Atlantis dan Indonesia

Akhir-akhir ini banyak beradar kabar yang mengatakan bahwa ‘benua Atlantis itu ternyata Indonesia’. Kabar ini beredar dari email ke email, dari milis ke milis dan tentunya [dari blog ke blog](http://www.technorati.com/search/Definitifve). Kabar ini ternyata berasal dari tulisan di Pikiran Rakyat yang berjudul [Benua Atlantis itu (Ternyata) Indonesia](http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/102006/02/0902.htm).

> Penelitian mutakhir yang dilakukan oleh Aryso Santos, menegaskan bahwa Atlantis itu adalah wilayah yang sekarang disebut Indonesia. Setelah melakukan penelitian selama 30 tahun, ia menghasilkan buku Atlantis, The Lost Continent Finally Found, The Definitifve Localization of Plato’s Lost Civilization (2005). Santos menampilkan 33 perbandingan, seperti luas wilayah, cuaca, kekayaan alam, gunung berapi, dan cara bertani, yang akhirnya menyimpulkan bahwa Atlantis itu adalah Indonesia.

Atlantis memang misterius, dan karenanya menjadi salah satu tujuan utama arkeologi di dunia. Jika Atlantis ditemukan, maka penemuan tersebut bisa jadi akan menjadi salah satu penemuan terbesar sepanjang masa.

[Atlantis](http://en.wikipedia.org/wiki/Atlantis) adalah sebuah pulau atau benua yang disebut pertama kali oleh [Plato](http://en.wikipedia.org/wiki/Plato) pada karya dialognya yang berjudul [Timaeus](http://en.wikipedia.org/wiki/Timaeus_(dialogue\)) dan [Critias](http://en.wikipedia.org/wiki/Critias_(dialogue\)) pada tahun 360 sebelum Masehi.

Dialog Critias mengandung sangat banyak keterangan deskriptif tentang ciri-ciri Atlantis. Kemungkinan besar deskripsi Atlantis yang ada pada Critias inilah yang menjadi acuan mengapa Santos berkesimpulan bahwa Atlantis adalah Indonesia. Santos pada situs webnya [atlan.org](http://atlan.org) mengumpulkan [33 bukti](http://www.atlan.org/articles/checklist/) bahwa Atlantis adalah Indonesia.

Tetapi rasanya penjelasan dari Santos ini terkesan terlalu mengada-ngada. Dan tentunya, tergantung dari seberapa lebar penalaran kita, tempat apapun bisa masuk dalam deskripsi Atlantis sesuai dengan Critias. Silakan baca sendiri [terjemahan Critias ke dalam Bahasa Inggris](http://classics.mit.edu/Plato/critias.html) dan simpulkan sendiri apakah Indonesia sesuai dengan yang dideskripsikan, tentunya tanpa melihat penjelasan Santos yang terlalu melebar.

Tapi yang lebih menarik adalah ciri-ciri Atlantis dari Timaeus. Berikut adalah [terjemahan Timaeus ke dalam Bahasa Inggris](http://classics.mit.edu/Plato/timaeus.html) beserta komentar saya.

> For these histories tell of a mighty power which unprovoked made an expedition against the whole of Europe and Asia, and to which your city put an end.

Apakah mungkin dulu orang-orang yang hidup di lokasi yang kini bernama Indonesia pernah mengadakan ekspedisi untuk menyerang Eropa dan Asia (Asia di sini mungkin adalah Asia Minor, atau [Anatolia](http://en.wikipedia.org/wiki/Anatolia) pada negara Turki modern).

‘Your city’ pada kalimat di atas merujuk pada [Athena](http://en.wikipedia.org/wiki/Athens). Apakah dulu penyerbuan ini digagalkan oleh Athena?

> This power came forth out of the Atlantic Ocean, for in those days the Atlantic was navigable;

Apakah Indonesia berada di Samudera Atlantik? Walaupun demikian, dengan penalaran yang meluas dari Santos, beliau berkesimpulan bahwa Atlantik adalah seluruh lautan di dunia.

> and there was an island situated in front of the straits which are by you called the Pillars of Heracles; the island was larger than Libya and Asia put together, and was the way to other islands, and from these you might pass to the whole of the opposite continent which surrounded the true ocean; for this sea which is within the Straits of Heracles is only a harbour, having a narrow entrance, but that other is a real sea, and the surrounding land may be most truly called a boundless continent.

[Pillars of Heracles](http://en.wikipedia.org/wiki/Pillars_of_Hercules) kemungkinan besar merujuk pada selat Gibraltar. Asia di sini kemungkinan merujuk kepada semenanjung Anatolia di Turki.

> Now in this island of Atlantis there was a great and wonderful empire which had rule over the whole island and several others, and over parts of the continent, and, furthermore, the men of Atlantis had subjected the parts of Libya within the columns of Heracles as far as Egypt, and of Europe as far as Tyrrhenia.

[Tyrrhenia](http://en.wikipedia.org/wiki/Tyrrhenia) adalah sebuah daerah yang saat ini merupakan bagian dari Italia. Apakah mungkin orang yang tinggal di Indonesia pada jaman tersebut bisa menguasai Libya, Mesir dan sebagian Italia?

> But afterwards there occurred violent earthquakes and floods; and in a single day and night of misfortune all your warlike men in a body sank into the earth, and the island of Atlantis in like manner disappeared in the depths of the sea. For which reason the sea in those parts is impassable and impenetrable, because there is a shoal of mud in the way; and this was caused by the subsidence of the island.

Apa di Indonesia bisa terjadi gempa dan banjir? Tentu saja. Tapi apakah gempa dan banjir tersebut dapat menenggelamkan sebagian besar Indonesia dalam satu hari dan malam? ‘Tenggelamnya’ Indonesia menjadi seperti saat ini terjadi secara gradual dan tidak secara tiba-tiba.

Tanggapan lain dari sisi geologis dapat dilihat di blog Rovicky pada tulisannya yang berjudul [Benarkah Indonesia itu Atlantis?](http://rovicky.wordpress.com/2006/11/11/benarkah-indonesia-itu-atlantis/)

Sebagai informasi, kandidat lokasi Atlantis bukan hanya Indonesia. Dan saat ini [belum ada kesepakatan](http://en.wikipedia.org/wiki/Location_hypotheses_of_Atlantis) dimana lokasi Atlantis sebenarnya. Dan bahkan bisa saja Atlantis hanya ada dalam pemikiran Plato. Setiap teori tersebut memiliki pendukung masing-masing yang biasanya sangat fanatik.

Kandidat lainnya tersebut adalah: Andalusia, Pulau Kreta, Santorini, Tanjung Spartel, Siprus, Malta, Ponza, Sardinia, Troy, Tantali, Antartika, Kepulauan Azores, Karibia, Bolivia, Meksiko, Laut Hitam, Kepulauan Britania, India, Srilanka, Irlandia, Kuba, Finlandia, Laut Utara, Laut Azov, Estremadura.

Mudah-mudahan ini bukan cuma salah satu bentuk nasionalisme sempit dan berlebihan: kita mendukung teori Atlantis berada di Indonesia hanya karena kita orang Indonesia. Indonesia memang menjadi salah satu dari kandidat lokasi Atlantis ini, tapi rasanya kita tidak perlu berharap terlalu banyak.

Kalau ingin menemukan Atlantis, mungkin kita harus menemukan dulu [Sophia Hapgood](http://en.wikipedia.org/wiki/Sophia_Hapgood), paranormal yang dapat menghubungi Nur-ab-sal, roh penguasa Atlantis. Dan setelah itu mencari [Hermocrates](http://en.wikipedia.org/wiki/Hermocrates_(dialogue\)) –naskah dialog Plato yang hilang–. Dan terakhir tentunya berlomba dengan para Nazi Jerman yang mengincar kekuatan [orichalcum](http://en.wikipedia.org/wiki/Orichalcum) untuk pertama kali mencapai Atlantis :).

109 comments

  1. Kalau ingin menemukan Atlantis, mungkin kita harus menemukan dulu Sophia Hapgood, paranormal yang dapat menghubungi Nur-ab-sal, roh penguasa Atlantis. Dan setelah itu berlomba dengan para Nazi Jerman yang mengincar kekuatan orichalcum untuk pertama kali mencapai Atlantis :)

    Serasa nonton filem :d

  2. Sekali lagi saya ingatkan bagi anda para penggila skema piramid dan AA untuk bertobat,,,
    *tengok kiri tengok kanan
    **kabuuuurr

  3. kalo boleh kita banding-bandingkan..Indonesia secara kesatuan…dari pulau We sampai Pulau Merauke, terlihat sekali kalau Indonesia sangat diberkahi oleh Tuhan YME, betul ga sii..Negara mana yang bentuknya…seperti diatur kyk Indonesia? Hanya Tuhan-lah yang tahu!

    siapa pun ,Aryso Santos, bagaimanapun teorinya 30 tahun bukanlah waktu yang singkat bukan..hebat nih orang! ck ck ck kalo Indonesia itu seperti hasil penelitiannya..dia mesti dapet Nobel atau sejenisnya..dan yang terpenting dia mendapatkan bentuk penghormatan dari bangsa kita, atas segala upayanya for being Objective didalam penelitiannya! didaulat sebagai warga kehormatan di Republik ini..

  4. Nice reference to Indy, eh? Hehehe.

    Orang Indonesia terlalu banyak bernostalgia masa lalu. Iya, kita hebat di masa lalu tapi the past is dead. Period. Apa yang kita lakukan dan akan kita lakukan adalah yang paling penting.

    I don’t even give a damn if Indonesia was Garden of Eden ;).

  5. butuh waktu, bandwith, dan pemikiran mendalam untuk menganalisa hal seperti ini!

    :d

    BRAVO pak pri!

    \:d/

  6. Emangnya kalo Indonesia adalah atlantis mau diapain? mo tengglam lage?:d:((\:d/

    Apakah mungkin dulu orang-orang yang hidup di lokasi yang kini bernama Indonesia pernah mengadakan ekspedisi untuk menyerang Eropa dan Asia (Asia di sini mungkin adalah Asia Minor, atau Anatolia pada negara Turki modern).

    Jaman mbah Plato masih idup aja blum kliat ada tulisan di Indonesia, apalagi di jaman yang dipikirin ama Plato.

  7. walah, gue dulu macetnya di the fate of atlantis ya itu, ternyata harus “push sophia” supaya dia mengajukan diri jadi “sukarelawan” untuk pertunjukan melempar pisau. :D

  8. kalo gara-gara bener atlantis indonesia bisa bikin kita kayak dulu lagi… wah enak banget… :-?
    tapi kayaknya ga mungkin de… :(

  9. Pasti habis baca novel Negara Kelima karangan Es Ito :)
    Tapi, itu novel memang seru, berliku-liku, dan menyajikan banyak sejarah. Lebih bagus daripada Da Vinci Code !

  10. Tapi sayang kandidat lainnya masih banyak:
    Andalusia, Pulau Kreta, Santorini, Tanjung Spartel, Siprus, Malta, Ponza, Sardinia, Troy, Tantali, Antartika, Kepulauan Azores, Karibia, Bolivia, Meksiko, Laut Hitam, Kepulauan Britania, India, Srilanka, Irlandia, Kuba, Finlandia, Laut Utara, Laut Azov, Estremadura.

  11. Hmmmm.
    Denger-denger Aa Gym married lagi yah…

    He he..
    Manajemen Qalbu.
    Jaga hati…
    Tapi nggak jaga nafsu…

    Peace!

  12. Berhubung tampaknya satu-satunya referensi tertua Atlantis berasal dari Plato, kayaknya tujuan Plato menceritakan Atlantis sama halnya seperti Thomas Moore menceritakan Utopia deh..

  13. Hm.. saya juga ada sedikit belief bahwa sesuatu telah terjadi di tanah Indonesia di masa lalu.

    Mungkinkah adam dan hawa ketemu utk pertama kali –setelah turun dari surga– di tanah Indonesia?

    Apakah ada yg punya teori persebaran manusia?

  14. Kalau ingin menemukan Atlantis, mungkin kita harus menemukan dulu Sophia Hapgood, paranormal yang dapat menghubungi Nur-ab-sal, roh penguasa Atlantis. Dan setelah itu mencari Hermocrates –naskah dialog Plato yang hilang–. Dan terakhir tentunya berlomba dengan para Nazi Jerman yang mengincar kekuatan orichalcum untuk pertama kali mencapai Atlantis”

    Kalau sudah, jangan lupakan juga untuk menominasikan Arthur Curry (alias Aquaman) sebagai pahlawan nasional

  15. Harian Republika halaman iptek medio 2005 pernah memuat sekelompok geolog AS melakukan riset di Indonesia dan berhipotesa bahwa Atlantis itu berada di lempengan/dataran Sunda mulai dari utara semenanjung Malaka hingga Jawa Barat. Mereka mengklaim menemukan bukti2 peradaban Atlantis di kepulauan Riau. Hipotesa geolog AS tersebut masih diperdebatkan / debatable.

  16. katanya sih nenek moyang kita pelaut…
    tapi…kenapa keturunannya banyak yg jadi koruptor ya…?
    [-(

  17. Never heard anything more stupid than that. Well except maybe: “Borobudur adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia” atau “CIA yang di belakang bim Bali”. So pathetic! Indonesia, tanah “manusia” yg gak punya hidup dan menyenangkan diri dengan membalikan fakta dan mengambing-hitamkan orang luar. Kalau Indonesia adalah Atlantis berarti saya anaknya Ramses 2! :p

  18. om pri bisa2 ajah muat topik ginian, tp moga2 nasib indoonesia gak kyk atlantis, sama2 tenggelam lalu ilang dr bumi….apalagi kalo tenggelam oleh lumpur!!
    hii ngeriii!

  19. dipikir2 lg ga mungkin atlantis itu indo…. ampir ga ada mirip2nya… kecuali sama sama tenggelam… atlantis tenggelam karena laut….. indo tenggelam dalam hutang \:d/

  20. salam kenal, om.
    hehe, jadi pengen ikut komen. Soalnya sebetulnya teori ini udah lama lho di dunia per-Atlantis-an. Sempet kepikiran juga, bahwa banyak yang MUNGKIN emang masuk akal. Misalnya gunung2 berapi di Indonesia yang terkenal ganas, bisa jadi tersangka tenggelamnya Atlantis jaman dulu. Atau fakta geologis bahwa jawa, sumatera, kalimantan, dan semenanjung malaysia dulu menyatu. Dari situ ada yang bilang laut jawa yang dangkal itu bisa jadi dulunya daratan (Atlantis). Trus soal ras/suku bangsa manusianya, bisa jadi gara2 bencana Atlantis, manusia ngungsi dari daratan yang tenggelam itu. Lalu ratusan tahun kemudian baru ada lagi orang Melayu dan Yunan yang ngisi pulau2 ini lagi. Dan lain-lain.

    Malah sudah ada lho yang menjadikannya bahan novel. Coba baca novel “Negara Kelima” karya Es Ito.

    Tapi ya itu tadi, kalo emang Indonesia Atlantis, EMANG KENAPA? Bangga? Ga juga kalee…

  21. ha, banyak sekali penelitian masalah atlantis ini, mulai yang bermutu sampek yang gak bermutu, kalo yang mau nekuni:
    1. Timaeus Critias
    2. National Geographic Edisi Atlantis
    3. Penelitian Viacehstlav Koundriatsev dari Institute of Metahistory Moskow, Rusia. Judulnya lupa :D

    kalo yang menurut national geographic, atlantis itu sendiri malah berposisi di tengah2 amerika selatan (nah lo!), disebelahnya danau titihualca?
    any comment bos pri?

  22. Barangkali yang saya pernah dengar cerita atlantis yang tak bermutu kali’ ya? Yg pernah saya denger benua atlantis itu sebagian besar dunia dan tenggelam saat era Nabi Nuh. Manusia penghuni atlantis adalah manusia dengan teknologi yang cuanggih banget. Contohnya ya Nabi Nuh itu, yg scr logika tak mungkin bisa bikin kapal sekuat itu untuk menganggkut entah berapa banyak binatang kalo tak menguasai teknologi cuanggih. Selain itu beliau juga sudah mampu menguasai teknologi untuk berkomunikasi dengan hewan. Namun saking canggihnya teknologi komunikasi, kebanyakan manusia jadi bosen dan males lagi dengan hal-hal yang lumrah dan wajar sehingga akibatnya pada homo dan lesbi.
    Saking parahnya moral manusia atlantis saat itu, maka Tuhan pun murka dan tenggelamlah benua atlantis itu blegh blegh blegh…. Salah satu akibatnya Jawa, Bali, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dll terpisah-pisah.

  23. Pantesan kalau Indonesia itu dulunya Atlantis, soalnya orang Indonesia sama seperti orang atlantis, sama sama sedang tenggelam, satunya tenggelam dalam lautan Atlantik, satunya tenggelam dalam lautan korupsi dan lautan banyak omong. :d:d

  24. Setahu saya Atlantis letaknya memang didekat semenanjung Spanyol+Portugis.

    Pulaunya karam setelah Poseidon + Gargarensis mencoba membangunkan titan Kronos.

    Age of Mythologi, anyone? :d

  25. dulu taun 80-an, saya pernah baca di majalah mekatronika bahwa pulau jawa adalah bagian dari benua atlantis yang hilang itu.

    gak tau deh… :)

  26. #12 Jadi inget game itu lagi.Puas banget bisa namatin.Soalnya jarang2 bisa nyelesaiin game:d
    Buat mas Pri top deh artikelnya.

  27. lam kenal aja buat smua…. … negara kelimanya ES ITO juga dah baca :d.. asli novelnya bagus banget :-“:-“

  28. Ada tambahan dikit. Seorang temen saya (jurusan biologi) dulu bikin skripsi ttg genetik orang Makassar dan semacamnya gitu deh. Nah, salah satu bahan rujukannya adalah buku karangan Stephen Oppenheimer (bukan Oppenheimer yang J. Robert Oppenheimer ya. Itu mah pencipta bom atom), judulnya “Eden in the East: The Drowned Continent of Southeast Asia”. Di situ dia berteori bahwa meski Homo Sapiens pertama muncul di Afrika (sesuai kesepakatan byk ahli sih), peradaban pertama muncul di landmass yang sekarang jadi kepulauan Indonesia (sebelum tenggelam). Lalu setelah tenggelam (bagian ini kayaknya yang disambungin ke legenda Atlantis), manusia nyebar ke Cina dan Asia. Letusan maha dahsyat gunung Toba (yang sekarang jadi danau Toba) dianggap sebagai penyebab katastrofi besar waktu itu, bahkan memicu Ice Age.

    Again, semua ini masih teori tentunya. Tapi teori Oppenheimer dianggap yang lumayan ‘bermutu’-lah. :)>-

  29. yang sudah hilang mengapa musti dicari lagi?
    mikir maju utk mundur atau mikir mundur utk maju?
    mikir maju utk maju atau mikir mundur utk mundur?
    mikir maju mundur utk diam di tempat?
    mas pri, sekali-sekali dong bahas ttg kemungkinan manusia hidup di planet selain bumi. ^:)^

  30. Jika Atlantis di Indonesia itu membuktikan bahwa sebelumnya kita punya budaya dan peradaban tinggi jauh sebelum agama Islam dan Kristen masuk seperti yang sering kita anggap. Budaya hindu adalah budaya asal Indonesia membentang dari sungai Sindu hingga Astralaya (Australia) . Kita tercabut dari budaya asal kita lupa bahwa Athisa sang mahaguru pernah berguru pada Dharmakirti di Sriwijaya.
    “Kemuliaan pernah tinggal bersama kita, menyamar di balik darah, daging dan kulit”

  31. Kalau menurutku sih, Benua Atlantis itu ada di Samudra Hindia, dan tenggelam di sana. Mungkin juga lho, karena Atlantis sendiri adalah penyembah matahari. Yang di Al Qur’an ada kaum yang menyembah matahari yang ditenggelamkan dalam satu malam.
    Mengingat letaknya bisa menjangkau Asia dan Eropa apalagi Mesir, besar kemungkinanku kalau Atlantis ada di Samudra Hindia.

  32. Sejarah ungkap waktu yang terdekat, dokumentasinya banyak. Untuk masa lampau harus banyak berteori plus ilmu gathuk dan dibumbui bualan. Kalau Indonesia Atlantis, orang boleh bangga boleh juga sedih. Nasihat Mbah Widi, lebih baik kalo imajinasi tertantang dan lantas jadi produktif…

  33. Indonesia Atlantis?
    negeri yg penuh kemunafikan, pemutar balik fakta, tidak mengakui salah jika salah, mungkin akan jadi Atlantis ke 2 dengan lumpur Porong

  34. atlantis emang di indonesia penguasanya cewek naik kereta kuda, seneng pake baju ijo, suka nginep di pelabuhan ratu kamar hotelnya no 308 letaknya di selatan pulau jawa

  35. :d kalaulah Indonesia itu atlantik.. apa dengan begitu Indonesia mendapatkan keistimewaan di dunia? hehe rasanya cuma nama yg didapet tanpa bisa ngerubah nasib penduduk Indonesia yg tingkat kemiskinan tinggi.. apa untungnya untuk masyarakat kalangan bawah? yg didapet cuma NAMA.

  36. wahhh…yang nuliz artikel, tolong cariin data yang lebih lengkap lagi ya tentang atlantis yang hilang n’ aQ jg pengen tau tentang tragedi tenggelamnya titanic versi cerita yang sebenar-benarnya, plizzz….tolong banget ya!ditunggu lho artikelnya:-w:)>-:-b

  37. keren banget indonesia ya…..semua serba istimewa…sejarah yang istimewa dengan kisah ttg atlantis yang menarik perhjatian dunia, kekayaan alam yang melimpah dan kemudian melimpah ruah ke saku para pejabat, koruptor yang diperlakukan istimewa ( kayanya di kita aja tuh), negeri dengan aneka bencana alam dan manusia yang istimewa pula…..pokoke indonesia oye….hukum koruptor….kalo gw rasa kita udah saatnya butuh pemimpin bertangan besi (kepada para maling dan koruptor) dan pengasih bagi rakyatnya…..hidup indonesia

  38. kalo misalnya atlantis tuh tengelam ma aer indonesia tengelem ma apa dungk???
    kalo gitu aku mau pindah aja kale ya abis takut tengelem lagi!!!! :d
    kalo ngeliat filemnya bangunan atlantis itu digambarin kaya bangunan romawi kuno gitu dehhhh ko bisa nyambung ke Indonesia????
    trus kenapa dngan sistem pertaniannya?
    brarti dulu orang atlantik impor beras juga ya ke luar negeri??????
    haduhh2 aku jadi bingung

  39. Mustinya yang pada kritis baca2 & bikin comment blogger bersyukur ada orang2 luar Indonesia yang mikir2, berarti otaknya masih bisa dipake, dibandingkan otak orang2 indonesia masih pada orisinil, bersih alias ga pernah dipake…, belegug siah! malu-maluin :-w, coba buktikan oleh satu ato dua orang (jangan banyak2) arkeolog Indonesia kalo atlantis ada ato ga ada, paling alesannya kagak ada dana, ngutang dulu deh sana…, kasian , mana penghargaan sumberdaya manusia? Gimana bisa bangga? :(
    bravo om pri..

  40. Itulah kenapa Bapak Proklamasi kita “bung karno’ mengatakan bahwa; Pancasila yang menjadi dasar negara sebenarnya merupakan konsep spirit yang paling dalam yang digali dari ranah nusantara. paling tidak bung karno sebenarnya ‘lebih paham’ dari kita semua akan temuan ini. juga para pemimpin negara kita, yang secara estafet pernah mengetahui kedalaman spirit yang dikandung oleh ibu pertiwi kita …….
    Paling tidak kita bisa menjadikan issue ini menjadi spirit bangsa kita untuk bisa lebih maju dan maju.

  41. :o
    apa!?aduh aku g’nyangka banget nih sebagai pelajar yg hobi banget dgn sejarah kok Indonesia disangka Atlantis sih,ya ada senangnya dan ada anehnya juga.Bagiku g’masuk akal banget deh !aku malah memperkirakan kalo Atlantis itu ada di sekitar benua Eropa, soalnya kan letaknya mungkin di dekat samudra atlantik, yah..kalu dibenarkan aku juga setuju, soalnya Indonesia nih subur banget dan ciri2 masyarakat Atlantik kan katanya makmur n sejahtera, he..he..tapi Indonesianya sekarang kayak gini, beda banget dgn kondisi Atlantik yg seharusnya.oh bagi penggemar Atlantis kirim komentar ke emailku yach,soalnya aku senang dng sejarah yang misterius. OK!MAKACIH SEBELUM N SESUDAHNYA BAGI YG BACA KOMENTAR INI.^_^

  42. pusing,pusing deh aqu kalau indonesia benar2 atlantis n kena bencana itu lagi trusss…, kita mau ngunggsi kemana dong, pasti ini karena kebanyakan korupsi,terroris n borok=borok lainya.:(:(:(:((

  43. ehehhehe komentar diatas pada nggak mutu,
    takut amat sih ngakui indonesia itu atlantis padahal si santos itu mau ngakui klo indonesia itu atlantis,(saya yakin dia tidak disogok oleh pemerintah RI karena pemerintah kebanyakan utang).

    oh ya tambahan, Saya yakin indonesia pernah tenggelam. Saya pernah lihat tayangan Jelajah/Petualang Trastv waktu itu ngadain petualang ke Puncak gunung Jaya Wijaya yang diselimuti ES abadi itu.

    Pada saat itu si Presenter (pembawa acara nya Cewek lupa namanya) nunjukkin tumpukan kerang-kerangan dipuncak gunung tersebut. nah kalo gunung setinggi itu aja Tenggelam gimana yang lainnya.

    Bagi yang kurang yakin silahkan konfirmasi ke TransTV. saya udah lihat siarannya.

  44. jika itu benar..

    nggak akan bawa banyak perubahan
    yang rosource-nya paling banyak tetep Amerika
    militernya paling besar tetep amerika
    teknologinya paling maju tetep amerika

    Indonesia bisa mengejar amerika, cuma dengan berharap Player nya lagi tidur…
    ato mending direstart ulang aja.. semuanya kembali ke nol..

  45. emangnya kalau sebuah pulau atau daratan “atlantis” yang gw pernah denger ntu kan dah tenggelam ya…emngnya ada yang tau gak kalau pulau atau daratan yang sudah menyatu dengan samudra bisa menjadi daratan yang dihuni oleh manusia…?
    kayanya pernyataan yang diatas belum valid deh…kalau emang bener indonesia = negri atlantis trs seharusnya ada bukti2 peninggalan sejarahnya kan…tapi yang di ceritakan diatas hanya perkiraan dari cerita yang digambarkan pada gulungan2 kertas yang telah ditemukan oleh para arkeolog…
    terus coba baca lagi deh sejarahnya negri indonesia jauh sebelum dijajah… emangnya ada tanda2 yang dikisahkan oleh si penulis yang ada pada gulungan2 kertas tadi…
    ya..kaya borobudur deh…masa yang udah sebegitu lamanya gak ketauan jg…masalahnya bukti peninggalan dari naskah injil yang asli aja dah ketemu yang telah hilang 2000th lamanya, itu masi sebagian,gtu, itu juga naskah masi ditutup2in sama orang2 sana…masa teknologi dulu sama sekarang masi bagusan teknologi jaman dolo..
    hadowww
    udah lah gak usah pada ngurusin yang beginian…swt

    ya pokoknya…walaupun itu udah diteliti 30 tahun… gw masih sangsi thd pernyataan dari Aryso Santos, masalahnya belum valid 100 %..
    gak ngepek ah…

    yang udah ada sih dicanggihin lagi untuk indonesia…kalopun bener, jangan terlalu kesenengan dibilang indah Indonesia itu, udah banyak borok di Indonesia, bahkan banyak hal prestasi indonesia diblantika internasional, tapi kenyataannya toh kita gak bisa nutupin borok kita sendiri, mereka hanya melihat indonesia selalu dari sisi negatif, gw cuma yakin pada satu hal negara lain cuma seneng ngejekin negara kita yang emang ingin maju…tetapi mereka itu mengejek hanya untuk menutupin keborokan mereka sendiri, yang akan menguntungkan mereka, ya kita cuma gak tau aja keborokan2 mereka…apa kita harus buat tower tertinggi seantero bumi hanya untuk mengangkat citra indonesia, gak kan…jadi jangan pernah melihat negri kita sendiri sebelah mata, jangan pernah takut untuk dicela bangsa lain, seburuk apapun kondisi di negri kita ya, yang paling nyaman adalah dirumah kita sendiri…negri yang masih sanggup untuk memberi kita peluang dan 1000 kemungkinan yang akan terjadi untuk masa depan kita dan negri kita…

    sudah lah lupakan masa lalu…
    semua itu kita pantas untuk mengenangnya…
    kita harus dapat melaluinya…
    ya…mari kita bangkitkat jiwa2 pemuda…
    untuk terus maju…
    semangat..!!!

    sekalian nambahin nih..
    semangat untuk 100 th kebangkitan indonesia…!!!
    :):(:d:”>:((:d/:x8-|/:):o:-?:-\”:-w;)[-(:)>-
    apapun perasaan yang sedang dihadapi masyarakat di indonesia saat ini…
    inget ya…

    kalo kita itu adalah SATU…
    kalo kita mo bangkit ya jangan cuma polisi yang turun tangan untuk nyadarin para pengendara kalo lampu udah merah..
    kalo kita mo bangkit ya jangan cuma petugas penutup palang kreta api aja untuk nyadarin kita kalo kreta emang udah mao lewat..
    kalo kita mo bangkit ya jangan cuma petugas kebersihan aja yang ngebersihin tu sampah2 untuk nyadarin kita kalo mo buang sampah ya ditempatnya…

    dari hal2 kecil itu, kita bisa menghargai diri sendiri, orang lain, dan bangsa kita…
    karena kita semua sudah lelah seperti ini,
    saya, kamu, presiden, nenek, kakek, buyut, de el el deh pokonya…

    semuanya akan percuma….
    jika hanya membaca tread ini…
    tanpa kita sadar setelah membacanya..

    salam damai, dari bangsaku…
    indonesia…
    untuk dunia, untuk hutanku, untuk bumiku, untuk airku, untuk alamku…

    yang jelas…aku, kita semua rindu indonesia yang bersih seperti dulu..

    semangat ya….
    cayo..untuk perubahan…
    jangan pernah takut akan perubahan…

  46. sy jg prnah mendengar kbr bhw atlantis adalah t4 munculnya ya’juj ma’juj. nah…klo indonesia itu atlantis,brarti bangsa indonesia ad/ ya’juj ma’juj….??????:-?:(:((

  47. “Di Australia sebelah barat laut, dasar samudera yang lama bertabrakan dengan lempeng Asia di sepanjang lempeng Indonesia. Di sana, lempeng Australia terdesak dan melesak ke bawah Kepulauan Indonesia. Pada saat lempeng Australia menurun di sepanjang kawasan tabrakan ini, lempeng tersebut membentuk Parit Jawa di samudera yang dalam. Parit yang sempit ini merupakan titik terdalam di Samudera Hindia, yakni 7.700 m lebih di bawah permukaan laut.

    Proses ini, yakni ketika lempeng yang bertabrakan meluncur ke bawah lempeng lain, disebut penunjaman. Lempeng Australia tertunjam di bawah perenggan Indonesia selama 70 juta tahun.”

    Kalau suatu hari nanti tumbukan kedua lempeng itu udah mencapai maksimum, mungkin aja lempeng dimana Indonesia berada bisa “terlontar” karena didesak sama lempeng Australia.. Bayangin aja kalo itu terjadi, kita bener2 ga akan hidup untuk menyaksikannya. Mungkin.. peristiwa Atlantis akan terulang kembali, dan kali ini, benar2 nggak akan menyisakan daratan apapun setelahnya.

    Hehehe… I’m just being paranoia, gomen ne!

  48. walah mas.,,,maap deh kalo cuma analisa bantahan anda, saya bilang semua bisa terjadi…

    orang indonesia bisa saja menguasai sampai libia, kenapa tidak bisa, alexander the great aja menguasai 2/3 wilayah dunia, sampai ke cina juga.,,

    orang indonesia bisa saja menyerang athena, soalnya kalau teknologi sudah maju peadaban tinggi sebagaimana disebuat dari peradaban atlantis (sampai punya pesawat terbang) maka jarak bukan kendala….

    gempa dan banjir bisa saja menenggelamkan suatu wilayah dalam sekejap, banjir besar jaman nabi Nuh contohnya, konon sampai ke Kabah…..apa yg tidak mungkin kalau Tuhan sudah berkehendak…sebagian besar peta bumi adalah air dan lautan..,.1/3 nya berupa daratan,,,,tuh…

    :d/:)

  49. wekzzzzzzzzzz….g,mgkn bgt klw atlantis itu,indonesia!!!!!!!!…..klw pulau bimini bs jd!

  50. Waduh terlambat gue nih
    Suatu gambaran jika kita menghiyakan bahwa Atlantis adalah Indonesia masa lalu.
    Hebat
    Kita termasuk keturunan orang-orang berpotensi untuk maju. Atau bisa dikatakan bahwa kita warga Indonesia dengan berbagai suku memiliki tingkat Intelejensi yang tinggi.
    Nah, kenapa sekarang kita masih berada jauh dari negara-negara lain di belahan dunia ini.
    Yang paling dasar kita lebih banyak terbuai dengan harta benda kita yang kita dapatkan dari bekerja dengan dasar pengetahuan yang kita peroleh dari masa-masa sekolah kita dulu.
    Jika dari kita mempunyai suatu pemikiran bagaimana bila kita pada saat bekerja, berkeluarga, beribadah dan lain-lain kita masih mencoba melakukan suatu rutinitas kita yang baru dengan melakukan suatu tindakan yang nantinya berguna bagi anak bangsa kita Indonesia dimasa-masa yang akan datang.
    Misal siapa yang tidak kenal A. Einstien dengan teorinya yang sampai saat ini masih dipelajari dan dikembangkan oleh para ilmuwan yaitu Teori Relatifitas.
    Nah dengan beranggapan bahwa kita adalah keturunan bangsa Atlantis (Bangsa yang pandai) tentunya kita memiliki warisan yang melimpah di dalam otak kita.
    Terbukti
    Apa sih yang tidak dapat dilakukan oleh Bangsa Indonesia, ada produk tertentu yang baru dari luar (Import), Dalam kurun waktu tidak lebih dari 1 bulan produk itu sudah ditiru oleh anak bangsa ini.
    Melihat kenyataan yang ada saya percaya bahwa kita termasuk keturunan yang memiliki intelejensi yang tinggi.
    Mari kita sebagai bangsa Indonesia berjuang untuk merdeka dari embargo ekonomi yang dilakukan oleh negara lain yang memasarkan produk mereka ke negara kita. Dan uniknya kita langsung menerimanya karena kita dapat membeli (Kemampuan finansial kita cukup)
    Kita mempunyai harta sebagian besar dipakai untuk membeli produk Luar negri.
    Alangkah hebatnya sekarang kita membuat tren baru bagaimana embargo ekonomi ini membalik ke negara lain yang dulunya menyerang kita.
    Contoh negara Cina bisa memasarkan produknya ke negara Amerika, kita harusnya bisa juga.
    Untuk melaksanakan tujuan itu memang harus ada kerja sama antara pemegang harta (pengusaha, pemikir, pekerja dan yang paling dominan adalah peraturan-peraturan pemerintah yang mengarah ke pembuatan produk-produk yang nantinya dapat dipasarkan ke neara lain. Tidak lupa hargai para pemikir atau penemu dari anak bangsa ini. Dan tidak lupa permudah pengurusan hak patent (atau) dorong mereka yang mempunyai hasil penelitian yang bagus bahkan beri modal untuk mengembangkan ide-ide yang dapat berguna bagi umat manusia dimuka bumi ini.
    Jika hal-hal di atas dapat kita lakukan saya percaya Indonesia akan menuju masa keemasan dalam waktu yang relatif singkat.
    MARI KITA ANAK BANGSA KITA INDONESIA MAJU MENUJU MASA DEPAN YANG GEMILANG
    SALAM SUKSES

  51. hi bro n sis..klo pertanyaannya ada kata “apakah mungkin”, emangnya ada yg gak mungkin di dunia ini?? bnyk sejarah org2 besar, klo diliat dr sgala sisi awalnya jg pd gak mungkin jd org besar…

    kita liat saja nanti sejarah bisa aja terulang..
    dulu copernicus dgn teori Heliocentis bertolak blkng dgn Geocentis yg sgt dpcy slm berabad2 oleh masyarakat dunia saat itu dpt tentangan dr org2 yg mengaku sbg ahli astronomi di jamannya, bahkan dicap dewan gereja sbg ilmuwan sesat membahayakan negara shg beliau dihukum mati.tapi teori tsb terbukti benar, baru diakui 200thn kemudia stlh ditemukannya teleskop oleh galileo

    setelah itu ada Colombus dgn tesisnya bhw bumi itu bulat, shg org jk berlayar terus ke timur maka akan balik lg dr barat, sama dia jg dikecam habis2an / dibilang gila oleh org2 yg mengaku ahli bumi saat itu

    jaman yunani kuno sblm plato jg ada socrates yg dihukum mati gara2 ilmu kedokterannya menentang penyembuhan dgn cara2 mistis/ perdukunan, mencoba mengembalikan segala sesuatu kpd akal logika ilmiah, malah dtentang hebat oleh para kolega n pemerintahnya.

    klo dliat sejarahnya smua Nabi2 org yahudi, Kristen n Islam jg dianggap sesat di jamannya

    aryo santos cm kunci pembuka dr kotak pandora Atlantis, yg bs mengubah alur sejarah peradaban manusia yg slama ini tlah dianggap kebenaran mutlak slama ratusan tahun,wajar jk ada pro kontra,
    toh scara akademis dia n tmn2 di lembaga risetnya jg bukan kumpulan org2 pandir yg gemar berdebat tnp bukti ilmiah, jg waktu yg dihabiskan slm 30 thn bukan wktu yg sbentar

    tggu waktu aja nanti ada generasi yg lbh ok membuktikannya, dan mnrt kbr dr tmn member green peace mmg sdg ada rencana utk expedisi ini, jd mdh2n kita smua msh hidup shg bs jd saksi bersejarah ttg kebenaran Atlantis ini…

  52. kabar kehancuran Atlantis di Al Qur’an :

    Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rezkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nimat-nimat Allah; karena itu Allah merasakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. (QS. 16:112)

    Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (suatu mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya. (QS. 17:16)

    Maka apakah kamu merasa aman (dari hukuman Tuhan) yang menjungkir balikkan sebagian daratan bersama kamu atau Dia meniupkan (angin keras yang membawa) batu-batu kecil? Dan kamu tidak akan mendapat seorang pelindung pun bagi kamu.
    QS. al-Isra’ (17) : 68

    Atau apakah kamu merasa aman dari dikembalikan-Nya kamu ke laut sekali lagi, lalu Dia meniupkan atas kamu angin taupan dan ditenggelamkan-Nya kamu disebabkan kekafiranmu. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun dalam hal ini terhadap (siksaan) Kami.
    QS. al-Isra’ (17) : 69

    Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.
    QS. al-Isra’ (17) : 70

    Maka dimusnahkanlah mereka oleh suara yang mengguntur dengan hak dan Kami jadikan mereka (sebagai) sampah banjir, maka kebinasaanlah bagi orang-orang yang zalim itu.
    QS. al-Mu’minun (23) : 41

    Kemudian Kami ciptakan sesudah mereka umat-umat yang lain.
    QS. al-Mu’minun (23) : 42

    Maka (masing-masing) mereka mendurhakai Rasul Tuhan mereka, lalu Allah menyiksa mereka dengan siksaan yang sangat keras.
    QS. al-Haqqah (69) : 10

    Sesungguhnya Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu ke dalam bahtera,
    QS. al-Haqqah (69) : 11

    agar Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.
    QS. al-Haqqah (69) : 12

    Maka (masing-masing) mereka mendurhakai Rasul Tuhan mereka, lalu Allah menyiksa mereka dengan siksaan yang sangat keras.
    QS. al-Haqqah (69) : 10

    Sesungguhnya Kami, tatkala air telah naik (sampai ke gunung) Kami bawa (nenek moyang) kamu ke dalam bahtera,
    QS. al-Haqqah (69) : 11

    agar Kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar.
    QS. al-Haqqah (69) : 12

    Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al-Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (QS. 12:111)

    Maha benar Allah dgn sgala firmanNya…

  53. Kabar Bencana kehancuran akibat letusan gunung yg dimuat di Alqur’an

    QS. Luqman (31) : 32
    Dan apabila mereka dilamun ombak yang besar seperti gunung, mereka menyeru Allah dengan memurnikan ketaatan kepada kepada-Nya maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai di daratan, lalu sebagian mereka tetap menempuh jalan yang lurus. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang tidak setia lagi ingkar.

    QS. al-Qari’ah (101) : 5
    dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.

    QS. at-Takwir (81) : 3
    dan apabila gunung! Gunung dihancurkan.

    QS. al-Mursalat (77) : 10
    dan apabila gunung-gunung telah dihancurkan menjadi debu.

    QS. al-Muzzammil (73) : 14
    Pada hari bumi dan gunung-gunung bergoncangan, dan menjadilah gunung-gunung itu tumpukan-tumpukan pasir yang berterbangan.

    QS. al-Haqqah (69) : 14
    dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.

  54. apakah mungkin sesuatu yang telah mati dapat bangkit????

    secara nyata mungkin banyak persamaan tentang negara Atlantis dan Indonesia….
    tapi semua bukan berarti bahwa Indonesia adalah negara Atlantis yang ribuan tahun lalu telah hilang.
    Sedangkan secara nyata pula belum dapat dipastikan BENARKAH JAMAN DAHULU ADA SEBUAH NEGARA YANG HILANG BERNAMA ATLANTIS?????

    nah mungkin ini ada kaitanya dengan asal mula manusia.
    menurut ilmu sejarah manusia adalah keturunan monyet/ kera yang mengalami perubahan. tapi menurut islam dan ajaran agama lainya manusia adalah keturunan nabi adam dan siti hawa………
    memang semua yang hidup dibumi jika di bahas antara teori dengan kekuasaan Tuhan tidak dapat menemukan jalan keluar…..serba membingungkan………

    dan semua kembali lagi kepada kita masing2.semoga dipelajari tapi jangan diyakini……..

    by.RWJ at Touyuan,Taiwan

  55. Saya juga meyakini bahwa bahwa ada sesuatu yang istimewa dengan Indonesia, terutama dengan pulau jawanya. kenapa pulau yang seukuran pulau jawa bisa dihuni oleh ratusan juta manusia dengan berbagai macam adat, budaya, bahasa, keyakinan, agama, flora dan faunanya. bahkan pulau Jawa merupakan satu satunya pulau terpadat di dunia, lalu pertanyaanya mengapa pulau jawa???? yang notabene jauh dari pusat peradaban manusia modern??? apakah tidak ada pulau lain yang lebih besar???? lalu siapa juga fosil fosil manusia purba yang ditemukan di situs sangiran????

Leave a Reply to penyo Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *