…

    oohhh… Indonesiaku… :(

  2. kmrn sih baru dr Karimunjawa.
    harga tanahnya 5.000- 15.000/m2
    kalo kata ranger yg ada di karimunjawa, mereka hanya menguasai dan melindungi daerah perairan.
    kalo pulaunya punya orang lokal dan bebas untuk diperjualbelikan secara legal (kata orang lokal)
    sempet liat desa legon lele yang mati gara-gara dibeli pengusaha, dari 50 KK sekarang cuman 12 KK yang hidup disana karena diperbolehkan oleh yg punya sebelom bener-bener dipake buat usaha.

  3. beli pulau ?

    hal yang lazim di dengar waktu zaman “baheula”
    dengar2 malah salah satu teman saya (entah betul apa gossip) memiliki pulau pribadi di daerah pulau seribu…

    hal serupa juga dimungkinkan dengan adanya kegiatan jual-beli (dalam kurung – m.afi.a) gitu… :)

    kalau memang mau… kita patungan aja bareng-bareng beli pulau…

    sekarang kan mau 17-an biasanya banyak yang dijalan2 anak2 karang taruna ngumpulin uang buat acara 17-an di RT/RW nya… daripada dipakai seperti itu, lebih baik menyelamatkan pulau kita….

    gimana….?

  4. itu ownernya sapa dulu? belum tentu pemerintah indonesia, bisa jadi udah atas nama dan milik beberapa orang doang :-w

    perlu ditanya tuh, mkn bisa pura2x jadi calon pembeli heheh :)>-

  5. Lagu lama…..itu sih
    Dari dulu juga udah kejadian…..
    emangnya Bali punya siapa ? sebagian udah orang asing kan ..dengan adanya investasi asing …berarti udah pindah kepemilikan.

  6. Pulau-pulau.. murah-murah.. sayang anak.. sayang anak.. Pulau Indonesia Pak, aseli lho..

    Keanekaragaman hayatinya cukup besar lho Pak untuk investasi. Siapa tahu Bapak menemukan mahluk hidup baru yang belum pernah ditemukan siapapun atau bahkan obat untuk AIDS, ya.. macam buah merah lah. Entar khan jadi duit lagi, lumayan buat menabung beli pulau Jawa.

    Pulau-pulau.. murah-murah.. sayang anak.. sayang anak.. Pulau Indonesia Pak, aseli lho..

  7. Napa gak di lelang aja yah? kan bisa lebih mahal dan tentunya transfaran? hihi.. tak cobak nggoleki di eBay juga gak ada di jual pulau indonesia..

    Nice information.. ^_^

  8. pulau dijuwal(aidijimel mode)? kemaren aja ribut masalah ambalat and mati-matian ngebela…, eh sekarang yang udah bener2 milik indonesia, malah dijuwal-juwal…. (guafen?)
    *injek-injek*

  9. Seven Karimunjawa Islands for sale, Indonesia.. th 2013 bisa-bisa kita ngekos di malaysia:d

  10. hmm… “pulau dijual”? kayanya istilahnya bisa misleading deh.

    1. “jual pulau” berarti tanahnya (yg mencakup 1 pulau) yg dijual.
    2. “jual tanah” artinya Hak Atas Tanah(HAT)-nya yg dialihkan, dgn cara jual-beli.
    3. Investor Asing (WNA) menurut UUPA tidak memenuhi syarat sebagai subjek HAT berupa Hak Milik (HM) –> WNA gak bisa punya hak milik atas tanah.

    berarti kalaupun Investor Asing “membeli” pulau kita, pastinya tidak dengan Hak Milik. mungkin Hak Pakai atau Hak Sewa yg masa berlakunya terbatas (sekitar 20 tahunan, lupa)

    tapi itu normatifnya sih, gak tau implementasinya gimana. :)

  11. Setuju sama #18, maksudnya dijual di sini bagaimana? Apakah pihak asing diperbolehkan memakai atau memang tanahnya benar – benar dijual.

    Kalaupun tanahnya memang benar – benar dijual, kayaknya di Jakarta juga banyak deh tanah yang milik orang asing (atau setidaknya yang make mereka).

    Mungkin yang jadi masalah di sini adalah bahwa pulau – pulau tersebut termasuk dalam daerah konservasi.

  12. #22 kayanya ada deh..
    pernah baca disini sih..
    http://www.escapeartist.com/efam/40/Being_In_Bali.html

    “….. So you build a house on the land of your boyfriend and after five months or two years, your boyfriend says, ‘It’s over.’ Who is the owner of the house then? The owner of the land.”

    “Only an Indonesian can own land in Indonesia. On the other hand, the highest right that a foreigner can have here is a lease agreement – a contract which allows you to build on leased land for 25 years and can be renewed another 25 years. After that the land and whatever is on it belongs to the landowner. In my business we provide not only guidance, but loan and lease agreements to secure acquisitions…….dan seterus nya….

    ….

  13. ironis memang, kalo sampe pulau2 di indonesia dijual. pasti hasil penjualannya hanya dinikmati oleh segelintir orang.

  14. #22 UU Pokok Agraria (UU No.5 Th.1960). disitu diatur macam2 Hak Atas Tanah (hak yg bisa dikenakan di atas sebidang tanah). HAT yg “terkuat & terpenuh” yaitu Hak Milik, yg hanya bisa dipegang oleh WNI perorangan. diantara hak2 itu, yg mungkin dipegang WNA paling2 hanya Hak Sewa, atau Hak Pakai (jarang2, misalnya untuk kantor Kedubes).

    soal 7 pulau itu, mungkin pemerintah punya Hak Pengelolaan (termasuk HAT juga) diatasnya, makanya urusannya ke pemerintah (c.q Departemen …). Hak pengelolaan ini bisa dibebani lagi dgn hak2 sekunder, misalnya HGU, HGB, ataupun Hak Pakai/Hak Sewa (yg mungkin dipakai dlm kasus ini). jadi statusnya mungkin Hak Pakai (/Hak Sewa) diatas Hak Pengelolaan.

    setelah hak sekunder itu masa berlakunya habis, status tanahnya kembali ke Hak Pengelolaan (oleh negara). dan saya rasa skenario ini cukup masuk akal, kompromistis antara kepentingan pengembangan potensi ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. yg saya dengar, 5 pulau yg masuk daerah cagar alam itu kecil2, dan aturannya bilang boleh dibangun asal konstruksinya kayu (diatas pondasi beton) dan gak melebihi ketinggian pohon, jadi paling2 cuma dibikin cottage, bukan reaktor nuklir ataupun tambang batubara :)

  15. Sungguh mengecewakan memang.
    Saya memang nggak ngerti mengenai UU, tapi bagaimana sebenarnya peranan UU No 5/1960?
    Masalahnya saya dpt info bahwa yg memiliki 7 pulau tersebut adalah orang asing, mereka mengatasnamakan pulau2 tsb dengan nama istrinya yang notabene penduduk asli (WNI).
    Kalo demikian, bukannya persoalan makin ruwet? artinya pemerintah dapt hak apa? Kan udah miliki pribadi?
    Trus, gmn tuh kelanjutannya? Trims ya…

  16. kayaknya harga yang ditawarkan terlalu murah jika dihitung konsekuensi dari bakal adanya perubahan alam yang bisa berakibat keseimbangan alam jadi hilang…seharusnya diperhitungkan juga biaya kompensasi atas terjadinya kerusakan ekologi tuh
    apalagi pulau yang dijual itu termasuk wilayah konservasi,kebijakan pemerintah gimana sih?sudah hilang akal sepertinya utk ngisi kas negara.
    gw terakhir kesana bulan agustus lalu utk penelitian di pulau burung,gw tau dari pihak ranger kalo sedang ada pembangunan resort (yang entah milik siapa) di P.Cemara Besar yang notabene merupakan zona inti bwt perlindungan terumbu karang,apalagi disana tempat potensial buat penyu bertelur.kontadiksi sekali dengan program yang baru dicanangkan 3 tahun lalu ttg konservasi penyu
    hah….gw semakin skeptis aja ma kerja pemerintah kita REPUBLIK INDONESIA[-(

  17. kenape…ya…harus dijual…
    kapan ya obralnya..mungkin bisa lebih murah..
    dan terjangkau ama gue….

    kayaknya daerah kep. tersebut (mungkin) punya potensi yang banyak n ga cuma segi pariwisata….

    kep. tersebut di utara jawa…selatan kalimantan…
    searah dengan (analisa data secara geologi) struktur batuan di jawa tengah hingga kalimantan…

    bentuk pulau juga mendukung (secara batimetri), terbukti…batuan di pulau yang besar..umur batuan tersier awal….kecuali daerah pesisir..(mungkin anak geologi lebih tau)….

    pesisir jawa (cirebon, bekasi…dll)…ada (banyak) yang mengandung minyak…
    jadi mungkin ada juga di sana…mungkin juga bahan minerak lainnya…(dilihat dari struktur batuan)…
    coba lihat bentuk sekitar barat laut dari pulau utama..

    ini cuma asumsi doang…
    kp guw dulu bahas satuan batuan disana hingga kedalaman 40-60 m, dan bentuk bawah lautnya….

    dugaan aje…mas….

    makasi….

  18. saya tidak setuju kalo dijual, kalo disewa boleh-boleh aja kan emang ada aturannya, biar saudara kita yang tinggal di pesisir yang mayoritas miskin dapat hidup enak, punya kerja yang tetap dari wisata laut, iya ngak brur….

  19. saya telah mambaca artikel anda tentang penjualan pulau.saya berminat dan ingin mengetahui lebih jelas tentang data2nya (nama pulau,status tanah,luas pulau,harga jual).saya tunggu segera balasan email (shisye_123@yahoo.com).ERWIN

  20. waduh… indonesia ku tercinta hanya menjadi bulan2 orang asing…. dulu pahlawan berkorban koq malah dijual??? :((
    sekalian ja pulau jawa kalimantan, papua, sumatra, sulawesi dll. yang dijual biar indonesia hancur berkeping2 menjadi piring yang pecah….
    untuk orang yang ngejual… ntar dikutuk loh kayak yang diNAD ntu… yang jadi ikan… hehehe….:d
    pokoknya kita harus jaga indonesia raya ini biar lagu kebangsaannya ga diganti-ganti….
    y dah thanks yup… bye….

  21. :(( if we want that indonesia has been sale our own island…..???? maybe our citizen cant make an demonstration….. Why??? udah buanyek sih pulau kita yang udah jadi milik negara lain…. msa mau d jual lagi sih!!!!8-|
    sedih buanget aku jadi orang indonesia kalau pulau sendiri ga d jaga….jangan jual dech….!!!!!
    plzzzzzzzzzz……:o

  22. \:d/ opiniku
    dari pernyataan temen-temen yang dah ngasih opini aku setuju banget. Masa bangsa sendiri mau dijual sih, kan ga etis ya ga?
    semua tanah indonesia itu memang milik orang indonesia tapi bukan berarti kita bisa seenaknya jual tanah indonesia ini donk. Tanah indonesia ini adalah milik bersama ga ada segi individualnya karena kita bisa dapet kemerdekaan indonesia ini bersama-sama. ya jadinya ga bisa sembarang dijual donk
    ya ga? ;):)>-

  23. beli pulau?
    kalo bayarnya pake daun saya mau beli ^___^.
    apa benar ada pulau yang mau dijual? sejauh yang saya tahu orang asing engga bisa punya tanah dengan hak milik, aturannya ada di UU pokok agraria. tapi engga tahu yang kalau saya salah, atau kalau orang asing itu membeli tanah dengan hak guna usaha atau hak guna bangunan. tapi opini saya pribadi, kalau pulau-pulau dijual bagaimana dengan penduduk aslinya, tersingkir dari rumah sendiri.

  24. kalo saya sih ngak aneh…tentang pulau2 di jual,itu sudah dr dulu,contoh :pulau ayer punya pribadi,pulau bidadari juga dan banyak pulau2 lainnya d kepulau seribu milik pribadi…jangan telat donk…:((:((:((:((:((:((:)):)):(

  25. mending di sewain aja daripada pulau itu ga di gunain…
    kan mubazir pa lage mpe ilang….
    lagian klo di sewain masuk devisa negara…
    bener ga?????

  26. come’on guys
    masak pulau dinegara ini mau dijual.masak c kita gak bisa mempertahanin pulau milik kita sendiri.mau jadi pa negara ini selanjutnya,cuma mempertahainin pulau dinegara kita ja gak bisa gara2 masalah krisis ekonomi.
    ayo kita berjuang bersama-sama.
    key:d

  27. aku cinta negara ini.jangan sampek dijual ya pulaunya
    ilove u indonesia
    my country indonesia is paradise

  28. Nggak usah gengsilah kalo sewa in pulau bintan / batam 100 thn yang penting hasilnya buat mbangun negara untuk rakyat juga. Nasionalis?
    Kayak bahasanya politikus aja, seneng dia doang tapi rakyat miskin.
    sudah banyak contohnya tapi mereka belaga pilon aja, misalnya; Raja4 di sorong, qta orang pribumi klo mau diving dsana hrs punya ijin sama si bule (orang amerika, jerman dsb.), Kep.Mentawai (Australia), Pulau2 atol di NTB (Inggriss), Pulau di Teluk Tomini, Poso (Spore/Italy) masih banyak lagi bro…
    Gw yakin klo qta sewa in pulau Batam atau sejenisnya, pastinya $.1 bisa kembali menjadi Rp.1.000,–. coba banyangin? masa nggak bisa?
    Masih banyak orang Indon yg menghalang2i idea2 spereti ini dgn dalih Nasionalis, padahal di Negara laen itu hal yang biasa/wajar.

  29. iya tu, di karimunjawa juga lagi pada sibuk ngurusin pemanfaatan pulau untuk komersil gitu. ga maslah sih, yang penting harus diperhatikan, misalnya untuk wisata.. nah klo pengen jangka panjang wisatanya harus yang ramah lingkungan dan berbasis lingkungan juga jangan wisata massal, misalnya… susah juga sih, pemerintah kan butuh banyak dana untuk kelola pulau2 itu..

    kalo pengen ikutan kampanyein pelestarian laut bisa ikutan nulis di goblue.or.id

    site ini untuk kampanye pelestarian terumbu karang, bisa juga diskusi dan cari info tentang laut dan teman2nya.terima kasih

    salam kenal

    salam goblue

  30. sebaikny dipikir2 dlu sebelum njual pulau2 indah itu,bnyak ruginya ato untungya…y mnrt q mgkn untungya pd pihak yg gersangkutan ja sich…coba kalo untuk kesejahteraan masyarakat sekitar:-?,dan juga prlunya pemikiran yang matang agar tidak ada kesalahan baik dalam pemerintahan dg pihak bersangkut,smga indonesiaku smakin maju…jia you….

  31. Baru aja pulang dari liburan ke Karimun Jawa nih. bagus banget pulau-pulau di sana. Mengenai pulau yang pada dijualin, saya punya pengalaman sama keluarga. Kita ke pulau Menyawakan (lokasi Kura-Kura Resort, yang paling terkenal itu)dan waktu kita duduk-duduk di pantai, kita dijagain sama SATPAM Resort. Gila gak tuh. Masa menikmati keindahan negeri sendiri sampai diawasin SATPAM. Emangnya pantainya mau kita kantongin di tas, takut hilang sampai kita dijagain kaya pencuri (pencuri pulau).Kalau emang udah dibeli tulisin aja “Private Island”. Biar sekalian orang lokal gak boleh ada yang masuk.

Leave a Reply to Rendy Maulana Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *