Rindu Milis Teknis Berkualitas

Sekitar tahun 1997-1998 saya mengikuti milis PAU Mikro. Milis tersebut saya anggap sebagai milis yang sesuai dengan selera saya, cukup teknis, tidak terlalu spesifik dan relatif sopan. Sayangnya untuk beberapa waktu, milis ini sempat vakum, karena itu aktivitas di milis ini sangat minim.

Saat ini saya ikut cukup banyak mailing list, tetapi menurut saya dari sekian banyak mailing list tersebut, masih belum ada yang bisa menggantikan milis PAU pada masa tersebut. Milis [telematika](http://groups.yahoo.com/group/telematika/) dan [genetika](http://groups.yahoo.com/group/genetika/) memiliki nuansa yang terlalu politis. Milis-milis di bawah [linux.or.id](http://www.linux.or.id/wiki/index.php?pagename=Milis) terlalu spesifik untuk topik Linux saja, sedangkan dunia IT bukan cuma Linux saja. Sedangkan milis-milis teknis umum seperti [itcenter](http://groups.yahoo.com/group/itcenter/) dan [it-center](http://groups.yahoo.com/group/it-center/) memiliki tingkat *noise* yang terlalu tinggi.

Nah, apa ada milis berbahasa Indonesia yang saya maksud?

16 comments

  1. Tambah pusing lagi: di tiga tempat yang saya ikuti, Genetika, Telematika, dan Technomedia penuh dengan pesan yang dikirim-silang (cross posting) dan ketiganya tidak membuka arsip untuk publik. Alhasil saya mondar-mandir di antara tiga tempat tersebut untuk mencomot kabar sampai siap ditampilkan di #direktif.

    Di mana sih mailing list yang “bisa dikendalikan”? :-)

    Selama ini tempat yang bisa awet saya ikuti (dan aktif) justru forum primordial, seperti alumni organisasi atau teman-teman lama. Lebih ada “pengertian” dan cenderung terhindar dari flame war, sekalipun tetap saja ada.

  2. Pingback: dart1308 @ kriwil
  3. sama aku juga nyari milis tentang dunia IT yang bagus tapi susah juga ya,ayolah bikin milis yang bagus ,mas priadi atau sapa kek yang meloporin,aku tak ngikut
    pripun?sae?:d/:d/:d/:)>-

  4. wah….keren ya artikelnya,,,jadi terharu nech,,,,boleh kasih saran nggak,,, kalo bisa untuk kedepannya post artikel tentang seorang ibu yang berjuang demi anaknya,, sukses terus ya,,!!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *