Hoax Mengenai Suara-Suara Dari Dalam Tanah

Ah, lagi-lagi cuma [hoax](http://en.wikipedia.org/wiki/Hoax). Sampai saat ini saya sudah menerima tak kurang dari 10 email tentang suara-suara jeritan dari dalam tanah. Beberapa di antaranya bahkan menyertakan file MP3 jeritan tersebut yang berukuran lebih dari 600KB. Tentu saja hal ini sangat mengganggu.

Email-email hoax ini bertemakan dakwah dan diawali dengan:

> Penemuan terakhir ini adalah penemuan yang sangat mengejutkan pendengaran kami, dengan penemuan ini banyak dari peneliti kami yang berhenti dari pekerjaan ini karena ketakutan. Pada awalnya kami hanya hendak mendengarkan pergerakan bumi dengan interval tertentu dan mendengarkan Super Sensitive Microphone yang masuk ke dalam bilik-bilik atau lubang-lubang bumi dan reruntuhan galian. Pada awalnya kami menyangka apa yang kami dapat itu adalah gesekan dari alat-alat kami pada dinding-dinding perut bumi, tetapi suara ini menghancurkan seluruh logika kami.

> Setelah beberapa penyesuaian kami berkesimpulan bahwa suara ini berasal dari interior bumi, jadi seakan-akan di dalam perut bumi ini ada ruang lain yang berbeda dari tempat yang kami gali, dan dari ruangan tersebutlah kami tidak mempercayai apa yang kami dengar. Kami mendengar dari ruang bumi yang lain itu ada suara manusia berteriak keras dalam kesakitan. Walaupun satu suara didengar, kami dapat mendengar ribuan bahkan jutaan latar belakang suara manusia yang sedang dalam kesakitan akibat penyiksaan.

> blah… blah… blah…

Versi lengkap dapat dilihat di [sini](http://hani-smile.blogdrive.com/archive/66.html).

Ternyata hoax ini adalah hoax dakwah Agama Kristen yang ditulis ulang dalam versi Agama Islam. Penemuan yang disebut sebagai “penemuan terakhir” ini sudah ada sejak awal tahun 90-an menurut [*debunking* yang dilakukan Snopes.com](http://www.snopes.com/religion/wellhell.htm). Halaman tersebut pun terakhir diperbaharui pada tahun 1998. Bacalah halaman tersebut jika anda ingin mengetahui bagaimana hoax ini tersebar pertama kalinya.

Mengenai audio MP3 yang disertakan pada hoax tersebut, suara itu bisa merupakan suara apa saja. Bisa jadi itu adalah suara beberapa orang berteriak atau menangis yang disatukan. [UrbanDictionary.com](http://www.urbandictionary.com/define.php?term=Azzacove&defid=776491) bahkan mengatakan bahwa itu adalah suara anak-anak kecil yang diperlambat temponya.

Suara tersebut bisa merupakan suara apa saja. Jika kita tidak diberitahu dibohongi sebelumnya bahwa suara tersebut adalah suara akibat penyiksaan maka tidak mungkin pikiran kita mengatakan bahwa suara tersebut adalah teriakan manusia akibat penyiksaan. Metoda ilmiah yang benar untuk mengidentifikasi asal suara itu adalah dengan [double blind test](http://en.wikipedia.org/wiki/Double_blind), dimana subjek tidak diberitahu terlebih dahulu tentang apa yang akan dia dengar.

Yang mencengangkan menurut saya bukan suara aneh tersebut, tetapi bahwa hoax ini sempat disiarkan pada acara pengajian di Daarut Tauhid di MQ FM! Silakan lihat [thread tentang hal ini di MyQuran.org](http://www.myquran.org/forum/showthread.php?t=14579).

Ada-ada saja…

77 comments

  1. Hi Royâ„¢

    Om Roy bantuin cek Donk, bener ndak neh suaranya :d
    saatnya om Roy keluarin Aji Mumpungnya
    bukan hanya terkenal di indonesia aja
    di dunia Gitu Lho , kalo bisa ngebuktiinnya \:d/

  2. emang lagi musim recycle berita hoax nih kayaknya… masalah teh celup dan chlorine, masalah obat2an yg terlarang dalam surat palsu POM, coca cola hoax, dll
    Hoax Sucks!

  3. Seseorang memaksa saya untuk mendengarkan “hellscream” tegas-tegas bilang gak, tetep aja dipaksa. Kok ya ada saja orang yang tidak punya filter informasi. menyedihkan.

    #1 & #2 :
    Ga signifikan, ga masuk tv soalnya. :)) lagipula ga semua orang punya internet kan? buat mereka ngapain repot-repot mikir hoax? =))

  4. Hoax..hoeks.hoeks…spams…coba itu panggil You-Know-Who,…siapa tahu bisa menangani problem dunia per-emailan Hi Roi TM!:d

  5. Ternyata hoax toh.. jadi ingat:

    QS. 49. 6. Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

  6. Sayangnya hoax ini sudah banyak di milis-milis nih, dan pernyataan itu hoax gak ada di semua milis. Lebih parahnya orang Indonesia banyaknya “nrimo”.

    Perlu server antihoax.com atau minimal antihoax.blogspot.com?

  7. Pernah ada yang nanya ke gue, lalu gue bilang itu dibuat, tapi dia kekeh kalau itu emang suara dari ‘alam gaib’, dan orang yang menerima (mendengar) suara itu memang orang yang diberi hidayah.. yeah right.. ^:)^ Hati2 lah kalo nerima yang aneh2.. jangan langsung telen b-)

  8. katanya RS sudah berkomentar ini di acara BUSEEETT !!
    katanya … saya akan konfirmasi dulu sama yg menyebarkan

    ah .. itu Hoax kok .. huehuehue :))

  9. #14 itu dia yg bikin susah, udah gampang diboongin, keras kepala, dah gitu ngata2in orang pula.#-o

  10. #6
    Oh iya ya baru inget, kan You-Know-Who mah gak ngelirik sebelah mata sama nyang namanya internet, kan si beliauw pernah omong bahwa internet itu bukan media yang signifikan #-o

    #15
    :-? wah, jangan-jangan kita ketinggalan berita neh ama si beliauw, lha itu kayaknya si beliauw koq udah tau ya sapa yang pertama nyebarinnya? Mau konfirmasi segala (tuh kan emang hebat tokoh pakar kita ini)

    BTW: hoax itu artinya apa seh? Apa bisa dipadankan dengan kata “tereak”? (kan dalam bahasa sunda tereak2 itu disebut “hohoax”). Beri daku pencerahan duong.

    Wuoy Roy!â„¢

  11. Ya begini inilah masyarakat modern, gampang menelan informasi mentah-mentah mentang-mentang sudah abad informasi. Mbok ya mikir githu sebelon pada nyebarin berita, bikin capek gue mesti mikir dan mengkaji keasliannya hehehe.

  12. Sebetulnya sih sudah banyak hoax-hoax kayak gini yang mengatasnamakan suatu “agama” tertentu. Dan saya juga sudah sering bantah mentah-mentah apabila ada hoax-hoax yang (apalagi scientifically) mudah dibantah.

    Tapi apa kata mereka? “Oh, ternyata hoax ya, tapi yang penting hikmahnya bisa dimengerti kan?”

    Hikmah apa yang bisa didapat dari cerita yang jelas-jelas hoax? ;))

  13. saya rasa itu benar adapun yang akan mempercayainya adalah orang yang betauhid kepada allah secara benar allah adalah maha kuasa bisa aja mendengarkan beberapa detik suara penyiksaan dari alam kubur yang maha dasyat. oleh karenanya kita sebagai manusia sadar bahwa diri kita ini siapa kita tidak bisa berargumen menurut pola pikir kita maka kembalikanlah semuanya kepada Allah dan rasulnya.

  14. seandainya hoax ini tidak ada… apa lantas kita jadi ingkar sama alam ghaib ? Ingat.. bro ! masalah alam ghaib bukan masalah rasio dan pembuktian ! tapi adalah masalaha keimanan !

  15. Hoax atau tidak yah?, Cuman kalo misalnya emang hoax, pake earphone terus buka MP3 Player kesayangan, volumenya jangan lupa dikencengin, matiin lampu dan dengerin antara jam 01.00 ampe jam 4.00 pagi. Dengerin deh sendirian di kamar :)>-. Lumayan juga buat uji nyali. hehehehe .. :-“

  16. #26: hehe, kalau belum tahu itu suara ‘teriakan’, disuruh uji nyali seperti itu bukannya takut, tapi bingung ini suara apaan sih :)

  17. “Hikmah apa yang bisa didapat dari cerita yang jelas-jelas hoax? ” -> mohon maaf, kita semua nonton filem kan? Itu hoax semua tuh :) bs diambil hikmahnya nggak?

  18. #30: wah beda dong. film itu cerita yang bohongan (kecuali kalau berdasarkan kisah nyata), dan pembuat film itu gak berpura2 kalau itu cerita betulan. sedangkan hoax itu adalah cerita yang bohongan tapi disebarluaskan seakan-akan kejadian betulan.

    jadi satu2nya hikmah hoax untuk yang pernah ketipu adalah pengalaman supaya gak ketipu lagi nantinya :)

  19. maaf nih saya baru tahu mengenai suara penyiksaan dalam kubur saya cari tahu tentangnya, apakah benar suara ini , dan saya diberi tahu teman tentang websitenya …wah makasih banyak nih ….dan bisa sekalian langsung ngasih pendapat …

    suara hoax itu suara tipuan jadi agar kita ga ketipu jangan langsungpercaya dan harus – harus di koreksi terlebih dahulu ….. tapi jangan hanya suara hoax aja yang kita koreksi semuanya kecuali AL Qur’an dan hadis

  20. :-”

    Ini jadinya bikin gue ngga enak ama teman. Soalnya kemaren dia mo bikin grup band. Pas nanya nama grupnya ke aku. Aku bilag aja (feeling aja), “Lo kasih aja nama HOAX BAND,
    Keren kan, man ?”

    Naah, sekarang kalo gua ketemu gue, gimana ?

    ***Don’t Try Hoax At Home…:-@:-@:-@***
    :)>-:)>-:)>-:d

  21. Simple :

    Percaya ngga Percaya, jadikan aja buat saya nasehat pribadi. Bahwa setelah hidup pasti mati, ada surga ada neraka, sebelumnya ada pembalasan di alam kubur, kalo hidupnya ada kebaikan Insya Alloh selamat !!.

  22. pagi ini sekitar jam 1/2 8, pas mau ngampus..sambil jalan dengerin cerita temen tentang jeritan itu..sempet telat ngampus 15 menitan..:d..Subhanallah ceritanya..baru pertama kali denger si..:-?yaa lumayan penasaran juga..bener ga si:d
    yup..yang pasti emang kudu “hati-hati”…ga usah musingin masalah ini..tapi musingin gimana caranya supaya di alam kubur nanti kita ga njerit kesakitan karena amalan buruk atau dosa-dosa kita..oke?!!!
    syukron…wallahu alam bishowab:)

  23. :d ,RAMIA DENGAN SUARA DARI NERAKA, APA YA? NERAKA DALAM PERUT BUMI?? DALAM PERUT BUMI ITU CUMAN MENGANDUNG, MINYAK, BIJI BESI DAN LAIN-LAIN, KALO SUARA ITU ADANYA DI DEKAT TELINGA, EH SANYA PUNYA SUARA ORAANG KESAKITAN MENJERIT2 TAPI TIDAK KESAKITAN SIAPA MAU???

  24. gue rasa itu hoax atao bukan, gak masalah
    karena yang beneran aja (Al Qur’an & Hadist) udah diragukan dan ditinggalkan, apa lagi cuma hoax
    so, semua kembali ke kita-kita

    piss

  25. Di dunia ini masih banyak hal yang tidak dapat dijangkau pengetahuan manusia. Soal Hoax, terlepas dari kaitan dengan kesimpulan agama-agama tertentu maupun kaum materialism, sebelum ada penelitian yang dapat membuktikan suara apa sesungguhnya, maka selamanya tetap mistery – artinya,hal itu Bisa bohong atau benar terjadi, seandainya benar terjadi, sulit disimpulkan suara apa itu. maka saat ini, siapapun tidak dapat memastikannya. Seandainya suatu saat terbukti bahwa itu benar-benar berasal dari neraka,bisa saja. dan kalau tidak terbukti, tidak ada yang susah kok.

    Beberapa agama meyakini adanya neraka, tapi tentu tidak bisa ngotot untuk menyimpulkan suara itu. tapi kaum materialism juga tidak perlu besar kepala dengan kesimpulan bodohnya -dimana kesimpulan dibuat tanpa penelitian mendalam -yang menyimpulkan bahwa itu hanya suara alamiah saja atau hanya rekayasa belaka,tanpa penelitian – itu menyalahi metodologinya sendiri.

  26. #38: kalau anda mengklaim sesuatu, maka yang harus memberi pembuktian adalah yang mengklaim. bukan sebaliknya, anda membebankan orang-orang yang tidak percaya untuk membuktikan sebaliknya.

    kalau begitu saya bisa mengklaim kalau 1+1=3, dan kalau anda tidak percaya, silakan cari buktinya :))

    kemudian, anda mencap orang-orang yang tidak percaya “materialis” & “bodoh”. rasanya ini asumsi yang berbahaya.

  27. wah..
    sebenernya sih itu terserah masing2….. hati2 loh..kalo emang itu beneran bahwa ALLAH sedang menunjukkan KEBESARANNYA..berarti yg udah bilang itu cuman rekaan doang..DOSA BESAR!!!..
    mo percaya atau ga..namanya siksa dan alam kubur itu jelas2 di AL_QURAN emang secara detail dijelaskan..kecuali kalo kita emang kafir ga mempercayai al-quran!!
    ambil positifnya aja…semoga dengan jeritan itu membuat kita semakin dekat kepada ALLAH SWT!!!

  28. #40: lho sudah jelas2 cuma rekaan doang kok. saya mau bilang apa lagi? karena memang itu kenyataannya. tapi bukan berarti saya gak percaya siksa kubur lho.

  29. #22
    hikmah apa yg diambil dari sekedar hoax???
    wah..ya mbok jgn ngomong gitu..kalo hoaxnya cuman jeritan ranjang seh ga ada hikmahnya la toh…lah wong tiap malem gw juga ngejerit….

    tapi kalo orang yg denger jeritan kubur itu dengan keimanan dan ketakwaannya pada allah, insyaallah banyak sekali mhikmah yg terkandung..malah saya yakin yg ngedengerin pake imannya pasti merasa tersentuh dan semakin taat kepada allah…kecuali kalo dengernya pake udel…(heheke..emang udel bisa denger???)

    #41
    terlepas dari itu asli ato ga…saya pikir ga ada negatifnya kok …saya berterima kasih sekali dengan yg bikinnya(kalo ga asli loh) atau yg menyebarkannya..
    disalah satu pengajian rutin minggu di bandung..jgn salah kalo cd jeritan kubur ini laris manis bak kacang goreng…mereka ingin tahu dan mengimaninya..kalo siksa kubur itu emang ada…

    dengan keterbatasan ilmu saya..perihal keaslinya saya hanya bisa bilang….
    wallahuallam bishawab…

    HANYA ALLAH YANG TAHU…

    txs ya om…

  30. yah kalo hoaxnya emang ngedidik kita untuk menjadi manusia yg lebih baik..why not??

    yah teteplah…semua agama mengajarkan kita untuk berpegang teguh dengan yg tertulis pada al-quran dan al-hadits…ga mungkin buanget beragama cuman gara2 hoax..

    geeto loh..om..jadi ceramah deh ama yg tua…

    om…kenapa nih ama om roy?? pemula nih…jadi ga tahu …penasran aja tadi baca beberapa website om suryo..

  31. eheheheh kiran itu beneran suara alam kubur . Taunya hmmm … pas dengerin sempet gemeter juga sih . Lumayan lah buat meningkat level iman..walau sebentar :p

  32. please donk saya udah lama banget nyoba tapi gak kedengeran suaranya.kirimi langsung ke emailsaya ya. please catch_thewin76@yahoo.
    thanks sebelumnya

  33. :(saya belum dengar tuh kayak apa suaranya…bisa minta tolong dikirimin gak suaranya..habis penasaran nih..thanks

  34. 1. Saya mendapat rekaman ini dengan pengantar dari ust Abu syauqi.. Dan seluruh dalil hadist dan al-qur’an mengenai penampakan siksaan kubur terhadap orang hidup adalah shahih ..ataupun paling rendah adalah sah.

    2. kalaupun suara2 tsb hoax, saya tetap terimakasih kepada yang bikin.. untuk diambil ibrah. dan mengingatkan kita akan kematian dan azab kubur. Terbayang bagaimana kalau kita diperlihatkan siksa kubur sebagaimana Allah pernah menunjukkkan kepada para sahabat rasul. Naudzubillah.

    3. Allahumma inni audzubika minal kufri wal faqri. Allahumma inni audzubika min adzabil qobri. la ilaha illa anta.

    salam

    JD

  35. Dapet email tersebut, baca judul trus liat photo lubangnya langsung tak delete itu email tanpa baca isinya. Itu lubang sangat khas. Soalnya gawean gw ar-ari ngedesain lubang model gitu.
    Apa hayo ;)

  36. maksudnya rekaman suara itu dengan pengantar ust abu sauqi? boleh saya minta spy saya bisa konfirmasi ke beliau.

    Tidak ada tuntunannya berdakwah dengan cara membohong-bohongi atau menipu. Benar, memang ada riwayat Rasulullah pernah terdiam sejenak (ketika dalam perjalanan) mendengar jeritan2 manusia yang tengah diazab kubur. Tapi itu hanya Rasul yang bisa, dan tidak bisa untuk manusia seperti kita.

    Alam ghaib seperti setan, malaikat termasuk alam kubur tidak pernah ada yang bisa ditangkap dengan panca indera, sebab Allah swt sudah membatasi dengan tabir.

    jadi, sy pun tidak akan pernah percaya kalo ada berita, baru-baru ini, yang katanya bisa merekam/mengambil gambar setan…

    dasar manusia…. kurang kerjaan aja :D

  37. Bagi orang malaysia, korang boleh dapatkan rakaman suara itu dalam bentuk VCD di pasar-pasar malam dengan harga RM5.00 dengan tajuk SUARA DARI KUBUR ceramahan Ustaz Abdullah Khari. Boleh juga didapati di gerai2 tepi masjid pada hari jumaat. Memang benar Allah membatasi pancaindera kita, tapi kun fayakun. Kalau Allah kata jadi, maka jadilah ia. Pasti ada hidayahnya. Allah Maha Besar.

  38. jadi ragu nih, ini hoax ato ga, tapi waktu gw ceritain suara ini ke nyokap gw, dia cerita…dulu waktu nenek gw masih gadis, dikampung ada orang yg selalu meledek org2 yg sholat ke surau. tiap azan magrib dia nongkrong di warung. main domino…trus ngeledekin yg ke surau. beberapa taon kemudian dia meninggal. kuburannya depan rumahnya yg deket dgn surau. anehnya, sejak dia mati, orang kampung sering dengerin suara gaduh di kuburannya. termasuk nenek gw ikutan dengerin. itu terjadi setiap azan magrib…org2 kampung nguping dkt kuburannya…katanya nenek gw suaranya gaduh bgt, kayak alat2 berat di pukulin.ihh, serem deh, kejadiannya di bukittinggi. gw percaya nih…masak nyokap gw boong :d

  39. alhamdulillah,syukur kehadrat ALLAH SWT kerana usaha tuan dalam menyangkal tohmahan atau dakwaan palsu sebegini.Jelas membolehkan kita muhasabah dan membuka matahati kita untuk lebih mengenal siapa diri kita sebenar tujuan hidup dan arah tujuan selepas mati…dgn kalimah suci laailahaillallaah sesungguhnya kita beriman kepada yang telah ditetapkanNYA.maka itu sudah cukup dan memadahi bagi kita yang beriman tak payahlah hoax seumpama itu baru buat kita percaya yang adanya siksa dalam kubur.Takut nanti ianya menyimpang dari konsep dan prinsip beriman itu sendiri.Contohnya beriman kita pada Allah,kita sebagai manusia takkan nampak ALLAH namun kita tetap yakin kepada ALLAH yang telah mencipta kita,lantaran itu tak usahlah perlu ada hoax yang menguggat keimanan kita.Assalamualaikum.

  40. Berapa banyak ilmuwan yg masuk islam karena mengalami apa tdk orang lain rasakan…?
    Berapa banyak para pendeta dan pastor yg masuk islam dari dulu sampe skrg karena melihat dan mengalami langsung akan kebenaran Islam…?
    Berapa banyak Missionaris seperti anda yg masuk islam yg tadinya ingin menjauhkan Islam…?
    Janganlah menyalahkan apa yg tidak anda alami dan anda rasakan sendiri..!
    Belajarlah untuk rendah hati dan sabar.
    Wassalam

  41. apalah yang ingin kita rasa pelik sangat dan janggal bila dgr rakaman ni. sya percaya ianya betul. bumi ni milik Allah 100%. seluruh alam dan diri kita sndiri adalah milik-Nya. jikalau Allah mahu membuka sesuatu hijab pada kita, Dia akan membukanya dan kita sbgai sama2 makhluk, samada mahu ambil iktibar atau mngingakari perkra tersbut. bila sya dgr rkaman tu, sya mengucap panjang….adus…bygkanlah neraka yg gelap, dicurahkan air panas, dibakar oleh api.haus..lapar…diberi mnum nanah,mnum timah cair shingga terputus usus perut, hancur lebur isi hati..dicamtum smula supya terus mrsai azab yg dkenakan itu..
    dan lagipun, ada suara yg mnyeru ALLAHUAKBAR. jadi, betapa ini mmihak kepada Islam. renung2kanlah…

    kita ni hnya mnusia.tanah aja. janganlah rasa bongkak diri…beramallah melalui Al-Quran & As-sunnah. Islam Itu Syumul…..doakanlh moga kta smua dipelihara oleh-Nya sntiasa. Amin…

  42. ;)Sebagai muslim ya tetep berpegang ama apa yang ada dalam Al-Qur’an.:d kalau di Al-quran sudah diberitakan why not we beleve dg suara dalam kubur? Simple..

  43. #63: gak percaya hoax ini bukan berarti gak percaya alam kubur lho.

    contoh lagi: al-quran mengatakan nabi muhammad itu ada. tapi kalau bang ali thoyyib ngaku2 didatangi nabi muhammad, bukan berarti itu pasti benar :)

  44. :( From deep inside my heart, nih. Hikmah dari jeritan bak mesin itu sangat berarti banget. Aku jadi ngebayangkan bisa jadi kenyataannya lebih hebat dari suara (yang dianggap hoax) itu. Aku jadi berusaha bebenah diri.
    Kalo g salah tanda kiamat tuh antara dimensi yang satu dengan dimensi lainnya tipis…bisa jadi alam kubur suatu waktu bisa didengar. Oh, ya. Kata ustadz (tetanggaku) makam umat muslim g boleh dijadikan satu area dengan makam o kafir alasannya karena kasihan akan ikut merasakan panasnya penyiksaan… jadi, suara yang (katanya ho..) ….:-?:-?[-(

  45. :-? sy sama gak mcm u all pecaya kat suara ni…bab sy memang ada dengar suara ni kat ustaz d skul…mulai dr itu sy sedar dan semakin berubah menjadi lebih baikkk….insyaallah…..allahualam….

  46. yaaa,ga da salahnya kan karena memang neraka itu benr2 ada, kalau benr tu bukan hoax ya bisa buat mempertebal iman qta, tul ga!btambah pula pahala qta.kalau tu hoax kan tinggal salahkan orang2 kristen atau amerika seperti yang udah2, beres!!.gitu aja loq repot.kan ga da dosa memusuhi orang2 kafir.

  47. Dan jika perpalingan mereka (darimu) terasa amat berat bagimu, maka jika kamu dapat membuat lobang di bumi atau tangga ke langit lalu kamu dapat mendatangkan mukjizat kepada mereka (maka buatlah). Kalau Allah menghendaki, tentu saja Allah menjadikan mereka semua dalam petunjuk sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang jahil (Qur’an :Al An’aam/35)

    Dan berapa banyak telah Kami binasakan umat-umat sebelum mereka. Adakah kamu melihat seorangpun dari mereka atau kamu dengar suara mereka yang samar-samar? (Qur’an:Maryam/98)

    Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat (tanda-tanda) Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit[540] dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum[541]. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan. (Qur’an: Al A’raaf/40)

    Hadist Nabi: Ruh orang Kafir ditahan di sijjin (tempat tahanan/penjara sementara) dibawah bumi, ditahan ruh orang mu’min di ‘iliyyin (tempat yg tinggi) sampai hari kiamat/pengumpulan. Kesimpulan saya, mereka baru disiksa ditahanan Allah (siksa kubur) sebelum hisab/perhitungan/penghakiman/pengadilan/kiamat datang, baru nanti ada ‘neraka jahanam’ dan ’surga’ tempat kekal. tetep aja neraka, bukankah diperut bumi ada api/magma/nar …

    bukankah Allah memberi tantangan mbuat lobang di bumi, utk mukjizat/keajaiban dalam ayat diatas, ayat berikut Allah tanya ‘denger nggak suaranya yg samar-samar’, ayat berikutnya menandakan ruh orang mu’min di illiyyin (7 lapis langit) al hadist.

  48. [2:171] Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja {107}. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti. (AL BAQARAH (Sapi betina) ayat 171)

Leave a Reply to Sumone Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *