PixelAds Cuma Tren Sesaat™

Pertama-tama Alex Tew –sorang anak muda 21 tahun dari Inggris– membutuhkan biaya untuk keperluan pendidikan. Dia dengan kreatif membuat situs [“The Million Dollar Homepage”](http://en.wikipedia.org/wiki/The_Million_Dollar_Homepage) yang dipenuhi dengan gambar berukuran 1000×1000 piksel. Kemudian dia menjualnya $1 per piksel, dengan minimum 10×10 piksel. Pembeli kemudian dapat menempelkan gambar apapun dan membuat taut pada piksel-piksel yang dibelinya.

Alex dapat menjual seluruh ‘kavling’ tersebut pada 1 Januari 2006 dan mendapatkan satu juta dolar. Aksi Alex Tew ini menarik perhatian sebagian besar blog dan media massa di Internet. Dan mungkin salah satu kesuksesan Alex adalah ekspos yang diberikan oleh blog dan media massa ini.

Kesuksesan Alex membuat banyak orang yang ingin mengikuti langkahnya. Dari pencarian di Google dengan keyword [“pixelads”](http://www.google.com/search?q=pixelads&ie=UTF-8&oe=UTF-8), [“pixel ads”](http://www.google.com/search?q=%22pixel+ads%22&ie=UTF-8&oe=UTF-8), dan [“pixel advertising”](http://www.google.com/search?q=%22pixel+advertising%22&ie=UTF-8&oe=UTF-8) menunjukkan ada ratusan dan mungkin ribuan situs yang berangan-angan untuk mengikuti jejak langkah Alex Tew.

Komunitas Pixelads ini berkumpul di forum yang bernama [“Pixeladstalk”](http://www.pixeladstalk.com). Sepertinya fenomena Pixelads sudah menjadi industri tersendiri bagi para penjual *script* Pixelads, walaupun tentunya tidak untuk para pemilik pixelads itu sendiri. *Script-script* Pixelads ini dijual mulai dari $50 sampai sekitar $200-an dan bahkan ada yang gratis. Salah satu daftarnya dapat dilihat pada *thread* [‘list of scripts’](http://www.pixeladstalk.com/showthread.php?t=2). Sekilas melihat aktivitas Pixeladstalk, perangkat lunak ini laku keras seperti kacang goreng.

Jika *script-script* tersebut memang laku keras, bagaimana dengan situs Pixelads-nya sendiri? Rasanya sulit membayangkan semua situs-situs tersebut akan sesukses Alex Tew:

* Alex Tew membuat “The Million Dollar Homepage” untuk membiayai kuliahnya. Sehingga bisa jadi sebagian besar dari pengiklan pertama adalah orang-orang yang memang ingin membantu Alex dan orang-orang inilah yang menyebarkan berita keberadaan situs ini ke seluruh Internet. Sedangkan niat para peniru mungkin hanyalah ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat.
* “The Million Dollar Homepage” dipublikasikan di banyak media massa dan blog, sedangkan situs-situs Pixelads milik para peniru tidak mendapat publikasi sebanyak itu.
* “The Million Dollar Homepage” memiliki *pagerank* yang tinggi, sedangkan para imitator tidak.
* Penyebab kesuksesan “The Million Dollar Homepage” yang utama kemungkinan adalah bahwa ini adalah sesuatu yang baru, yang membuat orang penasaran dan berbondong-bondong mengunjungi “The Million Dollar Homepage”.
* Situs-situs Pixelads tidak memiliki isi yang dapat menarik pengunjung untuk berulang-ulang mengunjungi situs tersebut.
* Tidak seperti iklan banner konvensional, dalam Pixelads terdapat ratusan atau bahkan ribuan pengiklan yang berkompetisi untuk mendapatkan klik dari pengunjung.
* Situs-situs Pixelads –termasuk milik Alex Tew– hanya ramai di awal-awal peluncurannya. Setelah itu jumlah pengunjung akan terus menurun. Sebagian besar para imitator ini memang menjamin situs Pixelads akan tetap ada sampai 5 tahun ke depan, tetapi mereka terkadang membuat asumsi jumlah pengunjung yang berlebihan seperti 10 ribu atau bahkan 100 ribu pengunjung per hari!

Walaupun demikian, konsep Pixelads mengalami evolusi untuk diterapkan sebagai media iklan. Misalnya pada blog [Neville’s Financial Blog](http://www.nevblog.com/2005/09/selling-pixel-squares-on-nevblog.html), Neville menjual ruang iklan piksel pada pojok kanan atas. Jadi tidak seperti kebanyakan situs Pixelads, blog Neville selain memiliki ruang piksel juga memiliki isi :). Sekarang juga telah ada jaringan iklan Pixelads seperti [PixelPPC](http://www.pixelppc.com/) dan [PixelBannerAds](http://www.pixelbannerads.co.uk/). Hanya saja peminatnya tidak begitu banyak.

Di Indonesia bahkan sudah ada paling tidak dua buah situs Pixelads, dan keduanya mengklaim sebagai yang pertama di Indonesia :). Ada yang ingin mengikuti jejak langkah mereka? Harga *script*-nya tidak mahal, *lho*. Tapi rasanya terlalu berlebihan jika anda mengharapkan akan menjadi sesukses Alex Tew, apalagi jika hanya meniru mentah-mentah ide dari Alex.

31 comments

  1. udah liat tuh iklannya di detik publishing, and males banget setelah berkunjung…..kurang berkesan.
    mungkin krn udah termakan kesannya oleh situs yg asli

  2. Boleh tuh idenya..bikin pixel ads khusus blogger indonesia …. ukuran portrait standar 50×20 pixel perURL link..cukup kan ?..kalau setuju..gw bikin ah iseng-iseng

  3. mari kita bikin pixelads yang mengalocate wajah2 para koruptor, dimana besar pixel berbanding lurus dengan jumlah uang yang dimakan!!!… BIAR MALU DIAAA

    karena semakin besar uang yang dikorupsiin, semakin nyatanya wajahnya

    dan namai lahannya : “DEVIL (town) SQUERE ”

    8-x >:) 8-x (~~) 8-x

  4. kalau bikin pixel koruptor….nanti ditangkep lho…, yang ngelapor kasusnya korupsi aja dituntut balik terus ditangkep kok…hehehehe….

  5. Ma’af Koreksi dikit mas Pri. Aku nggak meng-claim yang pertama kok :) he he :d he Coba dibaca lagi dengan seksama [-(. .Homepage Satu Milyar Blog. Seneng aja bisa Ikut membuat ‘Traffik Internet di Indonesia’ lebih sibuk. :)>- . Bahkan terus terang aku kirim email pribadi ke Alex Tew minta ijin bikin versi Indonesia kalo boleh … tapi gak dijawab … mungkin karena udah terjawab di FAQ nya dia http://www.milliondollarhomepage.com/faq.php#12 yang tulisannya

    12. Are you worried about copy-cats/rip-offs?

    Not at all. It is bound to happen (this is the internet afterall), and infact, I think it will work in my favour. They say imitation is the sincerest form of flattery. So I think any copy-cat sites will only have pure comedy value, whereas mine possibly has a bit of comedy PLUS some actual pull in terms of advertising dollars (I will be able to afford swanky socks, they will only get to buy crappy ones probably! They could have my old ones, if they like).

    So I say good luck to the imitators! While in my opinion it’s not very cool – I would prefer to come up with something original – in many ways the act of copying (perhaps more on a subconcious level than anything) is the basis of all creativity. But yeah, really bad rip-offs are seriously lame – I mean, if you’re gonna copy the concept, at least come up with your own design and text!

    UK folks > am I bothered? :)

    …. Malu ah kalo udah Tua Nyontek :”> …:)>-

  6. Bagaimanapun caranya, kreatifitas tidak dapat dipungkiri merupakan suatu cara cerdas dalam menghadapi tantangan hidup di jaman ini. Asalkan halal tentunya :d.

  7. oke dengan #20 & kreativitas yg perlu dicoba mas #16
    kalo kreativitas dijaga, kayaknya nggak bakalan jadi trend sesaat doang.
    salam kenal

  8. Pro : Kukuh TW
    Ma’af ngerjain nya buru2 :”>:d
    Tapi sudah bisa dicoba … silakan pasang website pribadi dan blog pribadi anda di pixel site Sejuta Wajah …. hrrraattiiisss ….. Boleh Pasang Wajah .. silakan … jangan besar-besar yang lain biar kebagian

    Oh ya butuh sumbangan nich … (header, footer dan background image)

  9. HOMEPAGESATUMILYAR.COM –> bikin MUNTAHHHHH!!!! Najos najong bagong jigong!!!! [-(

    Orang boleh lah ikut-ikutan, tapi sampe NYONTEK sampe FAQNYA juga nyontek.. najiss!! pake tempel fotooo lage!!
    Mending nyontek tu gak usah segitunya bulet bulet lah, ato nyontek 99% situs aslinya…. bikin yg BEDA geto!!!
    Script boleh sama.. tapi ini dari JUDUL, sampe MOTO (to become part of internet history.. whatsoever..), sampe majang FOTO, sampe FAQ, gilakk sama gituhh….

    Taeah… Nyontek mah nyontek, tapi nyontek yg KREATIF dong!!! Gue dikasih pixel gratis di homepagesatumilyar.com juga kaga bakal mao, kampungan.. tukang nyontek yg tidak kreatif ah.
    :o

  10. Itulah ciri orang indonesia, bisa mengkritik habis-habisan tapi gak ada bukti bahwa dia punya karya yang nyata…(menganggap diri lebih baik dari yang lain), tapi sebenarnya “NOL BESAR”

  11. Situs million dolar pix versi indon jelek banget.. Pencontek yg ga tau malu. Gue browse orang-orang bule punya, pake itu script, mending, mereka ga 100% niru. Misalnya konsep pixel belakangnya diberi gambar, webnya bukan pake ide 1 million tapi pake ide buat amal, ada yg buat lotre, dll.
    Yg indon punya, menjijikan lah.. nyontek bulet-bulet abis.
    /:)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *