26 February 2005

Dukung Kenaikan Harga BBM!

Posted under: at 13:48

Isu kenaikan BBM menjadi pokok pembicaraan di mana-mana. Sejak akhir tahun lalu, pemerintah sudah mengsosialisasikan hal ini di media massa. Pemerintah merencanakan untuk menaikkan harga BBM ini pada awal tahun ini. Tetapi mungkin bencana yang melanda Aceh dan Sumatera Utara membuat pemerintah berpikir dua kali untuk menaikkan harga BBM di awal tahun.

Menyikapi isu kenaikan BBM, sebagian besar masyarakat Indonesia sepertinya tidak setuju. Hanya sebagian kecil masyarakat yang setuju kenaikan ini. Pengamat ekonomi juga sepertinya terbagi menjadi dua bagian, yang setuju dan yang tidak setuju.

Saya sendiri termasuk yang setuju. Mengapa?

  • Subsidi energi adalah ide yang buruk. Subsidi energi membuat perekonomian bangsa ini menjadi begitu tergantungnya kepada subsidi energi. Subsidi energi juga yang membuat Indonesia sebagai negara terakhir yang keluar dari jeratan krisis moneter di pertengahan tahun 90-an. Subsidi BBM juga membuat APBN Indonesia menjadi tidak kompetitif dibandingkan negara-negara penghasil minyak lainnya.
  • Memang benar penghapusan subsidi akan membuat harga-harga melonjak dalam jangka pendek. Tetapi dana subsidi lebih baik dialokasikan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Misalnya dengan meningkatkan alokasi dana pendidikan, investasi usaha kecil atau pembangunan infrastruktur. Dalam jangka panjang, realokasi subsidi energi ke sektor lainnya ini akan berdampak positif bagi masyarakat ketimbang dengan mempertahankan subsidi energi.
  • Adanya subsidi membuat infrastruktur transportasi masal menjadi tidak sekompetitif di negara lain. Akibatnya masyarakat memilih menggunakan mobil pribadi ketimbang menggunakan transportasi masal, toh harganya tidak jauh berbeda. Akibatnya kota-kota besar penuh dengan kemacetan yang juga merupakan salah satu sumber pemborosan energi.
  • Adanya subsidi ke satu jenis energi (BBM) menyebabkan jenis energi lain menjadi sangat tidak kompetitif. Jika negara ini memerlukan subsidi energi, maka sebaiknya subsidi tersebut dialokasikan ke jenis energi alternatif seperti Gasohol, Biodiesel atau Hidrogen. Walaupun menurut hemat saya sebaiknya hal tersebut tidak berupa subsidi, tetapi cara lain seperti misalnya insentif pajak. Dengan demikian, Indonesia akan menjadi tidak tergantung kepada satu jenis energi saja.
  • BBM, gas alam dan batu bara adalah bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah sumber energi yang tak dapat diperbaharui. Efeknya pada suatu saat sumber energi ini akan habis. Selain itu harganya juga akan selalu bergerak naik karena penawaran (supply) yang akan selalu berkurang. Akibatnya subsidi bahan bakar fosil semakin lama akan semakin memberatkan APBN Indonesia.

Tentunya restrukturisasi di bidang yang lain yang merugikan negara juga tidak kalah penting. Misalnya penanganan kasus korupsi, pencurian kayu, pencurian sumber daya kelautan, restrukturisasi perbankan dan sebagainya. Tetapi penanganan hal tersebut tentunya bisa dilakukan secara paralel dengan restrukturisasi subsidi BBM. Jangan karena masalah-masalah tersebut belum dapat diatasi, lantas kita merasa tidak perlu untuk melakukan restrukturisasi subsidi BBM.

Untuk mengurangi efek negatif harga BBM yang naik, pemerintah seharusnya mengizinkan pihak swasta dalam hal eksploitasi dan distribusi BBM atau sumber energi lainnya. Setelah itu laju kenaikan harga BBM akan dapat dikontrol melalui mekanisme pasar seperti di negara lain. Akibatnya BBM tidak memberatkan APBN negara, dan rakyat juga dapat menikmati sumber energi yang murah. Murah dalam artian harganya wajar, tidak dimahal-mahalkan, dan juga tidak dimurah-murahkan. Pemerintah bisa tetap mengambil keuntungan dari BBM melalui pajak.

Kenaikan harga BBM akibat penghapusan subsidi akan meningkatkan harga-harga dalam jangka pendek. Kendati demikian hal tersebut akan berefek lebih baik untuk jangka panjang ketimbang dengan harus mempertahankan subsidi. Peningkatan harga BBM sedikit banyak akan membuat popularitas pemerintah menurun, tetapi negara ini sedang membutuhkan pemimpin yang berani melakukan hal yang baik untuk rakyatnya, bukan pemimpin yang hanya melakukan hal yang disukai rakyatnya.

Dukung penghapusan subsidi BBM! Berhematlah dalam menggunakan energi!

89 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!