12 March 2005

Himbauan Budi Rahardjo Kepada Cracker Indonesia dan Malaysia

Posted under: at 10:39

Dari postingnya di milis Teknologia dan di blog beliau, Budi Rahardjo menghimbau kedua belah pihak untuk menghentikan pengrusakan terhadap situs-situs Indonesia dan Malaysia. Budi Rahardjo adalah pakar keamanan jaringan Indonesia dan pengelola ID-CERT sebuah lembaga advokasi keamanan jaringan di Indonesia.

Saya sendiri berpendapat bahwa kegiatan tersebut harus dipertanyakan motifnya, dan saya yakin kegiatan tersebut tidak didasari oleh semangat nasionalisme. Lebih jauh lagi, kegiatan pengrusakan yang dilakukan oleh sebagian kecil oknum-oknum di kedua negara adalah perbuatan yang kampungan, tidak terpuji dan kekanak-kanakan. Dalam kesempatan ini saya juga ingin menghimbau media massa Indonesia untuk tidak membuat berita yang seakan-akan membangun opini masyarakat bahwa aksi oknum-oknum tersebut adalah perbuatan yang positif.

Berikut adalah kutipan pernyataan dari Budi Rahardjo:

Himbauan Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia

Kepada Hacker & Cracker Indonesia & Malaysia,

Saya mengharapkan anda tidak melakukan penyerangan atau/dan pengrusakan situs-situs Indonesia dan Malaysia.

Saya mengerti bahwa akhir-akhir ini beberapa masalah di dunia nyata membuat kita kesal dan marah. Namun kekesalan tersebut sebaiknya tidak dilimpahkan ke dunia maya (cyberspace). Semestinya sebelum melakukan aksi yang berdampak negatif, kita bisa melakukan langkah-langkah positif seperti melakukan dialog (melalui email, mailing list, bulletin board, blog, dan media elektronik lainnya).

Kita harus ingat bahwa kita hidup bertetangga dan bersaudara. Yang namanya hidup bertetangga pasti mengalami perbedaan pendapat. Mari kita belajar bertetangga dengan baik.

Saya berharap agar kita yang hidup di dunia maya mencontohkan bagaimana kita menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin dan hati yang lapang, sehingga para pemimpin kita di dunia nyata dapat mencontoh penyelesaian damai. Mudah-mudahan mereka dapat lebih arif dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Sekali lagi, mohon penyerangan dihentikan sebelum kita masuk ke tindakan atau aktivitas yang membuat kita menyesal di kemudian hari.

Damai itu indah …

Budi Rahardjo (ID-CERT)

38 Responses

Trackback: Use this URI to trackback this entry. Use your web browser's function to copy it to your blog posting.

Comment RSS: You can track conversation in this page by using this page's Comments RSS (XML)

Gravatar: You can have a picture next to each of your comments by getting a Gravatar.

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Warning: Comments carrying links to questionable sites will be removed!