Pembukaan Piala Dunia dan SCTV

Saya tidak tahan juga untuk berkomentar tentang yang satu ini. Partai pertama Piala Dunia 2006 di SCTV mungkin adalah acara sepakbola terburuk yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya.

Pertama, pembawa acara tidak mengerti sepak bola. Kenapa Titiek Soeharto yang harus menjadi pembawa acara? Terlihat yang bersangkutan tidak nyaman untuk menjadi pembawa acara, dan terlebih lagi sepertinya sama sekali tidak mengerti sepakbola.

Kedua, dua komentator yang ada (Danurwindo dan satunya lagi saya lupa) terlihat kurang dapat memberikan analisis pra pertandingan. Mungkin karena faktor pembawa acara dan mereka disuruh untuk saling berdebat apapun alasannya?

Ketiga, acara kuis yang tidak berbobot. Penelepon disuruh memilih satu di antara dua penendang, dan kemudian penendang disuruh untuk menendang bola ke target yang ukurannya cuma sebesar bola. Mungkin hanya satu dari 20 kali tendangan yang akan mengenai target :D. Jika mengenai target, penelepon mendapat 70% hadiah dan penendang mendapat 30%. Ini sama sekali bukan kuis.

Keempat, lelucon dari Izsur dkk yang tidak lucu sama sekali. Bagian yang lucu adalah ketika penonton di studio tidak tertawa sama sekali melihat aksi mereka.

Kelima, SCTV sama sekali tidak menyiarkan acara pembukaan di [ FIFA WM Stadion München, Munich](http://en.wikipedia.org/wiki/Allianz_Arena)!

Yang jelas ini sangat mengecewakan. RCTI melakukan hal yang jauh lebih baik pada Piala Dunia 2002 Korea & Jepang atau Piala Eropa 2004 Portugal. Masih beruntung karena partai perdananya sendiri sangat seru dengan skor akhir Jerman 4, Costa Rica 2; dan pada partai kedua Polandia vs. Ekuador, SCTV mengembalikan format acara menjadi seperti biasa mereka menayangkan pertandingan Serie A Liga Italia.

99 comments

  1. walo saya tidak suka bola tapi saya juga ikut kecewa dengan tayangan SCTV td malem. saya kira ada tayangan pembukaan piala dunia dari Jerman, eehhh yg ada malah pembukaan piala dunia versi SCTV :((

  2. Yaaahhhh memang sechhh….untung aja ga jadi ikut acara nonton pembukaan piala dunia….!!!
    Tapi kasian banget yang punya acara2 besar kaya “Nonton Bareng di xxxxx Caffe” jadi rugi….!!!

  3. Gila2an malu2in banget SCTV. Padahal gembar-gembor sebagai stasiun tv resmi piala dunia. Huuu, gak mutu!

    *Kedua!* :D

  4. Denger-2, banyak komentator-2 sepakbola memboikot SCTV yah? terlalu arogan katanya (bisa dibilang ekslusif). Pembawa-2 acara pertandingan juga ikutan memboikot. Jadinya, yang nggak ngerti bola (tapi ketika diwawancarai ngakunya suka sepak bola sejak kecil,meskipun nggak pernah nonton) juga akhirnya dipasang.

    Dua orang nambah, setuju, komentatornya jelek. Dah, hanya lihat pertandingan saja ah, pas waktu istirahat, mending memperbaiki “gudang konsumsi”.

  5. wakakakak…:d, kok sama kata dalam hatiku juga gitu…pas liat sctv kok cemen gitu pembawa acaranya, orangnya kikuk tuh, gak berani menatap langsung ke-kamera, gak enak ati ama rakyat endonesa kali ye?

  6. SCTV emang payah… tadi malem bener2 ilfil pas liat pra-pertandingannya. Mana komentatornya disuruh akting lagi… ngapain berdebat? Costarica bukan tandingan Jerman kawan.. btw lumayan lah… masih ada yang mau menayangkan piala dunia untuk dinikmati secara gratizz…

  7. copy dari postingan sebelumnya, komen #15:
    so be it…
    pertandingannya seru !
    tp begitu lihat pembawa acara di tv lokal itu…jadi ilfil…gap-soc (gagap soccer) sih…anti klimaks deh…

  8. ternyata komen gw (#10 atawa #15 di postingan om pri sebelumnya) lebih dulu daripada postingan om pri…:d
    mendingan pindah ke tv kabel…
    bahasan pembawa acara ‘n komentatornya lebih menarik…sekalian belajar english…yes…yes…yes…that’s right…

  9. Saya bukan pecinta sepakbola, tapi banyak denger dari obrolan temen-temen minggu2 kemaren, kalo kemasan Piala Dunia di SCTV bakalan banyak yang mengecewakan. Ternyata sebagian dah terbukti tadi malem ya..

  10. Bete emang, lebih buruk dr yg saya bayangin sebelumnya. tapi masih untung ada yg nyiarin langsung, en masih untung komentator selama pertandingan masih pake komentator aslinya.

    btw, itu komentator yg satunya namanya dali taher (mudah2an bener spellingnya). Hehehe, padahal biasanya dia yg jadi pembawa acara, kok skr dipaksa jd komentator ya.

  11. sepertinya kebiasaan tv indonesia tidak menayangkan ceremony acara2 akbar, padahal itu yang ditunggu2, justru malah disuguhi aksi panggung band-band lokal. memang neegri yang aneh..
    kalo pertandaingan tinju ditanyangin dari partai2 pembukaan eh kalo piala dunia justru diganti lawak (memang negeri yang aneh)

  12. Kalo pas jeda babak pertama dan kedua mending aku buka2 internet aja daripada lihat komentar dari komentator gak bebobot :@) yang sangat membosankan.. Maklum komputer aku ada tipi tunernya..

  13. ge bukan maniak bola,
    penginnya liat pembukaan piala dunia biar tertarik nonton.
    eh … malah bikin ilfil

    mana eespeen nayangin pinal enbie, setar seprot malah bilyar.

    siyal …..
    jadi gag semangat nonton piyala dunia, mending nonton karbol di lativi kids :-“

  14. maksudnya guyonan izhur dan rekan2 itu apa ya?

    gak lucu sama sekali, yg liat di tipi aja bingung mo ngetawain apa..

    presenternya jg sampe bingung tuh, sampai kesannya maksain ketawa sendiri..

  15. hari ini udah 3 org yg posting hal yg sama :))

    iya bete pembukaan gak ditayangin malah radja dan Ungu , dan 32 model gila gol *maksuttnyaaa??*

    kacau sctv huh

  16. wah, untung saya lagi tinggal di jerman sekarang jadi bisa ngelihat semua gegap gempita piala dunia 2006 dengan lengkap dan seru, dan yang lebih penting: nggak perlu bergadang :d

  17. pertamaaa! bah keduluan terus :((
    bola? hayyah i don’t like TV, then i don’t like watching, but i like your blog hehehe

  18. Kacau SCTV tuh, masak acara pembukaan kayak sirkus gitu jelek banget, plus band lokal yang ga jelas,beuhhh. Dan mengenai komentator masih better komentator di RCTI sewaktu mengomentari liga champion.

  19. Kalo kata orang Sunda bilang, “Lauk Buruk Milu Mijah” yang ngadain pertandingan orang lain, kita malah ikut-ikutan sibuk. :))

    Salam hangat,
    -rosgani-

  20. ‘mencerdaskan bangsa’ tampaknya tidak pernah ada pikiran media di Ind when come to sport. not just TV, newspaper do as bad in term of ‘meremehkan pembaca, sok tau, and analisa/tulisan gak ada isinya’.

    been trying do what you says: change the world one person at a time.
    namun krn sy cuma ‘pekerja’ ya gimana ya..cuma bs prihatin n frustasi *dan berharap 1 dua tulisan lolos, krn editor lbh suka model ‘wawancara dg penjual hotdog etc’*

  21. padahal dari acara pembukaan ini, yang saya tunggu upacara pembukannya je…
    sempat syok juga.. ternyata pembukaanya diganti pembukannya SCTV..
    ya… aku kira SCTV bakal belajar dari yang kemaren sempat terkesan monopoli… ternyata malah diawali dengan hal yang tidak baik…
    Waktu acara istirahatunya pun.. gara-gara pindah2 saluran.. sampai nggak nyadar.. kalau acara komentar2 itu aku kira acara dialog politik… :)

    jadi kebanyakan bilang payah ya?

  22. Wadoohh..gak liat pembukaannya! tp untung deh, soalnya gw bikin piala dunia sendiri lewat winning eleven 10, lebih seru lebih endang!

  23. Apa-apa, kayaknya yang bisa membuat suatu acara olah raga lebih bagus itu RCTI.

    SCTV !? mo buat acara versi dia? gak mutu tau !!!. belum lagi sinetron-sinetronnya yang juga lebih nggak mutu.

    Jadi prihatin dengan tv-tv indonesia. satupun nggak ada acara yang bisa jadi pelajaran…..

  24. huh… tadinya mo rekam opening ceremony. ditunggu ga muncul2… malah 2 -band lokal yg paling bikin gw geli kalo denger lagu n liat tampangnya- muncul >:)
    SCTV ANCURRRR!!!!
    kasihin aja hak siarnya ke RCTI :p

  25. meskipun gak puas banget..tapi karena gratis ya terima aja lah….

    omong2 si titiek soeharto koq jadi komentator sih? kampanye PR? jadi sponsor? atau butuh setoran yah? yang terakhir mah kayaknya gak mungkin…:)

  26. Setuju Om Pri…
    Memang hari pertama rasanya mengecewakan sekali. Tidak sesuai dengan gembar-gembor promosi Piala Dunia yang dilakukan SCTV. Siapa sih Titiek Soeharto? kok bisa-bisanya dia jadi pembawa acaranya? Istrinya direkturnya kaleee!!! :D

  27. yeah..SCTV sucks ! oo mbak itu namanya Titiek Soeharto ya .. garing abizz euy . RCTI fine ! tapi sekali kali boleh dong TV7 . Kayaknya pembawa acaranya lumayan lucu :D

  28. weks, semalem ada “tendangan halilintar” loh dari luar kotak penalti (saya lupa siapa lawan apa), lumayan lah buat edisi perdana =d>. tapi emang kalo kuisnya gareng abissssss, aneh bin ajaib 12 13 14 16… ~X(

  29. Kemaren, ketika saya nonton ada teman saya yang bilang: “kok para pemasang iklan mau-maunya diberi acara kayak gitu?” :-“

  30. iya nih sebel juga udah bela-belain nungguin ampe tengah malem,aku kira ada pembukaan nya langsung dari jerman kaya PD 2002 dulu ternyata pembukaannya ala SCTV .Kuis kuis nya juga aneh aneh kaya gitu.
    menurutku piala dunia 2002 Korea-Japan emang yang paling bagus deh apalagi gak usah begadang nungguin big match nya :x

  31. Yang PENTING INGGRIS Menang 1:0 lawan PARAGUAY ;)

    Tapi trus terang SCTV kurang sip dalam MENGEMASNYA (kampungan gitu). Kalau Piala Dunianya sih OK banget :D

  32. kayaknya SCTV setengah2 bikin programnya ..
    jadinya yahhh begitulahhhh …

    kecewaaa.. jadi ndak asikkk nontonya

    bowie :-w

  33. eh tapi yang komentator bulenya, keren juga tuh bahasa indonesianya..
    saya setuju.. kick Titiek Soeharto out of football!! :d ..
    lebih seruan liat rico ceper ato ricky jo

  34. yaah.. pasrah juga sama mba Titiek, tapi mending nonton pas kick-off teng! daripada ill-feel dan hilang semangat nontonnya. :)

    ‘lam kenal pak pri!

  35. hiwihwhi.. itu gunanya remote Tv mas pri. giliran komentatornya ngomong.. clik.. ganti deh channel nya. hiwihwihhiw :D

  36. Menurut SCTV, mereka gak tayangin acara pembukaan karena license buat nayangin acara pembukaan itu beda dan harus beli terpisah.

  37. #61: yup, saya baca di detik.com juga begitu. sctv telah melakukan tindak kebohongan…!!! karena tidak memberitahukannya jauh-jauh hari…!!! ini karena sctv tidak bisa membeli “pembukaannya” karena mahal… [-( mereka memang pinter (tapi menyalahgunakan kepinteran), jelas mereka tidak memberitahukannya kepada kita karena jika kita tau akan terjadi begitu maka kita semua akan marah…sctv menjaring iklan sebanyak mungkin untuk kepentingan dia dan kelompoknya… itu sudah pasti!!!! ingat teman-teman, hal seperti ini bisa terjadi, dan telah terjadi. kejadian ini tidak bisa ditolerir…

    bila ada yang tidak tahu akan kejadian seperti ini, maka dia tidak menggunakan “akal fikiran” yang sudah diberikan Tuhan Yang Maha Esa…percuma ada kejadian tapi tidak bisa mencernanya…..

    SEKARANG, SUDAH TAHU ‘KAN SIAPA SCTV…?????

  38. Memang SCTV pinter banget bikin kemasan piala dunia. Sampe-sampe studio khusus piala dunianya dikasih nama ‘Kampoeng Bola’. jadi persis sama kayak yg punya gawe + presenter/komentatornya, KAMPOENG-AN…. [-(

    Btw, mungkin kita disuruh lihat opening ceremony nya lewat streaming Real Media kali… :d
    Go to : http://www.liputan6.com/view/0,124240,1,0,1149934067.html
    Cuman sayang g blm bisa buka tuh video.

    Kalo 2010 TV7 aja kaleee…

  39. Betul! Bahkan katanya SCTV mendapatkan banyak kecaman dari banyak pihak sehubungan dengan tidak disiarkannya pembukaan Piala Dunia.

  40. jangan2 lisensi pas perayaan pemenang piala dunia juga tidak dibeli..

    hua hua huaaa :(( :(( :((

  41. Kenapa musti Titi, mendingan Tata aja lebih fresh :d
    Jangan lupa isi polling di detikcom….

  42. Titiek Soeharto?? :o mang dia ngerti bola ya?? gw aja yg gak terlalu suka bola.. illfill liat dia yang gagap bawain acara…[-(

  43. Tapi, untuk hari seterusnya juga!!!!!!!! itu ngeles atao ngeles yah, kalo katanya karena hari ini dikarenakan tidak ada jadwal saja..

  44. pokok-nya selain RCTI ga ada yg ngalahin kemasan penyajian siaran bola\:d/. gw jd demen liga spanyol n be-te nonton liga italy jg krn RCTI (deuhhh gw dibayar brapa sih ma RCTI, sumpehh gw ga promo:)>-)

    SCTV sih emang dah diduga bakal babak belur ngemas acara bola. mbo’ ya ngliat temen lamanya dlm ngemas acara, tinggal copy paste kok ya masih juelexxxxxx.

    gw cuman brharap liga champion ga pernah pindah ke stasiun TV laen n piala eropa n piala dunia berikutnya ga ada monopoli lagi. kalopun dimonopoli ma RCTI aja deh:d, ato TV 7 juga T-O-P kok.

    buat kru SCTV yg baca coment2 disini, laporin keluhan qt2 ini ya ke peng-gedhe2-nya SCTV. Btw bener tuh si tatik trmasuk komisaris SCTV (mmm pantesss..~X(

  45. Napa ga mbak titik puspa atau titik qadarsih aja yang bawain??

    nb : titiek soharto cocoknya bawain acara kuis 3T TPI :d :d

  46. kami ikut prihatin :((
    atas kegagalan SCTV, karena tidak menampilkan opening ceremonynya:o….kami menunggu presenter TITI_TITI yang lain,.. kaya’ titi kamal gt lho…. :-”
    titi’ puspa juga boleh..hee:d
    dari pada nyang jadi presenternye titi’ soeharto

  47. :)>-
    sudah aja ngebahas mbak titik yang itu…………..
    lebih baik ngebahas titi kamal:x
    kira2 mau ga ya jadi presenter bola?
    klo dia ga bisa ngomentari bola tapi lumayan lah enak di liat……..
    mau ya mbak titi kamal??????????
    demi pecinta bola indonesia\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/\:d/

  48. gak bener donk SCTV satu untuk semua , soale ada yang lupa ditayangin.bener tuhh…2010 RCTI aja lagi. =d>:)):-“b-(

  49. RCTI podo ae mas, malah suka nayangin iklan berlebihan, inget ga waktu PD 2002, kick offnya sering lewat !

  50. \:d/
    saya sangat kecewa karena pembukaan piala dunia tidak ditampilkan di tv oleh sctv. saya berharap kalau penutupan piala dunia akan ditampilkan di tv oleh sctv, karena hanya sctv siaran tv yg menampilkan piala dunia. sctv satu untuk semua :)>-

  51. hey gw endang.
    gw hobi nonton bola tp khusus piala dunia.
    tapi omang2 indonesia kapan ya bisa masuk piala dunia
    soal nya kepingin jadi kapten keseblasan indonesia ni :”>:”> dan klo indonesia yang mendapat kan juara perta maka pak presiden harus merayakan nya dengan cara membagi2 kan bola :d:d:d:d:d:d:d:d:d:d

  52. :-?SCTV jgn sok2an lah nyaingin RCTI!!! bener2 ilfeel dh ngelihat loe, tapi ya makasi juga dah nayangin acara piala dunia, gimanapun kalian tetap berjasa kq…..:x:)>-

  53. SCTV Jelek.. ga bisa bikin seRAPIH dan SeINDAH RCTI. Iklan-iklan sepak bola aja jelek banget. CULUN

    gw udah ga punya semangat nonton bola Serie A. Selain Iklannya KATRO.. pengemasan acaranya juga kurang menarik.

  54. hmmm…waktu liat mbak titik jd komentator, kirain acara masak memasak “SELERA NUSANTARA”. EH, ternyata acara piala dunia…:-?=))tapi untung ada Darius yang enak dipandang mata brooooo…pacarnya siapa mas???:x:x:”>

  55. DARIUS I LOVE U….:x:x TITIEK SUHARTO UEEKKK :(:))~X(8-} EMANK ACARA ARISAN IBU-IBU APA??? MENDINGAN TIDUR SAMBIL MIMPIIN DARIUS YANG CUAKEP BANGETTTT|-)|-)MUDAH-MUDAHAN ACARA FINAL SCTV BERBAIK HATI TIDAK MENAMPILKAN MBAK TITIK…

  56. :))hek…hek….mba titi kasian de loe! ga ada fansnya, ga ada cocok2nya deh! mending jadi komentator demo masak aja,^:)^(~~)lebih cocok gitu loh…>:)
    kalau ga bisa ngomong masalah bola, mending ngegosip aja sama tetangga %-( kan lebih asik ngegosip!!!
    b-(:-@:-” buat sctv ada saran nih! daripada mba titi mending gue aja jadi komentatornya. mau ga? GRATIS!!!!

  57. hahhaa, kalo dimedan sech, nonton piala dunia, sama dengan nonton lampu minyak… sering mati lampu…:((:((, sampai kapan yach PLN bisa ngerti kepuasan akan pelanggannya, mudah – mudahan ada perusahaan listrik swasta, semua akan beres, kenapa sech negara kita hanya berpatokan ke PLN semata ???

  58. HUE…he….
    ada juga yang seide, ank2 di kostan juga pada panas ngeliat SCTV, yach… paling ga ntar 2010 (Katanya yang pegang SCTV lagi..) mereka bisa berbenah diri :)
    yang gw liat sech, kurang professional gitu…. kaya acara PENSI anak SMU padahal ini WORLD CUP!!!!
    next on 2010 we’ll wait som thing new….
    BTW HIKS2 :(( Prancis kalah…..yach… that’s world cup anything can be happan, VIVA WORLD CUP!!!

  59. HUE…he….
    ada juga yang seide, ank2 di kostan juga pada panas ngeliat SCTV, yach… paling ga ntar 2010 (Katanya yang pegang SCTV lagi..) mereka bisa berbenah diri :)
    yang gw liat sech, kurang professional gitu…. kaya acara PENSI anak SMU padahal ini WORLD CUP!!!!
    next on 2010 we’ll wait som thing new….
    BTW HIKS2 :(( Prancis kalah…..yach… that’s world cup anything can be happan, VIVA WORLD CUP!!!

  60. :-<:-<#-o#-o hmmmmmmmmmmmmmm..... french kalah... hiks hiks..:-<:-< SIHGANTENG ZIDANE DI KASIH KARTU MERHAH LAGI...!! CUOPU ABES TUH WASIT..!! dadar kerbau 3:-o :(|)>:)>&#45;) ..!!!! italy kelaut aja dah loe ..b-(:@)l-)l-)l-)l-)l-)..!! mana sctv ga nyiarin ceeremony nya lagi..hiks..gmana gw mau buat tugas tentangbola neh...adohhh kacauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu %-(#-o:((~X(>:p@-)(:|:^o

    btw BTW..DARI PADA TITI GIMANA KLW GW AJA JADI PRESENTER YA… :;););):):):):”>:”>:”>:”>:”>~ :*:p

  61. SCTV jelek banget 100000000000000% kalo gue ngomong nanti bibir gue monyong.
    komentator, acaranya, dan segalanya jwelek! apalagi pas aku mo nonton piala dunia kagak jadi. Because, gak ada pembukaannya. padahal aku pengemarnya Thiery Henry dan Gillardino. uh… benci aq!

Leave a Reply to Adi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *