29 January 2005

Manusia Tidak Pernah Mendarat di Bulan?

Posted under: at 13:51

Saya pikir histeria teori konspirasi pendaratan di Bulan sudah lama berakhir. Tetapi beberapa bulan yang lalu Gramedia menerbitkan buku yang berjudul Manusia Tidak Pernah Mendarat di Bulan?. Saya perkirakan titel ini akan laku di Indonesia mengingat judulnya yang bombastis, masyarakat yang rata-rata tidak mengenyam pendidikan yang memadai, dan juga kebencian serta ketidakpercayaan publik Indonesia kepada Amerika Serikat. Sayangnya mungkin sangat sedikit masyarakat yang bisa mendapatkan informasi penyeimbang dari teori konspirasi tersebut.

Sebenarnya teori konspirasi ini sudah berkembang sejak tahun 70an melalui buku yang berjudul We Never Went to the Moon: America’s Thirty Billion Dollar Swindle. Buku ini dibuat oleh Bill Kaysing yang sepertinya mengabadikan hidupnya untuk urusan ini.

Tetapi yang benar-benar mengangkat teori ini ke permukaan adalah sebuah acara televisi yang ditayangkan oleh Fox TV pada tanggal 13 Februari 2001. Acara ini kemudian dengan cepat menyebar ke seluruh dunia. Menurut kabar, publik Indonesia pun pernah dapat menyaksikan acara ini melalui saluran StarTV dan MetroTV. Bagi anda yang tidak sempat ‘menikmati’ acara ini tidak lantas harus merasa perlu untuk membeli buku “Manusia Tidak Pernah Mendarat di Bulan?” tersebut. Anda dapat mendapatkan informasi teori konspirasi tersebut di situs web milik Bill Kaysing sendiri di ufos-aliens.co.uk. Di situs tersebut bahkan anda dapat menyaksikan videonya dalam format RealPlayer.

Tetapi apakah kita harus menganggap teori konspirasi tersebut sebagai sebuah kenyataan? Beberapa pihak bahkan mungkin merasa membutuhkan teori konspirasi ini sebagai bahan bakar untuk menebar kebencian terhadap Amerika Serikat. Atau mungkin ini hanyalah usaha orang-orang yang ingin mendapatkan untung dari histeria ini?

Beberapa pihak telah memberanikan diri untuk mencoba mencari kebenaran dari teori ini. Salah satunya adalah Phil Plait yang memiliki situs web Bad Astronomy. Sanggahan yang sangat komprehensif dari Phil Plait terhadap teori konspirasi ini dapat dibaca di artikelnya Fox TV and the Apollo Moon Hoax. Selain teori konspirasi Bulan ini, Phil Plait juga memiliki beberapa sanggahan dari beberapa teori konsipirasi dan miskonsepsi lainnya, astronomi pada film Hollywood, dan artikel-artikel menarik lainnya. Situs ini wajib dibaca bagi masyarakat umum yang tertarik pada teori konspirasi yang kerap kali mewarnai dunia astronomi. Bagi anda yang telah membaca buku “Manusia Tidak Pernah Mendarat Di Bulan?” atau menonton acara televisi dari Bill Kaysing saya sarankan untuk membaca situs web Phil Plait setidaknya sebagai bahan pembanding. Phil Plait juga menulis buku yang berjudul Bad Astronomy: Misconceptions and Misuses Revealed, from Astrology to the Moon Landing “Hoax”.

Bagi yang tertarik mengetahui situasi ini dari sudut pandang yang netral, Wikipedia juga memiliki bahasan tentang ini pada artikel Apollo moon landing hoax accussations. Pada artikel ini, para kontributor Wikipedia dengan sangat baik membuat daftar komponen dari teori konspirasi ini disertai pendapat-pendapat dari yang setuju dan yang tidak setuju. Artikel ini juga memiliki tautan ke beberapa situs baik yang pro dan kontra selain dari BadAstronomy dan UFOs Aliens yang saya sebut di artikel ini.

Bagaimana menurut saya? Terus terang saya sangat tidak percaya dengan teori konspirasi seperti itu. Sanggahan dari pihak yang tidak setuju teori konspirasi juga lebih meyakinkan daripada pihak-pihak yang menyebarkan teori konspirasi tersebut. Mereka-mereka yang setuju menurut saya tidak dapat memberikan jawaban terhadap bantahan-bantahan yang diberikan oleh mereka yang tidak setuju. Terkadang mereka yang setuju malah membuat jawaban yang lekat dengan nuansa politis, tidak ilmiah, dan berputar-putar tanpa arah yang jelas.

Bagaimana menurut anda? Jangan berpendapat jika belum membaca sanggahan dari BadAstronomy :).

33 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!