Google AdSense dan Blog Berbahasa Indonesia

[Imponk](http://imponk.blogsome.com) kemarin menanyakan kepada saya mengapa sampai saat ini belum ada yang mengklik iklan [Adsense](http://www.google.com/adsense/)-nya. Menurut saya penyebab utamanya kemungkinan besar adalah bahwa blog Imponk berbahasa Indonesia. Karena itu hampir semua iklan Adsense yang ditampilkan adalah PSA yang tidak masuk hitungan walaupun diklik oleh pengunjung. Sampai saat ini memang Google Adsense tidak mendukung konten berbahasa Indonesia.

Jadi apa alternatif bagi penulis blog berbahasa Indonesia? Selain Google [Adsense](http://www.google.com/adsense/) ada juga layanan lain. Adsrated.co.uk menyediakan [ulasan beberapa penyedia layanan PPC](http://www.adsrated.co.uk/WebAds.html) selain Google Adsense. Saya sendiri belum pernah mencoba layanan PPC selain Google Adsense. Bagaimana pengalaman anda yang sudah mencobanya?

Walaupun demikian, penulis blog yang sekaligus penggemar Google Adsense tidak perlu kuatir. Saya berkeyakinan bahwa Google suatu saat akan mendukung konten berbahasa Indonesia. Pada bulan Januari yang lalu Google meluncurkan [Google.co.id](http://direktif.web.id/arc/2005/01/googlecoid). Setelah itu Google juga meluncurkan versi [Bahasa Indonesia](http://id.wikipedia.org/wiki/Gmail) dari [Gmail](http://mail.google.com). Selanjutnya bisa saja Google akan mendukung Bahasa Indonesia untuk program Adsense-nya. Saya sendiri menulis blog menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, [tergantung dari isi tulisan yang saya buat](https://priyadi.net/archives/2004/11/05/bahasa-indonesia-atau-bahasa-inggris/).

Bagaimanapun, pasar Indonesia tidak dapat diabaikan oleh Google. Indonesia adalah salah satu negara yang paling aktif ber-Internet apalagi yang berhubungan dengan interaksi antara pengguna. Saya masih ingat bagaimana kanal-kanal berbahasa Indonesia di IRC pada pertengahan tahun 90-an adalah kanal-kanal yang paling banyak penduduknya. Kemudian pernah ada yang memberi tahu saya bahwa grup terbanyak di Yahoo! Groups adalah grup yang dibuat oleh orang Indonesia. [Friendster](http://www.friendster.com) –sebuah situs jaringan pertemanan– sebagian besar dihuni oleh orang-orang dari Indonesia. Dan tentu saja *mailing list* paling ramai di [Google Groups](http://groups.google.com) adalah [*mailing list* berbahasa Indonesia](http://groups.google.com/groups/id-gmail/).

Jadi bersabarlah, karena saat itu akan tiba :). Menulis blog tanpa pemasukan tidaklah percuma, masih ada manfaat lain yang dapat didapat dari menulis blog. Tetapi jika anda menulis blog hanya untuk mengharapkan pemasukan, maka anda adalah orang-orang yang merugi :). Tidak perlu mengubah gaya penulisan anda hanya untuk mengharapkan pendapatan dari Adsense. Tetaplah menulis blog dengan gaya anda sendiri dan saya yakin anda dan kita semua akan mendapat manfaat dari itu.

83 comments

  1. pertama!

    Adsense gw juga masih sedikit, terakhir hanya US$ 0,33, tapi gw bingung kenapa ada cerita yang dapet cek dari google…
    Nah kalo mereka itu gmana caranya?

    Pengen dapet cek dari google…

  2. lha gimana ada yg ngeklik wong addsense-nya diblok ama admin2 warnet :D

    ohm kok komen preview-nya gak otomatis ngreplace emoticon ??? :-/

  3. “Menulis blog tanpa pemasukan tidaklah percuma, masih ada manfaat lain yang dapat didapat dari menulis blog. Tetapi jika anda menulis blog hanya untuk mengharapkan pemasukan, maka anda adalah orang-orang yang merugi.”

    setuju sekali! Adsense sejauh ini cukup dijadikan pasive income. karena toh kita (paling tidak saya) bukan fulltime blogger.

    sejauh ini, setelah diskusi dengan adsense-support@ yang jadi masalah mereka itu bukan sistem (mereka sudah support penuh bahasa indonesia kok), tapi memang yang beriklan dalam bahasa indonesia atau lebih tepat ke arah pemilihan Adwords keyword berbahasa indonesia itu masih sedikit jumlahnya. yang jadi minus bagi kita, dukungan cek dalam mata uang Rupiah sudah dibuang :(

    go id-blogger, go!

  4. Terus lah bekerja, kreatif, inovatif, jujur, jangan pelit sama ilmu/pengetahuan krn pemasukan nantinya bukan hanya dalam bentuk $, tapi bisa bikin orang lebih maju dan nama ente akan di inget terus krn ilmu/pengetahuan yang anda beri. *kok nasehatin sih* apa sih.. :d

  5. iya susah neeh… gak ada pemasukan.

    kata Covey di buku 8th Habit : no margin, no mission.
    misi perlu duit juga, karena saat Covey menjalankan bisnisnya dia hampir KO krn gak ada duit. lalu joint dg Franklin.

    Kata Prof. Gde Raka dari ITB, jangan pernah beri servis scr gratis, yg betul adalah diskon 99,999999% . Karena materinya mungkin gratis, layanannya pasti berbiaya (air minum gratis dr alam, penyajiannya mjd Aqua tdk gratis. ilmu gratis dari Tuhan, mengajarkan ilmu berbiaya. dll)

    Tapi setuju sih, jgn harap blognya menghasilkan duit (dlm jangka dekat?). Cari duitnya dr tempat lain aja, trus didonasikan (diskon 99,99999%) dalam bentuk waktu, pikiran, listrik, dan bayar telpon buat nge-blog…
    (jangan2 nge-blog cuma bentuk kecanduan…?!) :-?

    tetep opsimis..

  6. saya setuju dengan Firman. Google tidak membeda-bedakan konten. Cuma, sayangnya memang pemasang iklan yang membutuhkan keywords berbahasa Indonesia memang nggak banyak. Seringkali saya lihat pemasang iklan dari Indonesia pun lebih memilih keywords berbahasa Inggris. Cobalah masukkan keyword ‘hosting’ di Google Search. Kalo tidak salah, ada beberapa pengiklan dari Indonesia. Beberapa keywords yang lain juga demikian.

  7. #2 prasaan dulu itu cm mau ngeliat detik yang lebih sedikit warnanya .. tp malah sekalian semua ya ..

    #1 aku pernah dapet klik juga loh .. SATU KALI! *heboh banget* Habis itu gk ada lagi yang ngeklik. page impression juga so so .. Hehehe, bener kata Oom Pri, jgn jadi blogger karena adsense. Klo mau kaya lewat blogging ikutan aja e-marketing :D jadilah blogger pro, nanti pasti ada aja jalnnya .. seperti diundang ngisi seminar ;), pemateri workshop yang bisa ajak-ajak temen dan paccarr ;), dan lain-lain

  8. selama 7 bulan page impression blogku adalah 781,178 dan yang diklik hanya 684, kurang dari satu permil :D

    kenapa google gak bikin pilihan misalnya ‘content indonesian’ dengan ‘english ads’, kan yang penting keywordnya cocok

  9. #7, tidak sesederhana itu. google tidak cuma melihat keyword saja. mereka juga menganalisis banyak informasi pengunjung, salah satunya ip (untuk memetakan negara pengunjung).

    jadi kalaupun isi situsnya berbahasa indonesia, domainnya .id, dan berbicara topik “hosting”. bisa jadi yang keluar adalah iklan hosting berbahasa jerman karena pengunjungnya berasal dari jerman, dan referrer juga dari situs jerman (bahasa, domain .de, etc, etc)

    wah, bisa jadi kategori baru di blog nih kalau cerita tentang pasive income, apalagi adsense yang sebetulnya lebih heboh dan real daripada AA.

    *menanti warga id-adsense.com ikut berbicara*

  10. Hm… nanya duonks… Google tuh bisa ga sih ngirim duitnya langsung ke rekening mandiri? Soalnya mereka nanya tentang routing number dan pas gw nanya ke Bank Mandiri mereka bilang malah engga pake routing number… nah bingung kan? Soalnya account Adsense gw udah lumayan tuh buat dicairin hehehe.

  11. kalo saya sih nulis blog cuma hobi,
    bahkan kadang juga membantu saya,
    kemaren waktu saya lupa cara recovery
    windows xp, tinggal buka blog yang lama,
    ikutin caranya, beres dah..

    –budiw

  12. content blog gue bahasa indonesia, tapi adsenses gue pasang di halaman2x quicklinks yg ada bahasa inggrisnya, alhasil dapet sekitar sepuluh dollaran sebulan. ga banyak, tapi lumayan nutup buat hosting heheh. :p

    iya ada dua kemungkinan yg terjadi, google cukup cerdas dan bisa mengenali kontent berbahasa indonesia dan menampilkan iklan yg sesuai dengan itu walau dalam bahasa inggris.

    atau, pengiklan berbahasa indonesia makin banyak. untuk kemungkinan kedua ini, ekonomi online Indonesia harus lebih ramai daripada kondisi skrg, kalo ga, iklan2x Indonesia nanti isinya cuma para pemangsa SCAM dan MLM.

  13. Waaah saya juga sama! Google Adsense saya ‘sengsara’ sekali. Dapat 30 click per bulan aja kayaknya udah untung…

    Mas Pri tentu masih ingat posting saya yang dulu ttg penghasilan Anne Ahira di adsense yang sempat membuat saya kaget meski saya tidak melihatnya, tapi saya percaya sama teman saya yang melihatnya! Penghasilan dia lebih dari $250 PER HARI.

    Kebetulan si AA ini kemarin nulis newsletter, saya email dia dan asyik saya dapat jawaban!

    di bawah kutipan email dari AA (ternyata dia kalau jawab email cukup cepat juga!) Dan saya sudah tidak sabar menunggu IMC nya dia.. apapun itu! Mungkin ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dia cukup jujur mengatakan kalau dia mendapatkan semuanya tidak dalam jarak waktu dekat, dan dia dibantu oleh beberapa staff!

    ————-

    Hello Tris! :-)

    Terima kasih atas emailnya. Oh ya, tentu saja saya masih ingat teman Anda! Kalau kamu ketemu beliau, salam dari saya, ya!

    Soal penghasilan Adsense saya… ya, betul, penghasilan saya segituan lah.. hehe. Tapi ingat lho, saya tidak membangunnya dalam jarak waktu singkat! Saya juga dulu recehan dulu. Dan pendapatan saya sebesar itu datangnya tidak dari satu atau dua website. Saat ini google adsense saya berjalan kurang lebih di 58 situs affiliate saya. Saya punya 6 orang khusus team SEO yang saya training sendiri untuk membangun website tsb.

    Soal Total page impression yang kamu tanyakan, tiap hari tentunya tidak sama, tapi rata-rata sekitar 12,000 s/d 18,000. Dan click yang di dapat sekitar 1200 s/d 2000 clicks per hari.

    Sekali lagi ingat, ini memerlukan waktu yang lama bagi saya dan saya tidak sendiri mengerjakannya. Saya ada staff.

    Dulu, waktu masih ngerjain sendiri, penghasilan per bulan saya ‘paling besar’ $1,500 per bulan! Goal saya tahun depan bisa mencapai lebih dari $1,000 per hari.

    Saya memang memakai strategi ‘sederhana’ yg banyak orang kurang tahu, dan strategi ini akan saya ajarkan di Asian Brain IMC. Doain aja cepet launching ;-)

    Teman-teman saya di USA (mereka yang memakai strategi yang sama) sudah banyak yang berpenghasilan sampai $3,000 PER HARI. Jadi Tris tahu, saya juga sebenarnya masih ‘kacangan’ hehe.

    Sukses Buat Tris, dan sekali lagi terima kasih sudah jadi pembaca TBA Newsletter! :-)

    Hira

  14. Saya tidak punya blog bahasa indonesia yang pakai adsense, jadi saya tidak bisa sok tahu. Tapi utk bikin semangat penulis Indonesia, maupun kliknya dikit mungkin saja nilainya lebih besar. Bulan lalu clicks di
    site bahasa indonesia saya hanya sepertiga clicks di site bahasa inggris saya, tapi jumlah earnings-nya sama! (cuman $16 sih hihi)

    Kalau boleh nebak sebab kurang klik kenapa (selain faktor2 yang sudah jelas), mungkin karena kalau blog pengunjungnya itu2 aja, whereas kalo semacam quicklinks enda pendatangnya banyak dari search (orang yang memang sedang mencari sesuatu). Nebak aja lho..

  15. #22 ayuuk rame-rame belajar ke AA, termasuk bang Enda..
    biar 10 dolarnya jadi 10ribu dolar. sisa hosting bisa buat nyumbang pengentasan kemiskinan di Indonesia.. plus tentu saja makan-makan… ;)

    #23 kucoba gagal. entah pirepox nya, entah matrix nya. gak nongol tuh..:-?

  16. Saya akui, saya sempat terpengaruh beberapa kali soal postingan 3:-o, setidaknya ada dua atau tiga posting yang tiba-tiba berubah sama sekali.
    Jadi kikuk, tapi rupanya ada juga yang nyantol 1 kali klik. Uhui, seneng banget, padahal nilainya USD 0.08 aja. Bayangin, nilainya segitu udah seneng :d Kemudian lama-lama menjadi bosen.
    Soal PSA, itu cuma kadang-kadang, blogku seringnya bukan PSA lho! jadi ini tergantung yang ngeklik juga. Yah, kalo ada yang ngeklik syukur, kalo tidak ya harus dipaksa! :d

  17. Mas pengmat. AA tidak ngibul. Saya dapat email ke-2 setelah saya email kembali untuk menayakan orang yang berpenghasilan ‘1 JUTA US Dollar’ dari Adsense, yang dikenal sebagai ‘Million Dollar Adsense Man.

    Joel Comm itu tidak ada apa-apanya. Masih ada banyak marketer lain yang berpenghasilan lebih dan mereka memilih untuk DIAM. AA memberikan linknya “Jason Calanis” pada saya, beliau salah satu yang dikenal sebagai ‘Million Dollar Adsense Man’. meski saya tidak begitu paham bahasa inggris, tapi yaaa… dikit aja ngerti… di websitenya si Jason ini bilang dia punya 130 websites. Dan dia dibantu dengan 9 staff.

    Jadi tidak salah kalau AA bilang di juga dibantu oleh 6 staff dan punya puluhan website, dan dia bisa berpenghasilan sampai ratusan dollar per hari dari Adsnse.

    Terus terang, dulu saya salah satu yang tidak setuju dengan bisnis AA team elitenya. Tapi setelah email-emailan beberapa kali, khususnya ttg google adsense yang membuat saya begitu penasaran, saya malah belajar lebih banyak tentang AA. Saya bisa merasakan, kalau dia sebenarnya tidak seperti yang banyak diperbincangkan di blog yang sering menyudutkan dia.

    Di salah satu email saya sempat ‘menantang’ AA, katanya kamu punya puluhan website, saya mau lihat SATU saja yang tidak dia publikasikan, saya bilang saya janji tidak akan memberi tahu siapa-siapa. Dan dia memberi saya TIGA website affiliate dia.

    Bo…!!! Dia memang pintar! Lebih pintar dari yang saya duga! Dan betul juga dugaan saya. Tidak ada ‘nama AA’ di semua website itu. Di bawahnya hanya tercantum nama perusahaannya cukup kecil. Dan SEKARANG, saya tahu bagaimana dia bisa menghasilkan banyak uang, bukan saja dari google, malah dari barang yang sama kita ‘tidak kepikiran’ tapi dia menjualnya!

    Dan ngomong-ngomong Mas Pri, waktu Anda hitung CTR nya dia lebih dari 10%, kayaknya Anda betul sekali! Saya melihat bagaimana strategi AA menyimpan adsensenya yang seringkali membuat pengunjung (termasuk saya) pada saat datang ke salah satu web affiliatenya memang MENJADI PENASARAN untuk mengklik adsensenya!

    Jago.. lah jago… saya sampai geleng-geleng kepala waktu melihatnya. Dia tidak menyuruh pengunjung untuk mengklik adsensenya, tapi dia membuat situsnya MEMANCING MATA setiap pengunjung untuk melihat ke Adsensenya DAN mengkliknya!

    Wah.. kepikiran juga tuh anak! Email terakhir saya dibalas oleh Yani, asistennya. Yang pertama dia bilang semua strategi AA ini akan dibuka di http://www.AsianBrain.com dan saya jadi tidak sabar menunggunya.

    Sori nih mas pri, saya nulis pangjang lagi di blognya!:)

    Oh ya, saya sempat tanya sama AA lewat email, bagaimana pendapat dia ttg Priyadi hehe… apa AA benci dengan semua tulisannya… nih saya kutip email dia yang ke-3 …

    “Saya tidak pernah membenci Priyadi. Saya yakin dia orang baik. Dia hanya kurang informasi saja tentang saya”

    Nah…kalau AA yang sempat dihujat di blog Anda masih bisa berfikir “Anda orang baik”… mudah-mudahan Anda pun bisa menilai AA dari sudut pandang yang lain spt dia memandang Anda dari sudut pandang lainnya! ;)

    Dari sekian banyak email yang saya terima dari AA dan asistennya, saya bisa menilai dari tulisannya, dan saya merasa saya TELAH SALAH menilai AA, ternyata dia tidak seburuk yang kebanyakan orang sering tulis di blog. Dia orangnya jujur. Ngomongnya tidak berbelit-belit, dan selalu apa adanya. Seperti ttg Adsense saja dia tidak merasa dirinya ‘jago’, dia ngaku punya penghasilan besar itu karena dibantu oleh 6 orang.

    Salam damai buat semuanya!
    Trisna aka. Tresna

  18. #37: understandable, joel comm memang more or less ‘ada maunya’ gembar gembor tentang adsense. tapi jason calacanis memang jagoan, dia kan yang punya weblogsinc.

    “Saya tidak pernah membenci Priyadi. Saya yakin dia orang baik. Dia hanya kurang informasi saja tentang saya”

    hah? anda salah nanyanya. saya gak pernah membenci anne ahira pribadi. mungkin anda yang kurang informasi tentang saya :). dan jika AA mendapatkan uang secara halal dari adsense, ya by all means, silakan saja. kok lalu anda yang kepanasan ngaduin saya ke dia :)

  19. Dia tidak menyuruh pengunjung untuk mengklik adsensenya
    =======================
    klo nyuruh org ngeklik adsensenya semua org tau itu dilarang bisa di bann sama google.com

  20. #37: seseorang memberitahu saya ini:

    * http://cheap-wedding-favor.blogspot.com/
    * http://starting-a-home-based-business.blogspot.com/
    * http://art-and-design.blogspot.com/
    * http://www.thebestaffiliate.com/arts/

    3 yang pertama adalah splog (spam blog) *sigh*. yang terakhir punya konten original, setidaknya dari yang diindeks oleh google. tekniknya juga gak original, sudah sering saya lihat di tempat lain. semuanya punya pagerank 0/10, so much for 6 orang untuk SEO.

    singkatnya, kalau salah satu dari situs itu yang ditunjukkannya kepada anda, i’m not impressed.

  21. Wah..seru banget diskusi tentang Google AdSense (GA) nih :)
    IMHO, kesempatan untuk memperoleh penghasilan dari GA terbuka bagi siapa saja. Tak ada hubungannya dengan jenis media yang kita pakai (blog, direktori, situs komersial, dll). Tiga faktor utamanya adalah konten, trafik dan presentasi situs/ads positioning.

    Yang pertama, konten berkaitan erat dengan jenis Ads yang muncul dan mempengaruhi minat visitors untuk kembali. Di sini sebagian besar ads publisher mencoba menulis konten yang mengandung high paying keywords. Namun, high paying keywords tidak serta merta menghasilkan hasil klik dengan bayaran tinggi. Saya percaya, semuanya mesti mendapat approval lebih dulu dari Google sebelum high paying keywords itu di-deliver ke situs kita (atau Google punya semacam algoritma tertentu untuk menentukan sebuah situs layak mendapat high paying keywords atau tidak). Jadi ada faktor human review-nya. Kalau situs kita hanya berisi duplikasi artikel orang lain, tentu saja kemungkinan untuk mendapat high paying keywords dengan bayaran tinggi menjadi kecil, meskipun iklan ads-nya bertaburan. Lain halnya bila konten kita original dan memberikan banyak manfaat buat pengunjung.

    Yang kedua: trafik. Ini berkaitan erat dengan jumlah dan lokasi geografis pengunjung situs. Semakin banyak pengakses akan semakin besar pula kemungkinan kita memperoleh banyak klik. Sebuah ads yang sama biasanya tidak menghasilkan revenue yang sama bila diakses oleh pengunjung dari negara berbeda. Ini tergantung dari potensi transaksi dari iklan tersebut. Semakin besar kemungkinan transaksi semakin besar pula nilai cost per click (CPC) nya. Contoh: iklan promosi tentang sebuah produk yang hanya dipasarkan di US akan menghasilkan CPC lebih besar bila diklik oleh pengunjung asal US ketimbang Indonesia.

    Yang ketiga: presentasi situs dan positioning Google Ads. Situs dengan desain dan tampilan yang apik tentu saja akan membuat para pengunjung betah. Namun bila iklan GA dipasang tanpa pertimbangan tertentu, hasil yang diperoleh biasanya tidak akan optimal. Prinsip dasarnya adalah “make your Ads look less like Ads”, samarkan iklan itu agar tidak kelihatan seperti iklan :-)

    Yang jelas, Google AdSense cukup menjanjikan sebagai salah satu sumber passive income dari pada menaruh harapan terlalu besar pada program MLM atau sejenisnya . Satu lagi, no cost!

    Oh ya..sekedar info, salah seorang member http://www.adsense-id.com kini memperoleh pemasukan per bulan kurang lebih 1000 USD dari GA..it’s beautiful kan..? :-)

    Eh..sory nih Om Priyadi..dah kepanjangan..

    Buat teman-teman yang ingin berbagi pengalaman tentang tips dan trik GA, silahkan ikuti salah satu thread di forum adsense-id.com:
    Diskusi Tentang Tips dan Trik Google AdSense”>

  22. :)Salam kenal dari Fendy….
    Saya adalah orang yang baru mengenal tentang adsense jadi mungkin bayak tidak tahunya dari yang diketahui.
    Ini saya baru membuat satu host di blogger.com dengan alamat http://kevinsgk.blogspot.com. Setelah saya mendapatkan email dari google, saya baru mendapatkan USD1.00.
    pertanyaan saya apakah ada larangan untuk menampilkan meta=”…..” dalam skrip http://kevinsgk.blogspot.com?
    Terima kasih sebelumnya saya ucapkan….

  23. gimana ya supaya bisa site gue muncul terus di search engine cape udah gue cari cara untuk bisa masuk ke searc engine tapi gak dapat juga

  24. nama saya iwan,
    salam kenal buat semuanya and trims berat buat mas priyadi karena ngasih tempat buat tulisan saya ini.

    saya juga mau curhat about google adsence saya. kok nggak ada yang ngeklik-ngeklik yaa…sampe mumet aku. Yang lainnya kok bisa dapet duit banyak dari adsence itu gimana triknya sih yaa…..
    sekalian ngiklanin site saya nih….http://internetservicesolution.com/
    thanks berat buat semuanya
    iwan

  25. untuk dapat klik jgn gunakan blok apalagi blog yg pengunjungnya hanya sedikit dan umumnya hanya orang orang tertentu saja .

    untuk dapatkan klik saya gunakan sistem yg saya ya di masukkan ke website yg ada hubungannya dengan periklan juga

    seperti website : iklan baris , search engine ya di sini buatlah website sejenis iklan baris

  26. Aku cuma baca dari beberapa situsnya sabahan.
    http://www.sabahan.com/2006/03/09/from-zero-to-hero-targeting-10000-or-more-visitors-daily-to-my-blog-in-one-year/
    Ada 6 tuch dia bilang :
    1. Content, content content
    2. Adding fresh content daily
    3. Accumulate incoming links
    4. Taking it seriously
    5. Be the authority in their niche
    6. Good search engine ranking

    Tapi pertanyaannya, apa emang mau bikin blog untuk cari duit ? Atau bikin blog untuk curhat, bikin opini dan pendapat ?

    Ada trik untuk blog untuk cari duit salah satunya adalah posting nya kontinyu dan sering, ada trik yg bilang posting nya singkat2 ajah.

    Tapi kalo liat blog yang posting nya cuma satu kalimat satu kalimat … kadang … jadi keliatan .. “KURANG KERJAAN AMAT SIH TUH ORANG :-d”

    Kalo tulis nya panjang2 kayak mas pri (dan emang tujuannya bukan cari uang), mana bisa posting sehari tiga ;-)

    Jadi bikin blog aja 2 … satu blog “kurang kerjaan” untuk cari duit (pake bhs inggeris) satu lagi blog yang serius ..yg tulisannya panjang2

  27. Dan ngomong-ngomong Mas Pri, waktu Anda hitung CTR nya dia lebih dari 10%, kayaknya Anda betul sekali! Saya melihat bagaimana strategi AA menyimpan adsensenya yang seringkali membuat pengunjung (termasuk saya) pada saat datang ke salah satu web affiliatenya memang MENJADI PENASARAN untuk mengklik adsensenya!

    Jago.. lah jago… saya sampai geleng-geleng kepala waktu melihatnya. Dia tidak menyuruh pengunjung untuk mengklik adsensenya, tapi dia membuat situsnya MEMANCING MATA setiap pengunjung untuk melihat ke Adsensenya DAN mengkliknya!

    Wah.. kepikiran juga tuh anak!

    Mau menambahkan dan berbagi pengalaman dari tulisan sdr Trisnadjaya ini

    ketika membaca tulisannya tentang salah satu situs AA yang ada trik bagaimana orang “terpedaya” atau MEMANCING MATA
    atau apalah namanya yang membuat pengunjung meng klik adsense di website itu saya langsung
    teringat http://www.megaupload.com ,setiap mengunjungi situs itu walaupun sudah berkali kali mengunjungi
    saya masih saja suka terjebak atau terhipnotis dan akhirnya mengklik adsense nya

    penempatan adsense dalam situs tersebut memang luar biasa terutama di bagian 100 download terbanyak (sesuai pengalaman saya) karena design
    situsnya yang ada bagian yang suka berpindah2 (kadang menu diatas tapi kadang malah adsense yang diatas dan sebaliknya sehingga kita
    yang sudah terbiasa mengklik suatu link menu tidak baca2 lagi karena sudah hapal posisi nya, hei ini trik psikologi!

    Jadi kesimpulan saya (walaupun ngasal dan peluang benar sangat kecil karena hanya berpatokan
    sama tulisan sdr diatas dan juga mengingat mungkin masih banyak situs yang punya trik begitu lainnya……..
    AA adalah pemilik situs http://www.megaupload.com

    HAHAHA maapin ya kalau mungkin terdengar ngaco, tapi kalau benar hebat dan unik kan ternyata yang punya
    orang indonesia

    Ohya ada lagi uneg2 yang mau saya keluarin (dan gak mau memojokan siapa2), ini……

    Kenapa asianbrain.com masih harus bayar kalau AA udah banyak udang, eh uang????
    kataNYA mau ikut memajukan bangsa indonesia tidak ketinggalan dari negara lain

    terus terang buat saya membeli keanggotaan asianbrain.com sama saja seperti membeli
    obat peninggi badan yang sering diiklankan di media cetak, seperti membeli macan dalam karung,
    eh kucing dalam ember, loh kok salah lagi, maksudnya kucing dalam karung,hehe (sori banyak
    bercanda sebenernya saya yang sebenarnya bukan begini, tapi malam ini lagi mau bercanda aja)

    Begini sekenario si penjual obat peninggi badan saya pakai sbg “sekenario” setiap usaha kucing dalam karung

    si penjual mengiklankan dengan menggembor2kan bahwa dia punya obat peninggi badan….
    “obat peninggi badan alami 2 minggu tambah 5-10 cm semua umur diantar gratis beli 2 gratis 1”

    Fakta :
    1.Mana mungkin dalam 2 minggu bisa ada manusia tumbuh tubuhnya 5-10cm? tolong dipikir dengan akal sehat
    dulu sebelum merogoh kocek,

    2.Kalau semua umur bisa tambah tinggi badannya pakai obat ini nenek2 aja juga bisa donk tambah
    tinggi badan lagi?????

    3.Harganya satunya biasanya Rp130rb-Rp180rb, kalau diantar bisa gratis dan beli 2 gratis 1 berapa harga modal sipenjualnya waktu beli obat tsb????
    dan lagi kadang sampai ada diskon sd 90% (saya gak usah sebut siapa yang jual mungkin anda juga udah tau karena sering
    nonton di tv juga)

    tapi karena sudah kehilangan akalnya orang tanpa pikir panjang lagi langsung keluarin uang untuk membelinya (seperti saya dulu,
    saya coba saya pakai dan rasakan) ternyata sama sekali tak ada hasilnya, lalu saya komplain dari telp
    ke penjual obat tsb yang bersangkutan kenapa tak ada hasilnya, ini jawabannya….

    “Mungkin anda salah cara pakainya, coba beli satu lagi saja anda coba lagi ….dst berulang2”

    Demikian tulisan saya yang ada 2 tema ini tentang APA SIH WEBSITE AA & ASIANBRAIN.COM KENAPA GAK GRATIS tanpa niat menyakiti
    siapa2 hanya ingin mengeluarkan uneg2 (lega rasanya) terima kasih

    awas kucing di balik batu yang dikarungin

  28. #51: nice try :). linknya bisa diklik bukan berarti ente boleh nyepam seenaknya. dasar kurang ajar, ayo sana! sana! hush hush!

  29. hey priyadi,
    blagu amat sih elu,
    itu orang bukan mau nyepam lu punya site, kalo dia mau mah udah dikasih ddos attack buat site lu dari tadi
    site yg gede spt yahoo aje bisa kalang kabut kalo kena ddos attack apalagi site lu yg jelek kaya kucing kurap gini
    byk belajar dulu deh lu
    dasar nyemot monyet!!!
    kacian deh lu priyadi

  30. keren diskusinya.. btw keknya lebih asik klo diskusinya di forum aja, dah banyak kok forum indo yg punya sub forum yg bahas tentang adsense, coba aja cari di Gugel

    have fun

  31. Bener juga ya, komentar2 disini udah sepeti forum, page rangking google nya 3, saya juga temuin dari googling

    Mau komentarin situs blog ini tentang adsense (semoga benar, karena ini hanya pendapat dan dugaan semata. Setelah baca2 halaman ini mr.priyadi tertarik untuk mengikuti google adsense mungkin untuk iseng aja, tetapi karena blog nya berbahasa indonesia dan beliau menduga tidak bisa buat adsense maka beliau hanya pasang iklan GA yang mengajak orang untuk pakai firefox atau banner get revenue from adsense, tapi mr priyadi sebenarnya masih bisa pasang GA lain di blog ini meskipun berbahasa indonesia dan tidak akan muncul iklan layanan masyarakat

    yaitu pakai GA yang adlink, tapi mungkin anda sudah tau, itu adalah alternatif untuk web non english, saya nemuin itu setelah banyak eksperimen n tanya sana sini dengan GA, contoh bagus bisa diliat di web http://www.funponsel.com (adsense nya bagus2 pemasangannya, dan alamat whois nya dekat dengan alamat AA!!di bandung juga, suatu yang sangat kebetulan, jangan2 itu punya AA juga, contoh lain yang menarik di http://www.vcdolahraga.com adsense nya ada di bagian kanan dan di bagian bawah itu adlink suka muncul dan menggoda pengunjung untuk mengklik nya padahal situsnya berbahasa indonesia, sekian untuk malam ini senang berkenalan dengan anda, semoga dapet tambah ilmu lagi :):-?

  32. Punten Sampun Ransun …mau ikutan nimbrung bagaimana kalo ada yg bersedia jadi webring adsense Indonesia jadi semacam ARISAN nge KLIK anggota kita kita :) , pengalaman ane, coba bikin Blog Adsense kurang lebih 2 mingguan sampai hari ini dapat US$ dollar.
    silahkan kasih comment pake bahasa Indonesia, Jawa, Batak, Padang, Sunda , Madura ( ini ane pake translator :) di http://manggojuice.blogspot.com (untuk NGAKAK !) http://prosperity-wealth.blogspot.com (ya Motivasi biar lu pade kagak mudah nyerah deh)
    http://www.soulcast.com/healingmethod (sharing utk penyembuhan kagak pake obat dokter hehehe )
    ***** Budi ES – Batam

  33. Pak priyadi Pak Trisna jaya dan yang lainnya, salam kenal
    diskusinya sangat hangat, alot dan menarik.
    Bagaimana dengan AA yang katanya Marketer International dari Indonesia, apa benar begitu?.

    soal klik mengklik saya pikir asal web atau blog kita memberikan nilai bagi orang lain pasti akan banyak pengunjungnya. kalau mau klik adsense-nya, berikan content yang memunculkan pertanyaan lanjutan dari pengunjung dan dapat dijawab salah satu adsense yang ada.

  34. mari kita kuras uang google sebanyak2nya biar nambah devisa negara. nyari kerja skrg udh susah mari kita manfaatin dgn sebaik2nya GA ini.

    salam

  35. Adsense muncul di blog bahasa indonesia itu sudah terbukti dan bukan hanya iklan layanan masyarakat saja itu sudah terbukti di blog saya tapi akan lebih baik jika Ads Link Unit yang di masukan di blog.:)

  36. Salam kenal semuanya…. Marilah menebarkan kebaikan untuk sesama. Ungkap tuntas cari uang lewat Google Adsense. Jangan sok jago. Kita semua memang perlu uang. Bagilah ilmu bukan umpatan. OK.:):):)>-

  37. percaya atau tidak, gue udah sebulan ini jalanin adsense, tapi baru seminggu ini benar2x aktif.
    tembus 30 dolar tanpa perlu bikin blog baru atau situs dalam bahasa inggris.

    tanya kenapa…:d

  38. Walaupun dah ketinggalan info banget, padahal posting ini sudah dari tahun 2005, begitu baca-2 di portal bang PRI ini, banyak masukan info deh tentang GA, MAJU TERUS Bang PRI……semoga portal Bang PRI ini memberi banyak info dan ilmu yg bermanfaat buat semua netter…..

    Salam 4 Jempol tangan plus kaki…..:d

  39. Salam kenal smuanya….

    saya pemula nih di adsense. jadi saya mw banyak berkonsultasi sama om Priyadi….

    saya ingin minta tolong sama om Priyadi untuk mengecek blog saya, adakah sesuatu yang kurang sehingga income saya hingga hari ini masih $0…..

    itupun bila om Priyadi berkenan….

    TX before…

  40. Hari gini nge blog cuma buat curhat doank……gak jaman lagi bro !!!!…..

    NGeblog skrang bisa jadi penghasilan utama anda lewat ADSENSE ataupun jualan produk lewat ngeblog…….$300 /month (setara gaji supervisor kale) hal yg sesungguhnya gampang lewat Adsense………:d:d/

  41. Gimana ya supaya Blog Kita banyak yang ngunjungi. blog aku sudah 2 bulan ini dapat 2$ aja visit :htt://rudy-photo.blogspot.com

    trims

  42. gak tau mas, mungking budaya kita orang indonesia, budaya padepokan. jadi ilmu itu gak selurunya dikasih, takut nanti kalah sama murid. kemudian si murid juga mendirikan padepokan, dan hal sama juga terjadi, lama-lama akhirnya ilmunya habis. gak ada lagi jawara yang tangguh.
    samakan dengan blog mas ini, postingnya ngebahas iklan adsense gak bisa tampil diblog berbahasa indonesia, tapi di blog ini iklannya tampil, padahal postingnya bahasa indonesia dan ini bukan hanya di blog ini tapi hampir di semua blog senior indonesia. dasar budaya silat.

  43. ada yg bisa tolong kasih tau, knp ga ada pilihan “adsense for content”:(( :(( :(( :((
    padahal udah di approved. cuma ga ada pilihan buat dapetin kodenya. jadi gimana caranya supaya bisa dapetinnya.. :((
    somebody help me..

    thx a lot…

  44. hehe tulisan 2005 yang rame dibahas di 2008, seru juga, adsense for content untuk situs indonesia memang belum di support. yang sabar aja tungguin bentar juga mungkin keluar penawaran adsense for content untuk kita :D

  45. Mampir lagi.

    Yup, setuju! optimis dengan bahasa Indonesia.
    Saya sendiri tertarik untuk nulis pakai bahasa inggris.
    Tapi masih merasa kurang spontan.
    Ada yang punya saran?

    Terima kasih.

  46. Sempet beberapa bulan lalu, iklan BHS indo muncul di blogku yg kontennya full Indonesia. Beberapa bulan muncul dan kini kembali ke default setting lagi yaitu PSA .. :(

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *